alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8053c5e83c7222de33f190/mangkonsumsi-obat-secara-terus-menerus-bertahun-tahun-inilah-dampaknya
Lapor Hansip
17-09-2019 10:32
Mangkonsumsi Obat Secara Terus Menerus, Bertahun-Tahun, Inilah Dampaknya
Past Hot Thread

Gansist pasti sudah tidak asing lagi dengan logo ular dan cangkir yang terdapat di papan nama setiap apotek obat. Makna yang terkandung di ddalamnya saat menetapkan logo tersebut gw emang gak tau. Tapi secara kasat mata, secara sederhana bisa gw artikan, ular identik dengan racun, sedangkan cangkir identik dengan tempat sarana untuk memasukan air ke dalam tubuh.

Kandungan yang ada di dalam obat-obat tertentu memang ada dua, racun dan zat kimia.

Quote:


Kandungan obat yang di dalamnya ada racun, fungsinya untuk membunuh virus, bakteri dan semua makhluk yang menyebabkan tubuh menjadi sakit. Tentu saja dengan kadar yang sudah ditentukan agar tidak membahayakan tubuh yang meminumnya.

Kandungan obat yang di dalamnya mengandung zat kimia, berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Zat kimia yang ada di dalam kandungan obat tersebut bekerja langsung ke pusat syaraf, yang bertujuan untuk membuat kebal, sehingga sakit yang di dertia tidak lagi merasakan sakit. Dan tentu saja kadarnya juga tidak membahayakan bagi tubuh.

Tapi gw tidak mau fokus mambahas masalah itu, sebab gw bukan ahlinya. Gw hanya ingin membahas masalah dampak yang diakibatkan meminum obat secara terus-menerus, bertahun-tahun. Ini berdasarkan pengalaman orang-orang di sekitar gw.

1. Tubuh menjadi kebal

Quote:


Orang yang biasa meminum obat tertentu, biasanya tubuhnya akan kebal terhadap obat tersebut. Misalnya sakit kepala. Dia gunakan merek tertentu. Pada saat sakit kepala dia minum obat itu. Pertama minum satu biji udah sembuh. Hari berikutnya sakit lagi, dia minum lagi satu biji, sakit kepalanya gak langsung sembuh, dia minum lagi satu biji, dan sembuh. Begitulah seterusnya.  Doses yang dia gunakan akan terus bertambah.

Begitu pula dengan penyakit lainnya. Misalnya sakit gigi. Obat yang biasa dia gunakan waktu meminum  pertama pasti akan langsung sembuh. Tapi hari berikutnya pasti akan bertambah dan terus bertambah. Dan bisa jadi tidak menyembuhkan lagi. Lalu ganti merek.

2. Menjadikan ketergantungan

Quote:


Orang yang sudah terbiasa apabila sakit meminum obat, maka akan menjadikannya ketergantungan. Sakit kepala sedikit langsung berpikir untuk membeli obat dan meminumnya. Flu sedikit langsung mencari obat flu, bahkan susah tidur juga akan berpikir untuk mencari obat tidur.

Obat seolah menjadikannya satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit. Padahal, penyakit yang dideritanya bukanlah penyakit berat, yang berbahaya.

Tentu saja berbeda jika penyakitnya memang merupakan penyakit berat dan kronis. Tak ada cara lain selain pergi ke dokter atau ke rumah sakit. Jadi jangan salah. Yang gw maksud di sini adalah penyakit yang ringan-ringan.

3. Terbentuknya batu ginjal

Quote:


Inilah yang berbahaya.

Batu ginjal terbentuk saat urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairan dalam urine. Pembentukan batu ginjal juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel.

Penyebab batu ginjal atau kencing batu bisa terbentuk jika urine atau air kencing yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia tersebut seperti kalsium, asam urat, sistin atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium).

Obat tertentu yang mengandung bahan kimia, yang masuk ke dalam tubuh tidak semuanya larut terbuang bersama urine, melainkan tertinggal. Meski jumlahnya sangat kecil, namun lama kelamaan akan bertambah, dan terus bertambah.

Kita bisa bayangkan, setiap kali sakit, kemudian pergi ke dokter. Lalu dokter akan memberikan resep obat dua sampai tiga macam. Setiap macam, setiap keping jumlah 12 butir. Kalau 3 macam, berarti 36 butir. Itu sekali pergi ke dokter. Lantas bagaimana kalau berkali-kali, bertahun-tahun, hingga puluhan tahun. Berapa ribu butir obat yang masuk ke tubuh kita.

