• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Arti Dan Makna Pentingnya Sebuah Komunitas, Banyak Pelajaran Dan Aktivitas Didalamnya

indriketaren
TS
indriketaren
Arti Dan Makna Pentingnya Sebuah Komunitas, Banyak Pelajaran Dan Aktivitas Didalamnya
Komunitas adalah sebuah kelompok yang memiliki hobby yang sama, tujuan yang sama namun terbentuk dari organisme yang berbeda. Itu adalah sebuah pengertian komunitas menurut saya secara pribadi. Dan pasti sudah agan sista ketahui juga bahwa banyak sekali komunitas-komunitas yang terbentuk saat ini. Baik itu komunitas pemograman, komunitas bernyanyi bersama dan masih banyak lagi. Dan menurut saya berkomunitas itu sangatlah penting. Oleh karena itu saya secara pribadi sangat tertarik untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Karena dengan saya bergabung dalam sebuah komunitas tentu saya akan mendapatkan banyak hal seperti :

1. Wawasan Yang Baru
Quote:

Memang dengan mencari sendiri saya juga akan bisa mendapatkan wawasan yang baru. Namun akan jauh lebih efektif wawasan saya itu akan lebih cepat bertambah jika saya bergabung dalam sebuah komunitas. Karena didalam sebuah komunitas, tentu setiap pertemuan yang dilakukan akan banyak sekali hal-hal baru yang dibicarakan didalamnya bahkan banyak juga yang akan berbagi pengetahuannya masing-masing didalam satu komunitas agar bisa bersama-sama mencapai tujuan yang sama.

2. Termotivasi
Quote:

Mungkin selama ini saya sangat suka dengan kegiatan berenang. Namun jika hal itu saya lakukan sendiri tentu itu tidak akan menjadi lebih efektif. Karena rasa malas bisa saja menghampiri dan juga rasa putus asa seakan kegiatan berenang yang selama ini saya lakukan tidak ada artinya. Namun dengan tergabungnya saya dalam sebuah komunitas, saya akan menjadi lebih rajin dari sebelumnya untuk melakukan kegiatan berenang. Karena didalam komunitas tentu ada rasa saling support dan bahkan bisa memotivasi diri saya sendiri dengan melihat teman-teman dari satu komunitas yang sudah berhasil menjadi seorang perenang dan mampu memenangkan setiap kompetisi renang walaupun itu hanya tingkat daerah saja.

3. Hangatnya Dalam Perkumpulan
Quote:

Di dalam berkomunitas tentu saya bisa mendapatkan dan merasakan keseruan bersama, canda tawa bersama dan bercerita bersama selayaknya seperti saya sedang berkumpul didalam keluarga dalam sebuah rumah. Dan hal ini membuat diri saya tidak merasa sendiri lagi, karena saya tahu banyak teman-teman satu komunitas yang menantikan saya untuk bisa berkumpul bersama-sama dalam komunitas tersebut.

4. Semakin Menjadi Lebih Baik
Quote:

Tentu dalam komunitas akan mengingatkan saya agar selalu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya buat atau yang selama ini saya lakukan melenceng dari visi dan misi yang telah ditentukan bersama sebelumnya dalam berkomunitas. Sehingga secara otomatis, saya akan berusaha terus menerus menjadi lebih baik lagi dan lagi sampai mencapai tujuan yang sama dengan hasil yang baik tentunya.

5. Banyak Teman Baru Dan Percaya Diri
Quote:

Dengan tergabungnya saya dalam sebuah komunitas, maka saya sangat mudah untuk mendapatkan banyak teman yang baru yang sebelumnya belum saya kenal dan juga rasa percaya diri yang tinggi. Karena secara tidak langsung ketika saya masuk ke dalam sebuah komunitas, saya merasa diri saya itu berarti sehingga saya bisa diterima untuk bergabung dalam sebuah komunitas tersebut. Dengan kata lain, seperti saya dihargai karena mereka itu welcome. Jadi rasa minder saya yang selama ini saya alami, hilang sudah dengan saya bersatu bersama teman-teman dalam sebuah komunitas.

