nuyinsAvatar border
TS
nuyins
Mr.Crack Profesor Yang Sangat Inspiratif


Beliau dikenal dunia dengan julukan Mr. Crack, setelah menemukan rumus yang dinamai "Faktor Habibie". Rumus tersebut bisa menghitung keretakan atau crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Rumus Faktor Habibie ini merupakan salah satu prestasi BJ Habibie yang paling terkenal.

Lahir di Pare-pare Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. BJ Habibie menghabiskan masa kecil di tanah kelahirannya. Sepeninggal ayahnya keluarganya pindah ke Bandung, ibunya bekerja membanting tulang untuk membiayai pendidikannya. Pada tahun 1954 beliau lulus SMA dan melanjutkan kuliah di Instutut Teknologi Bandung (ITB). Tidak sampai selesai di ITB karena beliau mendapatkan beasiswa dari menteri pendidikan dan kebudayaan untuk melanjutkan kuliah di Jerman.

Pada waktu itu presiden Soekarno bersemangat mengirim ratusan para pemuda pilihan untuk menimba ilmu di beberapa negara secara terpisah. Salah satunya adalah BJ Habibie. Beliau mengambil jurusan Teknik Pemerbangan dengan spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di Rhein Westfalen Aachen Technisce (RWTH). Jurusan yang diambil sesuai dengan pesan presiden Soekarno yang mengutamakan teknologi maritim dan teknologi dirgantara, karena pada saat itu negara Indonesia mulai berkembang.



Prestasi yang beliau raih saat menimba ilmu sangat mengagumkan. Lulus dengan nilai cumlaude (sempurna) bahkan ada yang summa cumlaude (sangat sempurna). BJ Habibie adalah bapak yang sangat jenius. Proses dalam meraih prestasi juga tidak mudah kendala biaya kuliah dan biaya hidup di negara Jerman sangat berat. Apalagi beliau sudah menikah dengan wanita cerdas bernama Hasri Ainun. Akan tetapi BJ Habibie tidak putus asa, beliau kuliah sambil bekerja di sebuah perusahaan kereta api. Keuletan beliau ini patut dicontoh bagi mereka yang menimba ilmu di negara lain.

Jasa beliau sangat besar dalam perkembangan teknologi dirgantara di Indonesia. Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil(airline) regional komuter turboprob rancangan asli IPTN(sekarang PT Dirgantara Indonesia). Pesawat N-250 adalah pertama anak negeri, karya BJ Habibie yang terkenal. (Wkipedia). Akan tetapi krisi moneter yang melanda Indonesia antara tahun 1996 sampai 1998 menyebabkan produksi pesawat dihentikan dan IPTN ditutup.

Begitu besar jasa BJ Habibie dalam membangun Indonesia. Kejeniusan dan karyanya telah menginspirasi rakyat Indonesia untuk selalu membangun negerinya.
Pada tanggal 11 September 2019 BJ Habibie telah tutup usia menyisakan kenangan yang tak akan terlupakan oleh rakyat Indonesia. Bahkan dunia pun akan mengenang beliau atas sumbangan ilmunya. Keteladan BJ Habibie dari generasi ke generasi. Anak muda pun banyak terinspirasi oleh kutipan-kutipan yang dibuat oleh beliau semasa hidupnya.


Quote:

Kutipan ini mengingatkan pada kita semua untuk menjadi orang yang selalu menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk kebaikan meskipun hanya untuk sekitarnya.

Quote:


Nasehat yang sangat indah, karena dimana saja kita berada harus bisa memaksimalkan kerja kita, memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi orang lain.


Quote:


Selamat jalan Profesor Romantis, selamat jalan Bapak Jenius, selamat betemu dengan Ibu Ainun di surga.
Kebaikan yang Profesor tinggalkan akan terus mengalir bagaikan sumber air yang tak pernah kering.




Dokumentasi : diambil dari google
Sumber : diambil dari Wikipedia, opini pribadi dan sumber yang lain
Diubah oleh nuyins 14-09-2019 13:57
alizazet
anasabila
Gresta
Gresta dan 4 lainnya memberi reputasi
5
633
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.