yunda.meAvatar border
TS
yunda.me 
Inilah Kisah Perjuangan Laptop Ane


Assalamualaikum gan sis

emoticon-Hai

Tahes ?



Jaman sekarang, gadget seakan sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan segala aktivitas kita. Ane rasa gadget itu bisa dibilang sudah berhasil masuk dalam jajaran kebutuhan primer. Seperti handphone, laptop, Smartwatch, dan lainnya.

Ngomongin laptop nih, ane akan menceritakan perjalanan laptop ane yang sudah menemani ane sampai detik ini, dan ane ngetik trit ini juga menggunakan laptop pertama ane ini.



sumber pic


Sejarah Laptop Ane.

Akhir tahun adalah waktu yang untuk berburu barang impan kita, apalagi gadget. Pasti banyak diskonan, cashback ataupun bonus bonus lainnya. tahun 2011 akhir, ane membeli laptop pertama ane. Seminggu sebelumnya, ane sudah belajar singkat tentang mencari laptop, merk prosesor, kapasitas ram hardisk dan lainnya. tak lupa juga dengan harga.

Setelah bingung selama 1 jam di toko, akhirnya ane memutuskan untuk memilih laptop acer, yaitu Acer aspire 4752 series. Memiliki spesifikasi Prosesor core i3, RAM 4 GB , HDD 500 GB dengan harga 4,4 juta pada saat itu. Sebenarnya sih ane demen yang HP, core i5, nvidia, dan logo HPnya bisa menyala.
emoticon-Frown
Cuma ya Alhamdulillah dapet spek yang lumayan dijamannya dengan harga casback.

Spoiler for nota:





Awal Kerusakan Terjadi.

Tahun 2012, ane kelas X SMA, tak terasa sudah memiliki beberapa game kaporit ane. Seperti PES 2011, COD, CS, dan tentunya Cities XL 2011. Tiap sore sepulang sekolah dan weekend, ane hampir dipastikan bermain game. PES 2 pertandingan, COD 1 misi, dan yang paling lama adalah Cities XL. Yah gimana gak lama gansis, bangun kota itu sulit nya Subhanallah.

Beberapa kali ane hapus dan bangun ulang. Sampe gambar sketnya dikertas seefisien mungkin agar cashflow kota ane ijo dan naik. Serta meminimalisir masalah yang ada. Agar penduduk juga berwarna ijo , indicator kesenangan penduduk, wagelaseh. Mentok ane main selama 4jam. Setelah baterai habis ane charge, dan 2 jam setelah full ane main lagi.


sumber pic


Minggu depannya ane berganti game, lebih banyak ke COD, seru aja sih. Ane mati mulu soalnya. Habis isyak ane sempetin main sejam sebelum belajar dan weekend ane menamatkan semua level. Haduh. Parah cui.
emoticon-Cape d...

Tapi dengan durasi baterai habis sih.. Kalo mau main lama , ane biasa copot baterai, Dengan gitu baterai ane gak cepet jebol.
emoticon-Takut (S)

Semua berakhir setelah laptop ane tidak bisa hidup. Alias ngeblank saat dihidupkan !.
Lantas ane bawa untuk service, dan teryata yang bermasalah adalah hardisknya, jeng jeng. Untung banget ane gak kenak ceramahin babe.Dan akhirnya diperbaiki, kang service. Saat itu juga hapusin game ane, dan menyisahkan installannya aja , Cuma CS yang masih bertahan. Soale doi ane waktu itu juga main sih. Jadi bisa LAN.
emoticon-Malu




Tanda Tanda Penuaan Pun Berdatangan.


Tahun 2017, pertama kalinya masalah yang menimpa hardware laptop ane, yaitu baterai yang sudah tidak bisa menyimpan daya. Tidak lama itu , kelapa charge yang kelelep air saat ane menerobos hujan. Beli kepalanya aja 350 ribu.
emoticon-Berduka (S)

Tak lama lagi. Yang bermasalah berganti di bagian wifi- sudah gak normal. Di gimanain pun gak bisa, dan pada akhirnya temen ane bilang, pasti hardwarenya itu, jeng jeng. Biarlah, ane juga jarang pake wifi. Pikirku.


sumber pic


Setahun kemudian, pada 2018 yang terberat adalah screen laptop ngeblank. Hampir 1 bulan ane diemin tuh laptop sambil nunggu uang buat beli LCD, setelah ke toko temennya temen, akhirnya ane dapet LCD harga temen senilai 750, yah meski LCD second sih, tapi si empunya toko menjamin itu barang bagus yang dijual di tokonya.
Deal. Sekalian install ulang. Ane kebiasaan setiap 1 tahun sekali install ulang.
emoticon-Shakehand2

Beberapa hari kemudian ane ditelpon oleh tokonya, seneng lah ya. Tapi semua itu sirna saat mas service nya bilang kalo tidak bisa menginstall win10 dan beberapa aplikasi pesenenan ane, yaitu corel draw 7. Deg. Dan semua diambil alih oleh yang punya toko. Setelah dijelasin Ternyata eh ternyata hardisk yang tidak kuat, alias minta ganti.

Ane Tanya, berapa kalo ganti HHD ? 350-an mas, baru om ? second mas, kalo barunya 500-an. Ane auto jawab wah, nanti aja om. Hehe. Gimana om nya aja wes pake windows 7 lite pun gpp asal saya bisa ngetik tugas. Deal lagi.

Besoknya kelar dan ane juga sekalian beli adapter wifi. All clear, lega rasanya semua bisa normal meski gak bisa main corel dan game cities lagi. Yang penting bisa sotosop-an.

Trus ada lagi gan ?
emoticon-Bingung (S)

Ada kok, yang terkahir ini bulan mei lalu ane baru beli adapter charge lagi, untung ya murah, dapet yang harga dibawah 100 ribu new, seneng banget ane, daripada beli yang 300-an.
emoticon-Jones

Dan juga bulan lalu ane beli mouse wifi ngegantiin mouse yang sudah mati , gila sih, itu mouse belinya bareng sama beli laptop.



Jadi, Berapa Lama Ketahanan Laptop Ane ?

Well, kalo diurut nih. Ane belinya akhir tahun, bulan 12 , anggaplah dihitung tahun 2012. Ke tahun 2019, jadi laptop ane sudah berjuang selama 7,5 tahun.Dengan rincian Batre dan charge, mati ditahun ke 5. LCD dan wifi mati di tahun ke6. HDD ?, masih di kuat kuatin. Semoga masih bisa kuat. Aamiin.
emoticon-Belum Tidur


sumber pic

Jadi itulah sejarah dan kisah laptop ane yang mana kata temen temen dan om toko computer , awet banget. Rata rata laptop bertahan 4-5 tahun , dan lebih dari itu sih, ajib. Ane juga gak nyangka sih. Bisa sampe sekarang, rata rata ane ngidupin laptop selama 4-5 jam perhati dengan bantuan kipas angin.
emoticon-Ngakak (S)




***

Ane berharap juga bisa terus idup nih laptop. Meski suatu saat punya yang baru. Kenangannya terlalu banyak. Jadi dirawat sebaik mungkin.
Demikianlah trit ane yang radak curcol. Jangan lupa komeng dan ratenya .

- - danke - -




Spoiler for Sumur:




Diubah oleh yunda.me 16-09-2019 12:35
snowman02
feraldi2001
NadarNadz
NadarNadz dan 21 lainnya memberi reputasi
22
15.4K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.