alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f119b5cf6c40d245b9a61/tinggal-bareng-mertua
Lapor Hansip
04-09-2019 08:21
Tinggal Bareng Mertua
Gan ane lagi benar2 pusing..
Ane baru hitungan bulan menikah,dan slma menikah itu ane ma suami tgl bareng ortu ane... Suami ane gajinya hanya 3jt perbulan krna dipotong utk bayar hutang, dan 1jt dia pegang utk biaya bensin,smntra ane pegang 2jt..tapi untunglah ada bbrpa kali suami ane trma bonus dari kantornya, yg ane tabung siapa tau pas terkumpul bisa beli rmh..
Namun suami ane sempat bohong2 kecil mengenai masalah bonusnya ini,misalnya dia trma lebih dari itu tapi gak mau blg ke ane,jg kadang dia trma bonus dari kantor tapi gak ngasih tau.. akhirnya pas ane tau dia cuma ketawa malu doang,sambil minta maaf dan janji nggk bakal ngulang lagi.. dia beralasan uangnya tsb digunakan utk bayar hutang...

Skip,jadi kembali lagi ke tadi dmn ane ma suami masih 'numpang' di ortu ane.. ane mo nanya,apa emg pria bisa keenakan tinggal dirumah mertua?

Karena ntah cuma perasaan ane doang atau gimana,ane kok ngeliatnya suami ane sepertinya begitu.. ane beberapa kali ngajak suami mandiri,suami ane iyain tapi abis itu selalu aja bilang..
"Emang kamu mampu ngurus rumah sendiri?"
"Emang mama sama papa (ortu ane) ijinin ane buat misah?"
Pdhl gan ortu ane yg justru kadang sering nanya apa suami ma ane nggk ada rncna buat mandiri.. tapi ane nggk bilang itu ke suami..
Suami ane juga ada beberapa kali nyuruh ane buat kerja,dan emg ane jg pengen kerja,tapi ane malah keburu hamil ketika ekonomi ane ma suami belum stabil..
Tapi ane berusaha mensyukuri aja, anak itu kan rezeki,dan Insya Allah anak bakal jadi pembuka rezeki ma suami kelak..
Ane disaranin dokter agar banyak2 istrhat,jadi ane gak bisa kerja kantoran utk sementara ini..

Emang dirumah ane enak gan,makanan yg enak2 selalu tersedia,suami ane jg bawa bekal ke kantornya,kamar ane ma suami sangat privasi krna letaknya agak berjauhan dri kamar2 lain,ortu ane superbaik sama suami ane pdhl mereka jarang bercengkrama krna suami ane yg karakternya pendiam..
Bahkan ortu ane tuh gak prnh mnta uang dari ane buat biaya hidup. Yg pas ane bilang ke suami,suami malah bilang"yaa ortu kamu kan kerja,jadi masih punya uang..ortu kamu jg ngertilah anaknya masih susah scra ekonomi"
Ane benar2 kesal dibuatnya gan.. ane aja gak enak repotin ortu ane,lah ini kok malah suami ane sdri yg fine2 aja tgal dirumah ortu ane.. pdhl banyak cwok yg malah malu dan nggk nyaman tinggal dirumah mertua..

Ane kemaren menyampaikan gagasan ane lagi ke suami buat mandiri,biarin ajalah kita berdua hanya ngekost.. jarak kantor suami sama rumah ane termasuk jauh,sekitar 1 jam lebih perjalanan.. jadi mending cari kos2an aja dekat kantor suami, biar juga bisa hemat biaya..
Dan suami ane iyain..tapi lagi2 dia nanya2 sampe terkesan nakut nakutin.. seolah pengen ane berubah pkiran..

Menurut agan2 gmn? Apakah ane yg emang gak pengertian dengan gaji suami yg pas2an? Atau suami ane yg emang udah keenakan tgl dirumah mertua? Thanks gan..

