srirahayu14Avatar border
TS
srirahayu14
Sebelum Pindah Ibu Kota, Benahi Dulu Permasalahan yang Ada!


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera,

Agan and Sista se-alam semestaemoticon-Peluk

Gimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa diberikan kesehatan, Aamiin Allahumma Aamiin.

Kali ini, aku mau memberikan sedikit opini (sebisanya aku), terkait isu-isu pemindahan Ibu Kota yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Jikalau nanti GanSist mendapati hal-hal yang tidak sesuai, tegur saja aku dan mohon benarkan salahnya. Harap maklum banyak sekali kekurangan, opini seorang anak SMA yang masih dalam tahap pembelajaran😊.

Langsung aja yuk, selamat membaca.

Sebenarnya menurutku pemindahan ibu kota itu terlalu cepat dilakukan, apalagi tanpa adanya koordinasi dengan DPR dan MPR. Kenapa harus ada koordinasi dengan DPR? Karena DPR kan sebagai wadah untuk menerima aspirasi dari masyarakat. Jadi, belum tentu semua masyarakat juga menerima untuk pemindahan ibu kota.

Dan juga dengan adanya pemindahan ibu kota secara sepihak oleh pemerintah, itu menciderai akan Undang-Undang Dasar kita. Yaitu menciderai peraturan tentang daerah, karena sampai saat ini DKI Jakarta masih berstatus sebagai Ibu kota Indonesia.

Dengan adanya ada isu pemindahan secara sepihak, tentu saja akan menyebabkan isu-isu yang lain dan munculnya ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Hal ini akan mempengaruhi secara signifikan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Meskipun nanti di Kalimantan Timur akan berkembang, tapi dibutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Yang akan dijadikan ibu kota baru yaitu sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan sebagian di Kutai Kertanegara. Digadang-gadang proyek pemindahan ibu kota ini membutuhkan lahan sekitar 200.000 Hektar Referensi, dan biaya sebesar 466 Triliun Referensi. Proyek akan dimulai tahun 2021 dan diperkirakan rampung pada 2024 Referensi. Tentu sedikit banyaknya pohon-pohon akan tergantikan oleh beton-beton.

Banyak sekali pro dan kontra mengenai hal ini, intinya pemindahan ibu kota tidak mudah. Ketika ada pemindahan ibu kota, otomatis kedepannya ada pemindahan pemerintahan, dan bisa mengakibatkan terjadinya guncangan sosial, budaya, dan politik.

Tidak bisa di pungkiri, pemindahan ibu kota ini juga dapat memberikan pengaruh besar untuk kemajuan Negara Indonesia. Karena akan adanya pusat pertumbuhan baru, dan dapat dipastikan daerah sekitarnya ikut berkembang. Hal ini sebagai bentuk kombinasi antara pemerataan ekonomi, dengan peningkatan kualitas pemerintahan. Yang nantinya dapat meningkatkan kualitas daya saing Indonesia.

Namun, pemindahan ibu kota bukanlah suatu hal yang paling mendesak. Masih banyak urusan yang jauh lebih penting untuk diselesaikan, dibandingkan mengurusi pemindahan ibu kota. Alokasi dana sebaiknya digunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam negeri. Contohnya permasalahan di bidang kesehatan, pendidikan, dll. Agar semua lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari kebijakan pemerintah, dan melahirkan sumber daya manusia yang nantinya lebih mampu bersaing untuk memajukan bangsa ini.

Ohh iyaa, banyak sekali muncul dagelan atau pun meme kocak terkait pemindahan ibu kota.

Spoiler for Meme Kocak:


Dari penjelasan yang setaunya aku di atas, jangan melihat hanya satu sisi (buruknya saja atau baiknya saja). Tapi intinya sih kita harus mampu melihat, meninjau, dan mempertimbangkan secara matang dari seluruh aspek.

:ayoindonesia

Nah, mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan😊

Terima kasih, sampai jumpaemoticon-Hai
Diubah oleh srirahayu14 15-09-2019 03:39
dinayah1
anasabila
Gresta
Gresta dan 7 lainnya memberi reputasi
8
745
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.