VolkswagenPutihAvatar border
TS
VolkswagenPutih
Berbagai Kecelakaan Tol di Bulan September, Apa Penyebabnya?


Bulan September 2019 akan menjadi bulan yang penuh kelabu dan meninggalkan berbagai kesedihan bagi banyak orang. Khususnya bagi para korban kecelakaan di beberapa titik jalan tol di Indonesia.

Dalam tulisan ini, ane akan rangkum berbagai insiden kecelakaan yang terjadi di jalan tol di Indonesia. Rangkuman ini ane buat sebagai bentuk keresahan ane agar kita sebagai pengguna jalan raya, khususnya tol, bisa semakin berhati-hati dan secara rutin memeriksa kualitas kendaraannya.

1. Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang

Awal bulan September 2019 kita dikejutkan dengan tragedi kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di KM 92 Tol Cipularangarah Jakarta pada Senin, 2 September 2019.

Total sebanyak 21 kendaraan mengalami insiden tabrakan beruntun tersebut dan menyebabkan setidaknya 8 korban tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Penyebab dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipularang ini diakibatkan rem blong yang dialami sebuah truk yang sedang melaju kencang.


2. Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang (Lagi)

Hanya selang sepekan dari kecelakaan sebelumnya, Tol Cipularang kembali mengalami insiden tabrakan beruntun. Tepatnya pada Selasa, 10 September 2019, 5 kendaraan mengalami tabrakan beruntun di ruas Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta.

Insiden nahas ini dipicu oleh kontainer yang mengalami rem blong. Kontainer tersebut menabrak kontainer lain dan melibatkan tiga kendaraan kecil golongan I. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


3. Kecelakaan di Tol Ciledug Karena Sopir Truk Ngantuk

Masih di minggu pertama bulan September, kecelakaan kembali terjadi di Tol Ciledug Km 13,200 arah Meruya. Kecelakaan ini disebabkan oleh ngantuknya sopir truk berinisial AGS saat sedang mengemudikan kendaraannya.

Setelah insiden ini, AGS tidak mengalami luka yang berat. Dia juga sudah dinyatakan dalam kondisi yang sehat tapi masih shocked.

Namun akibat kelalaiannya, 1 polisi yang sedang menjalankan tugas tewas ditempat dan 3 orang lainnya luka-luka.


4. Kecelakaan Tunggal di Tol Cawang

Kecelakaan di ruas jalan tol kembali terjadi di Tol Cawang pada Kamis, 12 September 2019. Kecelakaan tunggal ini dialami oleh sebuah angkutan umum jenis Elf yang baru keluar dari pintu Tol Cawang kawasan Kodam Jaya. Kendaraan tersebut mengalami pecah ban sehingga menjadi oleng dan menabrak beton pembatas jalan atau MCB (moveable concrete barrier).

Kejadian ini menewaskan 1 orang penumpang perempuan yang disebabkan tertindih kendaraan yang terbalik. Selain itu 1 orang lainnya mengalami luka berat dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional,Cawang.


5. Kecelakaan di Tol Jagorawi Karena Pecah Ban

Minggu 15 September 2019, kecelakaan di ruas jalan tol kembali terjadi. Kejadian tragis ini terjadi di M36+600 Tol Jagorawi, kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kecelakaan tersebut dialami oleh sebuah mobil berjenis Suzuki APV bernomor polisi F-1196-DH. Kendaraan tersebut mengalami kecelakaan tunggal yang disebabkan pecah ban belakang, sehingga meyebabkan kendaraan menjadi oleng dan terguling.

Akibat insiden ini, sebanyak 3 korban jiwa langsung dilarikan ke RSUD Ciawi. Sementara korban luka-luka dibawa ke RS EMC Sentul dan RS Bina Husada Cibinong.

***

Dari berbagai peristiwa tersebut, semoga kita menjadi semakin berhati-hati dan secara rutin mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan di jalan raya.
emoticon-shakehand
screamo37
anasabila
Gresta
Gresta dan 9 lainnya memberi reputasi
8
6.1K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.