alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7e1c6c7e3a7228f32bdf0e/mahfud-md-kpk-tak-bisa-kembalikan-mandat-ke-presiden-jokowi
Lapor Hansip
15-09-2019 18:11
Mahfud MD: KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa mengembalikan mandat kepada Presiden Joko Widodo karena mereka bukan mandataris presiden.

"Secara hukum, KPK itu bukan mandataris presiden, tidak bisa dia lalu mengembalikan mandat kepada presiden karena presiden tak pernah memberikan mandat ke KPK," kata Mahfud seperti dikutip Antara di Yogyakarta, Minggu (15/9).
Lihat juga: Bambang Widjojanto Endus 'Bau Sangit' dalam Seleksi Capim KPK

Mahfud menjelaskan di dalam ilmu hukum mandataris adalah orang yang diberikan mandat oleh pejabat tertentu, tetapi yang bertanggung jawab adalah pemberi mandat. Sehingga, yang diberi tugas disebut mandataris.

"Sebelum 2002, presiden adalah mandataris MPR. Presiden diberi mandat dan yang bertanggung jawab MPR. Nah, KPK itu bukan mandataris presiden sehingga tak ada istilah hukum mandat kok dikembalikan," kata dia.


Mahfud melanjutkan, di dalam Pasal 32 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002, orang yang mengembalikan mandat karena pensiun, meninggal dunia, atau karena mengundurkan diri.
Lihat juga: Busyro Desak Kapolri Tarik Firli Bahuri dari Capim KPK

Adapun KPK, bukan mandataris siapapun. Lembaga itu independen kendati berada di lingkaran kepengurusan eksekutif, namun bukan di bawah presiden.

Dengan demikian, kata Mahfud, secara yuridis pengembalian mandat yang dilakukan pimpinan KPK tidak berarti KPK kosong karena lembaga antirasuah itu bukan mandataris presiden.
Lihat juga: Agus Rahardjo Serahkan Tanggung Jawab KPK ke Jokowi

Meski demikian, menurut Mahfud, secara arif Presiden Joko Widodo perlu memanggil para pimpinan KPK untuk bertukar pendapat, konsultasi, serta berdiskusi mengenai nasib KPK.

"Apa salahnya dipanggil kan mereka mengatakan saya kok tak pernah diajak bicara tentang nasib KPK. Nah sekarang waktunya mereka diajak bicara dalam situasi seperti ini. Saya kira presiden cukup bijaksana untuk mengundang mereka," kata Mahfud.

sumber

Pulangkan saja, aku pada ibuku atau ayahkuuu (nia daniati)
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
15-09-2019 18:18
KPK kek anak kecil gak diajak maen , trus ngambek.
mewek di pojokan...

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan galuhsuda memberi reputasi
0
15-09-2019 18:23
Lembaga kok mbalelo. Play victim', galang opini publik', better mundur lebih terhormat.
Quote:Mahfud menjelaskan di dalam ilmu hukum mandataris adalah orang yang diberikan mandat oleh pejabat tertentu, tetapi yang bertanggung jawab adalah pemberi mandat. Sehingga, yang diberi tugas disebut mandataris.

"Sebelum 2002, presiden adalah mandataris MPR. Presiden diberi mandat dan yang bertanggung jawab MPR. Nah, KPK itu bukan mandataris presiden sehingga tak ada istilah hukum mandat kok dikembalikan," kata dia.

Mahfud melanjutkan, di dalam Pasal 32 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002, orang yang mengembalikan mandat karena pensiun, meninggal dunia, atau karena mengundurkan diri.

