alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d71f0b782d4953bc14aa6e0/teori-evolusi-tidak-pernah-mengatakan-manusia-adalah-keturunan-kera
Lapor Hansip
06-09-2019 12:37
Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera
Past Hot Thread
Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera
Gbr diambil dr : BBC.co.uk

Ada beberapa hal tentang teori evolusi yang bikin orang kebanyakan gagal fokus pada prinsip-prinsip dan pemahaman konseptual dari teori evolusi.

Kemudian tanpa pemahaman yang benar, ribut berdebat tentang pernyataan-pernyataan yang memang masih berhubungan dengan teori evolusu, tetapi bukan pokok utama dari teori itu sendiri, atau bahkan merupakan kesimpulan yang salah dari mereka yang gagal memahami teori evolusi.

Misalnya kemudian sanggahan teori evolusi yang dilontarkan dan memancing perdebatan adalah, "Terserah kalau kamu merasa kamu itu keturunan kera."

Jadi dalam tulisan ini saya berusaha menjelaskan pokok pikiran dan konsep dasar dari teori evolusi.

Tiga pilar/prinsip/dasar dari teori evolusi :
1. Di dalam proses reproduksi, sifat-sifat dari orangtua diturunkan ke anak.
2. Di dalam proses reproduksi, terjadi variasi pada keturunan yang dihasilkan.
3. Terjadi seleksi alam, di mana varian-varian yang tidak mampu bertahan akan punah. Sementara varian-varian yang mampu bertahan akan berkembang biak.

Tiga prinsip ini semuanya bisa diamati, dibuktikan dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

Atas dasar tiga prinsip ini, maka teori evolusi adalah sebuah penjelasan logis dan ilmiah, tentang apa dan bagaimana terjadinya, sehingga variasi berbagai macam spesies yang berbeda, bisa berasal dari satu spesies yang sama.

Ketiga prinsip itu, juga "menuntut" terjadinya evolusi.

Karena jika pada setiap proses reproduksi, ada proses menurunkan varian orang tua ke anak, dan di saat yang sama dari keturunan yang ada memiliki varian-varian yang berbeda.

Kemudian diikuti proses seleksi alam, yang menghilangkan varian tertentu dan di saat yang sama membuat varian tertentu memiliki kemampuan 'lebih" untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Jika proses tersebut terjadi demikian secara terus-menerus, berulang-ulang selama jutaan kali.

Maka tidak bisa dihindari, pada satu titik akan terjadi timbul spesies yang berbeda dari spesies asalnya.

Menurut pendapat saya pribadi, sampai pada titik ini, sebenarnya tidak ada konflik antara ilmu pengetahuan dan agama.

Perdebatan muncul, ketika metode ilmiah, yang tidak bisa menerima keberadaan "Tuhan" sebagai bagian dari jawaban/penjelasan, mengikuti jalan logika itu terus sampai ke awal mulanya.

Di mana tidak ada kehidupan, dan lewat satu proses kimia, cikal bakal kehidupan "dilahirkan".

Jadi teori evolusi tidak menyatakan bahwa manusia berasal dari kera. Teori evolusi bahkan tidak menyatakan, dari spesies apakah manusia berasal.

Teori evolusi hanya menyimpulkan bahwa spesies-spesies yang ada saat ini, berasal dari hasil evolusi, satu atau beberapa, spesies awal.

Sumber referensi : yg teringat dr pelajaran Biologi waktu SMA.
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nuyins dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 24
Lapor Hansip
15-09-2019 22:28
Balasan post ronnie158
Quote:Original Posted By ronnie158


Semua tafsir yang ada sebenarya terbatasi oleh perrbedaan tatanan bahasa satu dengan yang lain... Itulah yang menjadikan jurang perbedaan dalam tiga agama samawi. Terlebih lagi para penafsir di masa itu sudah di racuni kepentingan kepentingan mereka masing masing. Itu semakin memperdalam jurang berbedaan antara ketiganya..

Tapi lita harus ingat, semua bahasa yang di pakai ketiga kitab samawi berasal dari bahasa ibu yang sama, yaitu arami.


dan itu jangan dijadikan produk sains produk sains menuntut bukti lebih celaka lagi digunakan untuk mengguguran produk sains
Quote:Sains bersifat materialistik dan naturalistik. Sesuatu yang tidak dapat dibuktikan ada atau tidak ada secara prinsip, seperti tuhan, tidak dapat digunakan sebagai penjelasan. Sebagai contoh, saat hujan turun, sains tidak akan menerima penjelasan kalau hujan turun disebabkan oleh rahmat tuhan. Sains akan mempelajari proses turunnya hujan tersebut, kenapa bisa turun dsb. Saat terjadi bencana alam, sains tidak menerima pernyataan kalau bencana disebabkan oleh amarah tuhan, tapi sains akan mencari penjelasan kenapa itu bisa terjadi secara alami seperti proses kejadiannya, sebab-sebab terjadinya dan kemudian memberikan saran untuk menghindari kejadian yang serupa terulang kembali.

0
Lapor Hansip
15-09-2019 22:29
Balasan post ronnie158
Quote:Original Posted By ronnie158




Salah bro,, faktanya dalam teori banjir nabi nuh.
Sebelum banjir semua manusia itu mandul kecuali ke empat anak nuh. Nah setelah banjir usai. Ke empat anak nuh itulah yang bisa menghasilkan keturunan yang menjadi nenek moyang manusia modern setelah banjir. Mereka menyebar keseluruh bumi termasuk ke nusantara dan australia membawa perahu. Itu juga penjelasan mengapa suku aborigin sampai ke daratan australia. Karena waktu itu sudah ada tehnologi maritim karena nuh sudah bisa membuat kapal sebelumnya.

Saya males balik ke page sebelumnya/scroll ke atas. "Manusia modern" berarti siapakah Nabi Nuh as dan Nabi2 sebelumnya dan keturunannya emoticon-Bingung (S) Maksud "manusia modern" seperti apah emoticon-Bingung (S)



Pembahasan teori sains yang mungkin bersebrangan dengan agama sangatlah mengasyikkan. Teruskanlah man teman

0
Lapor Hansip
15-09-2019 22:29
Balasan post ronnie158
masih ngomong gini, kukira sudah ngerti. Nuh tahun berapa? 3.000 SM? Adam 4.000 SM. Silahkan hitung manual karena tidak ada quick count.
Kalau masih ngotot Aborigin 40.000 SM keturunan Adam, bisa diketawain di forum-forum science internasional.
0
15-09-2019 22:33
Quote:Original Posted By anakgila
dan itu jangan dijadikan produk sains produk sains menuntut bukti lebih celaka lagi digunakan untuk mengguguran produk sains


Kenapa saling menggugurkan,, ya memang harus begitu.. katamu kan begitu.. siapa yang kuat dia yang bertahan.. kenapa kok bertentangan padahal awalnya berasal dari sumber yang sama.. itu karena sifat manusia yang memegang ilmu sains itu sendiri... Mereka punya kepentingan masing masing untuk bertahan.. siapa yang lebih kuat dalam kelompoknya dan ekosistemnya di alam rimba dialah yang menguasai rimba tersebut.
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 22:36
Nyimak dulu coba,,,dulu pas pelajaran biologi ..ane paling males///emoticon-Sorry......
0
15-09-2019 22:38
Quote:Original Posted By sisitmae
Saya males balik ke page sebelumnya/scroll ke atas. "Manusia modern" berarti siapakah Nabi Nuh as dan Nabi2 sebelumnya dan keturunannya emoticon-Bingung (S) Maksud "manusia modern" seperti apah emoticon-Bingung (S)



Pembahasan teori sains yang mungkin bersebrangan dengan agama sangatlah mengasyikkan. Teruskanlah man teman


Ada juga yang saling menguatkan.. contohnya aja teori banjir nabi nuh dan teori peradaban atlantis yang punya kesamaa, kedua duanya tidak bertentangan dengan agama dan sejarah.. kalao kita terbiasa memisahkan satu bidang ilmu dari bidang ilmu yang lain, maka yang ada adalah seperti kecebong dan kampret. Kedua duanya tidak tahu menahu dunia cacing dan mereka memperdebatkannya..
Diubah oleh ronnie158
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 22:42
Quote:Original Posted By warnacemerlang
masih ngomong gini, kukira sudah ngerti. Nuh tahun berapa? 3.000 SM? Adam 4.000 SM. Silahkan hitung manual karena tidak ada quick count.
Kalau masih ngotot Aborigin 40.000 SM keturunan Adam, bisa diketawain di forum-forum science internasional.


Ngapain takut di tertawakan oleh beradaban orang barat yang notabene terbilang masih baru kalo di banding kita orang indonesia yang sejak zaman orang eropa masih telanjang kita sudah jauh lebih maju dari mereka. Kita sudah punya sastra, kerajaan dan bahkan agama sekalipun di masa itu.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
-1
15-09-2019 22:44
Quote:Original Posted By ceweknyacuik
btw runtutnya sudah bagus sih tapi karena ada yang mengarah ke "agama" terus di balikin ke awal lagi ane jadi gagal paham sebenerny

jadi ini semacam darwin dan spencer di gabungkan ditambah dengan comte sedikit2 begitukah gan ?

hmmm seperti filsafat atau malah memang filsafat ya ?
tapi jika benar belajar tentang filsafat harus punya dasar yang kuat karena berakhir pada kercayaan, aduuuuhhh kok berat ya 😂😂

kabur kabur kabur


emoticon-Ngacir2


Yah kok kabur gann kayanya agan paham postivismnya comte....

