Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8089aaa7276869871da7e0/rkuhp-pasal-perzinaan-berhubungan-seks-lalu-ingkar-janji-menikahi-bisa-dipidana
Pasal perzinaan dalam pembahasan RKUHP menuai kontroversi. Salah satu isi dalam pasal tersebut adalah ingkar janji untuk menikahi wanita setelah berhubungan seks dapat dipidana.
Lapor Hansip
17-09-2019 14:22

RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!

Past Hot Thread
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!


Mulai sekarang kita harus berhati-hati dalam memberikan janji manis seperti harapan untuk menikahi seorang wanita. Karena kalau tidak terealisasi, bisa dipidana loh.

Eits, tapi hal itu hanya berlaku kalau kalian memberikan harapan palsu untuk melakukan hubungan seks dengan wanita.

RKUHP memang cukup kontroversial pembahasannya, mungkin sama kontroversialnya dengan revisi UU KPK yang sedang bergulir. Namun tetap saja proses pembahasan dari anggota Panitia Kerja (Panja) RKUHP tetap berjalan, dan sudah rampung pada Minggu (15/9) malam. Setelah diselesaikan, RKUHP akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk disahkan pada 24 September 2019 nanti.

Sebelum kita menunggu tanggal pengesahan RKUHP tersebut, alangkah lebih baiknya kita membicarakan mengenai pasal yang pembahasannya identik dengan topik "pemersatu bangsa" ini.

Pasal yang berhubungan dengan perziniaan dalam RKUHP terbagi di pasal 417, 418, 149, dan 420.

Pasal 417
Kita mulai dari pasal 417 RKUHP, yang mengatur ancaman tindak pidana selama satu tahun terhadap orang yang melakukan seks di luar hubungan pernikahan. Jadi, kalau belum punya status suami-istri dan melakukan hubungan intim bisa terancam pidana karena perzinaan.

Tapi, tindak pidana tersebut akan berlaku jika ada pengaduan dari pihak suami, istri, orang tua, atau anak dari pelaku. Pengaduan pun juga dapat ditarik kembali selama pemeriksaan asalkan sidang pengadilan belum dimulai.

Pasal 418
Nah, masuk ke pasal yang menurut ane sebagai masyarakat agak aneh. Sesuai judul thread, Pasal 418 ini akan mengatur ancaman pidana selama 4 tahun bagi orang yang melakukan hubungan seks dengan wanita dan memberikan "harapan palsu" untuk dinikahi.

Melansir dari CNN Indonesia, bunyi pasal tersebut secara jelas berbunyi:

"Laki-laki yang bersetubuh dengan seorang perempuan yang bukan istrinya dengan persetujuan perempuan tersebut karena janji akan dikimpoii, kemudian mengingkari janji tersebut karena tipu muslihat yang lain dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak kategori III,"bunyi pasal 148 ayat 1 RKUHP.


Berkaca dari pasal ini, jadi kalian harus berhati-hati ya dalam berkata hanya untuk melampiaskan nafsu birahi, hehe.

Pasal 419
Selain itu, buat kalian yang kultur hidupnya mengusung skema "kumpul kebo" atau tinggal serumah tapi belum menikah juga bisa kena ancaman pidana loh.

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkimpoian dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak Kategori II," bunyi pasal 419 ayat 1 RKUHP.

Nah, tindak pidana untuk para pelaku kumpul kebo ini bisa dilakukan penuntutan kalau ada pengaduan dari pihak suami, istri, orang tua, atau anaknya. Tapi, pengaduan ini juga dapat ditarik kembali asalkan pemeriksaan di sidang pengadilan belum dilaksanakan.

Pasal 420
Dari keseluruhan pasal RKUHP yang membahas perzinaan, nampaknya pasal ini yang paling ane dukung. Dalam pasal ini mengatur ancaman pidana 12 tahun bagi pelaku hubungan seks dengan saudara sedarah atau biasa dikenal dengan Incest. Lebih jelasnya, berikut kutipan dari isi pasal 420 RKUHP tersebut:

"Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan seseorang yang diketahuinya bahwa orang tersebut merupakan anggota keluarga sedarah dalam garis lurus atau ke samping sampai derajat ketiga dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun," demikian bunyi pasal 420 RKUHP melansir dari CNN Indonesia.

