alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d725975c8208417741006d4/5-aksi-protes-terbesar-dan-paling-berpengaruh-sepanjang-sejarah
Lapor Hansip
06-09-2019 20:04
5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Past Hot Thread
Quote:5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarahpixabay.com

Para penggagas aksi-aksi protes seperti Mohandas Gnadhi atau Martin Luther King tak menyadari pengaruh yang mereka berikan terhadap dunia karena pergerakan yang mereka ciptakan. Aksi-aksi protes mereka tersebut menginspirasi generasi-generasi setelahnya untuk melakukan, aksi yang tak kalah besar. Di bawah ini merupakan aksi protes Gandhi dan Martin Luther King, serta beberapa aksi yang berpengaruh di dunia.

1. Iring-iringan Garam Gandhi
Quote:5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarahpixabay.com

Iring-iringan Garam Gandhi merupakan sebuah aksi protes yang sangat besar. Aksi ini terjadi pada tahun 1930 dan disebabkan oleh kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Inggris terhadap masyarakat India. Para penjajah tersebut memonopoli dan memberlakukan pajak yang tinggi untuk garam. Hal tersebut tidak disetujui oleh Gandhi sehingga dia mengumpulkan pendukungnya di jalan. Protes tersebut berlanjut hingga negosiasi Gandhi di London.

2. Iring-iringan Washington
Quote:5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarahpixabay.com

Unjuk rasa Washingron merupakan aksi dari warga AS yang berkulit hitam. Aksi ini terjadi karena masih adanya ketidaksetaraan setelah penghapusan perbudakan terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat. Unjuk rasa Washington menuntut para penegak hukum untuk mengambil tindakan atas ketidaksetaraan yang masih terjadi. Dalam unjuk rasa tersebut, Martin Luther King menyampaikan pidatonya yang berjudul I Have a Dream.

3. Lysistrata
Quote:5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarahpixabay.com

Lysistrata adalah aksi protes yang digagas dan dilakukan oleh wanita. Aksi protes ini ditandai dengan adanya 'sex strike' dimana para wanita menyatakan untuk tidak akan melaukan 'hubungan seks' dengan suami atau kekasihnya sebelum perang berhenti. Aksi Lysistrata juga terjadi pada saat perang sipil Liberia. Para wanita melakukan protes tersebut sehingga berakhirlah perang sipil yang telah berlangsung selama 13 tahun tersebut.

4. Aksi bakar diri Thich Quang Duc
Quote:5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarahpixabay.com

Aksi bakar diri Thich Quang Duc merupakan aksi protes yang dilakukan oleh seorang biksu di sebuah jalan di Saigon. Aksi ini bukanlah ke pertama namun telah mengguncang dunia. Tak hanya menggemparkan masyarakat, aksi bakar diri tersebut juga membuat cara protes masyarakat semakin beragam. Aksi bakar diri juga pernah dilakukan oleh seorang warga Amerika Serikat yang meminta agar perang segera dihentikan. Tak hanya itu, seorang vendor buab asal Tunisia juga melakukan aksi bakar diri untuk memprotes pemerintah yang ofensif.

5. Take back the Night
Quote:pixabay.com

Sejak tahun 1970an, peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan Take back The Night merupakan aksi yang memprotes ketidaksetaraan terhadap perempuan. Aksi-aksi tersebut dilakukan secara konsisten sehingga bisa ditemukan beberapa waktu belakangan. Salah satu contoh aksi tersebut adalah Slutwalk. Slutwalk merupakan sebuah aksi protes yang dilakukan terhadap seorang polisi Toronto yang menggeneralisasi bahwa perempuan merupakan penyebab pelecehan seksual.

Aksi-aksi protes terbesar menunjukkan bahwa masyarakat punya kekuatan dan keinginan untuk merubah nasibnya. Dalam beberapa kejadian, aksi ini juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk mengoreksi hal-hal yang belum sesuai di masyarakat. Tak hanya itu, beberapa aksi protes juga dijadikan sebagai bentuk perlawanan masyarakat untuk menyelamatkan bangsanya dari ketertindasan.

referensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4r1c0 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 5
15-09-2019 17:01
Quote:Original Posted By m4ntanqv
wah trit yg begini senengan ane nih, pelajaran sejarah bgt hahaha
jadi inget dulu pernah dikasih tau, kalo di solo itu ada kraton kasunanan yang disana dulu juga ada demo dari masyarakat tapi caranya gak kek sekarang, kalo gak salah ada perwakilan dari yg gak setuju sama kebijakan kraton atau pengen menghadap sunan, maka dia melakukan yang namanya "laku pepe" jadi mereka bertapa di alun alun sambil berjemur diterik matahari sampe beberapa hari. sebagai bentuk protes. gak pake bakar2an atau lempar2an. unik juga kan budaya kita jaman dulu hehehehe


Wah boljug tuh gan, bisa jadi tambahan buat thread ane nihemoticon-Cape d...
0
15-09-2019 17:03
Quote:Original Posted By mazgenggonk
Yang di Saigon dijadiin Sampul Album pertamanya RATM.