Tolong jelasinnn dong gan relasinya sama teori evolusinya darwin...


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0
15-09-2019 22:45
moyang ente monyet ya?
0
Lapor Hansip
15-09-2019 22:46
Balasan post ronnie158
Quote:Original Posted By ronnie158


Ada juga yang saling menguatkan.. contohnya aja teori banjir nabi nuh dan teori peradaban atlantis yang punya kesamaa, kedua duanya tidak bertentangan dengan agama dan sejarah.. kalao kita terbiasa memisahkan satu bidang ilmu dari bidang ilmu yang lain, maka yang ada adalah seperti kecebong dan kampret. Kedua duanya tidak tahu menahu dunia cacing dan mereka memperdebatkannya..

Okee bek to mai kuesyen gan...
"Manusia modern" berarti siapakah Nabi Nuh as dan Nabi2 sebelumnya dan keturunannya emoticon-Bingung (S) Maksud "manusia modern" seperti apah emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh sisitmae
0
15-09-2019 22:47
Quote:Original Posted By cloudible8


bentar kok malah nyambung ke komunis si breh? emoticon-Ngakak itu malah ga ada sangkut pautnya sama teori manapun yang berhubungan sama evolusi maupun gimana cara manusia purba migrasi.

dan lagi semisal teori ini masuk akal, kenapa malah nyangkut pautin ke anti tuhan segala? bukannya semua nya bisa kaya sekarang juga karena andil Tuhan dalam menciptakan bumi? sains yang menjelaskan bagaimana prosesnya terjadi dan agama yang menjelaskan apa tujuan kita sebagai manusia modern yang memiliki pemikiran lebih besar untuk menjalani kehidupan.

kalo denger soal teori teori gimana proses bumi dan manusia terbentuk serta evolusi jangan kaya yang anti banget ngapa breh, bersikap terbuka aja emoticon-Malu


manusia hidup dan membuat sistem untuk bersosialisasi kan didasari pola pikirnya
0
Lapor Hansip
15-09-2019 22:47
Balasan post ronnie158
Quote:Original Posted By ronnie158


Kenapa saling menggugurkan,, ya memang harus begitu.. katamu kan begitu.. siapa yang kuat dia yang bertahan.. kenapa kok bertentangan padahal awalnya berasal dari sumber yang sama.. itu karena sifat manusia yang memegang ilmu sains itu sendiri... Mereka punya kepentingan masing masing untuk bertahan.. siapa yang lebih kuat dalam kelompoknya dan ekosistemnya di alam rimba dialah yang menguasai rimba tersebut.


loh sains itu terbuka semua bisa menggugurkan produk sains jika memang ada bukti baru terus kenapa bertentangan karena memang sengaja di pertentangkan dengan tujuan tertentu oleh orang orang tertentu yang bukan ilmuwan padahal sudah tahu domain masing masing berbeda

yang biru itu antar sains bukan sains dengan agama
0
15-09-2019 22:52
Quote:Original Posted By sisitmae
Okee bek to mai kuesyen gan...
"Manusia modern" berarti siapakah Nabi Nuh as dan Nabi2 sebelumnya dan keturunannya emoticon-Bingung (S) Maksud "manusia modern" seperti apah emoticon-Bingung (S)


Sebenarnya presepsi modern dan belum modern itu sudah salah,,, tetapi yang di maksud nuh adalah nenek moyang manusia modern itu karena selain keturunan nuh tidak punya keturunan karena habis kena banjir dan semua pengikut nuh itu mandul kecuali empat anak nuh itu sendiri, jadi pada dasarnya kita ini adalah peradaban setelah banjir nuh yang di anggap manusia modern sampai saat ini....
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 22:53
Quote:Original Posted By barulangit
manusia hidup dan membuat sistem untuk bersosialisasi kan didasari pola pikirnya


Itu mah dari zaman revolusi kognitif, manusia juga udah punya kemampuan bersosialisasi kali gan...kl ga ya modarr sama binatang buas...
0
15-09-2019 22:54
Quote:Original Posted By anakgila
loh sains itu terbuka semua bisa menggugurkan produk sains jika memang ada bukti baru terus kenapa bertentangan karena memang sengaja di pertentangkan dengan tujuan tertentu oleh orang orang tertentu yang bukan ilmuwan padahal sudah tahu domain masing masing berbeda

yang biru itu antar sains bukan sains dengan agama


Intinya saling menggugurkan kan..??? tunas tua di gantikan dengan tunas baru, teori lama di gantikan teori baru.. itu kan intinya.. !!
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 22:55
yg lebih bodoh dan makin lucu yg mengatakan Darwin yg mengemukakan teori manusia dari kera emoticon-Ngakak
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1
Lapor Hansip
15-09-2019 22:58
Balasan post warnacemerlang
Quote:Original Posted By warnacemerlang




Dulu gw kelas 5 SD sudah dapat di pelajaran sejarah.
SMP kelas 7 sekarang kan sudah ada, tapi di buku pelajaran kurikulum terbaru juga masih menggiring opini, belum ada seperti admixture dengan Neanderthal dan Denisovan. Juga tidak adanya grafik seperti ini.

