alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7e221e337f93585f46f4b6/hati-hati-sikap-ini-membuat-psikis-anak-terganggu
Lapor Hansip
15-09-2019 18:35
Hati-Hati! Sikap ini Membuat Psikis Anak Terganggu!
Past Hot Thread
Orangtua adalah tokoh utama dalam merawat maupun mendidik anak dengan penuh kasih sayang. Perilaku anak tergantung dengan didikan orangtuanya. Jika didikan yang diperoleh baik dan selalu membiasakan anak untuk disiplin, mencotohkan hal yang baik, berperilaku sopan santun, patuh pada ajaran agama, pasti hasilnya akan baik pula. Walau lingkungan pergaulan disekitarnya berbanding terbalik dengan yang diajarkan orangtuanya, maka dia akan tetap teguh dengan apa yang diajarkan kedua orangtuanya. Namun, terkadang banyak psikis anak terganggu akibat dari orangtuanya sendiri. Yang membuat anak menjadi pemberontak, membangkang, bahkan seakan omongan orangtua diabaikan atau dianggap angin lalu. Para orang tua harus tahu hal ini, Gan. Dalam berucap maupun melakukan tindakan apapun itu harus berfikir matang-matang dan logis. Karena akibatnya berdampak pada sang anak.

Hati-Hati! Sikap ini Membuat Psikis Anak Terganggu!



Ada beberapa perilaku orangtua yang terkadang melukai perasaan anaknya tanpa disadari dan justru membuat psikisnya tergoncang, yaitu:

1. Membandingkan anak dengan orang lain
Sebagai orangtua memang seharusnya mendukung anak agar semangatnya tak putus dalam meraih impian. Namun terkadang ada orangtua yang justru membuat sang anak tak memiliki semangat atau semangatnya menjadi redup. Misalnya dalam sebuah perkataan seperti terlihat membanggakan anak orang lain, membandingkan dengan saudaranya, menegurnya dengan langsung dengan perkataan yang keras, "Makan-makan yang banyak gitu, lho. Ibu sudah kerja capek-capek tapi kamu kurus begitu.", "Wajahmu kok kusam gitu, tho. Rias biar cantik. Lihat dia, cantik begitu sekarang.", "Lihat adikmu, dapat juara 2. Kamu harus bisa seperti adikmu!", "Anak itu pintar banget ya, kamu harus bisa seperti dia!", "Badanmu gemuk banget, kurusin dikit! Jaga pola makan!"

2. Berbicara keras terhadap anak
Banyak kasus terjadi di masyarakat, dimana anak menjadi berani kepada orangtuanya. Bahkan membentak pun dilakukan Faktor utamanya adalah orangtuanya sendiri, pengaruh ponsel yang seperti ketergantungan, lingkungan sekitar ataupun pergaulannya. Contohnya: "Belajar sana! Jangan main HP terus! Mau jadi apa kamu nanti!" ujar Ibu dengan suara penuh penekanan., "Jam segini baru pulang? Darimana saja?" bentak Ayah dengan nada keras yang terdengar oleh tetangga." Padahal perkataan tersebut membuat jiwa anak menjadi tergoncang, hatinya merasa sakit, merasa malu, walaupun kesalahannya sendiri.

3. Sibuk bekerja
Kesibukan orangtua dalam mengais rezeki juga menimbulkan perilaku anak yang menjadi lebih bebas. Maksudnya, sikapnya diluar kendali harapan orangtua. Sibuk bekerja sampai lupa memperhatikan anak. Anak akan merasa bahwa kedua orangtuanya tak menyanyanginya. Ia juga akan merasa bebas dan tak dikekang.

4. Terlalu mengekang anak
Memang, orangtua tak bermaksud mengekang sang anak. Hanya sedikit membatasi geraknya. Takut anaknya berpengaruh pada pergaulan bebas di luar sana. Anak dilarang ini itu. Contohnya: "Jangan ikut basket, ntar kamu capek!", "Jangan keluar rumah, biar Ayah saja yang membelikan!", "Mau kemana? Keluar sama temen? Enggak boleh. Dirumah saja!" Tetapi, hal tersebut justru membuat anak menjadi kurang nyaman, dan sensitif. Anak akan merasa tertekan.

5. Menyepelekan anak
Tanpa sadar, orang tua berkata sesuatu yang melukai perasaan anak. Seperti perkataan, "Kenapa ikut? Gak bisa gitu. Gak usah gaya.", "Gambarmu jelek gitu mau kamu ikutin lomba?", "Sudahlah, di rumah saja, kerja gini kerja gitu masih gak benar.". Mungkin bagi orang tua itu hanya sebagai candaan atau tanpa sengaja terucap. Namun siapa sangka, bahwa ucapan tersebut membekas di hati anak. Membuat anak menjadi tak percaya diri, cenderung psimis.


Berikut ada beberapa cara untuk mendidik anak agar tidak membangkang:

1. Berbicara dengan nada lembut, berusaha menghindari nada membentak atau keras.
2. Memberikan contoh yang baik
3. Mengawasi pergaulan anak
4. Tidak terlalu memanjakan anak
5. Tidak terlalu mengekang anak, namun juga tidak terlalu memberikan kebebasan.
6. Memberikan motivasi dan dukungan kepada anak
7. Menasehati anak dengan lembut jika anak melakukan kesalahan
8. Mendo'akan anak agar menjadi anak yang sholeh sholehah
9. Membiasakan anak bertanggungjawab, amanah
10. Membiasakan anak untuk mengucapkan maaf ketika salah, dan terima kasih ketika mendapatkan sesuatu

Quote:"Namun, memang ada dimana orangtua sudah melakukan dengan baik, tetapi anaknya justru sebaliknya. Dalam hal ini, orangtua perlu bersabar dan berdo'a agar anak kembali sadar bahwa apa yang dilakukannya salah."



Opini: @ilafit
Diubah oleh ilafit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan 58 lainnya memberi reputasi
59
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 14
18-09-2019 11:36
bahan masukan bagus gan,lagi jadi ortu usia anak berkembang juga
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
18-09-2019 12:32
Quote:Original Posted By ganda.akbar
bahan masukan bagus gan,lagi jadi ortu usia anak berkembang juga


Semoga sukses, Kak. Semoga ilmunya bermanfaat
0
18-09-2019 16:59
merawat anak emang harus sepenuh hati... nice thread gan... ditunggu info2 dan pengalaman oke lainnya...
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
18-09-2019 17:26
Quote:Original Posted By dddtrmy
merawat anak emang harus sepenuh hati... nice thread gan... ditunggu info2 dan pengalaman oke lainnya...


Semoga ilmunya berkah☺ oke, Kak
0
18-09-2019 17:47
Quote:Original Posted By ilafit
Oke, Kak..thanks sarannya..semoga ilmunya bermanfaat


mantep gan... ditunggu juga thread-thread berfaedah lainnya biar ane ngaskus jadi pinter wkwkwk
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
19-09-2019 13:47
Quote:Original Posted By farinamany
mantep gan... ditunggu juga thread-thread berfaedah lainnya biar ane ngaskus jadi pinter wkwkwk


Oke, siap. Boleh kunjungi thread saya lainnya
0
Post ini telah dihapus oleh Life In Mono
20-09-2019 16:47
Quote:Original Posted By nanadimana
jadi orangtua ga ada sekolahnya emoticon-Frown( yg ada gimana caranya pengalaman kita menuju jadi orangtua ga keulang di kehidupan anak ya. agan2 klo mau konsultasi psikologi juga bisa ke Halodoc gan. lewat online kok jadi ga perlu ninggalin anak. kapan aja 24 jam dokternya ready setiap agan pengen curhat masalah anak.


Iya benar, jangan sampai keluang ke anaknya nanti..ambil hikmah atas setiap kejadian
0
Lapor Hansip
20-09-2019 19:33
Balasan post AguzeWah
Iya gan emang susah sih.. huft... tapi walaupun susah demi anak tetap harus diusahakan, kita harus berusaha mengendalikan diri jangan sampai bersikap kasar dan beberapa sikap yang telah disebutin dalam thread ini. Jika mau marah langsung baca istigfar dan ingat dampak pada anak jika dimarahi.
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
20-09-2019 20:30
buat para orang tua atau calon orang tua yang pastinya nanti akan mendidik anak kalian, kalian sebagai guru pertama untuk mereka harus banget nih paham apa aja yang nggak boleh kita lakuin, atau kita katakan ke anak kita karena itu bisa aja bikin dia jadi down atau malah buat dia jadi depresi.
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
21-09-2019 04:07
Quote:Original Posted By cheria021
Iya gan emang susah sih.. huft... tapi walaupun susah demi anak tetap harus diusahakan, kita harus berusaha mengendalikan diri jangan sampai bersikap kasar dan beberapa sikap yang telah disebutin dalam thread ini. Jika mau marah langsung baca istigfar dan ingat dampak pada anak jika dimarahi.


