Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2352
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d55e5f888b3cb775d200985/kkn-di-desa-penari-kisah-horor-tentang-pentingnya-menghormati-norma-dan-adat
Kisah dunia misteri memang menarik untuk di simak, baru-baru ini ada kisah horror yang kembali viral di dunia maya yaitu kisah "KKN di Desa Penari" yang konon katanya ceritanya nyata dan terjadi di tahun 2009. Kisah tersebut viral di twitter dan bahkan dibuat spin off nya dengan narasumber lain yang berbeda. Tempat KKN tersebut ada di daerah Jawa Timur di sebuah kota yang berawalan B.
Lapor Hansip
16-08-2019 06:08

KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kisah dunia misteri memang menarik untuk di simak, baru-baru ini ada kisah horror yang kembali viral di dunia maya yaitu kisah "KKN di Desa Penari" yang konon katanya ceritanya nyata dan terjadi di tahun 2009. Kisah tersebut viral di twitter dan bahkan dibuat spin off nya dengan narasumber lain yang berbeda. Tempat KKN tersebut ada di daerah Jawa Timur di sebuah kota yang berawalan B.
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat

Credit : twitter.com

Kisah tersebut bisa dibilang cukup mengerikan karena memakan dua orang korban, ada 6 orang yang KKN (di akhir cerita di sebut 14 orang) di sebuah desa yang cukup dibilang masih terpencil. Semua itu berawal dari seseorang yang bernama Ayu memaksakan diri untuk melakukan kegiatan KKN di desa tersebut dan sempat di tolak oleh tokoh setempat dan akhirnya di izinkan untuk kegiatan KKN. Di dalam cerita tersebut ada enam orang yang diceritakan yaitu Widya, Nur, Wahyu, Anton, Bima dan juga yang telah disebutkan sebelumnya yaitu Ayu.

Awal mula saat KKN pun sudah disambut terror di desa tersebut dan bahkan di perjalanan menuju tempat tersebut pun ada "tanda-tanda" peringatan agar tidak lanjut ke sana, Widya yang menjadi narasumber cerita tersebut mengalami teror demi teror dari para "makhluk halus" di daerah tersebut dan begitu juga temannya pun mengalami hal sama. Banyak teror aneh yang di temukan mulai dari penampakan makhluk halus, suara gamelan, aroma bunga melati, suara sinden menyanyi dan lain sebagainya yang membuat mereka tidak tenang dan merasa ngeri saat menjalani kegiatan KKN yang berlangsung selama 6 minggu.

Hal mengerikan lainnya terjadi saat Wahyu dan Widya melanggar pantangan untuk tidak melakukan perjalanan di malam hari, saat itu mereka akan melewati hutan tersebut dan diberi peringatan oleh pedagang cilok, karena terus memaksakan diri mereka pun diberi nasihat oleh pedagang tersebut agar hati-hati di jalan dan tidak tengok kiri kanan saat berkendara. Apesnya mereka ketika malam itu kendaraannya mogok di tengah jalan dan saat itu ada yang menawarkan bantuan dan bahkan disuruh mampir ke suatu rumah dan dijamu, mereka pun menikmati jamuan yang sebagiannya dibawa pulang dan setelah kendaraan selesai diperbaiki mereka melanjutkan perjalanan kembali ke tempat KKN dan isi bungkusan jamuan itu dibuka ternyata hal mengerikan terjadi dimana isi bungkusan tersebut bukan makanan akan tetapi kepala monyet yang bercucuran darah dan membuat kengerian bagi mereka. Selain itu salah satu proker KKN kelompok mereka yang membuat saluran air mengalami hambatan untuk diselesaikan mulai dari alasan warga yang sakit dan sebagainya.

