Indriaandrian
TS
Indriaandrian
Ibukota Datang Hutanku Hilang



Bagaimanakah Pemerintah akan Melindungi Hutan Kalimantan?

Jumpa lagi gansis, akhir-akhir ini marak pro dan kontra tentang pemindahan ibukota Republik Indonesia ke propinsi Kalimantan timur.

Orangutan, Badak kalimantan, Gajah kalimantan, Tapir adalah satwa langka hutan Kalimantan

Hal pertama yang terlintas di benak ane saat mendengar perpindahan ibukota ke kalimantan adalah seberapa besar wilayah yang harus dibangun untuk sebuah ibukota.
Berapa banyak jumlah warga baru yang akan datang dan berapa banyak yang akan terusir.


Rancangan ibu kota

Bukan sekedar hiperbola tapi akan banyak yang terusir dari pembangunan Ibukota. Bukan hanya warga setempat yang tinggal di lokasi dan sekitar daerah pembangunan namun, juga aneka satwa dan flora yang berada didaerah tersebut.

Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia mempunyai sekitar 40,8 juta hektar hutan. Dengan beragam flora dan fauna di dalamnya, hutan kalimantan merupakan rumah bagi 6% dari flora dan fauna dunia.


Hutanku

Pembangunan ibukota di Kalimantan kabarnya memerlukan sekitar 40 ribu hektar lahan, berarti sekitar 40 ribu hektar lebih hutan yang akan hilang.

Bila dibandingkan 40,8 juta hektar dengan 40 ribu hektar mungkin masih terlihat tidak seberapa tapi, berdasarkan laporan dari salah satu organisasi non-pemerintah (non-governmental organization/NGO), World Wide Fund (WWF) tahun 2017, akibat alih fungsi lahan untuk pemukiman, pertambangan dan perkebunan hutan di Kalimantan akan mengalami penyusutan sekitar 75% pada tahun 2020. Jumlah tersebut belum termasuk dampak dari pembangunan ibukota.

Sebagai salah satu paru-paru terbesar di dunia. Kehilangan sejumlah hutan di Kalimantan adalah dampak jangka panjang yang akan di rasakan oleh anak cucu kita. Selain itu dampak yang akan langsung menimpa adalah pada satwa yang hidup di hutan Kalimantan.

Seperti yang kita tahu, hutan Kalimantan adalah satu-satunya tempat bernaung untuk oranghutan juga habitat satwa langka lain seperti gajah borneo, tapir borneo, badak, landak dan hewan lain yang terancam punah.
Tidak terbayangkan bagaimana kelangsungan hidup para satwa saat hutan tempat mereka bergantung hidup menjadi satu dengan hunian manusia.


Mana Rumahku?


Walaupun untuk pembangunan ibukota telah dicetuskan konsep pembangunan yang ramah lingkungan agar tidak merusak lingkungan dan hutan, seperti yang disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, yang menyatakan bahwa ibu kota baru di Kalimantan akan berkonsep seperti London, kota yang diubah sebagai forest city.

Spoiler for Rudy soeprihadi prawiradinata:


Namun pada prakteknya akan terbentuk daerah sub urban di luar wilayah ibukota yang kemungkinan akan terbentuk diluar kontrol pemerintah. Kita telah melihat bagaimana tidak terkontrolnya pembangunan di Jakarta. Ane khawatir seandainya Kalimantan akan mengalami perkembangan pembangunan yang luar biasa dan tidak terkontrol seperti Jakarta.

Meski pembamgunan ibukota telah dirancang sedemikian rupa. Para investor akan melakukan berbagai upaya untuk membuat hunian baru di dekat ibukota, dan hutanlah yang akan jadi sasarannya. Sedikit demi sedikit hutan akan makin terkikis seperti hilangnya lahan hijau di ibukota dan sekitarnya.

Sebagai warga memang adalah keharusan untuk percaya pada pemerintah namun seyogyanya pemerintahpun mempertimbangkan dan menyiapkan sebaik mungkin segala kemungkinan yang akan terjadi akibat dampak dari pelaksanaan rencananya.

Diperlukan kontrol yang sangat ketat untuk pembangunan lain di luar ibukota, agar kelestarian hutan tetap terjaga, juga perlindungan untuk kepemilikan tanah bagi warga lokal, jangan sampai warga setempat justru kehilangan tempat tinggalnya karena tergusur pendatang dengan banyak uang/investasi dan tidak lupa adanya konservasi serta keamanan bagi satwa penghuni hutan.

Semoga apapun langkah yang diambil untuk pembangunan ibukota nantinya akan dapat melindungi lingkungan dan hutan kita.

Hutan adalah kelangsungan nafas dan hidup kita

Terimakasih atas kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber ;

link1

link 2

link 3
Diubah oleh Indriaandrian 30-08-2019 11:14
bekticahyopurnohvzalf081364246972
081364246972 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
53
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.