alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7ee79f68cc9572b42d2101/perusahaan-malaysia-biang-kabut-asap-indonesia-dipersilakan-bertindak
Lapor Hansip
16-09-2019 08:38
Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak
Past Hot Thread
Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak


KUALA LUMPUR - Pihak Kuala Lumpur mempersilakan otoritas berwenang Indonesia untuk menyelidiki dan menuntut perusahaan Malaysia yang berkontribusi pada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra dan Kalimantan. Kebakaran itulah yang memicu kabut asap yang menyelimuti Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia; Yeo Bee Yin, memasrahkan kepada Indonesia untuk bertindak.


"Keempat perusahaan (Malaysia), terserah pemerintah Indonesia untuk menyelidiki," kata Yeo Bee Yin, pada Sabtu (14/9/2019).



"Kami percaya bahwa pemerintah Indonesia harus melakukan apa yang perlu untuk menyelidiki dan mengambil tindakan terhadap mereka yang terbukti melanggar hukum," ujarnya, dikutip Straits Times.



Dia menambahkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan penuh untuk menegakkan hukum di wilayahnya sendiri. Empat dari 30 perusahaan yang disegel oleh Indonesia pada hari Jumat adalah anak perusahaan milik Sime Darby Malaysia, IOI Corporation, Kuala Lumpur Kepong Berhad ( KLK), dan TDM Berhad.



"ASEAN tidak memiliki UU kabut asap lintas batas ASEAN. Itu berarti penegakan hukum harus sesuai dengan negara (terkait)," ujar Yeo.



Sime Darby Malaysia dan IOI Corporation mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka belum menerima pemberitahuan bahwa perkebunan mereka di Indonesia, yang dioperasikan oleh anak perusahaan mereka, disegel.



Sementara itu, KLK mengeluarkan pernyataan pada hari Sabtu pagi yang mengonfirmasikan bahwa kebakaran memang terjadi di perkebunannya. Kebakaran itu memengaruhi 2,8 hektare dari 14.400 hektare perkebunannya.


"Hotspot (titik panas) ini berhasil padam pada hari yang sama," kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan. "Saat ini, 4,25 hektare yang mencakup area isolasi telah ditutup untuk penyelidikan yang sedang berlangsung."


Reaksi negara tetangga itu muncul setelah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya Bakar merinci lima perusahaan asing yang berkontribusi pada kebakaran hutan dan lahan. Empat perusahaan berlokasi di Kalimantan Barat dan satu lagi di Riau.

"PT Hutan Ketapang Industri (milik) Singapura di Ketapang, PT Sime Indo Agro (milik) Malaysia di Sanggau, PT Sukses Karya Sawit (milik) Malaysia di Ketapang, dan PT Rafi Kamajaya Abadi (milik Malaysia) di Melawi, ini yang disegel," kata Siti, kemarin.


Pada hari Sabtu sore, bagian utara Semenanjung Malaysia terbebas dari kabut asap singkat setelah angin barat laut membersihkan langit.

Jumlah hotspot di Kalimantan telah menurun menjadi 627 pada hari Sabtu, dari 859 titik sehari sebelumnya. Sedangkan hotspot di Sumatra turun menjadi 55 dari 115 titik.

Malaysia mencatat ada 11 hotspot, 10 di antaranya ada di Sabah dan Sarawak.

Yeo mengatakan pemerintah sekarang fokus pada area penyemaian awan di Selangor, jika kondisi awan memungkinkan. Tetapi dia mengingatkan bahwa tindakan seperti itu hanyalah "bantuan sementara dan itu hanya membantu sekala kecil".

"Kabut asap dapat dibersihkan melalui pemadaman api sehingga kita dapat dengan cepat menyelesaikan situasi kabut asap secepat mungkin," ujar Yeo.



