alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d677f2d10d2954f3240ac70/kejam-orang-tua-memukul-anak-sendiri-bagaimana-dampak-kekerasan-pada-anak
Lapor Hansip
29-08-2019 14:30
Kejam! Orang Tua Memukul Anak Sendiri, Bagaimana Dampak Kekerasan Pada Anak?
Past Hot Thread
Dampak Kekerasan Pada Anak

 Kejam! Orang Tua Memukul Anak Sendiri, Bagaimana Dampak Kekerasan Pada Anak?

 

Sekarang ini, kekerasan pada anakmemang sudah sangat jarang ditemui di berita pertelivisian. Bukan tidak ada, karena disadari atau tidak, kekerasan pada anak sering terjadi di sekitar kita dan dilakukan oleh orang terdekat. Baik kekerasan yang sifatnya fisik hingga mencederai anak, atau kekerasan yang bersifat fisik ringan, atau lebih ke verbal.

 

Jujur, ane lihat di youtube, banyak sekali video-video kekerasan pada anak yang mengiris jiwa. Baik jiwa korban, atau pun jiwa ane sendiri. Beberapa adalah video lama, tapi ada yang terbaru juga, walaupun ga viral.

 

stop kekerasan pada anak

 

Terkadang, sadar atau tidak sadar, ketika pikiran kita sebagai orang tua sedang mengalami stress. Maka, kesalahan sedikit yang dilakukan anak akan membuat emosi meningkat. Sehingga tangan bergerak dengan sendirinya untuk mencubit atau bahkan memukul sang anak.

 

Maka, ketika itu, kekerasan pada anaktidak bisa dihindari lagi. Akhirnya, setelah melakukan hal tersebut, hanya tersisa penyesalan. Tapi, semua terlambat, luka sudah ditorehkan di fisik dan jiwa sang anak.

 

Maka dari itu, sebelum melakukan tindakan fisik pada anak, coba pikirkan kembali apa dampak yang mungkin terjadi pada anak. Berikut adalah dampakyang mungkin terjadi pada anak yang mengalami kekerasan fisik menurut psikolog Dian Ibung:

1. Cedera fisik

 

Ini adalah luka yang bisa terlihat dengan kasat mata. setelah anak mengalami kekerasan fisik, pasti akan meninggalkan sebuah luka fisik. Bekas pukulan atau cubitan, mungkin.

 

2. Cedera psikis

 

Lebih parahnya dan sering tidak disadari oleh orang tua selepas dari melakukan tindakan fisik adalah cedera psikis anak. Cedera ini tidak terlihat dengan kasat mata. Terkadang, cedera psikis ini terbawa hingga dewasa.

Sehingga, menyebabkan korban kekerasan akan menjadi anak yang tidak percaya diri. Biasanya mereka ketakukan dan selalu merasa tidak aman, sehingga mereka menjadi mudah berbohong untuk menyelamatkan diri.

 

3. Tumbuh menjadi anak yang bisa melakukan kekerasan

 

Quote:
Ingat! Anak adalah peniru terbaik.


Jika ia melihat orang sekitarnya atau bahkan orang tuanya sering melakukan kekerasan, maka ia akan menirukan perbuatan tersebut terhadap orang lain.

 

4. Jika itu berlanjut hingga dewasa, maka ada kemungkinan, ia akan menjadi orang tua yang melakukan kekerasan

 

Apa yang dialami anak ketika kecil itu akan membekas di alam bawah sadarnya. Ketika sebuah masalah tidak terselesaikan ketika masih kecil, maka akan terbawa hingga dewasa. Termasuk kekerasan ini. Kemungkinan besar, jika sang anak belum berdamai dengan masa lalunya, maka kemungkinan besar ia menjadi orang tua yang melakukan kekerasan juga.

Dampak Kekerasan pada Anak (Dian Ibung):

 

Nah, sedikit yang bisa ane sharing. Semoga dengan ini, kita bisa menahan emosi dan marah kepada anak. Memang sangat sulit hal itu dilakukan, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Selama kita selalu sadar dan mawas diri terhadap akibat yang akan terjadi ke depannya.

Karena bagaimana sifat dan sikap seorang anak, ditentukan bagaimana kita sebagai orang tua mendidik mereka.

