ZomatoIndonesia
TS
ZomatoIndonesia
Intip Restoran Padang Favorit BJ Habibie dan Kuliner Favorit Beliau


Duka kembali menyelimuti Tanah Air. Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pada hari Rabu, 11 September 2019.

Semasa hidupnya, putra bangsa kelahiran Parepare (Sulawesi Selatan) ini dikenal sebagai seorang jenius yang menciptakan berbagai temuan yang sangat berharga di dunia aviasi, seperti teori crack progression yang digunakan untuk memprediksi titik mula retakan sayap pesawat. Teori ini membuat pesawat lebih aman dan menghindari risiko pesawat jatuh. Beliau juga mewariskan beberapa ilmu lainnya dalam penerapan di bidang dirgantara seperti Teori Habibie, Faktor Habibie, dan Fungsi Habibie.

Selain karya luar biasa dan kisah cintanya yang menginspirasi, kuliner favorit beliau juga menjadi topik yang menarik untuk ditelusuri. Tak hanya makanan khas Bugis dan Makassar, ada beberapa makanan daerah lain yang menjadi favorit Habibie semasa hidupnya. Penasaran? Simak ulasan dari tim Zomatoberikut ini.



Masakan Padang

Kuliner khas Negeri Minangkabau ini menjadi salah satu santapan favorit Habibie. Salah satu restoran Padang yang sering Ia kunjungi adalah Rumah Makan Sari Bundoyang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 27, Jakarta. Salah seorang staf restoran mengatakan bahwa Habibie bisa menyantap hingga 18 potong paha ayam goreng dengan lahapnya. Ia juga sering memesan sambal pete sebagai pelengkap hidangan.

Buras dan Barongko

Barongko merupakan makanan khas Bugis yang sering disajikan sebagai hidangan penutup para raja. Sementara buras atau burasa merupakan hidangan yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang dan direbus dalam kurun waktu yang cukup lama. Keistimewaan buras terletak pada rasa gurih yang berasal dari santan kelapa, parutan kelapa dan garam.

Aneka Olahan Ikan

Semasa melanjutkan studi di Jerman, Habibie kerap memesan menu ikan. Hal ini merupakan pengaruh daru ayahnya yang asli Gorontalo dan gemar mengonsumsi berbagai olahan ikan seperti ikan bakar, ikan goreng, hingga sup ikan. Ikan sendiri merupakan hidangan yang memiliki segudang kandungan yang berperan untuk pembentukan dan perkembangan sel otak, seperti omega 3 dan omega 6. Selain meningkatkan kecerdasan dan kualitas tidur, kebiasaan makan ikan ternyata juga menyimpan banyak manfaat lain, seperti menjaga kesehatan jantung, tulangdan kulit.

 


koi7ximuzzaiiceuhetty
ceuhetty dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.