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Lapor Hansip
04-09-2019 18:05
Balasan post sweetgirl7
Quote:Original Posted By sweetgirl7


Kalo di ane sih gan,biasa malas ML karena sakithati ama suami,baik karena perkataanya atau perbuatannya yg ane gak sreg.. jadi emang solusi pertama adalah komunikasi,tanya ke istri apa agan punya salah baik perkataan maupun perbuatan.. intinya pancing istri ngungkapin uneg2nya.. ane abis ngungkapin uneg2,abis itu lega dan mau ML lagi.. malahan kadang ane yg goda2 suami duluan..


Sejarah singkat ane

1. Waktu pacaran dgn bini ane msh perjaka , co baik2 , ga pernah jajan dan ga pernah selingkuh

2. Akhirnya merit krn ane msh Blom mapan ane punya bisnis tambahan yg akhirnya sampe ane cukup mapan. Selama blom punya anak pernikahan baik2 saja , ane ga pernah selingkuh dan ga pernah jajan

3. Stlh punya anak terjadilah tragedi paling tragis dalam hidup ane. Memang bini urus anak sendiri waktu itu dibantu mertua bbrp bln saja. Krn mertua di luar kota. Trus akhirnya mertua balik, keadaan ekonomi ane udh sangat mapan, ane tawarin bini pake babysitter krn urus anak sendiri malah sakit2 an kerjaannya tp bini ga kekukeh tetep ga mau pake babysitter krn alasan ga mau ada org asing di dalam rumah.
Tiap kale ane minta ML selalu ribut bilang capek, capek dan capek dan capekkkkkkkkkk urus anak.

Ane selalu mengalah ga pernah cari ribut trus pas sampe mertua dateng ane bilang ayo ML di hotel aja yg ada pas di hotel bini bilang nya ane ga bs merangsang , sakit ms V nya pas mau di masukin P ane. Akhirnya malam itu batal ML. Krn bini ribut sakit ms V nya. Trus besok pagi coba ML lg sama aja sakit ms. V nya
Akhirnya ane suruh konsul dokter , dokter bilang ga ada masalah ama ms. V nya. Sampe akhirnya ane minta ML lg yg ada ane malah dimaki2 bilang capek , badan sakit dan alasan segudang pernah sampe ribut teriak2 an ane ama bini.
Dr situ ane udh putusin ga bakal ane minta ML lg. Ane bukan gembel dan pengemis ane jg punya harga diri sebagai suami .

Mungkin bagi orang2 lebih baek ane cerain bini dan cari pengganti bini yg lbh baek. Cuman 1 hal ane ga sanggup krn ane ga bs tinggalin anak ane. Ane begitu sayang ama anak dan ga mau anak ngerasain broken home.

Jd sampe akhirnya ane punya TTML ( temen tp ML) tp ga ada ikatan apapun hanya unt muasin napsu. Krn jujur saja ane co normal dan hidup ane msh panjang, tp jujur aja stlh ML dengan TTML ini dalam hidup ane. Ada perasaan bersalah dan jijik terhadap diri ane sendiri. Cuman mau gimana bini sendiri ga mau layanin dan ane co normal yg msh butuh kebutuhan raga. Sampe akhirnya dr co yg baik2 hrs menjadi co seperti ini.

Mungkin banyak pendapat ane co brengsek, egois, ato apapun. Tp yg blom pernah merasakan seperti ane tak akan pernah tau penderitaan sebenarnya.

Moga2 bini di luar sana yg punya suami yg baik yang sudah menjalankan kewajibannya, jagalah suami mu jgn hanya memikirkan hanya anak , anak dan anak, sehingga suami hanya dijadikan sapi perah yg dihisap susu , tulang sampe darahnya dan tidak memberikan hak suami nya.


Maaf jika kata2 ane mungkin tidak berkenan di sebagian pihak pihak lain.

