alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d80f96a5cf6c40e92027310/dikritik-rencana-penghapusan-materi-perang-dalam-buku-sejarah-islam
Lapor Hansip
17-09-2019 22:19
Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam
Rencana Kementerian Agama (Kemenag) menghapus materi tentang perang dalam materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk tujuan mendidik siswa menjadi toleran terhadap penganut agama lain dinilai salah sasaran.

Kasus intoleransi semisal tindakan bom bunuh diri dinilai tidak terkait dengan materi ajaran tersebut. "Ini merupakan kebijakan menyimpang dan nyeleneh yang dihantui oleh pemikiran fobia Islam, meskipun pembuat kebijakan itu seorang muslim," kata peneliti Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSIST) Henri Salahuddin dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2019).

Pernyataan Henri menyikapi informasi yang beredar di media tentang rencana rencana Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama, ahmad Umar yang menyatakan akan menghapus materi perang dalam materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Langkah itu dilakukan agar Islam tidak lagi dianggap sebagai agama yang selalu dikaitkan dengan perang.

Menurut Henri, munculnya kebijakan itu seakan-akan diyakini jika setiap siswa akan memahami peperangan yang pernah dijalankan oleh Rasulullah pasti akan anarkis, intoleran dan bertindak brutal kepada penganut agama lain.

"Orang yang berpikir seperti ini dikhawatirkan sedang mengalami gangguan delusi. Orang yang mengalami delusi seringkali meyakini hal-hal yang tidak nyata atau tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya," katanya.

Dia berpendapat jihad fi sabilillah yang meliputi segala bentuk jihad termasuk perang adalah puncak tertinggi dari ajaran Islam (dzirwatu sanamihi) sebagaimana disebutkan dalam hadits Mu'adz bin Jabal. Perang adalah bagian dari keniscayaan yang selalu berulang di sepanjang sejarah, di setiap zaman dan tempat.

Oleh sebab itu, kata dia, Islam mengatur bagaimana berihsan dalam perang, sekiranya peperangan itu harus dilakukan. Paling tidak sebelum melakukan jihad qital (perang), ada dua tahapan yang harus dilalui, yakni jihad tarbawi dan jihad tanzimi.

Jihad tarbawi adalah menyiapkan pengetahuan yang utuh ttg bab keluasan bab jihad, syarat dan rukunnya. Sementara jihad tanzimi adalah menanamkan bahwa perang itu bukan kegiatan liar dan harus diorganisasi oleh pengambil keputusan badan eksekutif tertinggi (negara).

Menurut dia, perang bukan kewajiban yang diputuskan oleh individu atau kelompok-kelompok masyarakat (milisi). Seorang muslim harus mengenal pondasi ajaran jihad, termasuk yang paling mendasar bahwa perang dalam Islam itu sifat dasarnya defensif, bi annahum zulimu (karena dizalimi dan dianiaya (QS al-Hajj: 39).

"Dalam kondisi perang, setiap muslim diajarkan perbuatan apa saja yang harus dihindari ketika berperang. Misalnya larangan merusak tempat ibadah, merusak lingkungan, membunuhi binatang ternak, menebangi tanaman, membunuh musuh yang menyerah, menganiaya, dan segala bentuk yang tidak beradab," katanya.

Namun demikian, kata Henri, perlu juga ditelaah ulang materi peperangan dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam. Tidak sedikit terjadi penyimpangan dalam materi ajar tentang sejarah Islam yang hanya merujuk pada penulis orientalis yang tidak beriktikad baik terhadap penggambaran sejarah Islam.