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera






Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera

Setelah ada penemuan dinosaurus, banyak yang mengira Adam bersamaan dengan dinosaurus yang sudah punah tahun 68.000.000 SM.
Ada juga yang ketika menerima informasi manusia modern Homo Sapiens tahun 200.000 SM, lalu mengira Adam hidup pada tahun itu.
Ada juga yang menganggap Adam hidup ketika jaman es terakhir (last glacial) berakhir tahun 10.800 SM. Ada juga yang menganggap tahun 0 adalah awal manusia 'diciptakan'.

Padahal, berdasarkan kitab Yahudi, kisah klasik Yahudi, Adam itu 'diciptakan' tahun 4.000 SM. Silahkan hitung angka di atas 130+105+90+70 + ... sampai Moses, dan Musa hidup tahun 1.700 SM berdasarkan info dari wikipedia Indonesia dan Inggris. Nanti akan ketemu angka 4.000 SM.

Dari sini sudah jelas, mengapa menolak evolusi, karena selain ga mau disamakan dengan binatang, juga tidak tau kalau selisih antara 4.000 SM dan 200.000 SM itu jauh, selisihnya 196.000 tahun.
Juga selisih antara 4.000 SM dengan 5.000.000 SM, waktu moyang bersama manusia modern dengan chimpanzee modern. Selisihnya 4.996.000 tahun!

Juga Aborigin yang datang langsung dari Afrika dan sudah ada di Australia sejak 40.000 SM, terisolasi sempurna lebih dari 40.000 tahun tidak ada kontak dengan manusia lain. Juga masih belum tau baaimana pola migrasi seluruh manusia modern pada jaman prasejarah.



http://id.wikipedia.org/wiki/Adam
http://en.wikipedia.org/wiki/Adam
https://en.wikipedia.org/wiki/Histor...us_Australians
https://en.wikipedia.org/wiki/Early_...man_migrations
https://www.nature.com/articles/srep43041




yup... ente betul...

1. banyak yg mengira bhw adam itu mahluk pertama di bumi.

2. banyak yg mengira adam itu eksis di bumi sejak jutaan tahun lalu.
padahal dari timeline nabi2 yg ane baca dr berbagai sumber.
kesimpulan ane, adam ada sekitar 6000-10.000 SM.
kerajaan mesir kuno : 4000 SM (sdh ada kerajaan)
tentunya butuh ribuan tahun dr adam hingga menjadi peradaban kerajaan.
apalagi sebelumnya sdh ada kerajaan sulaiman (palestina), hingga kerajaan firaun (mesir)

3. banyak yg belum tau jg, bhw umur bumi sdh milyaran tahun


tp meski begitu, ane sendiri menolak teori evolusi.
1. pd kenyataannya, jenis mahluk yg ada, ada bermacam2 (darat, laut, air, udara) bukan 1 macam.
2. ada fase pemusnahan mahluk di bumi, & penciptaan mahluk baru yg lbh sesuai utk peradaban yg berikutnya.
3. kalo toh ada kera yg mirip manusia, ya itu tetaplah kera (binatang) dgn ukuran volume otak & logika (insting) binatangnya..
bukan adam, dgn volume otak & logika spt manusia modern saat ini.

ane juga menolak teori bigbang.
- secara logika, bila benda hancur (akibat tubrukan) pecahan2 disekitarnya pasti ada yg sama komposisi materialnya.




0
15-09-2019 22:58
Quote:Original Posted By irvan84


Itu mah dari zaman revolusi kognitif, manusia juga udah punya kemampuan bersosialisasi kali gan...kl ga ya modarr sama binatang buas...


ya itu makanya ane bilang didasari pola pikirnya, lalu pola pikirnya menghasilkan ideologi, itu maksud nya
Diubah oleh barulangit
0
15-09-2019 23:00
Quote:Original Posted By esaka.kedua


Lah, bukannya kalau secara DNA, justru lebih mirip ama Babi ya? Gw pernah baca di mana gitu lupa.emoticon-Ngakak


wah bangke bener abang ini emoticon-Ngakak
0
15-09-2019 23:01
terus menurut agan kira kira kita keturunan apa ya gan ?
0
Halaman 10 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.