alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f6820a727682b822fa10c/pembahasan-ruu-kpk-dikritik-publik-jokowi-tegaskan-revisi-jalan-terus
Lapor Hansip
16-09-2019 17:46
Pembahasan RUU KPK Dikritik Publik, Jokowi Tegaskan Revisi Jalan Terus
Past Hot Thread
Pembahasan RUU KPK Dikritik Publik, Jokowi Tegaskan Revisi Jalan Terus


Sampai saat ini proses pembahasan RUU KPK Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terus menjadi pembahasan hangat masyarakat.

Banyak yang menyebut bahwa revisi tersebut merupakan upaya untuk melemahkan fungsi dan kekuatan KPK dalam memberantas korupsi. Publik pun semakin khawatir jika RUU KPK ini disahkan maka berpotensi hilangnya identitas KPK sebagai lembaga yang independen.

Walaupun menerima berbagai kritik, proses revisi UU KPK tidak berhenti. Jokowi pun menegaskan bahwa pembahasan mengenai hal ini akan jalan terus walaupun mendapat kritik dari banyak pihak.

Orang nomor 1 di Indonesia ini juga mengajak semua pihak untuk mengawasi jalannya pembahasan revisi UU KPK antara pemerintah dan DPR.

"Mengenai revisi UU KPK itu kan ada di (gedung) DPR (pembahasannya). Marilah kita awasi bersama-sama, semuanya awasi," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019) melansir dari Kompas.com.

Meskipun begitu, Jokowi menegaskan bahwa substansi yang diinginkan pemerintah terhadap revisi UU KPK ini tidak akan berubah dari yang telah disampaikan sebelumnya.

Diantaranya adalah pembentukan Dewan Pengawas yang mempunyai fungsi pemberi izin kepada KPK mengenai penyadapan, penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3), hingga status penyidik KPK sebagai aparatur sipil negara.

Tapi, bisa dibilang substansi yang diusulkan pemerintah itu hanya sedikit berubah dari draf RUU KPK yang diusulkan DPR. Contohnya seperti jangka waktu penghentian penyidikan yang diperpanjang dari satu tahun menjadi dua tahun. Lalu, Jokowi juga menolak KPK harus berkoordinasi dengan kejaksaan dalam melakukan penuntutan. Ia juga tidak setuju jika pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dikeluarkan dari KPK.

Jokowi pun mengklaim bahwa revisi UU KPK dilakukan untuk memperkuat lembaga antirasuah tersebut.

"KPK tetap dalam posisi kuat dan terkuat dalam pemberantasan korupsi. Ini tugas kita bersama," kata Jokowi melansir dari Kompas.com.

Walaupun begitu, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal, menyebut bahwa wacana Jokowi yang ingin memperkuat KPK lewat revisi UU hanyalah angan-angan atau delusi belaka.

Ia menilai, sikap Presiden Jokowi terhadap KPK sebenarnya tidak berbeda jauh dari draf yang telah disusun DPR.

Donal juga menyimpulkan bahwa Presiden dan DPR sama-sama ingin melemahkan lembaga antiraasuah tersebut melalui revisi UU KPK.

"Kalau DPR itu drafnya sangat melemahkan, presiden kadarnya lebih kecil dari DPR. Itu saja. Poinnya tetap bertemu untuk memperlemah," ucap Donal.


REFERENSI
https://nasional.kompas.com/read/201...terus?page=all

Diubah oleh Gosipin.Politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
17-09-2019 02:01
pinokio itu boneka bukan?
0
17-09-2019 02:02
yang ada malah melemahkan harusnya kasus baru berhenti setelah kebenarannya terkuak kalo begini mah menguntungkan koruptornya
profile-picture
leh..uga memberi reputasi
1
17-09-2019 02:06
Ribet bgt politik dalam negri emoticon-Nohope
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
17-09-2019 05:09
semoga revisinya ntar memperkuat kpk
0
17-09-2019 05:23
kalo Presidennya bener ya tolak lah RUU KPK ini

kalo DPRnya bener ya tolak lah RUU KPK ini

nah kalo dua2nya gak bener ?

