n4z1Avatar border
TS
n4z1
Kalangan Muda Solo Dukung Gibran Maju Pilwalkot dari Jalur Independen


Kalangan Muda Solo Dukung Gibran Maju Pilwalkot dari Jalur Independen

Solo - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surakarta sepakat mengusulkan nama Achmad Purnomo-Teguh Prakosa untuk maju dalam Pilkada 2020. Sejumlah nama lain muncul untuk menyaingi pasangan tersebut.

"Kita lihat tren ke depan, dalam kabinet Pak Jokowi pasti ada teman muda. Ini sinyal Solo juga harus berubah dan mengejar ketertinggalan. Mengelola Solo ini butuh energi yang besar, butuh percepatan," ujar Aktivis Studi Kota Solo, Guntur Wahyu Nugroho kepada detikcom, Selasa (17/9/2019).

Ada beberapa nama yang dia sebut cocok memimpin Kota Solo, salah satunya putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, Solo membutuhkan pemimpin berjiwa muda dan visioner.



Pria yang kerap menggelar diskusi bersama Forum Muda Visioner (Formusi) membahasa nasib Kota Solo ini juga menyebut nama Ginda Ferachtriawan dan Dinar Retna Indrasari dari PDIP, serta Arya Surendra yang menjabat Rektor Universitas Surakarta.

"Kalau ada banyak barang bagus, kenapa tidak dipilih, ada Gibran, atau dari PDIP ada Ginda, Dinar, atau Arya Rektor UNSA yang masih muda. Bahkan kalau tidak ada partai yang mendukung, kami siap menggerakkan masyarakat untuk mengajukan calon independen," ujarnya.

Aktivis muda Kota Solo lainnya, Shaggy Sigit Sarwanto, menilai kota bengawan membutuhkan sosok baru. Sosok tersebut juga harus dinamis, visioner, dan mau menerima perubahan tanpa meninggalkan budaya.

"Tidak harus anak muda, tetapi harus peka terhadap perubahan. Seperti Bu Risma di Surabaya, Pak Ridwan Kamil di Jawa Barat," kata pria yang mengelola akun media sosial 'Kota Solo' itu.

Dia menyebut beberapa nama, antara lain Ginda Ferachtriawan yang merupakan kader PDIP dan Evandra yang sempat dimunculkan oleh Partai Golkar. Sedangkan nama Gibran, menurutnya lebih cocok berkontestasi pada Pilwalkot Surakarta periode selanjutnya.

"Siapa sih yang tidak kenal Mas Ginda. Kalau Mas Gibran lebih baik jangan sekarang, karena Pak Jokowi masih menjadi presiden, agar tidak terjadi konflik kepentingan. Nanti kalau periode selanjutnya, saya dukung," kata pria yang aktif di komunitas SkyscraperCity Solo Raya itu. (bai/mbr)
sumber
■■■■■■

Jangan genit.
Jangan ngojok-ojokin orang untuk maju dengan alasan yang klise.
Seorang anak petinggi belum tentu bisa seperti ayahnya, kecuali dia telah melewati kawah chandradimukanya perpolitikan. Itu bisa dipelajari dari hubungannya dengan partai politik, dengan aktifnya dia belajar dari mereka para tetua atau tokoh yang memang mumpuni.

Jadi siapapun kalau ingin maju menjadi pejabat daerah atau pusat sekalipun, selayaknya jangan macam dikarbit. Baru setengah matang atau bahkan masih mentah lantas dipaksa untuk matang.

Budaya politik Indonesia itu budaya partai. Semua bermuara ke partai. Tak ada siapapun yang berhasil tanpa partai. Itu logikanya. Sampai sekarang budaya politik Indonesia masih sulit menerima calon independent. Kenapa? Karena perjuangan kemerdekaan Indonesia juga tak lepas dari perjuangan para tokoh-tokoh partai. Itu faktanya.

Kalau memang pemimpin sebelumnya dianggap tidak mampu menjalankan amanah, ya sudah, jangan pilih lagi. Atau jangan pilih calon dari partai yang bermasalah.

Sesuatu yang dipaksakan itu hasilnya akan buruk. Jangan seperti seorang yang karena merasa memiliki partai, lalu memaksakan kehendaknya memajukan anaknya untuk maju pilkada. Pada akhirnya semuanya akan menjadi bom bunuh diri.

Biarkan seseorang pelaku bisnis menjalankan bisnisnya. Tak perlu genit memaksakan diri untuk maju pilkada, apalagi pilpres. Kecuali kalau uangnya mau habis sia-sia, sebab di Indonesia ini, hampir tidak ada yang gratis, kecuali kentut.


Diubah oleh n4z1 17-09-2019 10:15
scorpiolama
lutfa.04
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
-6
1.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.