Teror tak hanya sampai di situ saja. Di akhir cerita ada dua tokoh yaitu Ayu dan Bima terbujur kaku dan meninggal dunia beberapa bulan kemudian. Selidik demi selidik ternyata mereka melanggar pantangan di desa tersebut karena melakukan sesuatu yang melanggar norma dan etika. Saat KKN sudah selesai, pihak orang tua Ayu dan Bima sempat menggugat pihak kampus namun akhirnya kasus tersebut berlalu begitu saja.
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat

Credit : twitter.com

Dari kisah mistis tersebut kita bisa belajar banyak hal tentang pentingnya menjaga norma dan etika dimanapun dan kapanpun termasuk saat sedang melakukan KKN. Bagi yang percaya tentang adanya yang ghaib tentunya di setiap tempat selalu ada yang menjadi penunggunya sehingga meskipun kita sebagai manusia merupakan makhluk yang sempurna jangan sampai sampai bertingkah sembrono dengan melakukan sesuatu yang tak pantas dilakukan yang bisa mencelakakan diri di kemudian hari. Begitu juga bagi mereka yang tak percaya mistis dan ghaib bukan berarti bertindak seenaknya di tempat orang lain yang asing, tetaplah jagalah etika dan norma sebagai tamu serta hormati adat yang berlaku agar tidak menimbulkan permasalahan di lain hari. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via twitter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milktoasthoney dan 88 lainnya memberi reputasi
83
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 74 dari 91
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 14:43
Setelah ane nonton YT robby purba tentang KKN, ade indigo nya ngasih clue dan inisial tempat yg awalan B dan akhiran O, aterus ane coba telusur lewat google map dan ketemu desa BumiharjO kec glenmore..disitu ada candi namanya candi gumuk kancil dan petilasan persis di pinggir hutan nya.. kl yg ke candi bisa di view tp kl yg ke petilasan gk bisa..cb cek link dibawah.

https://www.google.co.id/maps/@-8.25.../data=!3m1!1e3



profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 16:11
Quote:Original Posted By Raizel880
Penyakit nya kepo akut susah obatny


itu penyakit siapa tuh ?
penyakit bree ya
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 18:00
Beuki manjangan nambah pula lokasi baru sungguh memang netijen KALIAN LUAR BIASAH 😎😎
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 20:44
Wasem tak tinggal bentar dah buat lokasi baru, para yutuber juga semangat buat konten baru terus emoticon-Leh Uga:
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 21:51
udah kurangan nih hegemoni nya
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 23:21
cok tambah mumet aku kakean lokasi wkwkwk😄
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
15-09-2019 23:22
lama2 sampai papua barat😅
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 06:02
Yang ini udah kasih kesimpulan di Bondowoso katanya

0 0
0
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 07:22
Kompasiana itu bukan berita
Beda dengan kompas
Kompasiana itu platform blog emoticon-Big Grin
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 07:46
ini ada JEJAK DIGITAL ORANG2 YANG DIDUGA terlibat KKN

Baca sendiri sebelum dihapus :v

0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 08:11
Kota B itu Bangkok gan
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 10:20
analisa saya tentang desa penari,

1. tradisi menari dan tradisi minum kopi
buat saya desa penari ini memiliki clue yg tidak bisa dihapus atau disamarkan oleh simpleman. yaitu bahwa desa penari adalah desa yang meiliki ritual "magis" menari dan ritual "magis" minum kopi. amat sedikit daerah yg mempuanyai ciri ini, mungkin hanya masyarakat osing (warga sekitaran kemiren) yg memiliki tradisi dan ritual seperti ini.

2. tokoh mbah buyut
seperti posting saya yang lalu. tokoh pak prabu ini adalah tokoh pimpinan kepala desa yg ada di seluruh pelosok indonesia. tapi tokoh mbah buyut ini amat spesifik, dia memeiliki kemampuan untuk menyembuhkan melalui minum kopi. kalo berdasarkan narasumber dari youtuber cakwer ini benar, maka mbah buyut adalah penggambaran tidak langsung dari mbah "j".

3. petilasan
dari deskripsi simpleman, petilasan ini bukan sekedar peninggalan purbakala yg angker tapi memiliki makna lebih dalam dari itu. petilasan ini memiliki makna tempat sakral ritual bagi penduduk setempat dan bukannya tempat angker. petilasan seperti petilasan mbah buyut cili atau petilasan mbah buyut saridin di sekitaran kemiren sebenarnya memenuhi deskripsi ini. karena bagi mereka (warga desa) petilasan ini amat disakralkan oleh penduduk setempat dan sering dijadikan tempat upacara/ritual masyarakat sekitar. ini menjawab kenapa proker bima dan ayu banyak ditentang oleh warga sekitar petilasan.

