alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68f1d3d439723bf268dacc/ibukota-datang-hutanku-hilang
Lapor Hansip
30-08-2019 16:52
Ibukota Datang Hutanku Hilang
Ibukota Datang Hutanku Hilang


Bagaimanakah Pemerintah akan Melindungi Hutan Kalimantan?

Jumpa lagi gansis, akhir-akhir ini marak pro dan kontra tentang pemindahan ibukota Republik Indonesia ke propinsi Kalimantan timur.

Orangutan, Badak kalimantan, Gajah kalimantan, Tapir adalah satwa langka hutan Kalimantan

Hal pertama yang terlintas di benak ane saat mendengar perpindahan ibukota ke kalimantan adalah seberapa besar wilayah yang harus dibangun untuk sebuah ibukota.
Berapa banyak jumlah warga baru yang akan datang dan berapa banyak yang akan terusir.

Ibukota Datang Hutanku Hilang
Rancangan ibu kota

Bukan sekedar hiperbola tapi akan banyak yang terusir dari pembangunan Ibukota. Bukan hanya warga setempat yang tinggal di lokasi dan sekitar daerah pembangunan namun, juga aneka satwa dan flora yang berada didaerah tersebut.

Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia mempunyai sekitar 40,8 juta hektar hutan. Dengan beragam flora dan fauna di dalamnya, hutan kalimantan merupakan rumah bagi 6% dari flora dan fauna dunia.

Ibukota Datang Hutanku Hilang
Hutanku

Pembangunan ibukota di Kalimantan kabarnya memerlukan sekitar 40 ribu hektar lahan, berarti sekitar 40 ribu hektar lebih hutan yang akan hilang.

Bila dibandingkan 40,8 juta hektar dengan 40 ribu hektar mungkin masih terlihat tidak seberapa tapi, berdasarkan laporan dari salah satu organisasi non-pemerintah (non-governmental organization/NGO), World Wide Fund (WWF) tahun 2017, akibat alih fungsi lahan untuk pemukiman, pertambangan dan perkebunan hutan di Kalimantan akan mengalami penyusutan sekitar 75% pada tahun 2020. Jumlah tersebut belum termasuk dampak dari pembangunan ibukota.

Sebagai salah satu paru-paru terbesar di dunia. Kehilangan sejumlah hutan di Kalimantan adalah dampak jangka panjang yang akan di rasakan oleh anak cucu kita. Selain itu dampak yang akan langsung menimpa adalah pada satwa yang hidup di hutan Kalimantan.

Seperti yang kita tahu, hutan Kalimantan adalah satu-satunya tempat bernaung untuk oranghutan juga habitat satwa langka lain seperti gajah borneo, tapir borneo, badak, landak dan hewan lain yang terancam punah.
Tidak terbayangkan bagaimana kelangsungan hidup para satwa saat hutan tempat mereka bergantung hidup menjadi satu dengan hunian manusia.

Ibukota Datang Hutanku Hilang
Mana Rumahku?


Walaupun untuk pembangunan ibukota telah dicetuskan konsep pembangunan yang ramah lingkungan agar tidak merusak lingkungan dan hutan, seperti yang disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, yang menyatakan bahwa ibu kota baru di Kalimantan akan berkonsep seperti London, kota yang diubah sebagai forest city.

Rudy soeprihadi prawiradinata


Namun pada prakteknya akan terbentuk daerah sub urban di luar wilayah ibukota yang kemungkinan akan terbentuk diluar kontrol pemerintah. Kita telah melihat bagaimana tidak terkontrolnya pembangunan di Jakarta. Ane khawatir seandainya Kalimantan akan mengalami perkembangan pembangunan yang luar biasa dan tidak terkontrol seperti Jakarta.

Meski pembamgunan ibukota telah dirancang sedemikian rupa. Para investor akan melakukan berbagai upaya untuk membuat hunian baru di dekat ibukota, dan hutanlah yang akan jadi sasarannya. Sedikit demi sedikit hutan akan makin terkikis seperti hilangnya lahan hijau di ibukota dan sekitarnya.

Sebagai warga memang adalah keharusan untuk percaya pada pemerintah namun seyogyanya pemerintahpun mempertimbangkan dan menyiapkan sebaik mungkin segala kemungkinan yang akan terjadi akibat dampak dari pelaksanaan rencananya.

Diperlukan kontrol yang sangat ketat untuk pembangunan lain di luar ibukota, agar kelestarian hutan tetap terjaga, juga perlindungan untuk kepemilikan tanah bagi warga lokal, jangan sampai warga setempat justru kehilangan tempat tinggalnya karena tergusur pendatang dengan banyak uang/investasi dan tidak lupa adanya konservasi serta keamanan bagi satwa penghuni hutan.

