terserah023Avatar border
TS
terserah023
tak mampu beli susu, bayi 14 bulan diberi kopi oleh orang tuanya


 Hadijah Haura, itulah nama bayi yang sudah diberikan kopi tubruk oleh orang tuanya padahal umurnya masih 14 bulan. Haura berasal dari desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, alasan kedua orang tuanya memberikan Haura kopi adalah karena keterbatasan ekonomi. Dalam sehari Haura bisa minum sebanyak 1,5 liter atau 5 gelas kopi dan dia akan menangis jika sebelum tidur tidak diberi kopi.

 Haura mulai meneguk kopi saat umurnya masih 6 bulan, namun menurut Anita (Ibu Haura) pertumbuhan fisik dari Haura tidak terganggu dan masih sama seperti anak anak lainnya. Walaupun diberi minum kopi, Haura tetap menjadi anak yang aktif bahkan tergolong super aktif, dia sudah bisa berjalan sendiri dan bermain bersama teman sebaya, bahkan orang tuanya kadang sampai tak tidur karena menjaga Haura yang aktif bermain sendiri.

 Pekerjaan dari Orang tua Haura adalah pengupas kopra dimana upah maksimal yang mereka dapatkan hanya 40.000 sehari, kalaupun sedang musim panen syarifudin (ayah Haura) bekerja sebagai buruh angkut padi yang gajinya lebih besar. Namun, setelah musim panen habis dia akan kembali menjadi pengupas kopra yang dimana hanya bekerja jika ada kelapa yang bisa diolah menjadi kopra jika tidak, dia hanya akan ber istirahat menunggu kelapa.



 Orang tuanya yang bekerja sebagai pengupas kopra tidak bisa memenuhi kebutuhan bayi seperti susu dan hanya mampu untuk makan sehari. Menurut Anita, pendapatan mereka yang kecil tidak cukup untuk membeli susu jadi Haura hanya diberi dot berisi kopi, bahkan sebelum tidur Haura harus minum kopi agar tidak merengek, memang kedua orang tuanya mengkhawatirkan pertumbuhan anaknya namun mereka tidak bisa apa apa,  menurut Anita mereka tidak mendapat bantuan susu dan biskuit dari dinas untuk kesehatan anaknya.

 Mendengar beritanya yang sudah viral, Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Polewali Mandar mengatakan kalau pihaknya sudah mengunjungi rumah Haura dan memberi mereka susu dan biskuit untuk Haura, mereka juga memberikan himbauan bahawa anak sekecil Haura jangan dulu diberi kopi karena mengandung kafein dan banyak gula.

jangan lupa emoticon-Cendol (S) nya ganemoticon-Big Grin

sumber : https://regional.kompas.com/read/201...ngtua?page=all
Diubah oleh terserah023 17-09-2019 08:51
ximuzzaii
anasabila
Gresta
Gresta dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.1K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.