4. sendang kembar
dari sekian banyak sendang, hanya sendang seruni hampir mirip dengan deskripsi sendang kembar.

a. memiliki sedang kembar yg tidak boleh diakses dan ada batu yg tidak boleh dilewati ( https://www.timesindonesia.co.id/rea...ni-bersahabat/ )
b. masih berfungsi sebagai tempat mandi para penari gandrung ( https://www.mediaglobe.co.id/2018/12...di-tengah.html )

tapi sendang seruni ini lokasinya cukup jauh dari titik pusat masyarakat osing di kemiren. jadi saya juga masih kurang yakin tapi deskripsi tentang sendang seruni ini cukup meyakinkan. kemungkinan lain adalah simpleman mengambil contoh sendang seruni sbg setting lokasi karena simpleman sendiri tidak memiliki data/gambaran tentang sendang yg aslinya.
profile-picture
profile-picture
SefaRJ dan tafakoer memberi reputasi
2 0
2
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 10:21
Quote:Original Posted By otak_mesum
analisa saya tentang desa penari,

1. tradisi menari dan tradisi minum kopi
buat saya desa penari ini memiliki clue yg tidak bisa dihapus atau disamarkan oleh simpleman. yaitu bahwa desa penari adalah desa yang meiliki ritual "magis" menari dan ritual "magis" minum kopi. amat sedikit daerah yg mempuanyai ciri ini, mungkin hanya masyarakat osing (warga sekitaran kemiren) yg memiliki tradisi dan ritual seperti ini.

2. tokoh mbah buyut
seperti posting saya yang lalu. tokoh pak prabu ini adalah tokoh pimpinan kepala desa yg ada di seluruh pelosok indonesia. tapi tokoh mbah buyut ini amat spesifik, dia memeiliki kemampuan untuk menyembuhkan melalui minum kopi. kalo berdasarkan narasumber dari youtuber cakwer ini benar, maka mbah buyut adalah penggambaran tidak langsung dari mbah "j".

3. petilasan
dari deskripsi simpleman, petilasan ini bukan sekedar peninggalan purbakala yg angker tapi memiliki makna lebih dalam dari itu. petilasan ini memiliki makna tempat sakral ritual bagi penduduk setempat dan bukannya tempat angker. petilasan seperti petilasan mbah buyut cili atau petilasan mbah buyut saridin di sekitaran kemiren sebenarnya memenuhi deskripsi ini. karena bagi mereka (warga desa) petilasan ini amat disakralkan oleh penduduk setempat dan sering dijadikan tempat upacara/ritual masyarakat sekitar. ini menjawab kenapa proker bima dan ayu banyak ditentang oleh warga sekitar petilasan.

4. sendang kembar
dari sekian banyak sendang, hanya sendang seruni hampir mirip dengan deskripsi sendang kembar.

a. memiliki sedang kembar yg tidak boleh diakses dan ada batu yg tidak boleh dilewati ( https://www.timesindonesia.co.id/rea...ni-bersahabat/ )
b. masih berfungsi sebagai tempat mandi para penari gandrung ( https://www.mediaglobe.co.id/2018/12...di-tengah.html )

tapi sendang seruni ini lokasinya cukup jauh dari titik pusat masyarakat osing di kemiren. jadi saya juga masih kurang yakin tapi deskripsi tentang sendang seruni ini cukup meyakinkan. kemungkinan lain adalah simpleman mengambil contoh sendang seruni sbg setting lokasi karena simpleman sendiri tidak memiliki data/gambaran tentang sendang yg aslinya.


