alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d805fa58012ae04af285a30/klhk-segel-perusahaan-sawit-malaysia-pembakar-lahan-di-riau
Lapor Hansip
17-09-2019 11:23

KLHK Segel Perusahaan Sawit Malaysia Pembakar Lahan di Riau

Past Hot Thread
KLHK Segel Perusahaan Sawit Malaysia Pembakar Lahan di Riau


DITJEN Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penyegelan terhadap lahan seluas 4,25 hektare konsesi perusahaan kelapa sawit asal Malaysia PT Adei Plantation di Kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (13/9) petang.

Dengan tindakan penyegelan penyelidikan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau itu, sejauh ini Gakkum KLHK telah melakukan penyegelan dengan total mencapai 11 perusahaan.

"Ini bukti keseriusan kami dalam menindak kasus karhutla. Jumlah 11 perusahaan ini adalah perkembangan dalam dua minggu terakhir," jelas Direktur Penindakan PPLH Gakkum KLHK, Sugeng Riyanto, kepada Media Indonesia usai penyegelan di distrik Nilo konsesi inti PT Adei Plantation di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dijelaskannya, dalam kasus PT Adei Plantation yang mempunyai total luas lahan 12.860 hektare, penyegelan dilakukan terkait proses penyelidikan kasus karhutla di konsesi inti perusahaan pada 7 September lalu.

Gakkum KLHK menerima laporan peristiwa pada 9 September dan menindaklanjuti dengan tindakan segel lahan yang terbakar seluas 4,25 hektare.

"Setelah ini dilakukan pemeriksaan saksi, barang bukti, dan apabila ditemukan dua alat bukti dilanjutkan proses penyidikan serta pelimpahan ke kejaksaan. Sampai saat ini belum ada tersangka dalam kasus PT Adei," jelas Sugeng.

Dia menambahkan, selain PT Adei Plantation, sejumlah perusahaan lainnya yang telah disegel seperti PT Arara Abadi, PT RAPP, PT Gelora Sawit Makmur, PT SRL, dan lainnya.

Sebanyak 11 perusahaan yang telah disegel itu masih proses penyelidikan baik itu untuk kasus administrasi, pidana, dan perdatanya.

"Kita juga telah melakukan penindakan terhadap banyak perusahaan untuk kasus karhutla di seluruh Indonesia terutama di Sumatra dan Kalimantan," ungkapnya.

Sementara Grup Manager PT Adei Plantation, Indra Gunawan, mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya semaksimal mungkin dalam pencegahan karhutla di wilayah konsesinya. Apalagi perusahaan masih dalam proses penyelesaian denda administrasi sebesar Rp5 miliar dalam kasus karhutla 2015 lalu.

"Kebakaran terjadi secara tiba-tiba. Api berasal dari tengah-tengah lahan lalu kepulan asap termonitor oleh menara pengawas. Kami lalu mengirimkan sebanyak 150 personel tim pemadam dan 10 eskavator. Dalam waktu 5 jam api bisa dipadamkan," jelas Indra seraya menambahkan kebakaran berlangsung dari jam 17.00 hingga 22.00 WIB pada 7 September lalu. (OL-1)



GANYANG GAK NEH??
emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
17-09-2019 18:26
Semoga masalahnya cepat terselesaikan ya gan emoticon-Sorry emoticon-Sorry
0 0
0
17-09-2019 18:36
malaysia emang penyumbang orang bodoh dan tolol terbanyak di dunia emoticon-Cool
0 0
0
17-09-2019 18:57
Dan pada akhirnya semua karena Salah Jokowi emoticon-Ngacir
0 0
0
17-09-2019 19:02
Kalau sekedar segel, anak kecil juga bisa. Kalau cabut izin dan mengenakan denda itu baru mantap gan
0 0
0
17-09-2019 19:19
lah otaknya dimana sih, mementingkan dompet sendiri tanpa mikir dampaknya seperti apa
0 0
0
17-09-2019 19:48
Quote:Original Posted By bata.aku.yes
biar cowok² malay yang padamin tu api dan cowok indonesia menyelamatkan para wanita malay agar tidak terkena asap.


Akun ente kocak gan

Bata aku yes tapi cendol full bar
0 0
0
17-09-2019 20:35
habis disegel dicabut aja izinnya untuk selamanya
0 0
0
17-09-2019 20:41
Mantab share infonya, teruskan bakatmu nak emoticon-Hammer2
jangan dibuka
0 0
0
17-09-2019 21:06
Cie cie yang nampang di hot thread emoticon-Wow
kamu akan terkejut
0 0
0
17-09-2019 22:45
Jangan cuma segel, cabut juga ijin usahanya dong.
Biar gak kejadian lagi karhutla di tahun tahun depan.

Beri sanksi sosial juga seperti harus menanam kembali lahan yg telah teebakar.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Lapor Hansip
18-09-2019 08:19
Balasan post kosong56
otak kampret mana sampe situ gan, taunya nyalahin pemerintahan emoticon-Ngakak
0 0
0
18-09-2019 12:31
Jangan terlalu musuhin negara tetangga. Banyak pengusaha kelapa sawit juga dari Indonesia. emoticon-Big Grin

Ane pernah nguping orang yang punya bisnis kayak gini. emoticon-Big Grin Katanya sih sengaja dibakar. Dan ketika dia ditanya oleh orang satunya, "terus padamin apinya gimana?" Dia malah jawab dengan santai, "ya itu mah urusan pemerintah."

Jadi kalo mau tangkep ya jangan pandang bulu. Tangkep tu orang2 yang berpikiran "bakar lahan, dapet duit, orang lain sengsara, pemerintah urusin ampasnya".

emoticon-Tai
0 0
0
18-09-2019 15:19
jadi? solusinya apa?
ganti presiden?

wowo jadi presiden?


Wakakakakakakaa!
0 0
0
18-09-2019 16:57
nah kan... ternyta ada oknum... nice thread gan... ditunggu info2 dan pengalaman oke lainnya...
0 0
0
19-09-2019 09:48
heleeeh gebelek, tetangga main juga ternyata
0 0
0
20-09-2019 12:57
sepaham ane, kalo kita banned minyak sawit, para pengusaha eropa dan barat ya justru benar2 diuntungkan... karna pasti nantinya penjualan minyak biji matahari dan jagung yang mereka olah jadi meningkat drastis
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.