 

Salam hangat,

Retno Qren (RetnoQr3n)

 

Sumber : Opini pribadi dan youtube

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ba.noeng dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
06-09-2019 14:23
kadang ane juga suka terbawa emosi mukul anak klo rewel atau nakal tp allhamdulillah msh dlm bentuk wajar nggak nyampe berbekas atau luka2.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
06-09-2019 23:38
sudah seharusnya sebagai orang tua mempunyai kewajiban untuk menyayangi dan memberikan rasa aman. dampak dari kekerasan ini oun nyata adanya dan pasti terbawa sampai dewasa
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
07-09-2019 15:18
Jugaa dampaknya bisa menjadikn ank memiliki kepercayaan diri yang rendah bahkan bis menjadi pribadi yang memiliki kepribadian ganda.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
09-09-2019 15:26
bener Sista ...
stop kekerasan pada anak 😊
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
10-09-2019 11:14
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
stop kekerasan pada anak


Iyes

Quote:Original Posted By syafetri
Ada baiknya, bila si anak berbuat salah, kita tdk lngsung bereaksi dgn apa yg diperbuatnya. Lebih baik kita menenangkan emosi diri sendiri terlebih dahulu, sebelum bertindak terhadap anak. Krna bila diri kita sndiri sudah tenang, jalan keluar dr masalah akan mudah pula ditemukan, dan si anak pun akan bangga memiliki orang tua yg bijaksana.


Mantap masukannya ganemoticon-2 Jempol
0
10-09-2019 16:46
Point no.4 pengen kubantah, tapi itu juga terkadang fakta.
Sedih sih, tapi kalau terus menerus begitu. Kapan Kekerasan akan berkurang (tidak ada sama sekali)? emoticon-Mewek
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
10-09-2019 20:13
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
stop kekerasan pada anak


Yang jelas buruk buat kepribadian'y kelak.
emoticon-Cool
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
11-09-2019 06:27
Sepakat...
Anak-anak harus dibesarkan dengan kasih sayang dan lemah lembut
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
11-09-2019 11:17
semoga kalo dah jadi ortu, bisa mengendalikan emosi jngn sampe pake kekerasan fisik dah emoticon-Mewek
Meskipun, perkataan mmng lebih menyakitkan psikis, tpi menyakiti anggota tubuh, tidak menutup kemungkinan mengarah ke sana juga emoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
11-09-2019 13:38
ngeri banget... fitrah kehidupan yg tercederai
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
12-09-2019 10:02
Quote:Original Posted By DeYudi69
bener Sista ...
stop kekerasan pada anak 😊


Semoga kita tidak menjadi bagian dari pelaku kekerasan ya ka

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Iyes



Mantap masukannya ganemoticon-2 Jempol


Makasih dah mampir.kaaa

Quote:Original Posted By agungdar2494
Point no.4 pengen kubantah, tapi itu juga terkadang fakta.
Sedih sih, tapi kalau terus menerus begitu. Kapan Kekerasan akan berkurang (tidak ada sama sekali)? emoticon-Mewek


Sebenernya ga bisa 100 persen bisa hilang kekerasan. Karena sifat dasar manusia juga.

Quote:Original Posted By indahmami
Yang jelas buruk buat kepribadian'y kelak.
emoticon-Cool


Bener banget. Dia akan mencontoh orangtuanya

Quote:Original Posted By mamaproduktif
Sepakat...
Anak-anak harus dibesarkan dengan kasih sayang dan lemah lembut


Yups, ditambah dengan ketegasan

Quote:Original Posted By peggimiru
semoga kalo dah jadi ortu, bisa mengendalikan emosi jngn sampe pake kekerasan fisik dah emoticon-Mewek
Meskipun, perkataan mmng lebih menyakitkan psikis, tpi menyakiti anggota tubuh, tidak menutup kemungkinan mengarah ke sana juga emoticon-Mewekemoticon-Mewek


Dua kali sakitnyaaaa, kaa

Quote:Original Posted By febrianaryna
ngeri banget... fitrah kehidupan yg tercederai


Tercederai karena ego orangtua ya ka
profile-picture
profile-picture
peggimiru dan indahmami memberi reputasi
2
12-09-2019 10:06
Quote:Original Posted By RetnoQr3n


