alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d809e13d4397264e56bfb4e/viral-ilustrasi-koran-radar-sampit-hari-ini-mata-jokowi-ditutup-masker
Lapor Hansip
17-09-2019 15:49
Viral Ilustrasi Koran Radar Sampit Hari Ini: Mata Jokowi Ditutup Masker
Viral Ilustrasi Koran Radar Sampit Hari Ini: Mata Jokowi Ditutup Masker

Kritik untuk Presiden Jokowi kembali disuarakan media massa lewat ilustrasi. Kali ini, Jokowi dikritik oleh koran Radar Sampit, yang redaksinya berkantor di Sampit, Kalimantan Tengah.

Pada edisi Senin (16/9/2019), Radar Sampit menampilkan karikatur Jokowi pada halaman depan.

Presiden terpilih dalam Pilpres 2019 itu digambarkan memakai masker hijau, dengan kedua tangan yang terbuka dan siku sedikit ditekuk.

Namun, masker itu tak dipakai di hidung dan mulut seperti sewajarnya, melainkan untuk menutup mata Jokowi.

“Omong Kosong Presiden,” begitu judul berita utama yang dicetak tebal dan besar di samping ilustrasi tersebut.

Ilustrasi halaman depan Radar Sampit tersebut viral dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Sejumlah pengguna Twitter mengunggahnya dengan cuitan yang mendesak Jokowi supaya segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan dan Sumatra.

Mereka meminta Jokowi memperhatikan hutan di beberapa kota di Indonesia, khususnya di Sumatra dan Kalimantan, yang sejak beberapa waktu lalu kembali diterpa kebakaran hebat.

Berbagai dampak buruknya pun telah terjadi, antara lain, ribuan bayi terserang infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA hingga banyak jadwal penerbangan ditunda.

Sebelum Radar Sampit, kritik melalui ilustrasi telah dilakukan oleh majalah Tempo edisi 16-22 September.

Gambar Jokowi disandingkan dengan siluet bayangan berhidung panjang mirip boneka kayu Pinokio saat berbohong.

Di samping ilustrasi wajah Jokowi, tertulis judul “Janji tinggal Janji”, disertai blurb “Ingkar janji perihal penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi.” [sc]
Viral Ilustrasi Mata Presiden Ditutupi Masker

semoga saudara2 di Riau dan Kalimantan tetap sabar... jangan lagi bakar lahan demi kepentingan perusahaan..

Buat Presiden.. jangan tutup mata...

saat debat dulu bilang gk ada lagi kebakaran hutan..

nyatanya???
profile-picture
profile-picture
novembermann dan Cendol donk gan memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
17-09-2019 15:50
wkwkwk minta dibredel tuch koran emoticon-Ngakak
0
17-09-2019 15:54
Kan masker harusnya untuk nutup idung.
Gemana siih..

emoticon-Bingung
0
17-09-2019 15:56
Aman, ga ada apikasi android-nya wkwkwk
0
17-09-2019 15:57
Wuih kebebasan pers'

Quote:Hary Tirto Djatmiko ( Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG ) menyatakan kekeringan yang diprediksi tahun ini tak terjadi seperti pada 2015 silam. Pada 2015 lalu, El Nino bergerak dari lemah hingga kuat sehingga membuat musim kemarau panjang. Sementara tahun ini ( 2019 ) sambungnya, fenomena El Nino terindikasi dalam kategori lemah hingga tujuh bulan ke depan.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ari-tahun-lalu

***


Penyebab Karhutla di Kalimantan dan Sumatera


Setelah meninjau kebakaran hutan dan lahan di Riau dengan menaiki helikopter bersama Kepala BNPB dan Panglima TNI, pada Minggu (15/9/2019), Kapolri Jenderal Tito Karnavian heran karena ia tidak melihat lahan sawit dan tanaman industri ikut terbakar. Kalaupun ada, hanya di pinggir. 

