datalk
TS
datalk
[FR] Aksi "Pemakaman KPK"


Halo Gan, Tadi (17/09/2019) ane menyempatkan untuk ikut aksi mendukung KPK yang berlangsung di lobby gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara berlangsung sejak pukul 18.30 WIB dengan tema "Pemakaman KPK" yang broadcastnya banyak tersebar sejak siang hari. Inisiatornya ane kurang tahu persis. Yang pasti masyarakat atau LSM pegiat antikorupsi.



Aksi ini sebagai respon terhadap pengesahan RUU KPK yang disahkan oleh DPR lewat rapat paripurna siang tadi. RUU KPK mendapat tentangan keras dari berbagai pihak mulai dari pegiat antikorupsi, guru besar, dosen, mahasiswa hingga para tokoh dan masyarakat luas karena mengancam eksistensi KPK dan melemahkan agenda pemberantasan korupsi. Tapi tetap tidak didengar oleh DPR dan pemerintah.

Peserta aksi kebanyakan masyarakat sipil yang peduli dengan KPK, sejumlah LSM dan elemen mahasiswa, total sekitar 500 an orang. Mungkin lebih. Kebanyakan karyawan yang habis pulang kerja dan menyempatkan hadir untuk mendukung KPK.

Acara diisi dengan orasi, pembacaan puisi, dan menyanyikan lagu bersama. Hadir juga vokalis Efek Rumah Kaca yang menyumbang salah satu lagunya.

{thread_title}


Peserta membawa replika kuburan sebagai simbol matinya pemberantasan korupsi.

{thread_title}


Acara berlangsung lancar dan hikmat, ane ikut merinding di sana gan. Ga sedikit peserta yang meneteskan air mata saat bernyanyi bersama dan pembacaan orasi.



Pukul 20.00 WIB koordinator acara menutup acara. Namun selang beberapa saat ada sedikit insiden karena ada aksi massa tandingan yang mencoba mendekati aksi yang sudah selesai tersebut sambil memprovokasi. Untung para peserta tidak terpancing dan aparat bertindak cepat hingga kondisi berhasil dikendalikan.


Diatas adalah massa aksi tandingan yang mendukung RUU KPK, jumlahnya sekitar 15 an orang. Ane ga tahu mereka dari mana, ane tanya ke satpam yang ada disana juga pada ga tahu.

Sekian report dari ane gan. Semoga pemberantasan korupsi tetap berjalan maksimal. Dukung terus KPK dan para penegak hukum agar hilang korupsi di bumi Indonesia tercinta.

Panjang umur perlawanan!


sumber : dokumentasi pribadi
Diubah oleh datalk 17-09-2019 16:30
wauwaw
wauwaw memberi reputasi
1
711
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen Journalism
icon
12.4KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.