anus.buswedan
TS
anus.buswedan
Menkominfo: Pemotongan Kabel di Cikini Akan Bebani Warga Jakarta
Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika angkat bicara mengenai pemotongan serat optik yang terjadi di Jl. Cikini raya, Jakarta Pusat.

Menkominfo Rudiantara menilai pemotongan kabel yang terjadi di sana akan berimbas pada naiknya harga layanan data dari penyedia internet kepada masyarakat.

Rudiantara mengatakan pemotongan serat optik tanpa didukung keberadaan kotak utilitas untuk menaruh kabel di bawah tanah, akan membuat penyedia layanan internet mengeluarkan biaya tambahan, yang berdampak tidak langsung kepada masyarakat.

“Artinya begini memotong kabel itu bukan solusi, harus dijelaskan juga ke depannya akan seperti apa. Jangan sampai menjadi high cost economy bagi operator,” kata Rudiantara kepada Bisnis.com,  Senin (16/9/2019).

Rudiantara menambahkan seharusnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperlakukan infrastruktur telekomunikasi sebagai fasilitas penting yang dilindungi.

Dia mengatakan di Singapura, saking pentingnya fasilitas telekomunikasi, para pemilik gedung tinggi diharuskan menyediakan kotak utilitas untuk menaruh kabel di bawah tanah.

Hal tersebut, kata Rudiantara, telah Pemprov DKI Jakarta terapkan hanya saja kurang agresif dan progresif dalam pengawasannya.  

“Saya sudah bicara sejak 2015 dan sekarang ada peraturannya setiap lima tahun sekali pemilik gedung harus menyediakan ducting, tapi harusnya lebih agresif dan progresif dari itu,” kata

Sebelumnya, Suku Dinas Bina Marga DKI Jakarta gencar melakukan pemotongan kabel serat optik yang terpasang di tiang atau kabel udara, sebagai bagian program pembangunan trotoar yang merupakan kegiatan strategis daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta 2019.

Berdasarkan dokumen yang diterima Bisnis, Rencana Pembangunan trotoar dan pelengkap jalan KSD 2019 meliputi Jl—Cikini Raya—Jl. Kramat Raya sepanjang 6,8 Km, Jl. Kemang Raya sepanjang 2,7 Km, Jl. Dr. Satrio dan kawasan Casablanca sepanjang 3,8 Km.

Saat ini proses tersebut tengah berjalan di Jl Cikini Raya dan Jl Prof. Dr. Satrio. Di Cikini Raya, pemotongan terjadi sepanjang 1,2 km mulai dari kantor pos Cikini sampai restoran siap saji KFC Cikini.

https://m.bisnis.com/teknologi/read/...-warga-jakarta

Namanya juga anus onta yemen, ketutupan taikk matanya wkwk
Diubah oleh anus.buswedan 17-09-2019 11:58
vegasigitpekaputra19bayukuya1988
bayukuya1988 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
45
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.