"Ini menunjukkan adanya praktik 'land clearing' dengan [cara] mudah dan murah memanfaatkan musim kemarau,"
ujar Tito terkait dugaan kuat kebakaran akibat ulah manusia dalam siaran pers BNPB. 

Hingga 16 September 2019, polisi memang sudah menetapkan 185 tersangkaperseorangan dalam kasus karhutla. Namun, baru 4 korporasi menjadi tersangka terkait kasus karhutla di Riau, Kalbar dan Kalteng. 

Sedangkan KLHK mengklaim sampai akhir pekan lalu sudah menyegel 42 perusahaan yang diduga menjadi otak di balik pembakaran hutan dan lahan. Penyegelan itu dalam rangka proses hukum. 

Lahan perusahaan-perusahaan itu berlokasi di Jambi, Riau, Sumsel, Kalbar dan Kalteng. Di antara 42 perusahaan itu ada yang dimiliki pemodal asal Singapura dan Malaysia.  

Dirjen Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani menyatakan akan mendorong pengenaan pasal berlapis ke pelaku pembakaran hutan, terutama dari korporasi. Pasal-pasal itu tidak hanya terkait UU Lingkungan, tetapi juga UU Kehutanan dan Perkebunan. 

Menurut Ridho, empat perusahaan yang kini sudah menjadi tersangka kasus karhutla adalah PT ABP, PT AEL, PT SKN dan PT KS. Tiga perusahaan pertama berlokasi di Kalbar. Sedangkan yang terakhir beroperasi di Kalimantan Tengah. 

Adapun menurut Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Ruandha Agung Sugardiman, selain El Nino yang membuat curah hujan minim, insiden kebakaran di Australia diduga turut membuat potensi karhutla di Indonesia membesar. 

"Memang kondisinya saat ini El Nino normal, tapi ini diperparah dengan adanya kebakaran di Australia yang arah anginnya sekarang dari tenggara menuju ke barat laut. Sehingga udara kering dari Malaysia menambah potensi terjadinya kebakaran ini," kata dia seperti dilansir Antara.

https://tirto.id/penyebab-dan-akibat...-sumatera-eic3


***


Hubungan 'Haram' Pilkada dengan Kebakaran Hutan


"Siklus pembakaran hutan sering kali sejalan dengan Pilkada. Menjelang Pilkada serentak tahun ini, pembakaran hutan akan meluas," kata ilmuwan CIFOR, Prof Hery Purnomo dalam sebuah diskusi di Bogor, Sabtu (29/8).

CIFOR melakukan penelitian selama berbulan-bulan pada 10 lokasi di empat kabupaten di Indonesia. Para peneliti mengamati praktik pembakaran atau kejadian kebakaran hutan dan lahan di lapangan. Hery menemukan bahwa selalu ada motivasi dari aktor-aktor pembakar hutan.

"Sejumlah kepala daerah atau calon kepala daerah menjadikan bagi-bagi lahan sebagai insentif untuk menarik perhatian pemilih. Banyak kepentingan politik di dalamnya," kata Hery.

Guru Besar IPB ini juga mengatakan, para elite lokal ini bekerja secara individual kemudian membentuk satu jaringan. Urutannya dimulai dari seorang pengklaim lahan yang berhubungan dengan kepala desa untuk mengeluarkan surat keterangan tanah. Setelah surat keluar, lahan ditebas kemudian dibakar, biasanya melibatkan masyarakat lokal.

Pihak yang diuntungkan adalah ketua kelompok tani, ketua partai politik, anggota parlemen, anggota kepolisian, hingga tentara. Mereka mendapat keuntungan dari proses pembakaran hutan tersebut.

"90 persen lebih hutan terbakar karena manusia dan dilakukan dengan sengaja. Tidak ada hutan yang tiba-tiba terbakar dengan sendirinya," kata Hery.

Penelitian CIFOR menunjukkan, rata-rata si pengklaim lahan menaikkan harga jual lahannya tiga juta rupiah per hektar. Lahan yang diklaim kemudian ditebas dan dibakar. Setelah rata, harganya dinaikkan dari delapan juta menjadi Rp 10-11 juta per haktar.


