alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d801a87e83c72233f3a071f/akhirnya-jokowi-sebut-riau-siaga-darurat-ini-instruksinya
Lapor Hansip
17-09-2019 06:28

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya

Past Hot Thread
Quote:
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
NEWS - Chandra Gian Asmara , CNBC Indonesia
16 September 2019 20:39

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNBC indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Asap pekat yang dipicu kebakaran hutan dan lahan memang telah berdampak pada kualitas udara di sejumlah daerah. Kepala negara, pun dijadwalkan untuk mengecek langsung kondisi tersebut.

Melalui sebuah video yang diunggah Sekretariat Kepresidenan, seperti dikutip CNBC indonesia, Senin (16/9/2019), Jokowi menegaskan bahwa kondisi kepulauan Riau saat ini sudah dalam status siaga darurat.

"Riau status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini menggangu aktivitas penerbangan, sehingga berimbas kepada aktivitias ekonomi di Riau," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah meminta jajaran Kabinet Kerja dan pemerintah daerah bersinergi untuk menangani masalah kebakaran hutan. Berbagai instruksi pun sudah diberikan, dan tinggal diimplementasikan.

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


"Hari Jumat lalu saya sudah perintah ke Panglima, Kepala BNPB, itu dilakukan hujan buatan. Sudah dikerjakan, dan hari ini juga kita harapkan dilakukan yang sama. Pasukan kita tambahkan," tegasnya.

"Tetapi sekali lagi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah daerah, ini adalah pekerjaan besar yang sulit diselesaikan. Pengalaman kita bertahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kuncinya di pencegahan, jangan sampai ada titik api muncul," tegasnya.

Jokowi telah meminta kepada aparat hukum untuk bertindak tegas baik itu kepada perusahaan maupun perorangan atas masalah ini, serta meminta seluruh jajarannya memastikan kebakaran tidak merembet ke pemukiman masyarakat sekitar.

"Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi lain, baik di Gambut maupun di hutan. Apalagi masuk ke wilayah pemukiman," tegasnya.




Quote:
Jokowi: Status Asap Karhutla di Riau Siaga Darurat

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 20:41 WIB

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dalam status siaga darurat.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pengendalian Karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam.

"Provinsi Riau telah dinyatakan status siaga darurat, luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung lewat akun media sosial Sekretariat Kabinet RI.

Dalam ratas tersebut terpantau hadir adalah Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkes Nila F Moeloek, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Selain itu hadir pula seperangkat pejabat daerah di Provinsi Riau .


Jokowi mengulas balik pesannya dalam Ratas yang ia pimpin di Istana Kepresidenan Jakarta pada Juli lau.

"Saya ingatkan, pencegahan dalam penanganan dalam kebakaran lahan dan hutan adalah mutlak harus dilakukan, karena kalau terjadi sudah kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan pada pekan lalu dirinya telah memerintahkan Panglima TNI dan Kepala BNPB untuk mengupayakan modifikasi cuaca yakni hujan buatan guna memadamkan api. Itu semua, kata Jokowi, pun telah dilaksanakan hari ini dan direncanakan hari-hari mendatang hingga karhutla mereda.

Tapi, tegas Jokowi, pemerintah pusat membutuhkan dukungan pemerintah daerah lewat infrastrukturnya untuk membantu penanggulangan serta pencegahan karhutla. Usai pemaparan tersebut, Jokowi pun meminta laporan-laporan singkat dari para pimpinan yang ikut Ratas. Namun, sang presiden enggan laporan yang berlebihan.

"Saya minta laporan singkat-singkat saja, karena kita sudah tahu, sudah setiap tahun, tidak perlu rapat seperti ini seharusnya sudah siap. Tapi, kita lalai dan asapnya menjadi membesar. Tidak perlu banyak laporan, tapi tindakan di lapangan dan selesaikan masalah yang ada," kata Jokowi.


Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jokowi tiba di Pekanbaru pada Senin petang dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Pesawat yang membawa rombongan Jokowi itu mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, sekitar pukul 18:46 WIB.


Ia pun segera disambut Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, serta Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Pnb Rony Irianto Moningka.

Kedatangan orang nomor 1 di RI untuk meninjau Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau yang sudah terjadi sekitar 2 bulan.

Dampak dari karhutla tersebut saat ini provinsi Riau di selimuti kabut asap yang cukup pekat.


Menurut situs resmi BMKG.go.id bahwa kualitas udara di Pekanbaru pada pukul 18:00 WIB berada pada angka 327.89 μgram/m3 dimana sudah berstatus Berbahaya.