Krn itu lah hidup ga selalu indah dalam kenyataannya


profile-picture
Jibril memberi reputasi
1
04-09-2019 18:35
lg hamil pgn ngekost apa sdh siap
paling nangis2 seminggu pulang ke ortu
apalagi nanti punya bayi pst repot stress urus bayi, kos2an, masakin suami dsb...

dienakin kok gk mau , gmn sih...

ya gk salah sih ngekos untuk melatih mental hidup mandiri tp untuk keadaan ts blm saatnya
klo pgn ngekos hrsnya habis nikah
0
04-09-2019 19:44
Pengen nikah, ga punya duit, ngutang, ah abis nikah pasti ada aja rezeki pernikahan.

Abis itu, nggak pikir panjang, finansial masih numpang, nggak tunda hamil, ah anak pasti ada aja rezekinya.

Ulang paragraf 2 berkali2.


Abis itu, bertanya2 "dimana pemerintah? Apa2 mahal, sekolah mahal, BPJS mahal, DP rumah mahal, dst"

Kali 20% aja populasi Indonesia kayak gini, kira2 kita dapat bonus demografi atau "bonus" demografi?

Kamu ngatain suamimu keenakan, lah kamu apa namanya dong? Dia masih mending ada penghasilan walaupun tinggal 3juta (btw banyak kok keluarga yg penghasilannya segitu bisa mandiri, tapi ya jelas standard hidupnya pasti di bawah kamu), lah kamu?


Kalau mau nikah, punya anak, jadi IRT dengan tenang ya harusnya cari suami yg mapan atuh.


Karena udah terlanjur ya kamu harus maksimalkan apa yg ada sekarang. Kalau mau misah bikin dulu plan jelasnya, coba bikin budget plan, 2jt cukup nggak untuk hidup kalian plus ngontrak, listrik, dll? Kalau cukup ya tunjukkan ke suami. Langsung ajak cari kosan dan pindah kesana. Kalau nggak cukup ya sabar aja di rumah ortu, salah sendiri nikahin cowo yg belum mapan.


*Kayaknya udah pernah baca curhatan ini tapi lupa dimana
profile-picture
ardnac17 memberi reputasi
1
04-09-2019 21:42
Berpikir saja scr logika.
Finansial saat hamil-melahirkan itu lumayan sensitif...bisa jadi bumerang..bikin pikiran ga jernih.
Skrg tenang aja...all is well...ada tabungan...suami masih lerja. Ortu jg ga masalah ditumpangin...ya udah. Enjoy your life. Kadang2 jgn lupa kasih hadiah ke ortu...beliin makanan kek...buah kek. Jd ga cuman merasa morotin mertua.
Nanti kalau anak udah lahir...udah berani keluar...ya keluar aja cepet2. Memulai Rumah tangga yg sesungguhnya
0
05-09-2019 08:04
Sebelum pindah..

Kamu tulis dulu budget hidup 1 bulan

Dgn gaji suami bs dipake apa aja itu... sehari cm boleh beli makanan seharga brp.. sebulan beli sabun dll berapa.. sewa rumah berapa.. rencana nabung brp.. ngasi ortu dan mertua brp.. dsb..

Bikin se detil mungkin. Biar kamu tau di atas kertas itu mungkin ga. Kamu sanggup ga turun gaya hidupnya mengikuti apa yg udah kamu tulis?

Jangan sampe nanti kamu udah pindah.. kamu sendiri yg ngamuk2 krn harus makan nasi garam biar uangnya cukup utk kehidupan anakmu nanti. Jangan sampe kamu pindah tp abis itu nuntut suami utk naik gaji tp kamu nya jg ga mau turun gaya hidupnya.

0
05-09-2019 09:27
Ane awal nikah dulu lom punya rumah lebih milih ngontrak sis..ane malu tinggal dirumah mertua..itu juga mendidik istri ane jadi mandiri..alhamdulilah anak 4 tahun bisa punya rumah sendiri..hasil ane nabung..
0
05-09-2019 13:00
Kadang laki emang gitu,pikirnya krn istri anak orang mampu n msh ad tmpt tinggal gratis buat keluarga kecilnya,yah ngapain nyri tempat lain?apalagi mertuanya kan ga nuntut aneh2..

