alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d801a87e83c72233f3a071f/akhirnya-jokowi-sebut-riau-siaga-darurat-ini-instruksinya
Lapor Hansip
17-09-2019 06:28
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
Past Hot Thread
Quote:
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
NEWS - Chandra Gian Asmara , CNBC Indonesia
16 September 2019 20:39

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNBC indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Asap pekat yang dipicu kebakaran hutan dan lahan memang telah berdampak pada kualitas udara di sejumlah daerah. Kepala negara, pun dijadwalkan untuk mengecek langsung kondisi tersebut.

Melalui sebuah video yang diunggah Sekretariat Kepresidenan, seperti dikutip CNBC indonesia, Senin (16/9/2019), Jokowi menegaskan bahwa kondisi kepulauan Riau saat ini sudah dalam status siaga darurat.

"Riau status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini menggangu aktivitas penerbangan, sehingga berimbas kepada aktivitias ekonomi di Riau," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah meminta jajaran Kabinet Kerja dan pemerintah daerah bersinergi untuk menangani masalah kebakaran hutan. Berbagai instruksi pun sudah diberikan, dan tinggal diimplementasikan.

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


"Hari Jumat lalu saya sudah perintah ke Panglima, Kepala BNPB, itu dilakukan hujan buatan. Sudah dikerjakan, dan hari ini juga kita harapkan dilakukan yang sama. Pasukan kita tambahkan," tegasnya.

"Tetapi sekali lagi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah daerah, ini adalah pekerjaan besar yang sulit diselesaikan. Pengalaman kita bertahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kuncinya di pencegahan, jangan sampai ada titik api muncul," tegasnya.

Jokowi telah meminta kepada aparat hukum untuk bertindak tegas baik itu kepada perusahaan maupun perorangan atas masalah ini, serta meminta seluruh jajarannya memastikan kebakaran tidak merembet ke pemukiman masyarakat sekitar.

"Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi lain, baik di Gambut maupun di hutan. Apalagi masuk ke wilayah pemukiman," tegasnya.




Quote:
Jokowi: Status Asap Karhutla di Riau Siaga Darurat

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 20:41 WIB

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dalam status siaga darurat.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pengendalian Karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam.

"Provinsi Riau telah dinyatakan status siaga darurat, luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung lewat akun media sosial Sekretariat Kabinet RI.

Dalam ratas tersebut terpantau hadir adalah Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkes Nila F Moeloek, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Selain itu hadir pula seperangkat pejabat daerah di Provinsi Riau .


Jokowi mengulas balik pesannya dalam Ratas yang ia pimpin di Istana Kepresidenan Jakarta pada Juli lau.

"Saya ingatkan, pencegahan dalam penanganan dalam kebakaran lahan dan hutan adalah mutlak harus dilakukan, karena kalau terjadi sudah kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan pada pekan lalu dirinya telah memerintahkan Panglima TNI dan Kepala BNPB untuk mengupayakan modifikasi cuaca yakni hujan buatan guna memadamkan api. Itu semua, kata Jokowi, pun telah dilaksanakan hari ini dan direncanakan hari-hari mendatang hingga karhutla mereda.

Tapi, tegas Jokowi, pemerintah pusat membutuhkan dukungan pemerintah daerah lewat infrastrukturnya untuk membantu penanggulangan serta pencegahan karhutla. Usai pemaparan tersebut, Jokowi pun meminta laporan-laporan singkat dari para pimpinan yang ikut Ratas. Namun, sang presiden enggan laporan yang berlebihan.

"Saya minta laporan singkat-singkat saja, karena kita sudah tahu, sudah setiap tahun, tidak perlu rapat seperti ini seharusnya sudah siap. Tapi, kita lalai dan asapnya menjadi membesar. Tidak perlu banyak laporan, tapi tindakan di lapangan dan selesaikan masalah yang ada," kata Jokowi.


Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jokowi tiba di Pekanbaru pada Senin petang dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Pesawat yang membawa rombongan Jokowi itu mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, sekitar pukul 18:46 WIB.


Ia pun segera disambut Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, serta Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Pnb Rony Irianto Moningka.

Kedatangan orang nomor 1 di RI untuk meninjau Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau yang sudah terjadi sekitar 2 bulan.

Dampak dari karhutla tersebut saat ini provinsi Riau di selimuti kabut asap yang cukup pekat.


Menurut situs resmi BMKG.go.id bahwa kualitas udara di Pekanbaru pada pukul 18:00 WIB berada pada angka 327.89 μgram/m3 dimana sudah berstatus Berbahaya.




