alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7e2a89c0cad70a633e83e5/tega-kakek-98-tahun-ditelantarkan-4-anaknya-lumpuh-dan-tak-mandi-9-bulan
Lapor Hansip
15-09-2019 19:11
Tega! Kakek 98 Tahun Ditelantarkan 4 Anaknya, Lumpuh dan Tak Mandi 9 Bulan.
Past Hot Thread

Tega! Kakek 98 Tahun Ditelantarkan 4 Anaknya, Lumpuh dan Tak Mandi 9 Bulan.
Mbah Kasbi


Sebenarnya malu dan sedih sekali Gan-Sis saya membuat thread ini.


Malu sebab di luar sana masih banyak sekali orang yang hidupnya sangat sengsara, jauh dari kita yang masih terbilang tercukupi segalanya, memiliki tenaga yang cukup kuat, tetapi tidak gampang mensyukurinya. Malah masih sering mengeluhkan ini itu.


Faktor sedihnya sebab, tidak tega melihat potret si kakek. Bagaimana begitu teganya 4 anak meninggalkan seorang kakek yang biasa dipanggil Mbah Kasbi seorang diri di gubuk reot yang juga bocor di beberapa bagian ini?


Di mana anak-anaknya?


Menurut sumber berita yang saya baca, anak-anak Mbah Kasbi yang berjumlah 4 orang itu tinggal di tempat berbeda.


Anak pertama tinggal di Tulungagung. Anak ketiga tinggal di Banten. Anak keempat tinggal di Tangerang, sementara anak kedua tinggal bersama anak-istri di lain desa yang Mbah Kasbi sendiri bahkan tidak tahu di mana alamatnya.


Sungguh tega!


Kakek 98 tahun yang tinggal di Jl. Trunojoyo Gang Mayang 1 Kabupaten Ngawi Jawa Timur ini, tidak mempunyai pilihan lain selain terbaring seorang diri di dalam sebuah kamar yang hanya dibatasi lemari kayu kusam.


Sementara, mantan penabuh gamelan dan penarik becak ini mengalami kelumpuhan, badannya sulit digerakkan, tulang punggungnya terasa sakit jika digunakan untuk duduk, dan kakinya kaku jika digunakan untuk berjalan, sehingga ketika ingin buang air, ia hanya bergeser di samping ranjang. Bahkan, sejak sembilan bulan ia tidak mandi sebab keadaannya yang sangat tidak memungkinkan.


Untuk makan sehari-hari, Mbah Kasbi lebih banyak dibantu tetangga sekitar yang merasa iba, meski setiap pukul 9 pagi anak keduanya datang membawa sebungkus makanan dan meletakkannya di atas ranjang, lantas pergi meninggalkan Mbah Kasbi dalam kesendirian.


Para tetangga sebenarnya sering turun tangan membantu Mbah Kasbi, semisal membersihkan rumahnya yang kelewat kotor, tetapi anak keduanya menunjukkan rasa tidak sukanya sebab menganggap tetangga yang membantu itu justru dianggap ikut campur urusan keluarnya.

Bukannya berterimakasih emoticon-Marah

Saya hanya tidak habis pikir, bagaimana empat orang anak tega membiarkan ayahnya sendiri hidup sebatang kara, di mana Mbah Kasbi kerap mengeluhkan kesepian ketika malam datang.


Apalagi di usia-usia senja, sudah tentu setiap orangtua ingin hidup berkumpul bersama anak cucu, menghabiskan sisa waktu.


Menurut saya, tidak ada alasan apapun bagi anak membiarkan orangtuanya hidup sebatangkara, apalagi dalam keadaan sakit. Itu sangat keterlaluan. Seolah tidak punya nurani.


Semoga saja kita dijadikan anak-anak yang selalu bisa membahagiakan kedua orangtua, merawat, dan memerhatikan terutama ketika mereka sudah memasuki usia senja.


Karena membahagiakan, merawat, dan memerhatikan orangtua adalah bagian dari bakti seorang anak yang hukumnya wajib.

