• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Lo Gan-Sis, Definisi Dari Olahraga Juga Manfaatnya Sebagai Pemersatu Bangsa

fanya06Avatar border
TS
fanya06
Ini Lo Gan-Sis, Definisi Dari Olahraga Juga Manfaatnya Sebagai Pemersatu Bangsa
Dunia Olahraga Indonesia



Halo Gan-Sis, salam kaskuser dimana pun berada. Sudah pada berolah raga belum hari ini?

Kalo saya sih sudah, habis ngepel nyapu lantai, nyuci baju, nyuci piring dll. Pokoknya kegiatan yang bikin keluar keringat dah wkwkwk .... Eh ... kegiatan tadi termasuk ke dalam olahraga nggak ya?

Nah Gan-Sis, ada yang tahu definisi dari olahraga?

Jadi ada banyak perngertiannya Gan-Sis, antara lain seperti yang dilansir dari perpustakaan.id :

Pengertian Olahraga menurut pakar adalah suatu kegiatan yang bisa menyehatkan diri dari dalam maupun luar tubuh atau yang biasa disebut juga dengan sehat maupun rohani.

Sedangkan pengertian Olahraga menurut kamus lengkap bahasa Indonesia adalah kata olahraga merupakan kata kerja yang diartikan gerak badan agar sehat.

Menurut Ir. Soekarno Olahraga adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk melaksanakan 3 tujuan revolusi Indonesia, yaitu: Negara Kesatuan RI yang kuat, Masyarakat adil dan makmur dan Tata dunia baru.

Nah lo, ternyata ada pengertian olahraga menurut Presiden RI yang pertama juga, yaitu Bapak Presiden Ir. Soekarno, dan tujuan beliau adalah untuk revolusi Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Apakah olahraga sudah berhasil mempetsatukan Indonesia?

Tentu saja sudah berhasil Gan-Sis, hal itu sudah dibuktikan sendiri oleh MENPORA (Menteri Pemuda dan Olahraga) Imam Nahrawi, yang dikutip dari bola.com ketika itu beliau sedang mengadakan kunjungan ke suatu desa di Ambon.

"Suatu ketika saya berkunjung ke salah satu desa di kota Ambon, Maluku yang bernama Tulehu. Keberhasilan Sani meramu tim sepakbola U-15 Maluku dari lintas agama dan berhasil menjadi juara nasional tahun 2006 telah mengubah cara pandang masyarakat setempat," tuturnya.

"Hal serupa juga saya rasakan ketika menyambut pemain ganda campuran bulutangkis kita Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang berhasil mempersembahkan medali emas Olimpiade Brasil. Mereka adalah bukti pasangan yang bhineka tunggal ika, beda etnis dan beda agama tapi melalui olahraga mereka disatukan dan berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia," tambah Menpora.

Jadi sebenarnya dunia olahraga di Indonesia itu, tidaklah seburuk seperti berita yang sedang beredar di masyarakat. Misalnya berita keributan antar suporter pendukung tim sepak bola. Hal itu terjadi bukan karena dunia olahraga kita buruk. Tetapi karena oknum-oknum yang tidak menghormati arti olahraga yang sebenarnya.

Dalam suatu pertandingan olahraga, rasa sportivitas yang paling utama, kalah menang itu sudah biasa. Yang terpenting, melalui pertandingan olahraga kita harus mampu menjalin rasa persahabatan dan kekeluargaan.

Asian Games, merupakan salah satu contoh dari perhelatan olahraga yang mampu mempersatukan Indonesia dan mengharumkan namanya di mata dunia.



Bagaimana tidak, Indonesia sudah dua kali berhasil menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga Asian Games.

Yang pertama pada era pemerintahan Presiden Soekarno, Asian Games ke-4, tepatnya pada tahun 1962, dan yang ke-2 yaitu pada tahun 2018 kemarin Asian Games ke-18 yang diadakan di Jakarta dan Palembang yang diikuti oleh 45 negara yang bertanding dalam 40 cabang olahraga.

Serentak masyarakat Indonesia bersatu dan mendukung Timnas Indonesia untuk berjuang dalam Asian Games tersebut. Baik dukungan secara langsung ataupun dukungan melalui media sosial, dengan memberi semangat pada para atlet Indonesia.

Asian Games 2018 telah berakhir pada Minggu (2/9/2018). Indonesia sebagai tuan rumah berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Indonesia pun mengakhiri Asian Games 2018 di posisi keempat klasemen peraih medali. 

Berikut ini beberapa nama atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas dalam Asian Games ke-18 tahun 2018 kemarin.

1. Defia Rosmaniar



Adalah atlet Taekwondo Indonesia peraih medali emas di poomsae tunggal putri.

2. Aries Susanti Rahayu



Aries meraih medali emas pada cabang olahraga panjat tebing nomor kecepatan putri.

3. Aqsa A Aswar



Adalah peraih medali emas pada cabang olahraga jetski di nomor endurance runabout terbuka.

4. Jonatan Christie



Adalah peraih medali emas pada cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra, setelah mengalahkan Chou Tien Chen dari Taiwan di babak final.

5. Hanifan Y Kusumah



Adalah peraih medali emas pada cabang olahraga pencak silat dan dikenal juga karena aksi spontanitasnya memeluk Presiden Joko Widodo dan Ketua IPSI Prabowo Subianto.

Bagaimana Gan-Sis? Apa pendapat Gan-Sis mengenai masa depan dunia olahraga Indonesia?

Menurut saya pribadi, di masa depan pasti dunia olahraga Indonesia semakin maju dan berjaya. Apalagi olahraga juga sebagai media pemersatu bangsa.

18/09/2019

Sumber Referensi :
1 2
Diubah oleh fanya06 18-09-2019 04:20
anasabila
Gresta
DeYudi69
DeYudi69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.