• Beranda
  • ...
  • Health
  • Mangkonsumsi Obat Secara Terus Menerus, Bertahun-Tahun, Inilah Dampaknya

kelayan00
TS
kelayan00
Mangkonsumsi Obat Secara Terus Menerus, Bertahun-Tahun, Inilah Dampaknya

Gansist pasti sudah tidak asing lagi dengan logo ular dan cangkir yang terdapat di papan nama setiap apotek obat. Makna yang terkandung di ddalamnya saat menetapkan logo tersebut gw emang gak tau. Tapi secara kasat mata, secara sederhana bisa gw artikan, ular identik dengan racun, sedangkan cangkir identik dengan tempat sarana untuk memasukan air ke dalam tubuh.

Kandungan yang ada di dalam obat-obat tertentu ada dua, racun dan zat kimia.

Quote:


Kandungan obat yang di dalamnya ada racun, fungsinya untuk membunuh virus, bakteri dan semua makhluk yang menyebabkan tubuh menjadi sakit. Tentu saja dengan kadar yang sudah ditentukan agar tidak membahayakan tubuh yang meminumnya.

Kandungan obat yang di dalamnya mengandung zat kimia, berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Zat kimia yang ada di dalam kandungan obat tersebut bekerja langsung ke pusat syaraf, yang bertujuan untuk membuat kebal, sehingga sakit yang di dertia tidak lagi merasakan sakit. Dan tentu saja kadarnya juga tidak membahayakan bagi tubuh.

Tapi gw tidak mau fokus mambahas masalah itu, sebab gw bukan ahlinya. Gw hanya ingin membahas masalah dampak yang diakibatkan meminum obat secara terus-menerus, bertahun-tahun. Ini berdasarkan pengalaman orang-orang di sekitar gw.

1. Tubuh menjadi kebal

Quote:


Orang yang biasa meminum obat tertentu, biasanya tubuhnya akan kebal terhadap obat tersebut. Misalnya sakit kepala. Dia gunakan merek tertentu. Pada saat sakit kepala dia minum obat itu. Pertama minum satu biji sudah sembuh. Hari berikutnya sakit lagi, dia minum lagi satu biji, sakit kepalanya gak langsung sembuh, dia minum lagi satu biji, dan sembuh. Begitulah seterusnya.  Doses yang dia gunakan akan terus bertambah.

Begitu pula dengan penyakit lainnya. Misalnya sakit gigi. Obat yang biasa dia gunakan waktu meminum  pertama pasti akan langsung sembuh. Tapi hari berikutnya pasti akan bertambah dan terus bertambah. Dan bisa jadi tidak menyembuhkan lagi. Lalu ganti merek.

2. Menjadikan ketergantungan

Quote:


Orang yang sudah terbiasa apabila sakit meminum obat, maka akan menjadikannya ketergantungan. Sakit kepala sedikit langsung berpikir untuk membeli obat dan meminumnya. Flu sedikit langsung mencari obat flu, bahkan susah tidur juga akan berpikir untuk mencari obat tidur.

Obat seolah menjadikannya satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit. Padahal, penyakit yang dideritanya bukanlah penyakit berat, yang berbahaya.

Tentu saja berbeda jika penyakitnya memang merupakan penyakit berat dan kronis. Tak ada cara lain selain pergi ke dokter atau ke rumah sakit. Jadi jangan salah. Yang gw maksud di sini adalah penyakit yang ringan-ringan.

3. Terbentuknya batu ginjal

Quote:


Inilah yang berbahaya.

Batu ginjal terbentuk saat urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairan dalam urine. Pembentukan batu ginjal juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel.

Penyebab batu ginjal atau kencing batu bisa terbentuk jika urine atau air kencing yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia tersebut seperti kalsium, asam urat, sistin atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium).

Obat tertentu yang mengandung bahan kimia, yang masuk ke dalam tubuh tidak semuanya larut terbuang bersama urine, melainkan tertinggal. Meski jumlahnya sangat kecil, namun lama kelamaan akan bertambah, dan terus bertambah.

Kita bisa bayangkan, setiap kali sakit, kemudian pergi ke dokter. Lalu dokter akan memberikan resep obat dua sampai tiga macam. Setiap macam, setiap keping jumlah 12 butir. Kalau 3 macam, berarti 36 butir. Itu sekali pergi ke dokter. Lantas bagaimana kalau berkali-kali, bertahun-tahun, hingga puluhan tahun. Berapa ribu butir obat yang masuk ke tubuh kita.

Quote:


Seorang tetangga, berusia lebih dari lima puluh, setelah didiagnosis positif ada batu di kandung kencing. Dia becerita kalau sejak anak-anak, remaja hingga usianya yang lebih lima puluh tahun dia selalu meminum obat. Sakit apa pun, yang ringan terlebih yang berat.

Dia mengambil kesimpulan, obat yang dia konsumsi secara terus menerus, bertahun-tahun, yang menjadi sebab terbentuknya batu ginjal, meski tentu saja, masih banyak lagi penyebab-penyeb lain yang dia sendiri tidak tau.

Lebih baik menjaga kesehatan dari pada sakit terus meminum obat. Selain akan berdampak buruk bagi tubuh, juga berdampak pada keuangan.



Salam,
Moga bermanfaat.


sunber, sumber, sumber, sumber, sumber
Diubah oleh kelayan00 15-03-2021 02:36
mr.bukyizzy713pandaren21
pandaren21 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
13.8K
270
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.