Ngeri-ngeri haru sih aksi kayak gini, sampai mengorbankan nyawa biar dapat perhatian / perubahan dari pemerintah. Moga kedepan gak sampai ada aksi2 orang ngorbanin nyawanya sendiri buat kebaikan dunia, karena kehidupan sendiri adalah anugrah Tuhan yang kudu dijaga emoticon-Mewek


Wah RATM..emoticon-2 Jempol
Apaan itu gan?
0
15-09-2019 17:12
Quote:Original Posted By GutSchreiben
Wah boljug tuh gan, bisa jadi tambahan buat thread ane nihemoticon-Cape d...


Iya gan hahaha coba deh baca2 buku sejarah kerajaan-kerjaan di indonesia, biasanya budayanya unik unik.heheheh
Bisa buat nambah ilmu juga heheh
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 17:36
Revolusi perancis mana neeh
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 18:26
Hmmm woalah gitu amat yak? emoticon-Sorry
jangan dibuka
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 19:18


Quote:Original Posted By aquarian95
Yap bener banget, kalo mereka pake akal mereka ya ga mungkin ada pelecehan, yang ane tau mereka harus menjaga pandangannya kan

Iya gan. Kalau menurut agama tertentu ya ada batasan pandangan ke lawan jenis...
Nahh iya, kadang akal itu yang kalah daripada nafsu
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 19:42
Quote:Original Posted By djinggo88
Googling aja gan "i have a dream" inti pidato nya si tentang kesetaraan


Oke gan siap. Oh ya gak heran sih kalo soal kesetaraan soalnya kan dia memperjuangkan masalah diskriminasi kulit putih terhadap kulit hitam. Nanti aah coba googling kali aja dapet inspirasi.
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 19:45
Yang bakar diri sampe ada videonya emoticon-Takut
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 20:11
Quote:Original Posted By m4ntanqv
Iya gan hahaha coba deh baca2 buku sejarah kerajaan-kerjaan di indonesia, biasanya budayanya unik unik.heheheh
Bisa buat nambah ilmu juga heheh


Waaah, ide bagus itu gan,emoticon-Matabelo
Kebetulan ane cuma ikut baca atau dengar sejarah kerajaan Indonesia di sekolahan aja..
Ada rekomendasi judulnya gan? Atau kalo agan punya ebooknya juga boleh diwakafkan ke aneemoticon-Jempol
0
15-09-2019 20:13
Quote:Original Posted By pertamaxhabisga
Aku nggak perduli, yang penting Aku dan keluarga dan orang2 yang aku kenal baik hidup makmur, damai aman dan sentosa, negara belum jadi fokus urusan ku saat ini.


Mantap gan, semoga semua sesuai yang agan niatkanemoticon-Jempol
profile-picture
pertamaxhabisga memberi reputasi
1
15-09-2019 22:37
Quote:Original Posted By m4ntanqv
wah trit yg begini senengan ane nih, pelajaran sejarah bgt hahaha
jadi inget dulu pernah dikasih tau, kalo di solo itu ada kraton kasunanan yang disana dulu juga ada demo dari masyarakat tapi caranya gak kek sekarang, kalo gak salah ada perwakilan dari yg gak setuju sama kebijakan kraton atau pengen menghadap sunan, maka dia melakukan yang namanya "laku pepe" jadi mereka bertapa di alun alun sambil berjemur diterik matahari sampe beberapa hari. sebagai bentuk protes. gak pake bakar2an atau lempar2an. unik juga kan budaya kita jaman dulu hehehehe


Wah kakaknya anak sejarah banget ya, belajar sejarah enaknya tu gaada habisnya sih, pasti ada hal hal baru yang kita gatau padahal itu juga penting banget buat di implementasikan di jaman sekarang ini
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
15-09-2019 23:25
serem banget tuh aksi bakar dirinya, ane sampe ngebayangin rasanya gimana tuh kalo bakar diri sendiri emoticon-Takut
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
16-09-2019 00:19
tabi aksinya ga sericuh jakarta kemaren yah emoticon-Ngakak
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
1
16-09-2019 04:36
Quote:Original Posted By raliakbarrr
serem banget tuh aksi bakar dirinya, ane sampe ngebayangin rasanya gimana tuh kalo bakar diri sendiri emoticon-Takut


Iya gan, mereka bela2in nglakuin emoticon-Takuthal tsb utk mmperjuangkan keadilan
0
16-09-2019 04:37
Quote:Original Posted By kuteklucu
tabi aksinya ga sericuh jakarta kemaren yah emoticon-Ngakak

Kagak gan, aksinya ga sericuh itu, namun sangat bersampakemoticon-Jempol
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.