Quote:Karena sudah ditetapkan sebagai tanggap darurat..
maka semua prosedur bisa diikuti sesuai aturan kebencanaan dibawah..
https://bnpb.go.id/uploads/migration...

Jangan lupa gunakan masker dan Balita untuk diungsikan ketempat yang lebih bebas asap.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
18-09-2019 14:57
Semoga bisa teratasi dan dicegah supaya kedepannya tidak terjadi lagi masalah-masalah seperti ini
0 0
0
18-09-2019 15:49
Masalahnya tiap tahun gapernah ada penindakan atas pelanggaran2 yang berpotensi menyebabkan kebakaran

sebenernya itu kewenangan pemerintah pusat atau daerah sih?masa bisa kecolongan terus
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
18-09-2019 16:51
iyaaa bahkan kampung ane kena... nice thread gan... ditunggu info2 dan pengalaman oke lainnya...
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
1 0
1
18-09-2019 23:13


Quote:Original Posted By artyasy
Seenggaknya sudah ada penanganan yang tepat sebelum pak jokowi ke sana gan. Jokowi gak ke sana bukan berarti tidak memperhatikan. Tapi dia percaya bahwa jajarannya yang dibawahnya itu sudah tau apa yang harus dilakukan kalo ada karhut kaya gini. Dia hanya perlu mengawasi sebagai seorang kepala negara. Tidak ke TKP lebih cepat bukan berarti beliau gak mau tau. Bisa jadi banyak agenda lainnya. Presiden kan sibuk gak kaya kita.



Kita juga sibuk gan. Sibuk ngomentarin presiden emoticon-Cape d... Banyakin doa gan semoga Indonesia baik2 aja. Kasian juga JKW 2 periode malah ada aja kejadian begini
0 0
0
18-09-2019 23:13


Quote:Original Posted By grimrepair
Masalahnya tiap tahun gapernah ada penindakan atas pelanggaran2 yang berpotensi menyebabkan kebakaran

sebenernya itu kewenangan pemerintah pusat atau daerah sih?masa bisa kecolongan terus


Daerah gan CMIIW
0 0
0
19-09-2019 13:53
atasi dulu aja biar kyk hero, trus bakar lg deh emoticon-Smilie
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 13:54
Balasan post grimrepair
yg korupsi aja mau diringankan apalg cuma bakar2an, bakal ada bakar2an terus sampai nati. HUKUM TEGAKKAN seadil adilnya.
0 0
0
19-09-2019 16:04
kasihan ya bre, trus bijimane dongemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
23-09-2019 09:11
Quote:Original Posted By dimas.prasetyo
tumben Pak Jokowi kalah langkah kyk gini, itu pembisik2 di sekitarnya apa ga ngasi info apa2 pas awal2 kebakaran hutannya?

bbrp cocoklogi ane:
1. Masalah Papua = sejak Pak Jokowi jd Pres, Papua hampir selalu diperhatikan. Jalan2 dibangun, stadion dibangun, bahkan ada yg kyk Gedung Avengers itu juga, infrastruktur juga. dan terakhir, Freeport diambil alih. Papua harus diakui sbg "ladangnya" Jokowi, dan kebukti kan pas Pemilu kmrn. Tapi akhirnya digoyang dengan isu SARA yang tjd justru tidak di Papua, hasilnya ada keinginan utk lepas dari NKRI

2. Masalah kebakaran hutan di Riau dan utamanya di Kalimantan = a) Jokowi lulusan Fakultas Kehutanan UGM. dn rasanya pny concern juga dengan kehutanan. b) Kengototan pindah ibukota ke Kalimantan yg katanya rawan bencana alam, tapi ternyata rawan bencana macam ini (kebakaran hutan)

menurut ane yg orang awam sih, ini sangat telak


Bisa jadi ini strategi politik gan. Entah setelah ini apa publik diarahkan untuk melihat aksi kepahlawanan dari jokowi atau justru sebaliknya. Jelas ada banyak kepentingan dan bisa jadi disebabkan sama lawan lawan politik yang gak senang. Coba aja liat nanti kalo udah dilantik jadi presiden periode 2. Apa semua kekacauan ini bisa diredam atau justru malah makin runyam?
0 0
0
23-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By xxArial
Kita juga sibuk gan. Sibuk ngomentarin presiden emoticon-Cape d... Banyakin doa gan semoga Indonesia baik2 aja. Kasian juga JKW 2 periode malah ada aja kejadian begini


Nah iya memang gan kita terlalu sibuk menjadi pengkritik padahal belum melakukan apapun untuk membantu. Semoga ada solusi yang cepat dan tepat untuk kejadian ini.
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.