Adapun KPK, bukan mandataris siapapun. Lembaga itu independen kendati berada di lingkaran kepengurusan eksekutif, namun bukan di bawah presiden.
0
15-09-2019 18:25
cocok jadi plt ketua kpk

Mahfud MD: KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden Jokowi

@cocktail1987
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baniwahyudi dan 3 lainnya memberi reputasi
4
15-09-2019 18:26
Quote:Original Posted By ustad.syam
cocok jadi plt ketua kpk

Mahfud MD: KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden Jokowi

@cocktail1987


basi amat artikel antum emoticon-Ngakak
0
15-09-2019 18:37
korupsi itu oli pembangunan emoticon-Belgia
0
15-09-2019 18:40
KPK kubu taliban keknya terguncang
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
15-09-2019 18:41
nah itu bener, tempuh sesuau jalur aja
0
15-09-2019 18:50
Awalnya ane percaya bahwa KPK sangat independen..tapi mengapa sekarang kok kayanya berlebihan masalah revisi..lagian Presiden juga ga setuju beberapa point yg ada di revisi UU..tapi setuju bahwa harus ada pengawasan..kalo lembaga pengawas nya ada prof mahfud dan sosok2 yang putih..mengapa enggak???? Tapi kok ga mau diawasi yah????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Lihat 4 balasan
Lapor Hansip
15-09-2019 18:55
Balasan post entecavir
penyidik nya ada hindu, kristen maksudnya taliban apa? maen SARA? belum lama ini tokoh lintas agama juga menolak ruu cuman Sa aja yg setuju (masih mabuk kemenangan) yang lain nggak setuju tuh.ini taliban juga kan taliban hindu, taliban kristen. taliban itu kelompok di afganistan kagak ada di indonesia. taliban ya hahaha joke nya bagus
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan pemburu.kobokan memberi reputasi
2
15-09-2019 18:56
Pimpinan KPK Beri Mandat ke Presiden, ICW: di Tengah Pelemahan KPK, Itu Wajar

Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan menyerahkan pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pengembalian mandat itu merupakan hal yang wajar di tengah pelemahan KPK.

"Kita pandang 3 komisioner KPK yang mengembalikan pengelolaan ke presiden itu sebagai tindakan yang wajar, di tengah pelemahan KPK yang luar biasa dilakukan pemerintah dan DPR," ujar peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, di Bangi Kopi, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

Menurut Kurnia, di tengah gencarnya revisi UU KPK, pihaknya tidak melihat peran presiden menyelamatkan KPK. Apalagi, kata dia, banyak kasus yang selama ini masih belum terselesaikan terkait KPK.

"Kita belum selesai dengan kasus Novel Baswedan yang belum terungkap hari ini, ditambah capim yang diduga mempunyai masalah dan juga persoalan legislasi, memang presiden sebagai salah satu aktor utama yang sangat berperan untuk menyelamatkan KPK, tapi tidak terjadi," ujar Kurnia.

Karena itu, kata Kurnia, wajar jika Agus cs mengembalikan mandat kepada Presiden. Sebab, selama ini memang tidak ada upaya penyelamatan KPK yang dilakukan Jokowi maupun pemerintah.

"Untuk itu wajar saja jika 3 komisioner KPK, mengungkapkan hal-hal seperti itu, dan tidak ada sikap yang reaktif seperti dari istana yang mengatakan kekanak-kanakan, ada yang menyebutkan berlebihan, karena memang saat ini kondisinya istana ya aktivis-aktivis istana tidak terlihat di isu menyelamatkan KPK," tegasnya.

Sebelumnya, Agus Rahardjo bersama Saut Situmorang dan Laode Syarif menyampaikan kegelisahannya akan kondisi saat ini, yakni sudah disepakatinya revisi UU KPK oleh pemerintah dan DPR. Agus mengatakan pengelolaan KPK akan dikembalikan ke Presiden Jokowi.

"Dengan berat hati, pada hari ini, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden Republik Indonesia," kata Agus di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (12/9).

