• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Percaya Gak Percaya, Motor Ini Pakai Mesin Jet Copotan Dari Mesin Helikopter

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Percaya Gak Percaya, Motor Ini Pakai Mesin Jet Copotan Dari Mesin Helikopter
Mesin jet dirancang untuk digunakan sebagai mesin pendorong kendaraan udara, oleh karena itu mesin jet memiliki tenaga yang sangat besar, sampai bisa mendorong kendaraan udara seperti pesawat mupun helikopter dapat terbang. 

Lantas bagaimana mesin jet yang biasa kita kenal justru digunakan di sebuah kendaraan bermotor? Apakah motor yang dimaksud memiliki rancangna seperti kapal terbang, atau memiliki semacam baling-baling untuk menerbangkannya?

Ternyata bukan, motor bermesin jet kita maksud adalah motor yang menggunakan mesin copotan dari sebuah kendaraan kapal terbang. Sejatinya motor ini masih layak dikatakan sebagai motor pada umumnya, punya dua roda dan tergolong sebagai kendaraan treet legal. 

Namun yang masih sulit kita percayai adalah seberapa kencang motor ini dapat melaju, dan seberapa boros konsumsi bahan bakar dari mesin jet tersebut...kalau agan penasaran motor ini namanya adalah MTT Turbine.
MTT Turbine superbike atau dikenal dengan Y2K Turbine adalah motor yang menggunakan mesin turbine jet sebagai penggeraknya. Y2K diproduksi pada tahun 1999 akhir atau tepatnya awal tahun 2000 di perusahaan Marine Turbine Technologies oleh Ted Mcintyre. 

Dibekali dengan mesin bekas bermerk Rolls-Royce-Allison model 250, yang biasanya mesin tersebut digunakan pada mesin helikopter, daya yang dapat dikeluarkan sebesar 320hp pada 52000rpm dan torsi yang dihasilkan 578Nm di 2000rpm semua itu disalurkan melalui transmisi 2 percepatan. Bahkan untuk mencapai kecepatan 370km/jam hanya ditempuh dengan waktu 15 detik saja, sungguh tak bisa dipercaya.

Perusahaan melakukan sedikit modifikasi pada bagian sistem konsumsi bahan bakar, layaknya kita kenal bahwa mesin jet hanya dapat mengkonsumsi avtur sebagai suplai bahan bakar, namun perusahaan memodifikasi yang sebelumnya menggunakan avtur dirubah menjadi mesin jet preminum minyak diesel. 

Kalau kita berbicara soal desian, motor ini terbilang sangat basic dan sederhana. Bentuknya cenderung aneh untuk seukuran hyperbike...kalau diamati mirip muka ikan ya gan hehe..

Penggunaan serat karbon pada bagian full fairing dan casis alumunium guna memberikan bobot yang ringan pada motor ini yang total beratnya hanya 227kg. Untuk mendapatkan Y2K harus melakukan pemesanan terlebih dahulu, yang dibandrol dengan harga US$ 185000 off the road, atau sekitar 2,4 miliar lebih untuk mendapatkannya, seperti dilansir marineturbine.com.
feraldi2001
tien212700
jlamp
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.