lina.whAvatar border
TS
lina.wh
Manfaat dari Berkomunitas



Manusia sebagai makhluk sosial, tentu membutuhkan manusia lain untuk saling membantu atau melakukan berbagai kegiatan secara bersama-sama dalam kesehariannya. Walaupun ada juga yang anti sosial. Yang anti sosial biasanya masih relatif kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah manusia yang berjiwa sosial tinggi. Baik itu di dunia nyata maupun dunia maya.


Siapapun boleh berkomunitas. Seperti saya yang juga tidak lepas dari berbagai komunitas, baik komunitas parenting maupun komunitas lainnya secara online. Komunitas tersebut banyak memberikan manfaat buat saya.


Komunitas merupakan sarana bertemu bagi orang-orang yang mempunyai tujuan, visi dan misi yang sama. Saling berbagi pengalaman, saling mendukung atau memberi support dan saling memberi solusi.


Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari berkomunitas, yaitu antara lain :

1. Saling memberi support kepada anggota lain

Dalam komunitas, anggota bisa berbagi pengalaman ataupun berbagi cerita dalam lingkup yang luas. Saat berbagi pengalaman, adakalanya anggota komunitas mengalami kondisi yang kurang semangat atau down. Biasanya anggota lain memberi support atau empati dalam bentuk nasehat, solusi maupun sekedar mengajak makan bersama. Dengan demikian, rasa kebersamaan semakin tumbuh dan komunikasi semakin baik.


2. Rekreasi, sekedar me-refresh pikiran

Rekreasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani atau pikiran seseorang. Jika rekreasi dilakukan bersama-sama dengan komunitas, maka rasa kebersamaan dan kesegaran pikiran akan pulih kembali.

Saat rekreasi, biasanya seseorang atau komunitas akan mengabadikan foto yang akan menjadi kenangan suatu hari nanti.



Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


3. Berbagi materi atau e-book yang bermanfaat

Materi atau e-book yang saya peroleh biasanya dari komunitas parenting. Pembimbing atau guru parenting, tanpa segan akan memberikan e-book untuk dipelajari dan dipahami. Kemudian, disediakan pula sesi tanya jawab mengenai e-book tersebut. Walaupun secara online, komunitas tersebut sangat membantu dalam hal mendidik anak.



Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


4. Tempat berbisnis

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai bisnis rumahan, baik itu bisnis makanan, produk herbal, pakaian ataupun DIY (Do It Yourself). DIY (Do It Yourself) adalah kebiasaan untuk membuat segala hal sendiri yang biasanya hasil karya tersebut bisa dijual kembali. Hasil karya tersebut misalnya, tas, dompet, pouch maupun Bros.

Dalam suatu komunitas, tentu bisa saling bertukar menawarkan bisnis yang sedang dijalani. Wah, konsumen jadi bertambah dan rezeki semakin berlimpah, ya! So, jangan sungkan untuk tetap berkomunitas.



Sumber Gambar : Dokumentasi Mom Shafa


Itulah sebagian kecil manfaat dari berkomunitas. Tentu masih banyak lagi manfaat lainnya. Ayo, Gan/Sist! Jangan segan-segan untuk berkomunitas. Karena komunitas itu tanpa batas.

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
Diubah oleh lina.wh 15-09-2019 07:36
anasabila
Gresta
swiitdebby
swiitdebby dan 6 lainnya memberi reputasi
7
763
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.