"Sehingga mengesankan bahwa sejarah perkembangan Islam dipenuhi dengan perang dan aksi-aksi brutalisme. Tetapi biar tujuan kebijakan kemenag ini bisa mendapatkan hasil maksimal, akan lebih baik jika diusulkan ke Amerika Serikat dan negara-negara yang mempunyai anggaran perang dan kegiatan militer yang tinggi. Misalnya, Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, Arab Saudi, Prancis, dan Britania Raya," katanya.

https://nasional.sindonews.com/read/...lam-1568705526


buku sejarah islam stlh di edit tanpa cerita perang :

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
18-09-2019 11:33
Quote:Original Posted By ustad.syam
iklan kaskus tv dipindah ke atas di bawah post ts
mana autoplay pula

amblas kuota ane

bgst


pake aplikasi gooplay gan
0
18-09-2019 11:41
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ane tidak setuju dengan penghapusan materi perang
nyatanya memang ada perang, kenapa harus ditutup2i

tapi tolong jangan ditutup2i konflik dalam suksesi khilafah ya
dari Ali ke Muawiyah dari dinasti Umayyah
dari Umayyah ke Abbasiyah
Abbasiyah ke Ustmaniyah/Ottoman
kalo bahas Ottoman jangan lupain genosida Armenia


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
leh..uga memberi reputasi
1
18-09-2019 11:43
Ga perlu kali diapus emoticon-Leh Uga

Ane sempet baca baca tentang perang dikaskus.

Biasanya ayat perang dan ayat perbudakan jadi senjata buat ngedoktrin muslim yg kurang paham, ane termasuk yg terpengaruh tadinya

Tapi ane baca terus panjang betul debatnya , makin ane pahami
Eh Justru malah makin menambah iman ane emoticon-Leh Uga





Diubah oleh leh..uga
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 11:46
ketika ada yg bahas bom bunuh diri kenapa ada yg terguncang.. padahal ga bahas siapa2.
0
18-09-2019 11:48
ga ada critanya hapus sejarah perang trus efektif bs mencegah tindakan intoleran
nusantara dari ribuan taun lalu sdh terbiasa dgn perang. mulai dri penaklukan antar kerajaan. rebutan tahta. perang lawan penjajah. sampe sekarang aja kadang masi ada perang (tawuran) antar geng.
0
18-09-2019 11:49
Sejarah itu bukan untuk dilihat yang baik baiknya saja. Ada kalanya sejarah kelam seperti peperangan dan kekalahan ini bisa melecut semangat kita untuk terus berjuang menjadi lebih baik. Masa sedikit2 dihpus
0
Lapor Hansip
18-09-2019 11:50
Balasan post leh..uga
Quote:Original Posted By leh..uga
Ga perlu kali diapus emoticon-Leh Uga

Ane sempet baca baca tentang perang dikaskus.

Biasanya ayat perang dan ayat perbudakan jadi senjata buat ngedoktrin muslim yg kurang paham, ane termasuk yg terpengaruh tadinya

Tapi ane baca terus panjang betul debatnya , makin ane pahami
Eh Justru malah makin menambah iman ane emoticon-Leh Uga







masalahnya ga semua org ngaskus gan

apalagi kebanyakan muslim cm ngandalin sanadnya..kalau dpt guru yg...ya ikut2an lah


btw bukannya gw pro edit sejarah perang islam,bagi gw percuma tuh,wong 50%isi alquran jg perintah kebencian kepada yahudi dan kristen,gimana mau ditafsir lembutin coba..bakal susah jelasin asbabun nuzul nya kalau sejarah perangnya di sensor semua
Diubah oleh beritafilistin
0
Lapor Hansip
18-09-2019 12:00
Balasan post Bruceweine
Pahami bedanya gan. Perang pahlawan indonesia ttp dipelajari karena bela negara.

Perang buku manual, perang perampasan, rebut budak,

Pdhl mereka percaya taurat, tapi malah dilanggar sama nabinya sendiri, membunuh makhluk ciptaan tuhan. Plus pakai alasan perang. Di manual book juga blg, membunuh klo perang itu jihad sah dgn syarat kedua belah pihak setuju untuk perang.


Sejak kapan dua belak pihak setuju berperang? Dimana2 perang itu hanya ada invansi dan mempertahan kan, bukan setuju2an buat perang.


Trus hukum 10 perintah tuhan, jgn berzina. Di manual book blg perang gak boleh rampah, sentuh anak, istri dqn budak musuh. Apa benar? Tuh mereka malah dijadikan budak dan boleh di ewe.


Jadi, 2 dr 10 perintah tuhan sj dilanggar. Jgn membunuh, dan jgn berzinah. Itu sudah fix, ngak bisa diubah dan gak bisa diganggu gugat.

