alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c03e06cd675d434338b4568/jangan-salah-aki-kering-juga-pakai-elektrolit
Lapor Hansip
02-12-2018 20:38
Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit
Past Hot Thread
Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit


Accu (baca: aki) merupakan piranti wajib pada kendaraan bermotor, sebab komponen ini menjadi sumber daya kelistrikan untuk menghidupkan mesin, membunyikan klakson, menyalakan lampu-lampu, dan sebagainya. Apalagi buat motor matik, sangat penting untuk electric starter, sebab cukup repot jika harus menghidupkan mesin dengan kick starter.

Pada buku Pedoman Pengguna motor matik pernah Ane baca, aki wajib tetap dipasang meski sudah rusak. Katanya, tanpa aki, maka semua lampu akan terbakar, karena aki berfungsi sebagai penyetabil dan penahan arus tegangan listrik dari mesin, agar tetap konstan outputnya 12 volt, sesuai dengan spesifikasi lampu-lampu motor.

Mengingat pentingnya aki, maka seyogyanya komponen ini dirawat dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat rusak, terutama bagi yang punya dana terbatas. Dan kalau masih bisa diperbaiki, mengapa harus beli yang baru?

Secara umum, ada dua jenis aki kendaraan, yaitu tipe basah dan tipe kering. Motor-motor keluaran terkini umumnya sudah menggunakan aki kering. Pengalaman Ane, usia pakai aki basah rata-rata 2 tahun dengan perawatan rutin setiap 2 bulan. Sedangkan aki kering mampu bertahan hingga 3 tahun tanpa perawatan sama sekali. Itulah sebabnya, aki kering disebut juga Maintenance Free (MF) alias bebas perawatan.

Nah, khusus aki kering, kali ini Ane coba memberikan tips memperbaiki jika ia sudah lemah. Tanda aki lemah di antaranya adalah electric starter tak mampu lagi menghidupkan mesin. Jangan buru-buru diganti, karena ia masih mungkin untuk diperbaiki.

Di antara penyebab aki lemah adalah karena aki tak mampu lagi menyimpan arus listrik. Arus listrik perlahan menyusut dan menghilang, sehingga jika mesin lama tak dihidupkan, electric starter tak mampu berfungsi. Hal ini bisa disebabkan terjadinya korsleting (arus pendek) pada aki, atau mengeringnya cairan elektrolit pada aki.

Cara sederhana untuk mengetahuinya, jika setelah mesin dihidupkan, aki tetap seperti semula (tidak bertambah daya), kemungkin aki sudah korslet sehinga harus diganti yang baru. Namun jika sekitar satu jam sesudah mesin dihidupkan dan starter masih berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah air elektrolit yang mengering, dan ini kemungkinan masih bisa diperbaiki.

Untuk memperbaiki elektrolit yang mengering pada aki kering, peralatan yang diperlukan adalah:

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

1. Pisau atau Obeng Minus (-)

2. Air Aki (Zuur) Merah

3. Lem Korea atau Sejenisnya

4. Suntikan Bekas Tinta Printer


Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Lepaskan Aki dari Kendaraan

Letak / posisi aki pada setiap motor mungkin berbeda-beda. Cara melepasnya dengan melepas semua baut dan pengaitnya.


2. Cuci Bersih Aki dengan Sabun

Setelah dicuci bersih, lalu keringkan dengan kain lap, sehingga semua kotoran hilang dan aki tampak seperti baru.


3. Congkel Penutup Aki

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

Pada bagian atas aki, terdapat tulisan DO NOT OPEN. Nah, congkellah bagian itu dengan ujung pisau atau obeng.


4. Buka Karet Penutup Lubang Aki

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

Setelah kover terbuka, maka akan terlihat 6 buah karet penutup lubang aki. Penutup tersebut bisa dilepas dengan tangan secara mudah, karena tidak pakai lem atau drat ulir. Fungsi lubang tersebut adalah untuk mengisi ulang atau menambah elektrolit aki.

Dalam hal ini, orang banyak salah persepsi tentang aki kering. Mereka umumnya menganggap aki kering tak memakai air elektrolit seperti aki basah. Padahal keduanya sama-sama memakai elektronik sebagai media penyimpan arus listrik. Yang membedakannya hanyalah struktur aki dan sistem kerjanya. Pada aki kering, tidak ada lubang penguapan, seperti pada aki basah. Air aki diserap oleh sejenis kapas/busa, tidak seperti aki basah, di mana air aki bisa dilihat. Daleman aki kering sangat mirip dengan Elco bagi yang pernah membongkar Elco pada perangkat elektronik. Karena itulah aki ini selalu terlihat kering, sehingga disebut aki kering.


