alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8089aaa7276869871da7e0/rkuhp-pasal-perzinaan-berhubungan-seks-lalu-ingkar-janji-menikahi-bisa-dipidana
Lapor Hansip
17-09-2019 14:22
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!
Past Hot Thread
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!


Mulai sekarang kita harus berhati-hati dalam memberikan janji manis seperti harapan untuk menikahi seorang wanita. Karena kalau tidak terealisasi, bisa dipidana loh.

Eits, tapi hal itu hanya berlaku kalau kalian memberikan harapan palsu untuk melakukan hubungan seks dengan wanita.

RKUHP memang cukup kontroversial pembahasannya, mungkin sama kontroversialnya dengan revisi UU KPK yang sedang bergulir. Namun tetap saja proses pembahasan dari anggota Panitia Kerja (Panja) RKUHP tetap berjalan, dan sudah rampung pada Minggu (15/9) malam. Setelah diselesaikan, RKUHP akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk disahkan pada 24 September 2019 nanti.

Sebelum kita menunggu tanggal pengesahan RKUHP tersebut, alangkah lebih baiknya kita membicarakan mengenai pasal yang pembahasannya identik dengan topik "pemersatu bangsa" ini.

Pasal yang berhubungan dengan perziniaan dalam RKUHP terbagi di pasal 417, 418, 149, dan 420.

Pasal 417
Kita mulai dari pasal 417 RKUHP, yang mengatur ancaman tindak pidana selama satu tahun terhadap orang yang melakukan seks di luar hubungan pernikahan. Jadi, kalau belum punya status suami-istri dan melakukan hubungan intim bisa terancam pidana karena perzinaan.

Tapi, tindak pidana tersebut akan berlaku jika ada pengaduan dari pihak suami, istri, orang tua, atau anak dari pelaku. Pengaduan pun juga dapat ditarik kembali selama pemeriksaan asalkan sidang pengadilan belum dimulai.

Pasal 418
Nah, masuk ke pasal yang menurut ane sebagai masyarakat agak aneh. Sesuai judul thread, Pasal 418 ini akan mengatur ancaman pidana selama 4 tahun bagi orang yang melakukan hubungan seks dengan wanita dan memberikan "harapan palsu" untuk dinikahi.

Melansir dari CNN Indonesia, bunyi pasal tersebut secara jelas berbunyi:

"Laki-laki yang bersetubuh dengan seorang perempuan yang bukan istrinya dengan persetujuan perempuan tersebut karena janji akan dikimpoii, kemudian mengingkari janji tersebut karena tipu muslihat yang lain dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak kategori III,"bunyi pasal 148 ayat 1 RKUHP.


Berkaca dari pasal ini, jadi kalian harus berhati-hati ya dalam berkata hanya untuk melampiaskan nafsu birahi, hehe.

Pasal 419
Selain itu, buat kalian yang kultur hidupnya mengusung skema "kumpul kebo" atau tinggal serumah tapi belum menikah juga bisa kena ancaman pidana loh.

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkimpoian dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak Kategori II," bunyi pasal 419 ayat 1 RKUHP.

Nah, tindak pidana untuk para pelaku kumpul kebo ini bisa dilakukan penuntutan kalau ada pengaduan dari pihak suami, istri, orang tua, atau anaknya. Tapi, pengaduan ini juga dapat ditarik kembali asalkan pemeriksaan di sidang pengadilan belum dilaksanakan.

Pasal 420
Dari keseluruhan pasal RKUHP yang membahas perzinaan, nampaknya pasal ini yang paling ane dukung. Dalam pasal ini mengatur ancaman pidana 12 tahun bagi pelaku hubungan seks dengan saudara sedarah atau biasa dikenal dengan Incest. Lebih jelasnya, berikut kutipan dari isi pasal 420 RKUHP tersebut:

"Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan seseorang yang diketahuinya bahwa orang tersebut merupakan anggota keluarga sedarah dalam garis lurus atau ke samping sampai derajat ketiga dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun," demikian bunyi pasal 420 RKUHP melansir dari CNN Indonesia.

Kalau untuk pasal yang ini, ane rasa banyak pihak gak akan keberatan sama ancaman pidana yan diatur. Malah kalau bisa ditambah aja biar gak memberi celah untuk pelaku incest.

Tapi, bagaimana pendapat kalian mengenai pasal-pasal yang lain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adirembang dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 11
17-09-2019 17:05
nabung dari sekarang gan buat modal pindah ke negara tetangga emoticon-Ngacir
0
17-09-2019 17:05
siapa suruh janji-janji mau nikahin. mending janji, nanti kamu aku bikin enak.... kan lebih gampang nepatinnya emoticon-Cool
0
17-09-2019 17:05
mending nikah dulu, daripada zina emoticon-Embarrassment

#bata
0
17-09-2019 17:08
Quote:Original Posted By VolkswagenPutih
RKUHP Pasal Perzinaan, Berhubungan Seks Lalu Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana!



Pasal 418
Nah, masuk ke pasal yang menurut ane sebagai masyarakat agak aneh. Sesuai judul thread, Pasal 418 ini akan mengatur ancaman pidana selama 4 tahun bagi orang yang melakukan hubungan seks dengan wanita dan memberikan "harapan palsu" untuk dinikahi.