6. Menjadi Pribadi Yang Aktif
Quote:

Tentu dalam setiap pertemuan yang diadakan oleh komunitas yang saya pilih untuk bergabung didalamnya akan membuat diri saya menjadi pribadi yang lebih aktif. Karena didalam berkomunitas pasti selalu akan ada kegiatan-kegiatan yang melibatkan diri saya untuk bisa ambil bagian didalamnya.

7. Berbeda Namun Tetap Sama
Quote:

Didalam berkomunitas tentu saja memiliki anggota dari lain sifat dan karakter. Karena sifat dan karakter itu adalah pribadi masing-masing setiap orang. Namun didalam berkomunitas perbedaan sifat dan karakter itu bukan menjadi sebuah hal yang utama. Karena didalam berkomunitas kita semua adalah sama dan komunitas itu sendiri adalah kita. Dan selain itu adanya perbedaan tersebut membuat saya bisa lebih banyak mengenal karakter dan sifat. Dan adanya perbedaan karakter dan sifat itu membuat kami lebih berwarna seperti sebuah pelangi.

8. Mengalami Perkembangan Diri
Quote:

Sebelum saya tergabung dalam sebuah komunitas, saya sangat sulit sekali untuk melakukan perkembangan terhadap diri saya sendiri walaupun saya sendiri tahu bisa melakukan hal itu. Namun dengan tergabungnya saya dalam sebuah komunitas, saya jauh lebih bisa mengembangkan diri saya sendiri karena saya bisa banyak belajar dari teman-teman satu komunitas dan juga suport dari teman-teman satu komunitas agar terus melakukan dan melakukan. Sehingga secara otomatis sadar atau tidak sadar, diri saya mengalami perkembangan yang signifikan.

9. Tidak Takut Kepada Kegagalan
Quote:

Kegagalan adalah hal yang selalu membuat saya itu untuk takut memulai dan mencoba akan sesuatu hal yang baru. Namun karena adanya teman-teman satu komunitas yang selalu saja ingin mencoba untuk setiap tantangan yang diberikan, sehingga saya pun ikut tertarik untuk melakukan hal yang sama juga dengan teman-teman satu komunitas saya. Sehingga tidak terasa lama kelamaan saya menjadi hampir lupa dengan yang namanya kegagalan dan bahkan sekarang saya menganggap kegagalan itu adalah suatu hal yang lumrah yang tidak perlu untuk ditakuti. Tapi saya menjadikan kegagalan itu sebagai pijakan bagi kaki saya untuk bisa terus melangkah ke tahap selanjutnya sampai saya bisa meraih tujuan saya dan juga tujuan bersama teman-teman satu komunitas.

10. Mengerjakan Hobby Semaksimal Mungkin
Quote:

Saya akan menjadi lebih bisa rajin dan giat belajar untuk mengembangkan hobby saya. Karena hal itu akan saya lakukan bersama teman-teman satu komunitas yang memiliki hobby yang sama juga. Sehingga saya bisa mendalami lebih lagi dan lagi untuk mempelajari hobby saya agar bisa membuahkan hasil semaksimal mungkin bersama teman-teman satu komunitas tentunya. Dan belajar bersama-sama teman satu komunitas itu akan terasa lebih indah dan semangat dari pada harus mempelajarinya dengan sendiri. Dan saya juga bisa mendapatkan lebih banyak lagi ilmu didalam sebuah komunitas. Karena tentunya antar sesama dalam komunitas pasti akan saling mengajari dan berbagi sesuai dengan ilmunya masing-masing.

Oke agan sista semuanya, itulah arti dan makna pentingnya sebuah komunitas bagi diri saya secara pribadi. Dan banyak hal yang dapat saya pelajari dengan tergabungnya saya dalam sebuah komunitas dan aktivitas-aktivas seru lainnya dalam satu komunitas mulai dari belajar bersama, bercanda bersama, tertawa bersama, nongkrong bareng bersama, makan bersama, saling support bersama, berbagi ilmu bersama dan melakukan hobby bersama-sama. Terimakasih.
Grestaswiitdebbymr.tharenz
mr.tharenz dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.1K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.