5. Sedot Air Aki Dengan Suntikan

Penggunaan suntikan bekas tinta printer sangat mudah digunakan untuk menyedot dan mengukur kapasitas air aki merah (zuur), lalu memasukkannya ke dalam lubang aki. Kalau perlu gunakan, sarung tangan karet dan kacamata, karena air aki merah mengandung asam sulfat yang cukup korosif bagi kulit. Satu suntikan ukuran sekitar 10 cc sudah cukup untuk menambah air aki pada satu lubang.


6. Tutup Kembali Lubang Aki

Selesai pengisian, jangan lupa tutup kembali lubang aki dengan penutup karet, kemudian pasang juga kover atasnya yang dicongkel tadi dengan menggunakan lem korea atau sejenisnya. Beri benda berat di atasnya untuk menekan kover tersebut, hingga lem kering dan merekat sempurna.

Jika semuanya sudah selesai, maka cuci semua peralatan (termasuk aki) dengan air, agar tidak ada cairan air aki yang tersisa pada benda tersebut. Lalu pasang kembali aki tersebut pada motor.


7. Charger Aki

Jika aki sudah terpasang, cobalah starter motor GanSis. Jika masih tak bisa menghidupkan mesin, hidupkan secara manual dengan Kick Starter, entah dipakai jalan-jalan atau jalan di tempat sekitar 20 menit. Kalau masih tak bisa hidup, cobalah mengeces aki ke tempat jasa pengisian aki. Andai dengan itu masih tak bisa juga, berarti aki memang sudah harus diganti. Tapi menurut pengalaman Ane, starter langsung bisa dipakai setelah menambah air aki, dan masih awet sampai sekarang.

Demikian tips memperbaiki aki kering versi Ane. Selamat mencoba bagi yang ingin menambah pengalaman dalam merawat aki motor kesayangan. Jangan lupa, utamakan selalu keamanan dan keselamatan dalam mencoba sesuatu, serta siap dengan segala kemungkinan risikonya. (*)
***
Diolah berdasarkan pengalaman sendiri. Sebagian foto dan info dari aki kering
Diubah oleh Aboeyy
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
10-12-2018 14:47
Quote:Original Posted By aiiobond
Gan tanda aki mau tekor apa selain tdk bs di starter electric??
Saya sedikit mengalami di matic saya gara2 awalnya pemasangan instalasi klakson denso yg salah.
Tapi setelah di betulkan kondisi masih sama aja.
Kondisi motor terkadang (tdk sering) kalau posisi diam mesin nyala lampu depan kedip2 begitu juga lampu di kepala.

Kira2 aki ane mulai boros/tekor atau kondisi lainnya gan???
Solusinya bagaimana??
Tks gan....


Bagi motor yg lampunya dinyalakan dgn aki, tanda aki tekor adalah cahaya lampu redup, klakson ga bunyi atau bunyinya lemah, lampu sen kuga redup. Coba dulu akinya dices ke jasa ces aki. Jika sdh dices masih tekor, berarti akinya udah lemah (tak bisa nyimpan daya listrik)
0
Lihat 1 balasan
10-12-2018 16:02
Quote:Original Posted By Aboeyy
Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit


Accu (baca: aki) merupakan piranti wajib pada kendaraan bermotor, sebab komponen ini menjadi sumber daya kelistrikan untuk menghidupkan mesin, membunyikan klakson, menyalakan lampu-lampu, dan sebagainya. Apalagi buat motor matik, sangat penting untuk electric starter, sebab cukup repot jika harus menghidupkan mesin dengan kick starter.

Pada buku Pedoman Pengguna motor matik pernah Ane baca, aki wajib tetap dipasang meski sudah rusak. Katanya, tanpa aki, maka semua lampu akan terbakar, karena aki berfungsi sebagai penyetabil dan penahan arus tegangan listrik dari mesin, agar tetap konstan outputnya 12 volt, sesuai dengan spesifikasi lampu-lampu motor.

Mengingat pentingnya aki, maka seyogyanya komponen ini dirawat dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat rusak, terutama bagi yang punya dana terbatas. Dan kalau masih bisa diperbaiki, mengapa harus beli yang baru?

