alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7eef48337f937263326956/masa-depan-quotsuramquot-olahraga-nasional
Lapor Hansip
16-09-2019 09:11
Masa Depan "Suram" Olahraga Nasional
Past Hot Thread
Masa Depan "Suram" Olahraga Nasional

Sedih, itulah yang saya rasakan saat menuliskan judul di atas. Sengaja kata suram saya berikan tanda petik, karena saya masih sangat berharap ada perbaikan dan masa depan indah dari dunia olahraga kita. Namun, harapan kadang "jauh panggang dari api."  Apalagi jika melihat fakta yang terjadi hari-hari ini. Olahraga apa sih yang masih "sehat" dari semua sisi? Bukan hanya dari sisi prestasi, namun juga kompetisi dan pembinaan usia dini.

Sepakbola? Yakin olahraga ini sehat? Tidak usah bicara soal kerusuhan suporter Indonesia dengan suporter Malaysia deh, kita lihat berita penyerangan bus pemain Persib. Jika dengan saudara se-tanah air saja bisa saling "bunuh"  apalagi dengan suporter dari negara lain? Ini baru dari sisi suporter. Dari sisi kompetisi, Liga 1 yang konon katanya profesonal, bisa tidak PSSI dalam hal ini komisi disiplin menjelaskan ke mana uang denda yang dibayarkan klub pelangar ke sana? Ada tidak laporannya? Monggo yang tahu, saya dikasih tahu. Hehehe.

Masa Depan "Suram" Olahraga Nasional

Mungkin 20.000 karakter tidak akan cukup untuk membahas bobroknya dunia sepakbola Indonesia. Dua hal di atas hanya contoh, yang lain banyak. Saya beri contoh lagi, di negara mana ada pengurus federasi yang punya saham di klub? Di negara mana di mana ada klub yang bebas dan seenak jidatnya memundurkan jadwal pertandingan tanpa mendapat sangsi? Di negara mana ada klub dengan kandang berpindah-pindah tanpa ada teguran dan peringatan?

Masih mau berharap prestasi dari sepakbola Indonesia? Saya sih sudah tidak. Lima tahun lagi tidak disalip Timor Leste saja sudah bagus. Saya meremehkan kemampuan pesepakbola Indonesia? Iya! Wong faktanya mereka manutsaja diatur oleh orang-orang yang menjalankan sistem dengan bobrok kok. APPI yang katanya asosiasi pemain profesional juga mana suaranya untuk perkembangan sepakbola Indonesia? Tidak ada!

Masa Depan "Suram" Olahraga Nasional

Stop bahas sepakbola ya, ujungnya hanya ingin ngomong kasar. Lha prestasi tidak ada, berantem nya melegenda kok. Mari kita lihat bulutangkis. Olahraga yang dari dulu membanggakan negeri ini di kancah dunia. Juara dunia? Sudah biasa dan bukan cerita istimewa bagi atlet-atet bulutangkis. Saking seringnya angkat thropy sih ya. Dan semua tentu paham, bahwa hasil gemilang seperti itu tidak didapatkan dengan cara instant. Ada pembinaan panjang dari semua pihak yang terlbat di dalamnya.

PB Djarum.Apa yang terlintas dalam benak anda saat nama itu disebut? Pabrik rokok? Produk rokok? Atau usaha dalam bidang rokok? Jika iya, sebaiknya anda menambah literasi bacaan dan cari tahu apa itu PB Djarum. Jika sudah, coba cari juga sejarah PT Djarum. Jika anda sudah belajar soal itu, sekarang anda bisa tidak menemukan perbedaan dari keduanya? Mengapa saya menulis ini, karena minggu-minggu lalu ada yang usil mengurus hal yang sebenarnya tidak penting untuk diurus.

Masa Depan "Suram" Olahraga Nasional

Adalah sebuah lembaga yang katanya ngurusanak-anak menganggap PB Djarum melakukan eksploitasi terhadap anak. Nama PB Djarum dianggap sebagai produk yang merepresentasikan produk rokok Djarum. Hingga anak-anak yang ikut audisi dan memakai kaos Djarum, dianggap melakukan promosi terhadap produk rokok Djarum. Luar biasa perhatian sekali ya lembaga itu pada anak-anak. Sampai anak-anak yang diurus dan dibiayai hidup-sekolah-dan karirya saja diawasi. Pasti mereka juga care pada anak-anak jalanan dan anak-anak yang diajak bapaknya demo di monas dulu.