"Kami menunggu perintah apakah kemudian kami masih akan dipercaya sampai bulan Desember dan kemudian akan tetap operasional seperti biasa. Kami menunggu perintah," kata Agus.

detik
Diubah oleh bukan.salman
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 18:57
Quote:Original Posted By brick_water
penyidik nya ada hindu, kristen maksudnya taliban apa? maen SARA? belum lama ini tokoh lintas agama juga menolak ruu cuman Sa aja yg setuju (masih mabuk kemenangan) yang lain nggak setuju tuh.ini taliban juga kan taliban hindu, taliban kristen. taliban itu kelompok di afganistan kagak ada di indonesia. taliban ya hahaha joke nya bagus


Puji Tuhan emoticon-Christmas

Maafkan Jemaat bapa yg gemar menghina sobat mslm, biar bapa tegur

emoticon-Maaf Agan
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
1
Lapor Hansip
15-09-2019 19:02
Balasan post kardison
di negara tetangga lembaga yang mirip kpk yang udah 60 tahunan lebih berjalan kagak ada tuh yang namanya dewan pengawas dan juga kagak di campurin sama politikus. hasilnya sekarang 3 besar di dunia.kuncinya hukuman di naikin sama kemauan pemerintahnya untuk memberantas korupsi. di indonesia koruptor malah di turunin hukumannya di uu yang baru sama di anggap kejahatan bisa bukan extra ordinary
profile-picture
profile-picture
kardison dan liamichelia memberi reputasi
2
15-09-2019 19:05
Quote:Original Posted By kardison
Awalnya ane percaya bahwa KPK sangat independen..tapi mengapa sekarang kok kayanya berlebihan masalah revisi..lagian Presiden juga ga setuju beberapa point yg ada di revisi UU..tapi setuju bahwa harus ada pengawasan..kalo lembaga pengawas nya ada prof mahfud dan sosok2 yang putih..mengapa enggak???? Tapi kok ga mau diawasi yah????


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak betul sekali bro...dancuk memang ini lama lama, manfaatkan ketidaktahuan kalayak umum...dibentuk dewas gak mau la trus maunya nggak diawasi gitu apa ya...sekilas malah justru memperkuat KPK
profile-picture
kardison memberi reputasi
1
15-09-2019 19:34
tau sendirilah skrg kpk isinya orang Taliban. guru spiritual nya aja Ayah Naen
Diubah oleh jhonlenon60
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1
15-09-2019 19:36
Terus KPK tu sebenernya mau diapain pak Pres, dilemahkan apa dikuatkan nih? emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1
15-09-2019 19:43
Bener juga. Presiden hanya membentuk panel seleksi capim KPK. Hasilnya DPR yang memutuskan siapa ketua dan komisioner lainnya. Harusnya dikembalikan ke DPR itu mandatnya.
0
15-09-2019 19:45
Apa berani Jokowi ngelawan keinginan partai pendukung dia?????
0
15-09-2019 19:45
0
15-09-2019 19:48
Quote:Original Posted By brick_water
di negara tetangga lembaga yang mirip kpk yang udah 60 tahunan lebih berjalan kagak ada tuh yang namanya dewan pengawas dan juga kagak di campurin sama politikus. hasilnya sekarang 3 besar di dunia.kuncinya hukuman di naikin sama kemauan pemerintahnya untuk memberantas korupsi. di indonesia koruptor malah di turunin hukumannya di uu yang baru sama di anggap kejahatan bisa bukan extra ordinary


Di negara mana tuh? Setahu gw di negara seperti Hongkong aja ICAC sebagai lembaga anti korupsi dimana menjadi acuan bagi KPK dalam menilai keberhasilan penindakan kasus korupsi, mereka juga punya lembaga pengawas dan jauh lebih ketat pengawasannya untuk menghindari penyalahgunaan wewenang juga untuk menjaga independensi dan juga balancing.
Diubah oleh jhonlenon60
profile-picture
profile-picture
kardison dan i.macintosh memberi reputasi
2
15-09-2019 19:49
selamat anda nganu
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.