alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d806a8ac820840a724b01bc/h-7-kuhp-baru-semua-hubungan-seks-di-luar-pernikahan-terancam-pidana
Lapor Hansip
17-09-2019 12:09

H-7 KUHP Baru: Semua Hubungan Seks di Luar Pernikahan Terancam Pidana

Past Hot Thread
H-7 KUHP Baru: Semua Hubungan Seks di Luar Pernikahan Terancam Pidana

Panja RUU KUHP telah menyelesaikan draf dan segera membawanya ke rapat paripurna DPR untuk disahkan menjadi UU pekan depan. Salah satunya Pasal Zina, yang meluaskan definisi 'zina'.

Dalam KUHP saat ini, zina didefinisikan persetubuhan bila salah satu atau dua-duanya terikat pernikahan. Namun, dalam RUU KUHP, zina diluaskan menjadi seluruh hubungan seks di luar pernikahan.

"Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda Kategori II," demikian bunyi Pasal 417 ayat 1 RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (17/9/2019).


Nah, siapakah yang dimaksud 'bukan suami atau istrinya'? Dalam penjelasan disebutkan:

1. Laki‑laki yang berada dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan perempuan yang bukan istrinya;
2. Perempuan yang berada dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan laki‑laki yang bukan suaminya;
3. Laki‑laki yang tidak dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan perempuan, padahal diketahui bahwa perempuan tersebut berada dalam ikatan perkimpoian;
4. Perempuan yang tidak dalam ikatan perkimpoian melakukan persetubuhan dengan laki‑laki, padahal diketahui bahwa laki‑laki tersebut berada dalam ikatan perkimpoian; atau
5. Laki-laki dan perempuan yang masing-masing tidak terikat dalam perkimpoian melakukan persetubuhan.

Untuk bisa memenjarakan pelaku 'kumpul kebo' di atas, harus ada syarat mutlak, yaitu atas aduan suami, istri, orang tua, atau anak. Yang dimaksud anak adalah anak kandung yang usianya telah 16 tahun.

"Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai," demikian bunyi pasal 417 ayat 4 RUU KUHP.


https://news.detik.com/berita/d-4709...=news_mostpop

Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
18-09-2019 09:16
kalo kena gebrek y? kayakny sih sama aj aturanny cuma ketambahan kalo anakny bisa nuntut
0 0
0
18-09-2019 11:02
Selingkuh dimasukan pasal pencurian ja
0 0
0
18-09-2019 12:29
nasib vina garut terancam berapa tahun ya ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 12:45
jagalah anumu dengan baik...
0 0
0
18-09-2019 13:09
emoticon-Blue Guy Bata (L) Ya gini ini Indonesia.

Bukannya menggalakkan sex education dan program KB, tapi malah sibuk ngurusin pihak pengen yang wik wik

Diubah oleh hensemjek
profile-picture
profile-picture
zaichi dan qavir memberi reputasi
2 0
2
18-09-2019 13:09
OMG
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
18-09-2019 15:35
Emang ada yang agak aneh dengan Indonesia sekarang, seperti ada yang mencoba untuk mengada-ada masalah supaya eksposure nya buruk

Tapi semoga itu cuma prasangka buruk saya aja deh
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
18-09-2019 21:09
RUU yang mendukung LGBT kah ini? emoticon-Bingung
0 0
0
18-09-2019 21:17
Quote:Original Posted By kljy
Untung ane ga pernah zina







Karena ga ada yang mau jadi pasangan zina ane 😢


Sene nikmati cendol abang aja


Mumpung gratis, kalo sama abang seberang cendolnya 5 rebu segelas
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
18-09-2019 21:29
Quote:Original Posted By b3jo.asoy
Kalau laki-laki melakukan persetubuhan dengan laki-laki tanpa ikatan pernikahan gak masuk pasal perzinaan ya?
Aw aw....

Take emoticon-Angkat Beer

emoticon-DP emoticon-DP


Musti dijelasin dulu definisi persetubuhan tuh bijimana.. emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 23:59
Alhamdulillah
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 03:17
Balasan post qavir
terus di kriminalisasi jg biar UU KDRT kuat juga, datanya udah Onlinesbi sudoku incometaxindiaefiling jelas korban kebanyakan perempuan, bukan cuma istri, kdrt ada juga dalam pacaran jd wajar KUHP ny sesuai UU lain.
Diubah oleh mayjorblayke
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 06:17
Balasan post feryherle
nasib vina garut terancam berapa tahun ya ?
Speed Test Scrabble Word Finder Solitaire
0 0
0
19-09-2019 07:03
Wah lebih kejam dari hukum agama......

0 0
0
19-09-2019 07:38
Yaah kalau gitu cewek ane yg beda usia 17 th lebih tua dari ane mau ane nikah sirih aja deh emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
19-09-2019 08:28
Balasan post mayjorblayke
@mayjorblayke klo pacaran ga pake wikwik ga kena pidana gan. lagipula yg bisa laporin cuma anak, ortu, pasangan.
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 10:00
Balasan post stamford23xxx
Quote:Original Posted By stamford23xxx
Yaah kalau gitu cewek ane yg beda usia 17 th lebih tua dari ane mau ane nikah sirih aja deh emoticon-Big Grin


nikah siri gak diakui negara dan gak ada catatan resminya bisa dianggap zinah ma undang-undang.
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 11:11
Balasan post angopmaksimal
No, thanks! emoticon-DP:
0 0
0
19-09-2019 18:10
Peraturan nya buat rakyat terus nih..
Buat pemerintah nya kapan nih??
Misal anggota dpr tidur saat jam kerja di pidana atau sanksi gitu

emoticon-Hansip
Diubah oleh abayer92
0 0
0
Lapor Hansip
19-09-2019 21:59
Balasan post namdokmai
Quote:Original Posted By namdokmai


nikah siri gak diakui negara dan gak ada catatan resminya bisa dianggap zinah ma undang-undang.


Nah ini dia emoticon-Ngakak

0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.