Ini malah si bungsu revisi dgn dalil akan tetapi..... lalu klaim menyempurnakan?
0
Lapor Hansip
18-09-2019 12:06
Balasan post sfast
Quote:Original Posted By sfast
Pahami bedanya gan. Perang pahlawan indonesia ttp dipelajari karena bela negara.

Perang buku manual, perang perampasan, rebut budak,

Pdhl mereka percaya taurat, tapi malah dilanggar sama nabinya sendiri, membunuh makhluk ciptaan tuhan. Plus pakai alasan perang. Di manual book juga blg, membunuh klo perang itu jihad sah dgn syarat kedua belah pihak setuju untuk perang.


Sejak kapan dua belak pihak setuju berperang? Dimana2 perang itu hanya ada invansi dan mempertahan kan, bukan setuju2an buat perang.


Trus hukum 10 perintah tuhan, jgn berzina. Di manual book blg perang gak boleh rampah, sentuh anak, istri dqn budak musuh. Apa benar? Tuh mereka malah dijadikan budak dan boleh di ewe.


Jadi, 2 dr 10 perintah tuhan sj dilanggar. Jgn membunuh, dan jgn berzinah. Itu sudah fix, ngak bisa diubah dan gak bisa diganggu gugat.

Ini malah si bungsu revisi dgn dalil akan tetapi..... lalu klaim menyempurnakan?


ah yesus jg langgar 10 perintah allah


tidak mengkuduskan hari tuhan/sabat
0
Lapor Hansip
18-09-2019 12:12
Balasan post Bruceweine
Quote:Original Posted By Bruceweine
Menurut ane, jangan dihilamgkan tapi dikemas bahasanya bukan sebagai perang=kekerasan tapi perang = memperjuangkan kebebasan dan keadilan. Tidak baik juga bila pendidikan dasar tidak memberikan realitas yg nyata, terutama senyata perang




sejak kapan islam memperjuangkan kebebasan dan keadilan ?

apa muhammad sejak awal memiliki wilayah kekuasaan ?
atau muhammad justru merampas wilayah kekuasaan orang lain ?


lucu ketika seorang penjajah atau perampas wilayah kekuasaan orang lain,
mau bicara melawan penjajahan dan memperjuangkan kebebasan dan keadilan ?





0
18-09-2019 12:12
kok agak aneh aja jadinya..
0
18-09-2019 12:24
memang benar, banyak peperangan dan konfrontasi terjadi pada masa Nabi. Sekitar 10 tahun beliau tinggal di Madinah, terjadi 64 kali peperangan: 26 peperangan dipimpin Nabi sendiri dan selebihnya adalah pasukan utusan Nabi melawan suku Quraisy dan kabilah-kabilah Arab

bagian ini tentunya tidak terpisahkan dlm sejarah awal2 dan tdk bisa dilewatkan begitu sj karena ada Sang Nabi sendiri yg jadi inisiator dan langsung terlibat di dalam nya

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

http://www.penerbitzaman.com/detail-...erang-muhammad

==========

bahasan ini pernah jd pemberitaan Nasional sktr 2016 kl nggk salah, cukup lama sekitar 3 tahun yg lalu.. pernah dimuat di BBC Indonesia jg, tp sampai sekarang tidak ada kejelasan nya

Materi pelajaran sejarah Nabi Muhammad SAW di sekolah dasar dan menengah akan diperbaiki karena cenderung menonjolkan perannya dalam peperangan dan tidak memberi tempat pada sifat-sifatnya yang toleran dan mendukung perdamaian

https://www.bbc.com/indonesia/berita...ag_sejarahnabi

==========

jika kelak ada perubahan / pembatasan berarti banyak Buku yg bakal ditarik dari peredaran

Buku Best Seller di Damaskus (Suriah) yg beredar di Indonesia

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

==========

Buku versi Anak2

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
18-09-2019 12:31
Balasan post sfast
@sfast emmm yesus malah memasukkan pengkultsan dirinya menjadi bagian hukum taurat, itulah pintar nya dia memanipulasi dengan kata Indonesia nya "mengenapi". Maka nya Judaism anggap dia sesat dan beberapa perbuatan melanggar hukum taurat, hukum yg diklaim dibuat bapak nya atau dirinya sendiri harus ditaati setaat taat nya lalu kemudian mengutuk bangsa pilihan nya dewe karena gak ngakuin nya.

