alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d66641888b3cb7ee459bb31/kenapa-sih-indonesia-mesti-pindahkan-ibu-kotanya
Lapor Hansip
28-08-2019 18:23
Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?
Grand Design Pemindahan Ibu Kota, Ibu Kota Baru, Kajian Pemindahan Ibu Kota

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?

Wacana tentang akan pindahnya ibu kota negara Indonesia memang jadi topik perbincangan yang sedang hangat-hangatnya beberapa waktu ini. Yah, namanya kebijakan yang akan memengaruhi wajah sebuah negara besar seperti Indonesia, wajar menuai reaksi dari banyak orang sebagai warga negara, kayak kita-kita ini.

Nah, belakangan nih, media baik cetak maupun televisi santer mengabarkan bahwa di antara tiga pilihan provinsi di Pulau Kalimantan, pilihan sudah mengerucut ke satu provinsi, Kalimantan Timur. Proses pengambilan keputusan itu tentu saja nggak asal comot, pemerintah pasti sudah melakukan kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir.


Terlepas dari pendapat pro dan kontra, mengapa kita nggak mencoba menyorot mengenai sisi kajian pemerintah mengenai mengapa sih ibu kota kita harus pindah, sampe bikin heboh jagad Indonesia yang tercinta ini?

Dari baca sana-sini, saya ajak Gansist untuk menyimak hasil ala saya. Yuk ah, cekidot.

 

Tingkat urbanisasi tinggi

Sebagai ibu kota yang menjadi pusat pemerintahan, pusat bisnis dan tempat perputaran ekonomi yang tinggi, maka Jakarta selama ini merupakan magnet bagi penduduk daerah di luar Jawa untuk mencoba peruntungan nasib. Jadilah pertumbuhan urbanisasi sangat tinggi, mulanya sih hanya terkonsentrasi di Jakarta hingga Jakarta masuk ranking 9 Kota Terpadat di Dunia (sumber: World Economic Forum, 2017), tetapi sekarang sudah sampai merambah wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur (Jabodetabekpunjur), Gansist.

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?


Kemacetan dan  commuting time  tinggi

Tentu saja dengan banyaknya penduduk yang berdomisili di satu wilayah itu, berimbas pada tingginya tingkat kemacetan lalu lintas. Indeks kemacetan di Jakarta itu peringkat ketujuh dari 403 kota yang disurvei di 56 negara.
Kemacetan erat kaitannya dengan commuting time atau waktu yang diperlukan untuk satu kali trip pergi atau satu putaran pergi-pulang. Menempuh lalu lintas Jakarta, diperhitungkan 2-3 jam per trip pergi atau 4-5 jam per satu putaran pergi-pulang. Saya merasakan sendiri setiap kali berdinas ke Jakarta, untuk berkoordinasi antar Kementerian/Lembaga menjadi tidak efektif karena sebagian besar waktu saya malah terbuang di jalan raya, berjibaku mengejar jam kantor dengan harus membaur dalam kemacetan. Duh, deg-degan terus sepanjang jalan. Gimana enggak, hari dinas terbatas, jam kantor kementerian yang dituju juga terbatas. Kalo saya telat dan urusan nggak kelar, otomatis saya harus menambah biaya akomodasi per hari keterlambatan. Belum lagi setelah selesai urusan kerja, mesti kejar-kejaran lagi sama jadwal penerbangan kembali ke daerah. Kalau ketinggalan pesawat akibat macet, bikin kesel sampe nggak bisa nahan air mata. 

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?


Pencemaran udara dan sungai

Ya ampun, berdasarkan Air Quality Index Value (Data AirVisual, Agustus 2019), kualitas udara di Jakarta berada pada ranking 1 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Di dunia loh, Gansist. Saya ngeri membayangkan menghirup udara kota yang sering saya kunjungi sudah seburuk itu. Gimana dengan Gansist yang memang bekerja dan berdomisili di sana, ya?

Lalu, padatnya penduduk akibat urbanisasi yang enggak terkendali telah menimbulkan kantung-kantung pemukiman kumuh karena kemampuan kota overloaddalam melayani masyarakat untuk mengakses layanan penyediaan air minum, sanitasi, sistem pengelolaan air limbah dan persampahan hingga drainase pemukiman. Imbasnya ke sungai-sungai kota, Gansist. Kualitas air sungai di Jakarta dilaporkan 96% tercemar berat. Lalu, di mana kelayakan masyarakat untuk bisa hidup dengan sehat dan nyaman?

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?


Potensi ancaman gempa di Jakarta

Aktivitas ekonomi dan pemerintahan bisa saja terganggu bahkan lumpuh jika Jakarta dilanda kerusakan akibat gempa. Sebagai ibu kota negara, kendala itu akan berpengaruh sangat besar ke seluruh wilayah di Indonesia. Termasuk daerah di mana Agan dan Sis sekarang berada.

Kajian potensi ini dipetakan dalam gambar berikut, ya Gansist.

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?