Lahan yang sudah rata selanjutnya ditanami dengan kelapa sawit. Ketika emas hijau ini tumbuh setelah empat tahun, kata Hery, lahan yang semula hanya beharga Rp 10-11 juta bisa dijual kembali minimal Rp 40 juta.

Pemerintah daerah (Pemda) yang sedang berkuasa pun, kata akademisi Fakultas Kehutanan IPB ini, enggan menindak pelaku dan mencegah kebakaran hutan. Alasannya, sang pelaku adalah rekanan mereka sendiri Akhirnya, daerah hanya melakukan tindakan kuratif setelah kebakaran terjadi, yaitu hujan buatan dan sekat kanal.

https://m.republika.co.id/berita/nas...ebakaran-hutan
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1
17-09-2019 16:00
siap2 diserbu kayak tempo gan wkwkk
0
17-09-2019 16:02
Pokoknya jokowi itu suci, tidak boleh salah emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
roni.riyanto dan corobikang memberi reputasi
2
17-09-2019 16:03
jp grop sudah
tempo sudah.

siapa berikutnya ? emoticon-Malu
0
17-09-2019 16:03
Kalau model produk pers kek gini yg ngiritik gw sante aja, wong mereka ngritik pake data dan riset

Nah! Kalau kelompok yg enoh ngeritik modalnya cuman kebencian dan fitnah emoticon-Wink
0
Lihat 1 balasan
17-09-2019 16:04
yang kebakaran kan riau?
0
Lihat 1 balasan
17-09-2019 16:06
bntr lg penulis nya
d buly d medsos
0
17-09-2019 16:06
Kemaren idungnye panjang, sekarang mata ketutup, besok apaan? emoticon-Cool
profile-picture
ueki19 memberi reputasi
1
17-09-2019 16:08
Bakar2 sndri, mewek2 sendiri emoticon-Ngakak
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1
17-09-2019 16:19
Yang sengaja bakar hutan tangkep trus bakar orangnya ditontonin orang2. Tega amat buka lahan bikin sesak nafas Satu propinsi
0
Lapor Hansip
17-09-2019 16:25
Balasan post Talbis
Quote:Original Posted By Talbis
Kalau model produk pers kek gini yg ngiritik gw sante aja, wong mereka ngritik pake data dan riset

Nah! Kalau kelompok yg enoh ngeritik modalnya cuman kebencian dan fitnah emoticon-Wink


Kalo ditolol2in sama media, yaudah lah....

berarti emang faktanya tolol... wkwkwkwkw
profile-picture
corobikang memberi reputasi
1
17-09-2019 16:27
ndak liat itu kowi ke riau?
0
17-09-2019 16:27
Quote:Original Posted By samatronz
Kalo ditolol2in sama media, yaudah lah....

berarti emang faktanya tolol... wkwkwkwkw


Media itu mengkritik bukan men tolol tololkan orang berdasarkan kebencian semata model kek elu emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan ueki19 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
17-09-2019 16:32
Masih mending mata-nya ditutupi Masker, asalkan jangan ditutupi oleh (maaf) Bra
Viral Ilustrasi Koran Radar Sampit Hari Ini: Mata Jokowi Ditutup Masker
0
17-09-2019 16:33
cebonger sejati gak perduli fakta dllapangan
yang penting apapun yg junjungan lakukan dibela sampe mati
ya kan bong? emoticon-Wakaka
giliran kampretos sekarang keluarkan pejuh kalian emoticon-Wkwkwk
profile-picture
corobikang memberi reputasi
1
17-09-2019 16:39
Make a car emoticon-Marah
0
17-09-2019 16:43
Penasaran respon orang riau yang sesak napas kalo dibacotin
'Trus kalo riau kena asap, prabocor jadi presiden gitu ? '

emoticon-Stick Out Tongue
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.