Dari kamu harusnya tegas lagi utk buka pikiran suamimu sis,dia laki2 Masa ga ad tanggung jawabnya gitu..
Ane brani jamin,saat anak kamu lahirpun pasti makanan,bahkan bisa jadi susu n lainnya Ada pemberian ortu kamu..

Setelah lahiran,kamu Cari kerja n keluar ngontrak lah tempat lain,,anak kalian bisa di day care atau ambil ART..
0
05-09-2019 13:55
Quote:Original Posted By siapaloelagi
Sejarah singkat ane

1. Waktu pacaran dgn bini ane msh perjaka , co baik2 , ga pernah jajan dan ga pernah selingkuh

2. Akhirnya merit krn ane msh Blom mapan ane punya bisnis tambahan yg akhirnya sampe ane cukup mapan. Selama blom punya anak pernikahan baik2 saja , ane ga pernah selingkuh dan ga pernah jajan

3. Stlh punya anak terjadilah tragedi paling tragis dalam hidup ane. Memang bini urus anak sendiri waktu itu dibantu mertua bbrp bln saja. Krn mertua di luar kota. Trus akhirnya mertua balik, keadaan ekonomi ane udh sangat mapan, ane tawarin bini pake babysitter krn urus anak sendiri malah sakit2 an kerjaannya tp bini ga kekukeh tetep ga mau pake babysitter krn alasan ga mau ada org asing di dalam rumah.
Tiap kale ane minta ML selalu ribut bilang capek, capek dan capek dan capekkkkkkkkkk urus anak.

Ane selalu mengalah ga pernah cari ribut trus pas sampe mertua dateng ane bilang ayo ML di hotel aja yg ada pas di hotel bini bilang nya ane ga bs merangsang , sakit ms V nya pas mau di masukin P ane. Akhirnya malam itu batal ML. Krn bini ribut sakit ms V nya. Trus besok pagi coba ML lg sama aja sakit ms. V nya
Akhirnya ane suruh konsul dokter , dokter bilang ga ada masalah ama ms. V nya. Sampe akhirnya ane minta ML lg yg ada ane malah dimaki2 bilang capek , badan sakit dan alasan segudang pernah sampe ribut teriak2 an ane ama bini.
Dr situ ane udh putusin ga bakal ane minta ML lg. Ane bukan gembel dan pengemis ane jg punya harga diri sebagai suami .

Mungkin bagi orang2 lebih baek ane cerain bini dan cari pengganti bini yg lbh baek. Cuman 1 hal ane ga sanggup krn ane ga bs tinggalin anak ane. Ane begitu sayang ama anak dan ga mau anak ngerasain broken home.

Jd sampe akhirnya ane punya TTML ( temen tp ML) tp ga ada ikatan apapun hanya unt muasin napsu. Krn jujur saja ane co normal dan hidup ane msh panjang, tp jujur aja stlh ML dengan TTML ini dalam hidup ane. Ada perasaan bersalah dan jijik terhadap diri ane sendiri. Cuman mau gimana bini sendiri ga mau layanin dan ane co normal yg msh butuh kebutuhan raga. Sampe akhirnya dr co yg baik2 hrs menjadi co seperti ini.

Mungkin banyak pendapat ane co brengsek, egois, ato apapun. Tp yg blom pernah merasakan seperti ane tak akan pernah tau penderitaan sebenarnya.

Moga2 bini di luar sana yg punya suami yg baik yang sudah menjalankan kewajibannya, jagalah suami mu jgn hanya memikirkan hanya anak , anak dan anak, sehingga suami hanya dijadikan sapi perah yg dihisap susu , tulang sampe darahnya dan tidak memberikan hak suami nya.


Maaf jika kata2 ane mungkin tidak berkenan di sebagian pihak pihak lain.