Jelas dia tidak menghapus atau meniadakan, tidak ada secara jelas dan omongan nya ttg dihapus malah nambah nambah hukum taurat dgn aturan menuhankan diri nya sendiri malah. lebih parah pelanggaran nya emoticon-Ngakak
Diubah oleh FreedomnReality
0
18-09-2019 12:56
Masuk akal sih, kalo orang polos baca ayat2 perang dari guru yg salah, lalu didoktrin "Wahyudi dan Nasroni tidak akan suka pada kamu sampai kamu mengikuti mereka berdua", trus ada lagi "Janganlah menyerupai suatu kaum..." atau "Seburuk-buruknya mahluk itu adalah kafir"...

Pelan pelan disadari atau tidak, pasti muncul benih2 kebencian di hati mereka yg tinggal tunggu waktu aja bakal berbuah atau enggak
0
Lapor Hansip
18-09-2019 13:02
Balasan post general.maximus
Sejarah ditulis oleh pemenang, itu ane sepakat banget.

Dalam peperangan, pasti ada 2 versi cerita, termasuk juga perang2 dalam sejarah Islam ini. Ane banyak nemuin di toko Gramed, banyak disalin ke bentuk komik atau cergam buat anak2.

Lucunya menurut ane, penulisnya itu gak netral, dia bikin judul, cerita, seolah2 kalo peperangan dalam sejarah Islam itu selalu karena muslim yang ditindas duluan, muslim yang dihina, muslim yang diserang, dsb.

Bahkan penyerbuan dan pendudukan Konstantinopel aja sampai bisa2nya diceritakan sebagai kisah "PEMBEBASAN KONSTANTINOPEL".
0
18-09-2019 13:03
Kalau namanya sejarah itu merupakan bagian dari peradaban manusia, perang-damai, maju-hancurnya suatu peradaban merupakan suatu prestasi yg wajib dicatat, agar menjadi pembelajaran bagi anak cucu kita...yg jadi masalah itu ketika sejarah dibelokkan, atau sejarah perang dijadikan dalil utk melakukan perang yg lain
0
Lapor Hansip
18-09-2019 13:49
Balasan post Jazed
Quote:Original Posted By Jazed
Dikritik, Rencana Penghapusan Materi Perang dalam Buku Sejarah Islam

Setuju
------------
Mempelajari sejarah peperangan kalau hasilnya membuat murid-murid menjadi intoleran dan beringas sebaiknya dihilangkan saja dari kurikulum dan buku sekolah wajib (alias tidak perlu diajarkan dan dijadikan materi ujian)

Jaman now, buat yang penasaran mengenai peperangan silakan saja cari di internet atau referensi lain , semua jalur ada.

Terimakasih effort-nya untuk menjaga persatuan dan toleransi di NKRI.


sekalian aja semua termasuk sejarah RI.. Bodoh boleh tolol jangan
0
18-09-2019 14:16
kalo menurut ane mending gk usah dihapus cuma dikurangin aja bab pembahasan perangnya tapi difokuskan pada kerugian-kerugian yg ditimbulkan oleh perang dan hikmah hidup rukun, damai tanpa perang serta pentingnya menjaga Kerukunan antar sesama...
0
18-09-2019 14:49
Halahh di abrakadabra lainnya cem kristin dan wak yudi juga ada ayat/riwayat model gitu, gue aja bingung apalagi tuhan liat tingkah umat-umat abrakadabra satu sama lain bertingkah anti mainstream emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh cuangcoetz
0
18-09-2019 15:03
Quote:Original Posted By smersh64
Waduh emoticon-Wakaka tapi ndak papa kok. Gua tetap temen lu emoticon-Shakehand2


Ente lebih parah dah, kuliah disuatu universitas agamis tapi suka gambar nganu emoticon-Wakaka
profile-picture
smersh64 memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.