Quote:


Seorang tetangga, berusia lebih dari lima puluh, setelah didiagnosis positif ada batu di kandung kencing. Dia becerita kalau sejak anak-anak, remaja hingga usianya yang lebih lima puluh tahun dia selalu meminum obat. Sakit apa pun, yang ringan terlebih yang berat.

Dia mengambil kesimpulan, obat yang dia konsumsi secara terus menerus, bertahun-tahun, yang menjadi sebab terbentuknya batu ginjal, meski tentu saja, masih banyak lagi penyebab-penyeb lain yang dia sendiri tidak tau.

Lebih baik menjaga kesehatan dari pada sakit terus meminum obat. Selain akan berdampak buruk bagi tubuh, juga berdampak pada keuangan.



Salam,
Moga bermanfaat.


sunber, sumber, sumber, sumber, sumber
Diubah oleh kelayan00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pandaren21 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 14
Lapor Hansip
17-09-2019 16:05
Balasan post perihbanget
@kelayan00 yoi mbah coba liat aja tuh iklan obat makin kesini makin serem dah.
sayangnya ane ga mempan tuh.
emoticon-Ngakak (S)
update lagi dong mbah cerita misterinya..
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:07
Balasan post perihbanget
Quote:Original Posted By perihbanget
@kelayan00 yoi mbah coba liat aja tuh iklan obat makin kesini makin serem dah.
sayangnya ane ga mempan tuh.
emoticon-Ngakak (S)
update lagi dong mbah cerita misterinya..


Nanti. Masih banyak cerita-cerita yang berhubungan dengan mistik. Di tempat gw kan gudangnya.

profile-picture
perihbanget memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:09
Balasan post perihbanget
@kelayan00 bagi nomer wa dong mbah, kali maen kesono bisa mampir. PM yak.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:13
Balasan post perihbanget
Quote:Original Posted By perihbanget
@kelayan00 bagi nomer wa dong mbah, kali maen kesono bisa mampir. PM yak.


Gak punya wa. Gak bisa main yang gituan. Di sini juga bisa. Lewat PM. Tapi gw pagi aja sama sore bentar. Malam tutup. Istirahat total.

profile-picture
perihbanget memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:15
Balasan post perihbanget
@kelayan00 masa iya ga punya wa mbah?
nomer hp deh.
masa kalah sama aki2 deket rumah udah maenan sosmed segala lho mbah.
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:16
Balasan post perihbanget
Quote:Original Posted By perihbanget
@kelayan00 masa iya ga punya wa mbah?
nomer hp deh.
masa kalah sama aki2 deket rumah udah maenan sosmed segala lho mbah.
emoticon-Ngakak (S)


Gak punya. Gw main di laptop.

profile-picture
perihbanget memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-09-2019 16:19
Balasan post perihbanget
@kelayan00 trus kalo ada yang ngehubungin ente pakai media apa dong mbah?
meraga sukma gitu?
emoticon-Embarrassment
0
17-09-2019 16:29
Ane paling minum madu bray kl idah kerasa gak enak body..emoticon-Cool

Daripada minum obat,apalagi diajak ke dokter paling ngeri...emoticon-Takut

Sekali2 nya ke dokter cuman bisul di hidung pas di periksa katanya tumor..emoticon-Cape d...
Dari situ ngeri dah ke dokter..
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 3 balasan
Lapor Hansip
17-09-2019 16:32
Balasan post popon83
Quote:Original Posted By popon83
Ane paling minum madu bray kl idah kerasa gak enak body..emoticon-Cool

Daripada minum obat,apalagi diajak ke dokter paling ngeri...emoticon-Takut

Sekali2 nya ke dokter cuman bisul di hidung pas di periksa katanya tumor..emoticon-Cape d...
Dari situ ngeri dah ke dokter..


Madu campur telor. Sehat dah.

0
17-09-2019 16:52
Quote:Original Posted By ronin1969
tapi gini loh
ada beberapa orang yg memang di vonis harus mengkonsumsi obat seumur hidup
tentu saja gak boleh stop hanya gara2 baca artikel ini donk
saran ane buat orang2 kayak gitu adalah :

1. banyak minum air. caranya, beli gelas ukuran besar, taruh di meja kerja ente agar gampang minum dan teringat terus utk kudu sering minum juga. kenapa ukuran gelas penting? karena kalo gelas kecil, kalo abis, biasanya males ambil air lagi, plus anggap dirinya udah cukup minum air (padahal belum cukup).

2. makan obat separo dosis normal aja. itu harga yg harus di bayar kalo makan obat seumur hidup, kurang efektif memang, tapi apa boleh buat, daripada ginjal kamu amsyong nanti.