Sipp, Kak. Semoga ilmunya berkah.

Quote:Original Posted By citrachoirunisa
buat para orang tua atau calon orang tua yang pastinya nanti akan mendidik anak kalian, kalian sebagai guru pertama untuk mereka harus banget nih paham apa aja yang nggak boleh kita lakuin, atau kita katakan ke anak kita karena itu bisa aja bikin dia jadi down atau malah buat dia jadi depresi.


Betul.. harus hati-hati
0
21-09-2019 23:16


Quote:Original Posted By ilafit
Iyap, memang terkadang orang tualah yang membuat anak menjadi psimis.

Nah mindset dan perilakj itu yang harus lebih diperhatikan, dan please lah anak paling males kalau dibandingin, dengan siapapun... Jadi orang tua harus percaya dan menuntun anaknya bisa sukses dengan caranya sendiro dan dukungan ortu
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
21-09-2019 23:17


Quote:Original Posted By aquanus98
iyaa sih gann perlu di adaptasi juga sesuaii keadaan.

Nah bener banget... Tiap anak beda beda pemikirannya, sifatnya juga beda...
Apalagi jangan sampai membanding bandingkan dengan anak lain
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
22-09-2019 05:23
Quote:Original Posted By dhikapradana
Nah mindset dan perilakj itu yang harus lebih diperhatikan, dan please lah anak paling males kalau dibandingin, dengan siapapun... Jadi orang tua harus percaya dan menuntun anaknya bisa sukses dengan caranya sendiro dan dukungan ortu


Iyap betul, Gan. Yang dibutuhkan anak adalah dukungan dan do'a ortunya

Quote:Original Posted By dhikapradana
Nah bener banget... Tiap anak beda beda pemikirannya, sifatnya juga beda...
Apalagi jangan sampai membanding bandingkan dengan anak lain


Iya setuju..
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
23-09-2019 08:06
Betul gan. Kadang efeknya ke anak bisa jadi gak percaya diri, penakut, dan meng-underestimate dirinya sendiri. Tapi pasti semua orangtua punya maksud dan tujuan yang baik sih pada intinya. emoticon-Belo emoticon-Belo emoticon-Belo
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
23-09-2019 09:23
Quote:Original Posted By queenofchicken
Betul gan. Kadang efeknya ke anak bisa jadi gak percaya diri, penakut, dan meng-underestimate dirinya sendiri. Tapi pasti semua orangtua punya maksud dan tujuan yang baik sih pada intinya. emoticon-Belo emoticon-Belo emoticon-Belo


Iyap betul.. jalani saja dengan baik..
0
23-09-2019 12:18
Bener banget! sebelum kita bertindak ke anak, coba dipikir terlebih dahulu apa dampak yang akan timbul. Jangan sampai kemudian kita menyesali perbuaatan yang sudah terjadi. Terlebih psikis anak itu sulit untuk terobati
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
23-09-2019 12:41
Quote:Original Posted By alssheza
Bener banget! sebelum kita bertindak ke anak, coba dipikir terlebih dahulu apa dampak yang akan timbul. Jangan sampai kemudian kita menyesali perbuaatan yang sudah terjadi. Terlebih psikis anak itu sulit untuk terobati


Betul, harus hati-hati kalau berucap. Jangan sampai menyakiti perasaannya
0
23-09-2019 22:58
setuju, punya anak itu bukan cuma butuh kesiapan finansial tapi juga kesiapan mental untuk mendidik anak
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1
24-09-2019 05:10
Quote:Original Posted By corner30
setuju, punya anak itu bukan cuma butuh kesiapan finansial tapi juga kesiapan mental untuk mendidik anak


Betul, masih dalam kandungan biasakan anak mendengar ayat-ayat suci Al-Qur'an, lalu orangtuanya berpuasa senin-kamis, InsyaAllah kepribadian anak sudah bisa dilihat ketika dalam kandungan
0
Halaman 9 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.