Secara umum, ada dua jenis aki kendaraan, yaitu tipe basah dan tipe kering. Motor-motor keluaran terkini umumnya sudah menggunakan aki kering. Pengalaman Ane, usia pakai aki basah rata-rata 2 tahun dengan perawatan rutin setiap 2 bulan. Sedangkan aki kering mampu bertahan hingga 3 tahun tanpa perawatan sama sekali. Itulah sebabnya, aki kering disebut juga Maintenance Free (MF) alias bebas perawatan.

Nah, khusus aki kering, kali ini Ane coba memberikan tips memperbaiki jika ia sudah lemah. Tanda aki lemah di antaranya adalah electric starter tak mampu lagi menghidupkan mesin. Jangan buru-buru diganti, karena ia masih mungkin untuk diperbaiki.

Di antara penyebab aki lemah adalah karena aki tak mampu lagi menyimpan arus listrik. Arus listrik perlahan menyusut dan menghilang, sehingga jika mesin lama tak dihidupkan, electric starter tak mampu berfungsi. Hal ini bisa disebabkan terjadinya korsleting (arus pendek) pada aki, atau mengeringnya cairan elektrolit pada aki.

Cara sederhana untuk mengetahuinya, jika setelah mesin dihidupkan, aki tetap seperti semula (tidak bertambah daya), kemungkin aki sudah korslet sehinga harus diganti yang baru. Namun jika sekitar satu jam sesudah mesin dihidupkan dan starter masih berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah air elektrolit yang mengering, dan ini kemungkinan masih bisa diperbaiki.

Untuk memperbaiki elektrolit yang mengering pada aki kering, peralatan yang diperlukan adalah:

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

1. Pisau atau Obeng Minus (-)

2. Air Aki (Zuur) Merah

3. Lem Korea atau Sejenisnya

4. Suntikan Bekas Tinta Printer


Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Lepaskan Aki dari Kendaraan

Letak / posisi aki pada setiap motor mungkin berbeda-beda. Cara melepasnya dengan melepas semua baut dan pengaitnya.


2. Cuci Bersih Aki dengan Sabun

Setelah dicuci bersih, lalu keringkan dengan kain lap, sehingga semua kotoran hilang dan aki tampak seperti baru.


3. Congkel Penutup Aki

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

Pada bagian atas aki, terdapat tulisan DO NOT OPEN. Nah, congkellah bagian itu dengan ujung pisau atau obeng.


4. Buka Karet Penutup Lubang Aki

Jangan Salah, Aki Kering Juga Pakai Elektrolit

Setelah kover terbuka, maka akan terlihat 6 buah karet penutup lubang aki. Penutup tersebut bisa dilepas dengan tangan secara mudah, karena tidak pakai lem atau drat ulir. Fungsi lubang tersebut adalah untuk mengisi ulang atau menambah elektrolit aki.

Dalam hal ini, orang banyak salah persepsi tentang aki kering. Mereka umumnya menganggap aki kering tak memakai air elektrolit seperti aki basah. Padahal keduanya sama-sama memakai elektronik sebagai media penyimpan arus listrik. Yang membedakannya hanyalah struktur aki dan sistem kerjanya. Pada aki kering, tidak ada lubang penguapan, seperti pada aki basah. Air aki diserap oleh sejenis kapas/busa, tidak seperti aki basah, di mana air aki bisa dilihat. Daleman aki kering sangat mirip dengan Elco bagi yang pernah membongkar Elco pada perangkat elektronik. Karena itulah aki ini selalu terlihat kering, sehingga disebut aki kering.


5. Sedot Air Aki Dengan Suntikan

Penggunaan suntikan bekas tinta printer sangat mudah digunakan untuk menyedot dan mengukur kapasitas air aki merah (zuur), lalu memasukkannya ke dalam lubang aki. Kalau perlu gunakan, sarung tangan karet dan kacamata, karena air aki merah mengandung asam sulfat yang cukup korosif bagi kulit. Satu suntikan ukuran sekitar 10 cc sudah cukup untuk menambah air aki pada satu lubang.


6. Tutup Kembali Lubang Aki

Selesai pengisian, jangan lupa tutup kembali lubang aki dengan penutup karet, kemudian pasang juga kover atasnya yang dicongkel tadi dengan menggunakan lem korea atau sejenisnya. Beri benda berat di atasnya untuk menekan kover tersebut, hingga lem kering dan merekat sempurna.