Quote:Karena sudah ditetapkan sebagai tanggap darurat..
maka semua prosedur bisa diikuti sesuai aturan kebencanaan dibawah..
https://bnpb.go.id/uploads/migration...

Jangan lupa gunakan masker dan Balita untuk diungsikan ketempat yang lebih bebas asap.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
17-09-2019 21:55
Quote:Original Posted By aliensia
Memang sengaja gan dibakar untuk buka lahan baru sawit, soalnya lewat pembakaran keluar dana lebih sedikit ketimbang cara lain.
Dulu tahun 2015 apa berapaan ya Habis kebakar nongol bibit sawit gk lama setelah kebakaran emoticon-Hammer

Yg jelas masalah ini gara2 org perusahaan sawit dan oknum masyarakat bodoh yg mau lakuin pembakaran dengan duit yg gk seberapa.


Pernah muncul diberita juga kan dulu gan, ane lihat soalnya
Abis kebakaran hutan terus acara apa ya metro apa tvone lupa, menelusuri hutan yang kebakar gitu, ternyata uda banyak tertanam bibit sawit...
Miris, demi keuntungan sekelompok orang, masyarakat banyak yang jadi korbannya
0
17-09-2019 21:59
Quote:Original Posted By hendru8
Move on bray

Kasian ortu lu liat lu ngenes gini


Ane ngenes aja liat pemuka agama tapi sembarangan mikir dan congornya sembarangan vonis orang korea beginilah begitulah seakan2 tinggal lama dengan setiap orang korea. Itukan sama dengan FITNAH.
0
17-09-2019 21:59
bulan ini jadi bulan yg ruwey banget nih buat indonesia. yaiyalah ruwet, ruu kpk disahin, belom ruu lainnya. terus kebakaran hutan juga lagi dikasih instruksinya sekarang, padahal kebakarannya udah berminggu2. hadeh. ya tuhan tolong negeri hambamu ini agar terhindar dari segala macam bencana. yuk kita doa bareng2 gaes yuk.
0
17-09-2019 22:04
Bakar.. padamkan.. bakar.. padamkan.. bakar.. padamkan.. muter2 kayak lingkaran setan..
ujungnya duuiiiitt
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
17-09-2019 22:05


Quote:Original Posted By mpudlian
Semoga instruksinya bisa membuat riau lebih baik


amin gan! suka banget dengan komennya agan. yang lainnya pasti saling menuduh satu sama lain. sodara kita baru kena musibah yang besar, malah saling menyalahkanemoticon-Frown
0
17-09-2019 22:10
Buat apa ada Kepala Desa/Lurah
Buat apa ada Camat
Buat apa ada Bupati/Walikota
Buat apa ada Gubernur

buat balik modal, foya2 anggaran & pelesiran emoticon-Big Grin
Diubah oleh kretekkretek
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan scorpiolama memberi reputasi
2
17-09-2019 22:20
Quote:Original Posted By ronin1969
udah telat pakde
presiden brazil aja nengokin hutan amazon kebakaran gak lama setelah kejadian, mimpin langsung pasukan di sana
ini pakde udah kebakaran beberapa minggu baru turun lapangan, sama aja ngejatuhin citra diri pakde sendiri itu namanya
oya saya lupa, pakde katanya periode ini udah tanpa beban, gak peduli piala citra lagi, saking gak peduli nya sampai sampai kebawa malas nya ngurusin urusan negara ya pak?
atau lagi ngarep impeachment ?


gubernur riaunya aja dimana emoticon-Leh Uga
laporannya mana? emoticon-Big Grin

situ lupa apa alur komando pemerintah pusat dan daerah era otonomi daerah itu kayak gimana?

konyol aja klo pemerintahan pusat musti turun tangan duluan, lalu buat apa pemerintah daerah?

disituasi yg serba telat dan urgent kayak sekarang harusnya pemda yg menyatakan status siaga darurat, baru setelah itu koordinasi dengan pemerintah pusat.

dengan dinyatakan statusnya oleh kepala negara langsung aja udah menunjukan klo pemda udah gak becus. emoticon-Big Grin
tapi wajar sih udah ane prediksi kualitas pemimpin daerah yg terpilih di pilkada emang busuk. emoticon-Embarrassment
profile-picture
kakidal27 memberi reputasi
1
17-09-2019 22:22
ya ditunggu aja aksi pemerintah..mudah²an segera teratasi dah.....
Klo pemerintah sudah menyerah, berarti tinggal ane harapan satu²nya...--sang pahlawan superemoticon-Cool
Diubah oleh ppuurr
0
17-09-2019 22:26
kemana aja pak de emoticon-Frown
0
17-09-2019 22:32
Quote:Original Posted By siapika
Pernah muncul diberita juga kan dulu gan, ane lihat soalnya
Abis kebakaran hutan terus acara apa ya metro apa tvone lupa, menelusuri hutan yang kebakar gitu, ternyata uda banyak tertanam bibit sawit...
Miris, demi keuntungan sekelompok orang, masyarakat banyak yang jadi korbannya