Singkat cerita, PB Djarum pun berniat menghentikan audisi pencarian bakat tersebut karena setiap rapat dan duduk bersama dengan komisi yang ngurus anak-anak itu selalu meminta lebih. Intinya tidak ada kesepakatan, gitu lah. Gegerlah jagad dunia maya dan nyata di Indonesia. Swasta yang puluhan tahun begitu "care" pada bulutangkis, akan undur diri hanya karena lembaga pelindung anak-anak yang prestasinya tidak jelas. Kalau ada yang mau memperjelas, saya akan sangat berterima kasih.

Keriuhan yang pada akhirnya memancing pemerintah turun tangan. Tidak cukup lewat Menteri Pemuda dan Olahraga, Kamis pekan lalu, Kepala Staf Kepresidenan pun datang ke PB Djarum. Dan kita patut bersyukur karena dari pertemuan-pertemuan itu, agenda audisi pencarian bakat calon atlet bulutangkis akan tetap berjalan. Lepas dari beberapa hal yang harus disesuaikan untuk audisi ke depannya.

{thread_title}

Konflik dan kisruh yang menimpa PB Djarum kemarin, bisa menjadi cermin betapa "rapuhnya" Pembinaan olahraga di Indonesia tanpa keterlibatan swasta. Akui saja, negara belum mampu kok memfasilitasi pembinaan olahraga, apalagi jika harus melakukan pencarian bakat sampai ke pelosok negeri. Banyak contoh pembinaan olahraga ambruk, saat swasta mulai meninggalkan perannya. Mau contoh? Lihat tenis setelah Wismilak enggan terlibat lagi. Lihat juga tenis meja saat Gudang Garam tidak mensuport lagi. Adakah yayuk Basuki yang dulu mampu nembus ranking 20 besar dunia lagi?

Memprihatinkan? Tapi inilah faktanya. Maka ketika ada pihak-pihak yang ingin memajukan olahraga, mbokjangan dicari-cari salahnya. Jika memang ada regulasi yang dilanggar, sampaikan denagan baik. Dicari kesepakatan final mana saja yang harus diperbaiki. Bukan saat ketemu ngomong A, di media ngomong B. Jangan menjual harga diri bangsa demi keuntungan pribadi lah. Bangga banget sih jadi anteknya asing. #eh Salam Damai.

Merdeka!

Sumber Referensi : sini

Sumber Video dan Foto : sini, sini, koleksi pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wcx26 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
17-09-2019 09:12
emg kontoI2 komisi yang sok pinter tapi idiot ini mestinya di bubarin... cuman cari masalah biar dapat lahan basah
0
17-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By djinggo88
Udah , skrang kita fokus agama aja

Mungkin secara fisik bangsa kita emang bukan bangsa yg jago olahraga

emoticon-Leh Uga

Woles aja

Lagian di surga juga gak ada lapangan bola kan

emoticon-Shakehand2

Pernah ke surga om??? Ada tour ke sana gitu??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By indrainiesta28
Ngapain nonton olahraga indonesia, gak ada manfaatnya juga kan? Mending nonton acara rumah uya emoticon-Ngakak

Acara apaan itu om??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By nekoyashikki
itu sih baru masalah yg kelihatan. masalah yg tidak kelihatan juga banyak salah satu contohnya yg sudah mendarah daging adalah pemain titipan. kalo masih ingat kejadian paskibraka yg gagal gara-gara diganti dengan anak pejabat, yg beritanya sekarang sudah hilang dengan alasan sudah masalah "gagal jadi anak paskibraka" sudah diganti dengan yg "lebih baik" seperti bertemu presiden, kejadian kayak gini bukan cuma di paskibraka doang lho emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Bener om, apalagi di olahraga khususnya sepakbola... Udah jamak yang namanya pemain titipan... Sampai level timnas aja ads kok... emoticon-Ngakak (S)
0
17-09-2019 09:17
Makin nggak ngerti lagi sikap pemerintah untuk mendukung anak-anak negeri ini. Kartun dilarang, olahraga dilarang, pendidikan makin dipersulit, ya entahlah.
0
Lihat 2 balasan
17-09-2019 09:22
Lambang persatuan negara.. olahraga sepakbola..
0
Lapor Hansip
17-09-2019 09:26
Balasan post jessshi
Quote:Original Posted By jessshi
Makin nggak ngerti lagi sikap pemerintah untuk mendukung anak-anak negeri ini. Kartun dilarang, olahraga dilarang, pendidikan makin dipersulit, ya entahlah.