Semoga apapun langkah yang diambil untuk pembangunan ibukota nantinya akan dapat melindungi lingkungan dan hutan kita.

Hutan adalah kelangsungan nafas dan hidup kita

Terimakasih atas kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber ;

link1

link 2

link 3
Diubah oleh Indriaandrian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
16-09-2019 11:47
semoga hutannya gak hilang
0
16-09-2019 12:24
Quote:Original Posted By TaraAnggara
semoga pemerintah konsisten dengan janjinya


Quote:Original Posted By indahmami
Antara syedih dan senang.
emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By juventinja
asli pasti sesek banget tuh parah


Quote:Original Posted By blunar
so paaasstiii.... sebagai rakyat yang baik mah pasti selalu berdoa dan berharap yang terbaik buat negara kita lach yauuwww 😉😉😉


Quote:Original Posted By lina.wh
Setuju...


Quote:Original Posted By darmawati040
Pemerintah sudah menentukan, rakyat cukup terima dan pasrah. Oh, ini sangat tidak menyenangkan. 😔


Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
semoga hutannya gak hilang


Yang kita bisa sekarang hanya mendukung pemerintah dengan doa semoga terlaksana yang terbaik untuk negri kita.
Semoga ada perlindungan untuk hutan dan warga yang terimbas pembangunan ibukota
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blunar dan 3 lainnya memberi reputasi
4
16-09-2019 12:27
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Yang kita bisa sekarang hanya mendukung pemerintah dengan doa semoga terlaksana yang terbaik untuk negri kita.
Semoga ada perlindungan untuk hutan dan warga yang terimbas pembangunan ibukota


harapan kita semua adalah yang terbaik bagi indonesia dan aku yakin ini pasti sudah dipikirkan pak Jokowi secara mantang meski beliau tahu bakal ada pro kontranya karena ini bukanlah suatu keputusan yang mudah untuk diambil
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1
16-09-2019 12:43
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Yang kita bisa sekarang hanya mendukung pemerintah dengan doa semoga terlaksana yang terbaik untuk negri kita.
Semoga ada perlindungan untuk hutan dan warga yang terimbas pembangunan ibukota


Aamiin
0
17-09-2019 19:08
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Yang kita bisa sekarang hanya mendukung pemerintah dengan doa semoga terlaksana yang terbaik untuk negri kita.
Semoga ada perlindungan untuk hutan dan warga yang terimbas pembangunan ibukota


yuppie betuulll banget gansis....

kita suarakan apa yang perlu disuarakan...
accept what we can't change,
change what we can't accept
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1
17-09-2019 21:11
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
harapan kita semua adalah yang terbaik bagi indonesia dan aku yakin ini pasti sudah dipikirkan pak Jokowi secara mantang meski beliau tahu bakal ada pro kontranya karena ini bukanlah suatu keputusan yang mudah untuk diambil


Pro kontra, baik dan buruk pasti akan terjadi ... smga telah dipertimbangkan semua kemungkinannya.

Quote:Original Posted By darmawati040
Aamiin


emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By blunar
yuppie betuulll banget gansis....

kita suarakan apa yang perlu disuarakan...
accept what we can't change,
change what we can't accept


Iyesss ... optimis saja menjalani dengan tetap memberi masukan bila ada yg menyimpang

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan darmawati040 memberi reputasi
2
18-09-2019 00:05
Hutan di kalimantan udah banyak yang habis, miris memang
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1
18-09-2019 07:49
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Hutan di kalimantan udah banyak yang habis, miris memang


Dan akan lebih banyak lagi yang hilang, semoga generasi mendatang akan baik-baik saja. Semoga mereka akan menemukan solusi utk tetap menjaga lingkungannya.
0
19-09-2019 20:31
Quote:Original Posted By Indriaandrian




Iyesss ... optimis saja menjalani dengan tetap memberi masukan bila ada yg menyimpang

emoticon-2 Jempol


yak betuull hidup teh kudi optimiisss! hahaha kalo kita ga ngelanin dengan optimis ane rasa rugi di kitanya gan
Diubah oleh blunar
0
21-09-2019 19:35
Quote:Original Posted By blunar
yak betuull hidup teh kudi optimiisss! hahaha kalo kita ga ngelanin dengan optimis ane rasa rugi di kitanya gan


Bangeettt, bikin hati empet. Mending terus melangkah, menjalani dan memperbaiki yang kita bisa,l
0
22-09-2019 22:54
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Bangeettt, bikin hati empet. Mending terus melangkah, menjalani dan memperbaiki yang kita bisa,l


iyaaahh hehehe maju terus pantang mundur yah gan....
0
27-09-2019 15:56
Lestarikan hutan...
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.