Krn itu lah hidup ga selalu indah dalam kenyataannya


Lo salah harusnya lo nikahin
Dua jadi bini lo
Bini lo yg pertama kalo mencak2 gpp, lo menang sampe pengadilan agama pun, hak elo itu
Kalo zina yah wassalam aja
0
Lapor Hansip
06-09-2019 09:26
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2




Kan lo ngmg ketimbang uangnya buat ngekost dan beli barang2 kebutuhan rumah (kasur dkk), mending ditabung buat biaya lahiran dan kebutuhan bayi nanti.


baca paragraf yg terakhir, kk
0
06-09-2019 09:59
Quote:Original Posted By jb.1904
baca paragraf yg terakhir, kk


Ud kk
0
06-09-2019 15:22
gaji segitu , mau punya anak, mau kost di jkt, istri ga kerja.
udh bener di ortu aj dulu ketimbang nanti km stres selama hamil/setelah lahiran.

coba aja km itung2 biaya buat
makan ber2 dikali sebulan
(inget bumil n busui makannya bisa sampe 5-8x sehari).
buah2an vitamin susu dll utk kesehatan janin n bayi.
biaya cek kandungan tiap bulan n lahiran.
keperluan calon bayi, baju² , toiletres, baju n bh menyusui, diapers, dsb.
biaya kost, listrik, aneka sabun, pulsa, servis rutin, ganti oli, pengeluaran tak terduga kayak sakit kondangan atau servis elektronik, bensin,
dll
coba km tulis n itung totalin

3juta cukup?


dulu sy nikah ngontrak mandiri ber2 doang abis 5jutaan kok.
aplg klo ditambah bayi.
tapi ya gaya hidup orang beda2.
makanya coba km tulis dulu keperluan2 km slama sbulan n coba itung.

oh bener post di pejwan
newborn akan sangat sangat menyita waktu tenaga pikiran.
minimal sbulan pertama harus ada yg dampingi..

aku jg di ortu kok sampe skrg anak 7 bln, dr hamil 8 bln,
sbelum itu nikah kerja 2-2nya slama 2 tahunan n ngontrak.
hamil msh kerja sampe bulan ke 8 baru hijrah ke ortu krn mikir pasti butuh bantuan.
eh keterusan ortu ga mau dipisahin sm cucunya emoticon-Ngakak (S)
biar ortumu ga mikir gimana2 ya km sering2 aj bantu isi listrik, beliin sabun2, isiin kulkas, sambil curhat planning km gmn ke ortu.
apa mau mandiri nunggu baby lahir dulu apa gmn
Diubah oleh sella91
profile-picture
PuspitaHassei memberi reputasi
1
16-09-2019 17:17
Quote:Original Posted By sweetgirl7
Gan ane lagi benar2 pusing..
Ane baru hitungan bulan menikah,dan slma menikah itu ane ma suami tgl bareng ortu ane... Suami ane gajinya hanya 3jt perbulan krna dipotong utk bayar hutang, dan 1jt dia pegang utk biaya bensin,smntra ane pegang 2jt..tapi untunglah ada bbrpa kali suami ane trma bonus dari kantornya, yg ane tabung siapa tau pas terkumpul bisa beli rmh..
Namun suami ane sempat bohong2 kecil mengenai masalah bonusnya ini,misalnya dia trma lebih dari itu tapi gak mau blg ke ane,jg kadang dia trma bonus dari kantor tapi gak ngasih tau.. akhirnya pas ane tau dia cuma ketawa malu doang,sambil minta maaf dan janji nggk bakal ngulang lagi.. dia beralasan uangnya tsb digunakan utk bayar hutang...

Skip,jadi kembali lagi ke tadi dmn ane ma suami masih 'numpang' di ortu ane.. ane mo nanya,apa emg pria bisa keenakan tinggal dirumah mertua?