Sumber

Tiada asap kalau tak ada api emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
17-09-2019 08:04
Masalahnya indon berani kaga? Dari dulu teriak ganyang malaysia tapi ga bertindak jugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
17-09-2019 08:06
hajar aja lah, jangan terlalu sungkan sama tetangga
0
17-09-2019 08:10


Quote:Original Posted By banihartoyo
paling enak emang nyalahin orang emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak

Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak
Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak


Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak
Perusahaan Malaysia Biang Kabut Asap, Indonesia Dipersilakan Bertindak
0
17-09-2019 08:14
pemerintah kita kemana aja aja... seprti tutup mata, atas kejadian ini...
0
17-09-2019 08:14
ternyata kerjaan si sebelah, kasih lah pelajaran tuh mereka
0
17-09-2019 08:14
wew, ane kira ulahnye orang indonesia sendiri emoticon-Ngakak (S)
ternyata 'sumbangan' dari tetangga toh, yaudah sih, gas kan penyelidikan dan tindak sesuai hukum yg berlaku. ples semoga tindakannya tegas nggak lembek dan lempem.
0
17-09-2019 08:15
Quote:Original Posted By pdt.henderson
Diantara 30 orang terkaya Indonesia diantaranya ada sekitar 14 orang yg punya perusahaan sawit di Kalimantan & Sumatera emoticon-Christmas


Nah siapa hayo yang punya perusahaan or yg punya hak HGU nya emoticon-Sundul Up
0
17-09-2019 08:16
Quote:Original Posted By abk3304157
pemerintah kita kemana aja aja... seprti tutup mata, atas kejadian ini...


Pemerintah ya gak kemana-mana gan yang ada masyarakat nya kok gak sadar sadar ya emoticon-Bingung
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
17-09-2019 08:20
jadi salah siapa nih? mending tanggung jawab smua aja lah emoticon-Big Grin
0
17-09-2019 08:22
bener ga nih? jangan asal tuduh gini. Dasar poliTIKUS
0
17-09-2019 08:25
Masalah yg menurut ane bakal ada setiap musim buka lahan sawit. Sudah berpuluh2 tahun gk tuntas2. Apa peraturan di daerah kurang tegas atau memang disengaja*?emoticon-No Hope
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
17-09-2019 08:28
Tiap tahun kebakaran terus,
pemerintah kita sendiri sih gak becus buat pengawasan kepada perusahan yang ada di Indonesia
harusnya ada tindakan tegas buat perusahaan" yang melanggar, masa mau gini terus tiap tahun
serasa pengen ketawa saja wkwk
profile-picture
profile-picture
kenwong12 dan lyndonbaines memberi reputasi
2
17-09-2019 08:28
setujuuu dengan sikap pemerintah Malaysia.. patuh terhadap konstitusi sesuai wilayah kekuasan
profile-picture
profile-picture
HPC2 dan lyndonbaines memberi reputasi
2
17-09-2019 08:30
Quote:Original Posted By yanda506
harus ada tindakan yang tegas dan tepat dari pemerintah Indonesia agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.
kalau dibiarkan kasian wilayah yang terkena dampak harus menghirup asap dan menanggung akibatnya.
emoticon-Sorry


beneeeerrr, untuk membangu kembali hutan ituu butuh waktu yg lamaa..

lebih baik mencegah drpd mengobati, itu sih intinya
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
17-09-2019 08:37
yaudeh....kite bantu doe aje ye?emoticon-Cool
0
17-09-2019 08:40
Goblognya Indonesia, dari gw bocah sampai gw punya bocah, kebakaran hutan tiap tahun ga hilang2...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3
17-09-2019 08:49
Quote:Original Posted By gasmal
Goblognya Indonesia, dari gw bocah sampai gw punya bocah, kebakaran hutan tiap tahun ga hilang2...


Bener bre untung yg govlog indonesia bukan ane

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
17-09-2019 08:50
Kenapa enggak di blacklist aja perusahan sawit dari malaysia??
Takud kurang mungkin ya emoticon-Bingung
0
17-09-2019 08:51
malingsia mau duitnya dri sini tpi giliran dkirimin asep gak mau tau.
pantesan dlu bung karno getol banget triak2 ganyang malaysia
profile-picture
HPC2 memberi reputasi
-1
17-09-2019 08:54
Semoga pada ganti bisnis kebun sawit jadi bisnis kebun seaweed
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.