Kalau untuk pasal yang ini, ane rasa banyak pihak gak akan keberatan sama ancaman pidana yan diatur. Malah kalau bisa ditambah aja biar gak memberi celah untuk pelaku incest.

Tapi, bagaimana pendapat kalian mengenai pasal-pasal yang lain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milktoasthoney dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
17-09-2019 22:29

kalo ceweknya yg ingkar bisa dilaporin gak?
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
17-09-2019 23:21
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Lebih baik menghindari zina. Biar lebih aman. Kalau pun masih ada yang bandel, tindak pidana seperti yang di atas bisa di terapkan. Biar gak banyak korban penjahat kelamin bermodus mau nikahin


Setuju gan!
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
17-09-2019 23:59
417 dan 419 itu yg dipenjara pihak mana? Cewek ama cowok?

418 ga berlaku kebalikannya (cowok diphp cewek)?
profile-picture
dalivan memberi reputasi
1 0
1
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 00:39
berarti udah gak ada penggrebekan pasangan mesum di hotel atau tempat lainnya?
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 00:52
Ane engga ngerti sama semua rancangan Pasal2 diatas gan emoticon-Hammer2 ...

Entah kenapa buat ane ini pasal2 terasa Absurdemoticon-Cool
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 01:05
emoticon-Wow .. akhirnya keahlian ane sudah waktunya berakhir dan tidak bisa diwariskan ke dedek2 sekalian ya emoticon-Big Grin
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 01:06
Quote:Original Posted By revolutionary
417 dan 419 itu yg dipenjara pihak mana? Cewek ama cowok?

418 ga berlaku kebalikannya (cowok diphp cewek)?


Pada poin 418 ane berasa agan mengungkapkan apa yang agan pendam selama ini emoticon-Peace emoticon-shakehand
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 01:56
Pasal karet guoblok emoticon-Nyepi
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 03:17
kurang kerjaan amat pemerintah ngurusin privasi orangemoticon-Betty
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 03:19
Ujung2nya duit
Soalnya dibaca2 lagi hukumannya penjara atau bayar denda emoticon-Ngacir
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 04:21
Belum disahkan juga, cuma rancangan.
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 04:36
saya tidak bisa berkata apa2 emoticon-Leh Uga
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 05:13
Dasar pembuktian terbaliknya gimana tuh ya seandainya wanitanya berbohong dijanjikan dinikahi? Lah kalo emang ternyata si “korban” lon*e atau pekerjaannya P*K di luar sana,pas ketemu client tajir abis donk tuh kudu dinikahin :nyengir
Diubah oleh shinichi85
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 07:26
Krn memang dasarnya mengenai perzinahan banyak yg lolos apalagi jika pakai dasar KUHP... Makanya RUU KUHP yg baru menjabarkan lagi serta memperluas makna perzinahan berdasarkan kultur masyarakat Indonesia
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 07:39
ya elah ini triknya sih gampang bgt. let say kita punya calon tp kita kepincut ama yg lebih hot. ya kita tinggal bikin ilfeel aja si calon smpe dia yg minta putus? gampang kan jd ga pho dong kl dia yg mutusin wkwk
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 08:49
Nanti ketakutan terbesarnya bakalan ada gelombang perceraian yg tinggi setelah UU tersebut dicanangkan.
Karena orang berpikir terlalu pendek untuk menikah dan takut berbuat zina maka proses pernikahan dicepatkan.

Padahal belum terlalu saling mendalami kepribadian masing masing.

Harusnya pemerintah juga concern mengadakan pendidikan pra nikah, selain utk mencegah zina, juga berfungsi untuk semakin memantapkan diri utk menikah
profile-picture
profile-picture
dewa1998 dan reid2 memberi reputasi
2 0
2
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 11:18
kayaknya penghuni kaskus pada demen zinah, tradisi jahiliyah yang minim moral
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 11:43
Kalau ada versi lengkapnya, bukti dll seperti apa, apakah bila melaporkan pasangan, harus gugat cerai dlm 3 bulan seperti uu zina yg lama
0 0
0
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
18-09-2019 11:48
ane ga peduli
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia