alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7db9b7c8208458d30f4f4e/pengamat--jokowi-dalam-hati-tidak-setuju-revisi-uu-kpk-tapi-takut-pada-pdip
Lapor Hansip
15-09-2019 11:10
Pengamat : Jokowi dalam hati tidak setuju revisi UU KPK, tapi takut pada PDIP
Pengamat : Jokowi dalam hati tidak setuju revisi UU KPK, tapi takut pada PDIP

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan Surat Presiden nomor R-42/Pres/09/2019 kepada DPR terkait revisi Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. Dalam surat itu, Jokowi menugaskan Menteri Hukum dan Asasi Manusia dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membahas revisi UU KPK bersama DPR.

Keluarnya surat tersebut mengundang polemik di masyarakat. Jokowi dianggap turut setuju untuk melemahkan KPK dengan keluarnya surpres itu dan mengirimnya ke DPR.

Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia Fajri Nursyamsi menilai seharusnya Jokowi bisa mencium gelagat tidak baik dalam usulan revisi UU KPK oleh DPR. Apalagi sejak awal rencana itu menimbulkan polemik. Namun dengan menerbitkan surpres itu, artinya Jokowi tutup mata dengan kejanggalan yang ada.


"Sejak awal Presiden kan harusnya sudah melihat bagaimana perjalanan (revisi) undang-undang ini sudah sangat terburu-buru. Dari situ tadinya kita mengharapkan Presiden tidak mengeluarkan surpres, tapi kenyataannya tidak," ujar Fajri kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/9).
Lihat juga:Surpres Terbit, KPK Masih Pegang Janji Politik Jokowi
Fajri mengamini bahwa pembahasan revisi UU KPK itu terlalu terburu-buru. Pertama, revisi UU KPK tidak masuk dalam prolegnas 2019. kedua, sangat dipaksakan karena masa tugas Anggota DPR 2014-2019 akan segera berakhir.

"Tinggal 12 hari kerja baru dibahas, dikhawatirkan ini ugal-ugalan. Bikin regulasi ke depan seperti hal yang dipaksakan dan proses diskusi tidak cukup matang dan akuntabel itu tidak melambangkan sebuah demokrasi," kata Fajri.

Fajri pun menilai, surpres tersebut bertolak belakang dengan semboyan penguatan KPK yang kerap dijanjikan Jokowi, terutama pada saat kampanye Pilpres 2019. Karena itu, ia menganggap janji kampanye penguatan kampanye Jokowi tak lebih dari sekadar retorika belaka.

"(Janji penguatan KPK) Itu retorika. Ini tergantung perspektif aja melemahkan atau penguatan. Yang mesti disoroti itu proses awal yang terburu-buru lalu melanggar regulasi, dari sini presiden harusnya sudah bisa lihat. Dalam hatinya ia tidak setuju. Tapi sepertinya ia takut pada PDIP dan orang-orang di sekelilingnya," tutup dia.
Lihat juga:Jokowi Utus Yasonna dan Syafruddin Bahas Revisi UU KPK di DPR
Sementara itu, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif masih memegang janji politik Jokowi untuk menguatkan KPK. Ia juga berharap isi surpres dan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dapat diberikan ke KPK.

"Sekarang surpres sudah keluar, kita berharap isinya betul mempertahankan KPK sebagai lembaga independen. Sampai saat ini kita belum dapat salinan daftar DIM yang lengkap yang disampaikan pemerintah ke DPR," ujar dia.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...-revisi-uu-kpk
Diubah oleh Mebel.ipk1.9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 6 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
15-09-2019 13:20
Lucu, belum pada tahi isi DIM-nya kok udah pada protes! Apa pegawai kpk ini ahli nujum semua, tahu sebelum membaca?
profile-picture
lutfa.04 memberi reputasi
1
Lihat 7 balasan
15-09-2019 13:27
kekuasaan dia kan yg nopang partai2.
klo topangannya dicabut udah pasti jkw ambruk.
orang parte2 di dpr aj 100% mo revisi ruu.

yg bisa jkw lakuin skrg cm kompromi revisi ruu.
klo ruu nya sendiri imo sdh pasti bkl revisi.
profile-picture
profile-picture
slider88 dan anuku20cm memberi reputasi
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 13:35
itu pilihan kalian, baik buruknya nikmatilah.
emoticon-Cool
profile-picture
EnragedSlayer memberi reputasi
1
15-09-2019 13:36
bukan urusan saya
0
15-09-2019 13:38
wkwkwk
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
15-09-2019 14:37
KPK era jokowi kaya ga pernah ngurus kasus gede ya, palin cuma ott yg puluan/ratusan juta. Ga kaya era beye, yg bahkan besan, kapolri dan deretan nama2 besar beeani sikat.
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan pemburu.kobokan memberi reputasi
0
15-09-2019 14:37
oo gitu
0
15-09-2019 14:51
playing victim basi
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1
15-09-2019 15:28
gini siapa di sini atau di Indonesia yang begitu ngadep ke ratu di depan muka die, berani bentak atau lagak kayak preman....itu aja dulu....koar2 ga takut sama pdip gampang tapi begitu ngadep ke si queen. bocor juga kandung kemih lu manggut2 ke doi emoticon-Wakaka
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 15:42
masih rancu sih masalah kpk ini, soalnya dari yang nyalonin diri buat jadi ketua kpk track recordnya juga buruk sih, jadi agak bingung juga
0
Lapor Hansip
15-09-2019 15:44
Balasan post hhendryz
Pengamat : Jokowi dalam hati tidak setuju revisi UU KPK, tapi takut pada PDIP
Kanjeng Mamiemoticon-Hammer emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan silitneonhuuek memberi reputasi
2
15-09-2019 15:45
Quote:Original Posted By mexsivi
KPK era jokowi kaya ga pernah ngurus kasus gede ya, palin cuma ott yg puluan/ratusan juta. Ga kaya era beye, yg bahkan besan, kapolri dan deretan nama2 besar beeani sikat.


Iya sih gan,cenderungnya skrg malah yang megang kasus gede orang orang di kejaksaan yang gapernah ke ekspos, efek magang sih jadi tau berkas berkasnya juga
Ya harapannya cuma yang terbaik buat negeri ini
0
15-09-2019 16:09
untung kgk milih,jadi ga ikutan dah
0
Lihat 1 balasan
15-09-2019 16:11
duh
say no to corrupt gan
#saveKPK
0
Lapor Hansip
15-09-2019 16:14
Balasan post phalang.distal
Quote:Original Posted By phalang.distal
untung kgk milih,jadi ga ikutan dah


Nggak makan nangka tapi tetap kena getahnya dong..

emoticon-Big Grinemoticon-Hammeremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan silitneonhuuek memberi reputasi
2
15-09-2019 16:34
Bapak ikuti hati nurani saja pak, sekarang bapak sudah menjadi kepala negara,walaupun ada kekuasaan yang mungkin lebih tinggi dan bisa menekan bapak
tapi bapak sebagai kepala negara yang memang tujuannya untuk memajukan negara ya ikuti saja apa yang ada dalam hati nurani bapak,setidaknya ketika bapak kalah melawan keburukan dunia ini,bapak kalah dengan terhormat pak dan sudah melakukan yang terbaik emoticon-Jempolemoticon-Cendol Gan
Semangat pak
0
15-09-2019 16:34
Pengamat : Jokowi dalam hati tidak setuju revisi UU KPK, tapi takut pada PDIP

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan silitneonhuuek memberi reputasi
2
15-09-2019 16:52
Quote:Original Posted By mexsivi
KPK era jokowi kaya ga pernah ngurus kasus gede ya, palin cuma ott yg puluan/ratusan juta. Ga kaya era beye, yg bahkan besan, kapolri dan deretan nama2 besar beeani sikat.


Setya novanto sama romahurmuziy kecil ya? emoticon-Big Grin
0
Lihat 3 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.