Jika semuanya sudah selesai, maka cuci semua peralatan (termasuk aki) dengan air, agar tidak ada cairan air aki yang tersisa pada benda tersebut. Lalu pasang kembali aki tersebut pada motor.


7. Charger Aki

Jika aki sudah terpasang, cobalah starter motor GanSis. Jika masih tak bisa menghidupkan mesin, hidupkan secara manual dengan Kick Starter, entah dipakai jalan-jalan atau jalan di tempat sekitar 20 menit. Kalau masih tak bisa hidup, cobalah mengeces aki ke tempat jasa pengisian aki. Andai dengan itu masih tak bisa juga, berarti aki memang sudah harus diganti. Tapi menurut pengalaman Ane, starter langsung bisa dipakai setelah menambah air aki, dan masih awet sampai sekarang.

Demikian tips memperbaiki aki kering versi Ane. Selamat mencoba bagi yang ingin menambah pengalaman dalam merawat aki motor kesayangan. Jangan lupa, utamakan selalu keamanan dan keselamatan dalam mencoba sesuatu, serta siap dengan segala kemungkinan risikonya. (*)
***
Diolah berdasarkan pengalaman sendiri. Sebagian foto dan info dari aki kering


Aki basah itu mah...
0
10-12-2018 16:38
nice info gan
0
Lapor Hansip
10-12-2018 17:30
Balasan post Aboeyy
Quote:Original Posted By Aboeyy


Bagi motor yg lampunya dinyalakan dgn aki, tanda aki tekor adalah cahaya lampu redup, klakson ga bunyi atau bunyinya lemah, lampu sen kuga redup. Coba dulu akinya dices ke jasa ces aki. Jika sdh dices masih tekor, berarti akinya udah lemah (tak bisa nyimpan daya listrik)


Iya gan sore ini lagi coba cas...
Apa agan mengetahui harga kisaran aki kering untuk motor???
0
10-12-2018 17:32
wilayah kalsel, aki kering honda matic di dealer 210k.
0
10-12-2018 18:21
aki kering ya..
ane sih lbh milih aki basah ya..
kontrolnya gampang

Nice share gan, jd tau aki kering
Diubah oleh mockingbird7
0
Lihat 1 balasan
11-12-2018 00:09
wah kebetulan sekali aki kering ane udh soak. coba ah siapa tau gaperlu diganti baru. nice inpoh gan
0
11-12-2018 02:53
jejak dulu ah... beguguguna nih
emoticon-Rate 5 Star ya om
0
11-12-2018 11:55
oh...baru tahu saya
0
11-12-2018 12:35
ane gagal terus pakai cara ini karena umur akinya sudah terlalu uzur emoticon-Hammer2
1
11-12-2018 15:52
pake mijon aje bre, kan ada eletrolit nya juga kwkwkw
0
11-12-2018 17:52
Quote:Original Posted By KudaBensin
ane gagal terus pakai cara ini karena umur akinya sudah terlalu uzur emoticon-Hammer2


Ya kalau udah uzur, susah diobati, udah minta ganti. Hee

Quote:Original Posted By ibulampir
pake mijon aje bre, kan ada eletrolit nya juga kwkwkw


Mizone cuma ngandung ion positif, ga ada negatifnya, wkkk
0
12-12-2018 16:29
nice info gan
0
12-12-2018 23:01
Praktek seperti ini udah pernah ane coba di aki kering UPS pc yang udah mulai drop. Secara teknis bahan dan alatnya sama dengan apa yang TS tulis. Tapi, karena memang sudah rusak akinya, hanya bisa menghidupkan pc dan monitor kurang dari 1 menit. Setelah itu UPS mati.
Akhirnya ganti baru deh akinya.
Btw, nice share gan. emoticon-Toast emoticon-Toast
0
Lapor Hansip
12-12-2018 23:04
Balasan post mockingbird7
Kelemahan aki basah suka bikin metal disekitarnya jadi cepet karatan. Harusnya dibuat tempat khusus dengan pipa pembuangan uap elektrolitnya.
0
15-12-2018 17:32
Gak tahu Gan... Ane biasa langsung beli...
0
18-09-2019 00:20
apakah baterai disenut aki kering, seperti baterai hp
0
18-09-2019 00:22
baru tau... nice info gan
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.