Quote:Wilayah Jakarta terancam oleh aktivitas Gunung Api Krakatau dan Gunung Gede, dan potensi gempa-tsunami Megathrust Selatan Jawa Barat dan Selat Sunda, gempa darat Sesar Baribis, Sesar Lembang dan Sesar Cimandiri.


Mengapa ibu kota harus pindah ke luar Jawa?

Pulau Jawa memiliki jumlah penduduk  tertinggi, yaitu 56,56% dari total jumlah penduduk  Indonesia, sementara daerah-daerah lain  memiliki jumlah penduduk sangat rendah yaitu di bawah 10%, kecuali Pulau Sumatra.

Hal-hal yang sudah diutarakan di atas menguatkan alasan mengapa ibu kota harus pindah ke luar Jawa. Tindakan ini dinilai dapat memecah konsentrasi kepadatan penduduk dan meminimalisir masalah-masalah seperti konversi lahan hijau menjadi permukiman, dan krisis ketersediaan air di Pulau Jawa terutama DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?

Terus, kemana harus dipindahkan?

Ya, berangkat dari konsep logika saya yang sederhana bahwa ibu kota akan menjadi pusat dari aktivitas kenegaraan dan pemerintahan, pusat aktivitas bisnis dan perputaran ekonomi, maka lokasi strategis dari negara Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, paling idealnya berada pada wilayah tengah Indonesia.

Kenapa Sih, Indonesia Mesti Pindahkan Ibu Kotanya?

Quote:Di wilayah yang diberi tanda, didapatlah potongan provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan.


Loh, ternyata wilayah tengah Indonesia itu kan banyak, ada beberapa provinsi malahan.

Bahwa mengapa akhirnya mengerucut pada dua kabupaten, yaitu sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, tentu ada kriteria penentuan lokasinya. Insyaallah kita akan bahas lagi di thread selanjutnya, ya.

Yang jelas, mengenai  grand design  pemindahan ibu kota negara Indonesia, sepanjang itu adalah untuk menuju Indonesia yang lebih maju, dan demi menyongsong wajah baru Indonesia Emas, saya sih memercayakan dan setuju saja dengan keputusan akhirnya.

Referensi dan sumber foto:

Menteri PPN, Kepala Bapennas. Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara. Paparan Kepala Bappenas dalam Acara Youth Talks 20 Agustus 2019. Jakarta: Bappenas.
Dani Prabowo
Jokowiinstagram

Diubah oleh elvici
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
17-09-2019 07:51
Quote:Original Posted By elvici
Siap kak. Begadang malam


ane mlh tepar duluan semalem dah gak kuat menghadapi kenyataanemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan elvici memberi reputasi
2
17-09-2019 09:19
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
ane mlh tepar duluan semalem dah gak kuat menghadapi kenyataanemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Hehehe. Ane sebenarnya juga udah HT duluan sebelum posting Thread, alias demam 😀. Tapi ane ngga bisa tidur
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1
17-09-2019 18:48
Quote:Original Posted By elvici
Hehehe. Ane sebenarnya juga udah HT duluan sebelum posting Thread, alias demam 😀. Tapi ane ngga bisa tidur


lha knp kk kok gk bs tdr insomia kah
profile-picture
profile-picture
elvici dan bekticahyopurno memberi reputasi
2
18-09-2019 00:05
Lagi dan lagi, pindahnya ibu kota hanya sebatas drama ?
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
18-09-2019 00:59
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
lha knp kk kok gk bs tdr insomia kah


Lagi demam kan, kak
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
1
18-09-2019 15:35
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Lagi dan lagi, pindahnya ibu kota hanya sebatas drama ?


Iyakah, Bang? Grand designnya cukup meyakinkan
0
19-09-2019 15:46
Quote:Original Posted By elvici
Lagi demam kan, kak


dikau sakit? cepat sembuh ya sob
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
19-09-2019 16:04
kalo ditimbang timbang bener juga sih faktor yang udah mempengaruhi buruknya jakarta itu udah lumayan banyak
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
19-09-2019 21:58
Wah rame tridnya, sukses teross
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
20-09-2019 01:40
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
dikau sakit? cepat sembuh ya sob

Duh, terhura akutu. Kalo udah begini biasanya butuh waktu 😭
Quote:Original Posted By KomuXSempaL
kalo ditimbang timbang bener juga sih faktor yang udah mempengaruhi buruknya jakarta itu udah lumayan banyak

Iya, kan, Gan? Sepemahaman kita kalo gitu. Tapi btw itu matanya bikin aku terhipnotis 😵
Quote:Original Posted By alfath.official
Wah rame tridnya, sukses teross

Agan juga yaa. Kelamaan ngilang. Jadi kangen
0
27-09-2019 15:56
Semoga pemerintah tidak salah langkah.
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
29-09-2019 22:08
Quote:Original Posted By lina.wh
Semoga pemerintah tidak salah langkah.


Dan nggak terburu-buru sebelum kajian tuntas
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.