Karena ntah cuma perasaan ane doang atau gimana,ane kok ngeliatnya suami ane sepertinya begitu.. ane beberapa kali ngajak suami mandiri,suami ane iyain tapi abis itu selalu aja bilang..
"Emang kamu mampu ngurus rumah sendiri?"
"Emang mama sama papa (ortu ane) ijinin ane buat misah?"
Pdhl gan ortu ane yg justru kadang sering nanya apa suami ma ane nggk ada rncna buat mandiri.. tapi ane nggk bilang itu ke suami..
Suami ane juga ada beberapa kali nyuruh ane buat kerja,dan emg ane jg pengen kerja,tapi ane malah keburu hamil ketika ekonomi ane ma suami belum stabil..
Tapi ane berusaha mensyukuri aja, anak itu kan rezeki,dan Insya Allah anak bakal jadi pembuka rezeki ma suami kelak..
Ane disaranin dokter agar banyak2 istrhat,jadi ane gak bisa kerja kantoran utk sementara ini..

Emang dirumah ane enak gan,makanan yg enak2 selalu tersedia,suami ane jg bawa bekal ke kantornya,kamar ane ma suami sangat privasi krna letaknya agak berjauhan dri kamar2 lain,ortu ane superbaik sama suami ane pdhl mereka jarang bercengkrama krna suami ane yg karakternya pendiam..
Bahkan ortu ane tuh gak prnh mnta uang dari ane buat biaya hidup. Yg pas ane bilang ke suami,suami malah bilang"yaa ortu kamu kan kerja,jadi masih punya uang..ortu kamu jg ngertilah anaknya masih susah scra ekonomi"
Ane benar2 kesal dibuatnya gan.. ane aja gak enak repotin ortu ane,lah ini kok malah suami ane sdri yg fine2 aja tgal dirumah ortu ane.. pdhl banyak cwok yg malah malu dan nggk nyaman tinggal dirumah mertua..

Ane kemaren menyampaikan gagasan ane lagi ke suami buat mandiri,biarin ajalah kita berdua hanya ngekost.. jarak kantor suami sama rumah ane termasuk jauh,sekitar 1 jam lebih perjalanan.. jadi mending cari kos2an aja dekat kantor suami, biar juga bisa hemat biaya..
Dan suami ane iyain..tapi lagi2 dia nanya2 sampe terkesan nakut nakutin.. seolah pengen ane berubah pkiran..

Menurut agan2 gmn? Apakah ane yg emang gak pengertian dengan gaji suami yg pas2an? Atau suami ane yg emang udah keenakan tgl dirumah mertua? Thanks gan..



Belum tentu sih suamimu keenakan, bisa jadi itu memang kekhawatiran dia dan resiko yg belum pernah kamu pikirkan. Cowok biasanya lebih logis soalnya sementara cewek lebih menggebu-gebu kalo menginginkan sesuatu.

Tapi ane kurang setuju sih sama pemikiran suamimu yg bilang "ortu masih kerja masih punya uang ngertilah anaknya masih susah" kesannya kayak ngandelin ortu dan dia bisa santai-santai aja.

Saran-saran dari sesepuh diatas bisa dicoba, mulai bikin planning keuangan kalau mau mandiri, belanjain ortu kebutuhan rumah tangga, disitu kamu bisa ngukur sebenarnya kalian udah siap atau belum untuk hidup misah dari ortu.
0
17-09-2019 12:38
apakah pernikahan sist krn faktor dijodohin atau pake proses pacaran dulu ?
kalo pake pacaran dulu pastinya sist tahu status sosial calon suami sist, sist bisa tahu karakternya termasuk cowo yg pinter cari uang atau engga, dan yg pasti cowo itu adalah pilihan sist sendiri tanpa paksaan siapapun,
dengan siapa sist menikah itulah yg akan sist alami,
jgn terlalu menyalahkan suami krn dia bisa menikahi sist karena kemauan sist sendiri

0
18-09-2019 16:40
Dalam adat istiadat ane (maluku), HARAM hukumnya pria tinggal di rumah mertuak. Seblangsak-blangsak lelaki, lebih blangsak yang tinggal ama mertuak. Pria punyak gengsi yg tinggik.

mangkanya ituk kalo ane nikahi wanita sunda yang anak bungsu, repot jugak. karena wanita sunda yang bungsu ini pasti gak akan keluar dari rumah, ikut orang tuanyak
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.