Karena menelantarkan orangtua adalah bagian dari kedurhakaan yang hukumannya bukan hanya akan diterima di dunia, tetapi juga di akhirat.


Mari bahagiakan orangtua kita yang masih ada, dan kirim doa buat mereka yang telah tiada emoticon-Frown


Quote:Ridho Tuhan ada pada ridho orangtua. Murka Tuhan ada pada murka orangtua




Sumber Di Sini
Diubah oleh mbak.far
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldo12 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 15
16-09-2019 23:52
Ga ada anak yg ingin menelantarkan orang tuanya. Asal orang tua jangan membuat luka di batin si anak. Kalo cerita orang dekat gue, ada anak2 yg males ngurusin bapaknya karena waktu bapaknya masih sehat suka nyakitin ibunya. Kasar dan suka bentak2 ibunya di depan orang. Sama anak2nya juga kasar. Siapa yg mau ngurusin orang kaya gitu? Bukan su'udzon..buat bahan renungan bareng2 aja.
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan online.addict memberi reputasi
2
16-09-2019 23:53
serba salah ya jadi ortu. mau tegas dan marah2, malah jadi abusive. dilembekkin, jadi manja.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
16-09-2019 23:58
ih sediih emoticon-Mewek

itu anak2nya pada ga mampu juga kali gan? atau kayak di film2, si bapaknya dulunya banyak hutang dan beruat onar, makanya keluargaya ninggalin. Kan mana tau kita..


inget kmrn2 ada kasus kakak beradik nuntut ibunya? setelah diselidik sana sini emang salah si ibunya, ngejual tanah warisan bapak mereka yg emang hak anak2nya. Mau secara agama maupun negara juga kalau itu tanah udah diwarisin buat punya anak2, ya udah ti hak mereka. Kan udah ada bagian masing2 juga.

Heran bener tapi kelakuan si anak yg ngambek ke tetangga kalau pada bantuin. Sungguh orang yg aneh emoticon-Hammer2






Quote:Original Posted By id.mahlukplanet
Ga ada anak yg ingin menelantarkan orang tuanya. Asal orang tua jangan membuat luka di batin si anak. Kalo cerita orang dekat gue, ada anak2 yg males ngurusin bapaknya karena waktu bapaknya masih sehat suka nyakitin ibunya. Kasar dan suka bentak2 ibunya di depan orang. Sama anak2nya juga kasar. Siapa yg mau ngurusin orang kaya gitu? Bukan su'udzon..buat bahan renungan bareng2 aja.


Bener banget Gaaan, temen ane juga ada yg begitu.. si bapak nyakitin ibunya (baik verbal, fisik sampe nyelingkuhin) bahkan gebukin dan narik rambut anak cwenya yg lagi tidur sampe jatoh. Si temen ane ga terima lah, dia laporin itu bapaknya ke polisi. Biar tuman
Diubah oleh online.addict
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan mbak.far memberi reputasi
2
17-09-2019 00:04
Quote:Original Posted By online.addict
ih sediih emoticon-Mewek

itu anak2nya pada ga mampu juga kali gan? atau kayak di film2, si bapaknya dulunya banyak hutang dan beruat onar, makanya keluargaya ninggalin. Kan mana tau kita..


inget kmrn2 ada kasus kakak beradik nuntut ibunya? setelah diselidik sana sini emang salah si ibunya, ngejual tanah warisan bapak mereka yg emang hak anak2nya. Mau secara agama maupun negara juga kalau itu tanah udah diwarisin buat punya anak2, ya udah ti hak mereka. Kan udah ada bagian masing2 juga.

