ZenMan1
TS
ZenMan1
Trump Kutuk Serangan di Ladang Minyak Arab Saudi


Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengutuk keras serangan pesawat tak berawak di fasilitas minyak Saudi Aramco, Arab Saudi. Serangan yang terjadi Sabtu (14/9/2019) membuat terganggunya produksi minyak dunia dan meningkatkan ketegangan di regional Timur Tengah.

"Amerika Serikat mengecam keras serangan pada infrastruktur energi kritis. Tindakan kekerasan terhadap wilayah sipil dan infrastruktur yang vital bagi ekonomi global hanya memperdalam konflik dan ketidakpercayaan," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pers setelah komunikasi melalui telepon antara Trump dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Sebagaimana dilansir dari AFP, Trump menawarkan kepada Pangeran Mohammed dukungannya untuk pertahanan diri Arab Saudi. Meski demikian, Arab Saudi mengatakan belum akan meminta bantuan dan mampu menanggapi serangan ini sendiri.

"Pemerintah AS sedang memantau situasi dan tetap berkomitmen untuk memastikan pasar minyak global stabil dan dipasok dengan baik," tulis siaran pers itu.

Sebelumnya, sekitar 10 drone menyerang salah satu ladang minyak terbesar Arab Saudi di Hijra Khurais dan fasilitas pemrosesan minyak mentah di dunia di Abqaiq. Serangan dilakukan Sabtu pagi sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Fasilitas Khurais yang berjarak 250 kilometer dari Dhahran, menjadi lokasi ladang minyak utama. Sedangkan fasilitas Abqaiq yang berlokasi 60 kilometer sebelah barat daya kantor utama Aramco di Dhahran, merupakan lokasi pabrik pengolahan minyak terbesar milik Saudi Aramco.

Tingkat kerusakan dari serangan itu juga tidak diketahui secara pasti. Lantaran pihak keamanan dan pemerintah melarang jurnalis untuk berada dekat lokasi kejadian.

Pemberontak Houthi Yaman mengaku berada di belakang serangan ini dan mengaku bertanggung jawab atas serangan terbesar di negara tersebut.

Houthi berada di belakang serangkaian serangan terhadap pipa, tanker, dan infrastruktur Arab Saudi lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk ketika ketegangan meningkat di antara Iran dan AS, mitra Arab Saudi.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...yak-arab-saudi


sebelahbloganasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
869
10
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.