Bener banget. Dia akan mencontoh orangtuanya


Pertengkaran bikin otak jadi menggumpal dan pening.
Seperti ada sesuatu tutup yang membungkam botol secara paksa.
emoticon-Mewek
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
12-09-2019 21:59
Semoga kita semua dijauhkan dari melakukan kekerasan pada anak. Kalo agan sedang bermasalah dg orang lain, jangan lampiaskan ke anak. Kalo anaknya salah, biasakan untuk diajak bicara baik2. Kalo udah sumpek banget bingung ngatasi kenakalan anak, curhat aja yuk ke Halodoc. Nanti bisa dikasih saran yang paling pas sama dokter untuk menghadapi sikap dan sifat anak. Jangan langsung dipukul ya gan.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
13-09-2019 12:02
pukulan bukan jalan.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
18-09-2019 00:37
Anak terkadang perlu di didik sedikit keras agar menjadi pribadi yang tangguh
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
23-09-2019 08:44
Kekerasan verbal maupun fisik bisa segitunya membekas sih buat anak.. apalagi buat psikisnya, efeknya bisa mempengaruhi sikap si anak. Terus ane setuju kalo si anak jika udh jadi orangtua bisa mendidik anaknya dengan kasar juga. Ane pernah belajar kalau anak itu bakal meniru perilaku atau pola didik orangtuanya secara tidak sadar, walaupun dalam benak hati gak mau ikutin pola didik orangtuanya tapi sedikit banyaknya secara tidak sadar akan meniru. karena semua pola didik orangtuanya udah terekam dalam memori si anak itu. huhuhu, usahain jangan pernah mukul anak deh...
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
23-09-2019 08:47
Quote:Original Posted By indahmami
Pertengkaran bikin otak jadi menggumpal dan pening.
Seperti ada sesuatu tutup yang membungkam botol secara paksa.
emoticon-Mewek


Di dalam botolnya berisi air panas. Maka akn lbh parah lg ya ka
Quote:Original Posted By renjanakirana
Semoga kita semua dijauhkan dari melakukan kekerasan pada anak. Kalo agan sedang bermasalah dg orang lain, jangan lampiaskan ke anak. Kalo anaknya salah, biasakan untuk diajak bicara baik2. Kalo udah sumpek banget bingung ngatasi kenakalan anak, curhat aja yuk ke Halodoc. Nanti bisa dikasih saran yang paling pas sama dokter untuk menghadapi sikap dan sifat anak. Jangan langsung dipukul ya gan.


Banyak berbincang dengan anak itu penting ya ka

Quote:Original Posted By friya1
pukulan bukan jalan.


Sebisa mungkin jangan

Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Anak terkadang perlu di didik sedikit keras agar menjadi pribadi yang tangguh


Iyups, disiplin. Yg ni ane menyoroti, seorang anak yg menjadi sasaran pukulan krn pelampiasan ortunya

Quote:Original Posted By queenofchicken
Kekerasan verbal maupun fisik bisa segitunya membekas sih buat anak.. apalagi buat psikisnya, efeknya bisa mempengaruhi sikap si anak. Terus ane setuju kalo si anak jika udh jadi orangtua bisa mendidik anaknya dengan kasar juga. Ane pernah belajar kalau anak itu bakal meniru perilaku atau pola didik orangtuanya secara tidak sadar, walaupun dalam benak hati gak mau ikutin pola didik orangtuanya tapi sedikit banyaknya secara tidak sadar akan meniru. karena semua pola didik orangtuanya udah terekam dalam memori si anak itu. huhuhu, usahain jangan pernah mukul anak deh...


Iya ka, karena anak merekam semua yg terjadi pada proses perkembangannya
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1
23-09-2019 10:28
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
Di dalam botolnya berisi air panas. Maka akn lbh parah lg ya ka


Banyak berbincang dengan anak itu penting ya ka



Sebisa mungkin jangan



Iyups, disiplin. Yg ni ane menyoroti, seorang anak yg menjadi sasaran pukulan krn pelampiasan ortunya



Iya ka, karena anak merekam semua yg terjadi pada proses perkembangannya


Yup, kira2 seperti itu.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
28-09-2019 19:22
Hmm mantep banget nih infonya, krn bagaimana pun anak kadang mencontoh orangtuanya
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
29-09-2019 21:09
Kekerasan kan terdapat dua bentuk, verbal sm fisik.. dua-duanya menurut ane punya dampak tersendiri buat anak. Dampak yang mempengaruhi sikap dan perilaku si anak adalah dampak psikis, takutnya pas anak udah gede meniru perilaku yang dia dapatkan waktu kecil secara tidak sadar, karena anak itu secara tidak sadar merekam di memori huhu.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.