Itulah... Dan ada hakim yg model gini juga 2016 lalu, 7.9 triliun melayang dan jadi kontroversi saat itu

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
Diubah oleh aliensia
profile-picture
siapika memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 22:34
Balasan post mibmobz
Quote:Original Posted By mibmobz
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
lihat peta itu gak percaya dlu majapahit bisa sumatera-jawa-irian jaya
jaman sekarang masih sehat naek kendaraan suruh pulang dari sabang ke pulo bali tengah jalan sudah putus asa, mereka pakek kuda emoticon-DP pegimane bisak survei jalan2 indonesiak tuh rajak emoticon-Leh Uga mati tengah jalan iya


lu dibohongi buku sejarah, belum ada bukti majapahit bisa berkuasa di sumatera, di sumbar contohnya baru mau invasi tentara majapahit udah pada jadi bangkai di padang sibusuk..
emoticon-Traveller
0
17-09-2019 22:40
Quote:Original Posted By aliensia
Itulah... Dan ada hakim yg model gini juga 2016 lalu, 7.9 triliun melayang dan jadi kontroversi saat itu

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Miris banget ya gan... Uda jelas-jelas lho akibate merembet mana-mana
Ekosistem hutan rusak, hewan sama tumbuhan pada mati (mungkin aja banyak hewan ato tumbuhan langka yang mati), masyarakat jadi terkena kabut asap
Ee masih gitu ya emoticon-Sorry
Andaikan membakar hutan secara ilegal itu dihukum mati, apakah masih pada berani tiap tahun bikin susah masyarakat emoticon-Bingung
0
17-09-2019 22:45
Quote:Original Posted By siapika
Miris banget ya gan... Uda jelas-jelas lho akibate merembet mana-mana
Ekosistem hutan rusak, hewan sama tumbuhan pada mati (mungkin aja banyak hewan ato tumbuhan langka yang mati), masyarakat jadi terkena kabut asap
Ee masih gitu ya emoticon-Sorry
Andaikan membakar hutan secara ilegal itu dihukum mati, apakah masih pada berani tiap tahun bikin susah masyarakat emoticon-Bingung


Jawabannya masih, karena menurut saya dan ini real terjadi yg disuruh itu oknum masyarakat sekitar dengan bayaran yg mungkin gk sampe 1 jt per orang , Nah karena butuh duit mereka rela ngelakuin semua itu dan hukuman mati rasanya sulit karena ada HAM yg dapat membentengi para pelaku dari hukuman mati kalopun ada... Tahun ini baru kebakar lagi sejak 2016 lalu kan? Ane agak lupa soalnya...

Org kita pada nekat kalo urusan perut resiko sampe nyawapun nomor belakangan
Diubah oleh aliensia
0
Lapor Hansip
17-09-2019 22:46
Balasan post 54m5u4d183
Betul. Semoga menjadi pembelajaran dan perhatian lebih bagi pemerintah kedepannya, agar kasus yang sama tak terulang tiap tahunnya
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
1
17-09-2019 22:47
tembak di tempat lah pak...
oknum2 yg terlihat dengan sengaja membakar hutan itu...
0
17-09-2019 22:51
bencana besar bisa tejadi dimana saja, gak mesti tsunami dan gempa. walau posisi kalimantan dan pekanbaru sanagat minim kemungkin terjadi gempa dan tsunami, jadi jgn pernah merasa aman.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
17-09-2019 22:59
Quote:Original Posted By anarchy0001











Maaf OOT Beli pesawat amphibi untuk membawa air nda jadi ya,....... ember nya belum siap dung emoticon-No Hope
0
17-09-2019 23:02
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
0
17-09-2019 23:18
perusahaan sawit kebal hukum banget ya emoticon-No Hope

tiap tahun ada aja pembakaran secara sengaja
0
17-09-2019 23:24
kualat dlu waktu debat capres dgn pedenya bilang periode 1 ga ada kbakaran hutan, pdhal faktanya gk demikian.
skarang langsung ditnjukin ke masyarakat ngatur anak buahnya spy serius madamin api aja harus nunggu korban dlu.
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan lubizers memberi reputasi
2
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.