Heran bener tapi kelakuan si anak yg ngambek ke tetangga kalau pada bantuin. Sungguh orang yg aneh emoticon-Hammer2








Bener banget Gaaan, temen ane juga ada yg begitu.. si bapak nyakitin ibunya (baik verbal, fisik sampe nyelingkuhin) bahkan gebukin dan narik rambut anak cwenya yg lagi tidur sampe jatoh. Si temen ane ga terima lah, dia laporin itu bapaknya ke polisi. Biar tuman


ane juga ada gan tetangga yang biarin ibu kontrakan ane. padahal udah tua bgt jadi tiap hari doi ngurusin diri sendiri. pas gaada duit, si anaknye balik ke rumah minta duit... bener2 dah dunia sekarang gabenerrr aja orang2nyeee
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan mbak.far memberi reputasi
2
17-09-2019 00:04
Quote:Original Posted By boncel1998
ane juga ada gan tetangga yang biarin ibu kontrakan ane. padahal udah tua bgt jadi tiap hari doi ngurusin diri sendiri. pas gaada duit, si anaknye balik ke rumah minta duit... bener2 dah dunia sekarang gabenerrr aja orang2nyeee


semoga jadi pelajaran dah buat kiteee gimanapun harus ttp nomor satu ortu inget2 dah gannn surga ditelapak kaki ibu cuyyy
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:22
Gak mikir apa anaknya. Dulu wktu bru lahir lu mna bsa mandi sndiri, makan sndri, taik di bersihin sndiri. Anggap aja skrg gantian urus ortu sprti ortu urus lu wktu bayi dlu.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:25
inti nya jgn menghakimi gan..kita ga tau crita dari sisi anak2 nya....cm kdg2 org tua ini susah nya suka ga mau ikut anak....dgn alasan tdk mau merepotkan anak....
smoga berakhir dgn baik2
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:29
Ada sebab pasti ada akibat.

tetep tugas seorang anak mengurus orang tua karna masih dibutuhkan perannya.
semoga salah satu anaknya kaskuser atau cucu2nya.Siapa tau yeh kan. Hehehe
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:33
Kalau sudah hidup enak, punya segalanya, kadang tidak ingat orang tua. Entah memang disengaja atau enggak, kita nggak tau masa lalu mereka.

Semoga aja si bapak dapat bantuan dan anak2nya bisa balas budi.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:33
ingat orang tua adalah yang membesarkan kita
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:47
Jangan sampe deh agan/sista di kaskus nelantarin orang tuanya kalau udah tua ya.
Rawat mereka seperti mereka merawat kita sewaktu kecil.
Bagaimana pun kondisi kita, bagaimana pun kondisi keuangan kita emoticon-Mewek
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:50
astaghfirullah kasian. semoga kakek ini sudah ada yg mengurus lagi
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:51
jadi berpikir esok gimana ya nasib badan kita... >.<
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 00:52
Pasti ada sesuatu atau masalah dibalik semua itu bray.

Yah meskipun tetep tugas anak itu merawat orang tua juga sih. Tapi siapa tau ada hal2 lain yang menyebabkan hal semacam ini terjadi
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 01:15
Orang tua tetaplah orang tua yg merawat kita dari kecil, gak tau detail kejadiannya ky gimana yg jelas ane miris liatnya
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 01:39
Quote:Original Posted By megaut
semoga yg baca ini ada cucunya embah itu biar di jenguk, di rawat


Aamiin kirimin alfatihah ,semoga embah kasbi ttp sehat dn anaknya diberi hidayah tuk inget kembali kpd bapaknyaemoticon-Mewekemoticon-Nyepi
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 02:07
Goblok ini anak" nya emoticon-Cape deeehh
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 02:11
sedih banget
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 02:39
aduh miris banget liatnyaemoticon-Frown
semoga mbah diberi kekuatan, kesehatan, pahala yg melimpah atas kesabarannya!
apapun alasannya orang tua akan menjadi orang tua kita sih gan menurut ane.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
17-09-2019 02:40


Quote:Original Posted By ryunato
Pasti ada sesuatu atau masalah dibalik semua itu bray.

Yah meskipun tetep tugas anak itu merawat orang tua juga sih. Tapi siapa tau ada hal2 lain yang menyebabkan hal semacam ini terjadi


tapi orang tua sejelej apapun, dia yg melahirkan kita gan hehe jadi kita ada di dunia pun jg berkat orang tua kita. jadi harus hormati maksudnya gan hehe
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1
Halaman 8 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.