cebong sama kampret ini sama2 fanatik buta

bagus nih kalo dibikin kleb sepakbola

biar ganas berantemnya
pemaen vs pemaen
penonton vs penonton

emoticon-Selamat
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
17-09-2019 05:34
yah lanjutkan saja dulu.. jangan digoreng goreng lah.. tunggu 5 thn lgi aja baru bermilit militan lagi
0
17-09-2019 05:40
agan agan ku yang budiman sabar dulu nggeh heheheh kan baru dibahas juga belum disahkan, segalanya masih bisa terjadi. lagian keknya kan ada poin2 penting yg gak boleh dirubah sama pak owi, kita lihat dulu, awasi dan kawal ya gaes semoga ruu kpk justru membuat kpk semakin kuat emoticon-Recommended Seller
0
17-09-2019 06:06
ini tulisannya ngaco,,tidak sesuai fakta. Yg mau revisi UU KPK ITU DPR, BUKAN JOKOWI
agan2 tolong teliti membaca tulisan yg setir opini spt ini.
Jokowi sudah mengajukan keberatan terhadap revisi UU KPK ini
0
17-09-2019 06:07
besok2 kalo pemilu jangan milih anggota hewan perwakilan bangsad
0
17-09-2019 06:20
TSnya jago banget sih bikin HT
0
17-09-2019 06:20
PDIP foya2 5 tahun kedepan.. emoticon-Wakaka politik bangcaad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lapor Hansip
17-09-2019 06:30
Balasan post dsturridge15
Halah, sekarang Ane mo tanya UU KPK itu yg mau direvisi apanya?
Lha wong KPK nya ajah ngakunya nggak tahu, yee kan.
Nggak tahu yg mo direvisi apa kok udah nolak2, bilang nya pelemahan 2.
Pelemahannya dimana argumentasi KPK, ICW, dsb juga nggak jelas, dulu selalu digembor2 kan nyontoh ICAC, tapi nyatanya KPK nya Hongkong itu justru lebih ketat ada dewan pengawas juga, ada kewajiban izin penyadapan dll. Kalo argumen ini dilempar ke ICW cs jawabnya cuman mencak2 intinya pokoknya melemahkan.
KPK selalu bilang nggak perlu ada dewan pengawas soalnya tersangka yg nggak terima bisa ngajuin praperadilan, yee kan
Kenapa itu nggak diterapin ke KPK sendiri, nggak terima UU hasil revisi ajuin ke MK yee kan..

KPK itu kan cuman lembaga negara, nggak ada bedanya ma KPU, Ombudsman dsb... Yg nganggep Superbody itu kan KPK and the gank nya sendiri. Tapi secara tata negara KPK itu yah cuman lembaga negara produk nya DPR dan Pemerintah.

Aneh ajah sih, pada bela2in KPK segitunya, pokoknya KPK nggak pernah salah, suci sesuci2 nya. Yg bener ajah.

Kalo Ane melihat begitu kerasnya penolakan oleh pegawai KPK ampe ketuanya kalah dan nyerahin mandat ke presiden, Ane semakin curiga. Apasih yg mereka sembunyikan?. Privillege apa yg mereka mau pertahankan. Sementara 2 pimpinan KPK laennya memilih kerja ogah dipaksa pegawainya. Pecah kongsi yee kan.

Terserah kalo mau pada tutup mata bela-belain KPK pokoknya KPK suci yg maha benar. Boleh nyenggol sana sini tapi nggak boleh disenggol balik. Senggol bacok

Kalo Ane pinginnya KPK naik level, coba standar operasi nya diperketat, bisa enggak KPK kasih performa yg sama?. Kalo bisa yah hebat, kalo enggak bisa oh jadi level mu cuman segitu, ngimpi kalo pingin seperti KPKnya Hongkong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
verrolli dan 3 lainnya memberi reputasi
2
17-09-2019 06:35
Quote:Original Posted By kardison
Terus berjuang wahai presiden pilihan rakyat pintar...kami percaya padamu..
Presiden terbaik sepanjang sejarah..Hanya sayangnya disaat Dpr terbusuk sebagai partner nya


Yang salah tetep DPR, presidennya mah tetep yg terbaik.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-09-2019 06:39
Quote:Original Posted By Asitarahman
KPK adalah salah satu lembaga negara dia bertugas menjalankan UU, jadi kalo memang dirasa perlu untuk dirubah ya monggo, soalnya menurut ane KPK itu terlalu superpower jadinya bias antara tugas kepolisian dengan KPK, kita berdoa saja semoga dengan di revisi UU ini bukan bertujuan untuk melemahkan KPK akan tetapi justru menguatkan KPK..
inget satu lagi, semakin banyak OTT yang dilakukan oleh kpk, bukan sebagai acuan keberhasilan kpk, tapi yang menjadi acuan adalah, ketika korupsi sudah rendah di negeri ini


Ya kaya mana caranya bikin korupsi rendah kalo bukan dengan nangkepi pelakunya? Elu percaya sama DPR? Sama polisi? emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
17-09-2019 06:45
Balasan post m4ntanqv
masalahnya kalo RUU sudah disahkan menjadi UU alias sudah ketok palu tidak bisa diprotes. Oleh karena itu ribut2nya pas masih dalam bentuk draft/rancangan UU begitu gan. emoticon-Bingung
0
17-09-2019 06:51
Sampai final
0
17-09-2019 06:51


Quote:Original Posted By mata.elang2000
pinokio itu boneka bukan?

Yg hidung nya bisa manjang
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
17-09-2019 07:14
Rakyat itu ibarat uang koin, kalo lagi butuh di kumpulkan.
Ntr gak butuh di abaikan emoticon-Ultah

Lingkaran kekuasaan ibarat uang 100rb emoticon-Ultah
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.