Demo dengan mengibarkan ormas terlarang tidak dilarang om... emoticon-Ngakak (S)
0
17-09-2019 09:27
Emang fasenya begitu kok, di Inggris aja ampe ada yang bunuh2an, sebelum pada dewasa supporternya
0
17-09-2019 09:27
Aku kok jadi ikutan sedih emoticon-Turut Berduka
yakin gak mau buka?
0
17-09-2019 09:34
padahal tolak ukur negara maju itu faktor olahraga juga loh
itu membuktikan kalo penduduk nya punya harapan hidup lebih lama contohnya di jepang sana
Diubah oleh ueki19
0
17-09-2019 09:43
soalnya petinggi nya masih pemikiran kolot , padahal sekarang jamannya udah serba canggih , pemikiran kebijakan gak sejalan dengan sistem sepakbola jaman sekarang , di liga luar sudah ada VAR kamera mumpuni , di kita tertinggal 50 taun
0
17-09-2019 09:44
ga usah olahraga ngemil aja 😁
0
17-09-2019 09:46
tutup mata tutup telinga aja kalo olga indonesia...bener2 ga ada harapan...wong pejabat nya sibuk ngumpulin duit...smoga 10th lg ada prubahan
0
17-09-2019 09:48
Quote:Original Posted By londo.046
Demo dengan mengibarkan ormas terlarang tidak dilarang om... emoticon-Ngakak (S)


Yang jelek dan merugikan gitu malah bebas dan diperbolehkan. Rusak emang. emoticon-Ngakak
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
17-09-2019 09:52
Kptai
0
17-09-2019 09:59
Fokus itu dinamis, begitu pula dengan fokus olahraga negeri ini
0
17-09-2019 10:04
dari dulu emang udah suram emoticon-Big Grin
0
17-09-2019 10:06
miris emang, di indonesia olahraga itu di politisasi
PSSI sdh kental lah, bahkan fifa jg sdh bilang. skrg bultang jg dari KPAI..parah2
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
17-09-2019 10:15
Quote:Original Posted By ueki19
padahal tolak ukur negara maju itu faktor olahraga juga loh
itu membuktikan kalo penduduk nya punya harapan hidup lebih lama contohnya di jepang sana

Sepakat gan... emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By abory
soalnya petinggi nya masih pemikiran kolot , padahal sekarang jamannya udah serba canggih , pemikiran kebijakan gak sejalan dengan sistem sepakbola jaman sekarang , di liga luar sudah ada VAR kamera mumpuni , di kita tertinggal 50 taun

Kata Lord IB buapaknya si anu, VAR akan menghilangkan keindahan sepakbola om... Kalau menurut gw sih, VAR membuat mafia susah gosok voucher... emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By jessshi


Yang jelek dan merugikan gitu malah bebas dan diperbolehkan. Rusak emang. emoticon-Ngakak

Indonesia om... emoticon-Big Grin
0
17-09-2019 10:28
selama jadi duit, nggak bakalan itu sepakbola dibikin ke arah yang lebih profesional

timnas senior mlempem,
masih ada u23
u23 mlempem masih ada u16

bahkan u16 skrg digadang2 jadi komoditi mereka buat jualan karena generasi diatasnya udah mlempem
selama jadi duit, apapun jadi..

sedih, juara u16 apa u17 ya kmrn ane lupa. Sampe komentator kita menangis tersedu2
lha...
saking dahaganya juara, bahkan kelompok umur pun serasa kita juara piala dunia
0
Lapor Hansip
17-09-2019 10:34
Balasan post londo.046
Quote:Original Posted By londo.046

Demo dengan mengibarkan ormas terlarang tidak dilarang om... emoticon-Ngakak (S)


@londo.046 bukan hanya mengibarkan bendera ormasnya, malah dibuatin dalam bentuk merchandise topi dipromoin ama artis dengan jargon "hijrah fest"

emoticon-Cape d...
Diubah oleh PiranH.Jr
0
17-09-2019 10:37
ga cuma olahraga aja yg suram, jgn naif..
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.