Melansir dari CNN Indonesia, bunyi pasal tersebut secara jelas berbunyi:

"Laki-laki yang bersetubuh dengan seorang perempuan yang bukan istrinya dengan persetujuan perempuan tersebut karena janji akan dikimpoii, kemudian mengingkari janji tersebut karena tipu muslihat yang lain dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak kategori III,"bunyi pasal 148 ayat 1 RKUHP.



So doi nggak boleh tau dengan pasal ini emoticon-Ngacir
0
17-09-2019 17:08
Pada hakekatnya ini bisa melindungi perempuan. Terutama para gadis yg masih perawan
0
17-09-2019 17:09
malu2 mau adopsi talibanisasi.

urusan pen sama mek sampe detail... yang kimpoi cerai gak kena pidana tong?? kimpoi sebulan - dua bulan trus cerai??

Klo menurut gue, pidana itu bisa klo ada pihak yang dirugikan. lah klo suka sama suka, yang dirugiin siapa??
profile-picture
reid2 memberi reputasi
1
17-09-2019 17:10
itu baru hukuman di dunia, hukuman di akherat nanti jauh lebih berat emoticon-Frown
0
17-09-2019 17:10


Quote:Original Posted By gentongb
Spik spik Iblis

Kirain Star Sparta Indonesia emoticon-Malu (S)
0
17-09-2019 17:12
kalo masalah kayak gini ane support gan
jadi wanita nggak selalu di pandang rendah gan
soal nya memprihatikan kan sekali kondisi kaum wanita di negeri ini
0
17-09-2019 17:14
Generasi micin skr mah tabokin aja. Udh keenakan itu.
0
17-09-2019 17:15
Quote:Original Posted By progrip
Kirain Star Sparta Indonesia emoticon-Malu (S)


Ahh ga tau itu apaan dah
0
17-09-2019 17:18
NEGARA NGURUSIN SELANGKANGAN???? emoticon-Wakaka
kalo sama2 both consent ya terserah mereka lah

mendingan fokus RUU PKS yang masuk prolegnas 2016, MANA???
malah belok ke selangkangan dan RUU KPK
buat apaan coba, ayo dong yang begini harus turun ke jalan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan reid2 memberi reputasi
2
17-09-2019 17:24
kalau perempuan yang buat janji gimanaaaaaaaa?
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1
17-09-2019 17:26
walau masuk rana pribadi
saya dukunglah
soalnya byk laki2 asal tusak sana tusuk sini. nyisain bekasnya doang buat saya emoticon-Betty (S)
0
17-09-2019 17:27
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
kudukung itu
karena ada juga pria yg sudah makan perawan anak gadis
langsung lari tak mau tanggung jawab

ingat ...pria keren itu tahu bertanggung jawab

emoticon-Ngacir


ane kira tidak hanya tahu bertanggung jawab saja tapi juga tempe bertanggung jawab
0
17-09-2019 17:28
Mending kasih duit drpada harapan palsu
0
17-09-2019 17:36
Quote:Original Posted By aliensia
Makanya sebelum netnot, tanya dulu kita gk usah nikah yak kanKita sama2 mau cari enak emoticon-Leh Uga

Para suhu forum kecewa liat pasal2 ini gk bisa SSI seperti biasa emoticon-Ngakak


SSI harus tanpa kata nikah. Tapi yg penting hepy suhu..
Hehehe.. emoticon-Leh Uga
0
17-09-2019 17:37
tapi itu pasal berlaku kalo pihak keluarga ada yg menuntut kan ?
0
17-09-2019 17:37
Quote:Original Posted By rhuelli
tapi itu pasal berlaku kalo pihak keluarga ada yg menuntut kan ?


Iya
0
17-09-2019 17:39
melihat argumen ini ane sangat tidak setuju. sebagai orang hukum seharusnya mereka yang membuat aturan harus mengkaji dan memahami bagaimana pelaksanaan dan dampak yang terjadi setelah itu. hukum itu bersifat represif bukanlah preventif tidak bisa seseorang didakwa atau dituduh melakukan sesuatu perbuatan apalagi berupa perikatan/perjanjian. itu sudah ranah mereka masing masing. tidak boleh ada pihak yang ikut campur karena hak asasi manusia diatur oleh undang undang. sekarang maksudnya janji akan dikimpoii itu gimana ya? gimana buktiin nya kalo seseorang itu melakukan hubungan karena iming iming? gak sembarangan orang kimpoi kali. gimana kalo mereka melakukan itu atas dasar suka sama suka? lalu si cewe ngadu sepiknya mau dinikahin? dimana kepastian hukum?

Quote:Pasal 418
Nah, masuk ke pasal yang menurut ane sebagai masyarakat agak aneh. Sesuai judul thread, Pasal 418 ini akan mengatur ancaman pidana selama 4 tahun bagi orang yang melakukan hubungan seks dengan wanita dan memberikan "harapan palsu" untuk dinikahi.

Melansir dari CNN Indonesia, bunyi pasal tersebut secara jelas berbunyi:

"Laki-laki yang bersetubuh dengan seorang perempuan yang bukan istrinya dengan persetujuan perempuan tersebut karena janji akan dikimpoii, kemudian mengingkari janji tersebut karena tipu muslihat yang lain dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak kategori III,"bunyi pasal 148 ayat 1 RKUHP.
profile-picture
maria.olivia memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.