3. konsumsi madu. bukan sembarang madu loh, tapi yg dari peternakan lebah langsung, jangan beli madu yg di pajang di toko swalayan dan sejenis nya, itu palsu kebanyakan, udah campur gula, adanya diabetes kamu nanti. rekomendasi ane beli madu di perkemahan cibubur pramuka, di sana ada peternakan madu soalnya. atau datang ke daerah baduy, mereka pengrajin madu lebah juga soalnya, jadi di jamin asli. madu pnya power melindungi ginjal (dari ancaman obat tentu saja)

4. usahakan mengurangi ketergantungan obat dgn cara pindah ke supplement herbal dgn fungsi setara. ane sendiri contohnya, ane udah jarang minum amlodipine (obat tensi) dan sekarang lebih sering minum rebusan daun salam aja. ane pake amlo paling saat2 tertentu aja kalo daun salam di rasa kurang nendang. dan itu jarang banget, biasanya daun salam udah cukup.


Agan rajin kontrol ndak gan? Sebagai sesama penderita hipertensi...ane saran mending rutin kontrol ke dokter...jgn minum rebus2an tp ndak kontrol bahaya juga.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-09-2019 17:05
hati-hati jika terlalu sering mengonsumsi obat2an, terutama akan berdampak buruk bagi organ ginjal. Selain itu, dampak yang akan ditimbulkan adalah berupa penyakit yang resisten terhadap obat2 tersebut. Maka dari itu, dosis yang tepat dalam penggunaan oabt2an mesti sesuai saran dari dokter. Kl bingung2, bisa bgt konsultasi ke dokter lewat Halodoc, gacuma konsultasi, tp juga bisa cek lab atau bikin jadwal pertemuan untuk tindakan medis lainnya.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-09-2019 17:08
bikin pendengaran berkurang
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
17-09-2019 17:24
Balasan post kelayan00
Quote:Original Posted By kelayan00


Ooo ... maaf, gw gak tau kalau itu pertanyaan.

Soalnya kalimatnya seolah menyudutkan.

Gw bukan nyamber tiba-tiba. Gw cuman merespon. Ntra kalau gak dijawab dikira dicuekin.


Menyudutkan? Uhh iyain aja dah. Asik nih TS nya baperan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan kelayan00 memberi reputasi
2
17-09-2019 18:27
terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tentu akan berdampak buruk bagi organ ginjal, dan dampak lain yang bisa ditimbulkan adalah malah bikin resisten. maka dr itu, gunakanlah dosis yang semestinya sesuai saran dan anjuran dari dokter
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
17-09-2019 18:53
Balasan post kelayan00
Quote:Original Posted By kelayan00


Madu campur telor. Sehat dah.



Betul bre,meningkatkan metabolisme tubuh malah...emoticon-Jempol
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
17-09-2019 19:34
rajin2 aja minum air putih, dan jangan minum soda2
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
17-09-2019 19:40
Kalau terpaksa aja minum obat,, teratur minum air putih, sayur, dan buah aja.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
18-09-2019 00:57
Quote:Original Posted By kelayan00


1. Tubuh menjadi kebal



Orang yang biasa meminum obat tertentu, biasanya tubuhnya akan kebal terhadap obat tersebut. Misalnya sakit kepala. Dia gunakan merek tertentu. Pada saat sakit kepala dia minum obat itu. Pertama minum satu biji udah sembuh. Hari berikutnya sakit lagi, dia minum lagi satu biji, sakit kepalanya gak langsung sembuh, dia minum lagi satu biji, dan sembuh. Begitulah seterusnya.  Doses yang dia gunakan akan terus bertambah.

Begitu pula dengan penyakit lainnya. Misalnya sakit gigi. Obat yang biasa dia gunakan waktu meminum  pertama pasti akan langsung sembuh. Tapi hari berikutnya pasti akan bertambah dan terus bertambah. Dan bisa jadi tidak menyembuhkan lagi. Lalu ganti merek.


Sebenarnya gak kebal sepenuhnya justru cenderung jadi lemah karena sistem imun tubuh belum terbiasanya secara alami melawan penyakit itu, ini juga mengapa di negara maju biasa untuk penyakit kecil semacam sakit kepala gak diperbolehkan minum obat, minum obat pun baru diperbolehkan bila dalam jarak 3 hari penyakit tersebut belum mereda.
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
18-09-2019 06:08
gw kalau sakit, gw contohin gabenur anus pasedan... gw ajak bicara virus atau bakterinya... kompromi, sama sama enak deh... langsung diem tuh virus gak berulah lg...
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Halaman 3 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.