Nice analisa nya gan
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 10:25
Quote:Original Posted By Guitarboy
Kota B itu Bangkok gan


B itu Brunei emoticon-Cool
profile-picture
Guitarboy memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 10:39
Quote:Original Posted By otak_mesum
analisa saya tentang desa penari,

1. tradisi menari dan tradisi minum kopi
buat saya desa penari ini memiliki clue yg tidak bisa dihapus atau disamarkan oleh simpleman. yaitu bahwa desa penari adalah desa yang meiliki ritual "magis" menari dan ritual "magis" minum kopi. amat sedikit daerah yg mempuanyai ciri ini, mungkin hanya masyarakat osing (warga sekitaran kemiren) yg memiliki tradisi dan ritual seperti ini.

2. tokoh mbah buyut
seperti posting saya yang lalu. tokoh pak prabu ini adalah tokoh pimpinan kepala desa yg ada di seluruh pelosok indonesia. tapi tokoh mbah buyut ini amat spesifik, dia memeiliki kemampuan untuk menyembuhkan melalui minum kopi. kalo berdasarkan narasumber dari youtuber cakwer ini benar, maka mbah buyut adalah penggambaran tidak langsung dari mbah "j".

3. petilasan
dari deskripsi simpleman, petilasan ini bukan sekedar peninggalan purbakala yg angker tapi memiliki makna lebih dalam dari itu. petilasan ini memiliki makna tempat sakral ritual bagi penduduk setempat dan bukannya tempat angker. petilasan seperti petilasan mbah buyut cili atau petilasan mbah buyut saridin di sekitaran kemiren sebenarnya memenuhi deskripsi ini. karena bagi mereka (warga desa) petilasan ini amat disakralkan oleh penduduk setempat dan sering dijadikan tempat upacara/ritual masyarakat sekitar. ini menjawab kenapa proker bima dan ayu banyak ditentang oleh warga sekitar petilasan.

4. sendang kembar
dari sekian banyak sendang, hanya sendang seruni hampir mirip dengan deskripsi sendang kembar.

a. memiliki sedang kembar yg tidak boleh diakses dan ada batu yg tidak boleh dilewati ( https://www.timesindonesia.co.id/rea...ni-bersahabat/ )
b. masih berfungsi sebagai tempat mandi para penari gandrung ( https://www.mediaglobe.co.id/2018/12...di-tengah.html )

tapi sendang seruni ini lokasinya cukup jauh dari titik pusat masyarakat osing di kemiren. jadi saya juga masih kurang yakin tapi deskripsi tentang sendang seruni ini cukup meyakinkan. kemungkinan lain adalah simpleman mengambil contoh sendang seruni sbg setting lokasi karena simpleman sendiri tidak memiliki data/gambaran tentang sendang yg aslinya.




Setuju nih. Mbok uwis to cah sing golek panggone, mumet aku, sue sue tekan aceh wkwkwkwk
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 10:55
Makin semrawut
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 11:18
Penjelasan tempat keramat di Dukuh lebih detail

http://pendidikanyangunik.blogspot.com/2010/11/edit-final-entri-gelar-pitu.html?m=1
Diubah oleh kirakirade
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan SefaRJ memberi reputasi
2 0
2
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 11:20
penyakit kepo masyarakat +62 kumat, harusnya hal kayak gini dinikmatin aja gak perlu sampai mencari-cari lokasi sampai hal-hal yang bersifat privasi emoticon-Cape d...
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 11:22
di lounge toch kkn di desa penari, ane kira ada di sfth. pantesan gak ketemu2 tritnyak.

mantab gan lanjutken..
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
KKN Di Desa Penari: Kisah Horor Tentang Pentingnya Menghormati Norma dan Adat
16-09-2019 11:36


Quote:Original Posted By Guitarboy
Nih yah hasil penerawangan ane
mau percaya boleh . gapercaya juga hak agan agan
emoticon-Nyepi




Maaf gan ane mau tanya. Jadi akibat dari meninggalnya kenapa apakah karena lemah iman ??
Tadi agan sebutkan bukan karena berzinah (ciuman) jadi karena apa ??

Sebelumnya diceritakan kalo bangsa jin tidak bisa membunuh manusia lalu itu gimana caranya mereka bisa nyampe meninggal ??


Hahaha maafkan banyak tanya


profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Halaman 74 dari 91
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia