agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Tiba-Tiba Sedih, Marah Tanpa Alasan? Mungkin Ini Penyebabnya




Halo Agan Sista, pernah gak sih merasa tiba-tiba pengen marah aja, dikit-dikit tersinggung, yang biasanya tidak begitu. Atau tiba-tiba merasa sedih sekali, mendadak dengerin lagu galau, merasa ada sesuatu yang kurang, tanpa ada yang menghilang? Tanpa alasan, merasa begitu saja. Tenang Gan Sist, kalian tidak sendiri. Gejala ini juga banyak dirasakan orang lain, dan rupanya ada penyebab dan cara mengatasinya. Kuy, simak thread TS kali ini.

1. Terlalu Banyak Makan Manis



Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis, rupanya membuat kita kekurangan vitamin B. Kadar insulin memberikan rangsangan semangat pada tubuh, kemudian tubuh kita menjadi lelah. Kondisi vitamin B yang tidak seimbang, hormon yang tidak imbang dapat membuat kita tiba-tiba merasa cemas, atau bahkan mood buruk. Keseimbangan hormon yang baik diperlukan oleh tubuh untuk menjaga mood tetap baik. So, untuk kamu (dan TS) yang cinta banget terhadap yang manis-manis, ayok dikit-dikit kurangi. Segala yang berlebihan itu cenderung menimbulkan efek yang tidak baik pula. 

2. Kurang Tidur (Insomnia)



Menjadi pengetahuan yang sangat umum bahwa tubuh kita membutuhkan tidur setidaknya 8 jam per hari.  Berdasarkan perhitungan ini, sebaiknya tidur jam 9 dan bangun jam 5 pagi. Namun sayang, ini hanya teori bagi orang-orang yang mengalami sindrom susah tidur, atau insomnia (seperti TS). 

*TS pernah berpikiran bahwa bisa jadi TS ini nocturnal

Kurangnya istirahat, menyebabkan otak kita lelah. Sehingga membuat kinerja sang otak dalam menerima informasi dan stimulus menjadi menurun, misal diputusin pagi hari, saat itu mungkin merasa biasa aja, malamnya baru galau. 

3. Pengaruh Obat



a. Obat Tidur

Obat tidur, bekerja dengan cara memperlambat sistem saraf. Sesuatu yang tidak alami, tentu akan menimbulkan efek samping pada tubuh. Dengan efeknya yang mengurangi beberapa fungsi tubuh sementara, rupanya bisa menjadi penyebab emosi kita menjadi tidak stabil (mudah berubah-ubah), seperti mudah marah, cemas atau bahkan penurunan libido emoticon-Malu (S).

b. Obat Kolesterol

Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas California, statin  yang terkandung dalam obat kolesterol tinggi akan membuat serotonin lebih rendah, yang menyebabkan peningkatan depresi dan kematian. Sehingga menimbulkan efek samping yang menjadi penyebab semosi pada seseorang hingga kehilangan kesabaran. 

4. Kelelahan



Kelelahan adalah faktor paling umum yang dapat memicu mood swing pada seseorang. Yang biasanya sabar, menjadi mudah marah. Lelah dengan tekanan pekerjaan bisa memicu stress. Stress yg berlebihan mempengaruhi kondisi mental.

So Agan Sista, jangan sampai kelelahan ya. Jaga pola tidur yang baik dan cukup, serta mulailah mencobe untuk mengatur makanan yang dimasukkan ke tubuh. Semuanya akan baik jika diikuti dengan keseimbangan.

Mood swing tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa saja gejala awal dari gangguan mental (kejiwaan).


Referensi : disinidisini
Sumber Foto : Google

Quote:
Diubah oleh agungdar2494 03-10-2019 08:20
achmad526
khairunnisa2402
mr.kevin95
mr.kevin95 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
8.8K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.