alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7cb8d609b5ca3e9b2046bf/revisi-uu-kpk-disahkan-novel-koruptor-utang-budi-ke-jokowi
Lapor Hansip
14-09-2019 16:54
Revisi UU KPK Disahkan, Novel: Koruptor Utang Budi ke Jokowi
Revisi UU KPK Disahkan, Novel: Koruptor Utang Budi ke Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia- Penyidik fenomenal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali mempertanyakan sikap Presiden Joko Widodo yang diduga memuluskan jalan pengesahan Rancangan Undang-Undang KPK.

Novel menilai, beberapa usulan perubahan RUU KPK ini menyimpan masalah dan berpotensi melemahkan lembaga antirasuah.

Hal serupa yang juga disampaikan sejumlah kalangan yakni akademikus dan pegiat antikorupsi, di antaranya soal pembatasan penyadapan, perubahan status kepegawaian menjadi aparatur sipil negara (ASN) dan kewenangan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

"Saya tidak bisa tuduh Pak Jokowi punya kepentingan, tapi kalau kita ingat, semasa beliau menjabat saja, kan upaya seperti ini sudah berulang kali dilakukan oleh DPR, bukan baru pertama kali. Jadi saya yakin Pak Jokowi tahu. Setelah Pak Jokowi tahu dan tetap mau mengubah, apa masalahnya itu, saya enggak ngerti," kata Novel seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (14/9).

"Dan tentunya kalau Pak Jokowi selesaikan ini [RUU KPK] maka koruptor akan berutang budi sekali sama beliau," lanjut dia lagi.

Langkah Jokowi Membingungkan
Langkah Jokowi tersebut menurut Novel membingungkan. Ia pun mengingatkan sederet klaim Jokowi mengenai komitmen pemberantasan korupsi dan dukungan terhadap KPK.

Bila disandingkan, keputusan menyetujui revisi UU KPK saat ini bertolak belakang dengan visi dan misi Jokowi. Novel sendiri menyatakan Jokowi pernah berjanji untuk memimpin pemberantasan korupsi dengan sungguh-sungguh.

Novel khawatir, jika RUU KPK betul-betul jadi disahkan maka keberadaannya akan menjadi malapetaka bagi pemberantasan korupsi.


"Anggap saja Pak Presiden tidak tahu [permasalahan RUU KPK], kita berprasangka baik. Dan ternyata betul-betul salah, bisa enggak dipulihkan seperti semula? Saya katakan, tidak bisa," katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan setuju dengan wacana pembentukan Dewan Pengawas untuk KPK. Menurutnya, setiap lembaga memang butuh pengawasan.

Selain itu, dia juga menyetujui keberadaan kewenangan penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) di KPK.

Pertimbangannya adalah untuk memberi kepastian hukum dan jaminan Hak Asasi Manusia (HAM).

"SP3, hal ini juga diperlukan penegakan hukum harus menjamin prinsip-prinsip perlindungan HAM dan untuk kepastian hukum," ucap dia, dalam konferensi di Istana Negara terkait revisi UU KPK, Jumat lalu.

Di sisi lain, Jokowi menyatakan tak setuju jika KPK harus mendapatkan izin pihak luar ketika ingin melakukan penyadapan. Selain itu, dia juga tak setuju penyelidik dan penyidik hanya berasal dari unsur polisi dan jaksa. Lainnya, Jokowi pun tak setuju KPK harus berkoordinasi dengan Kejaksaan untuk masalah penuntutan.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...udi-ke-jokowi/
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan gabener.edan memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
14-09-2019 18:46
Ini sih agenda partaik banteng moncong pektay. Pak plongo tinggal mangap aja..

Presiden rasa taek emoticon-Busa
0
14-09-2019 18:53
Seneng rasanya ngeliat para nasbung kampret kelojotan di thread ini emoticon-Leh Uga
Menguik nguik
Tapi ngga bisa melakukan apa apa emoticon-Ngacir
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1
14-09-2019 19:14
Quote:Original Posted By sunny.wijaya
Lo tinggal dimana gan?
sekarang itu institusi paling super power adalah polkis.
Gak ada yg berani menganggu polkis sekarang.
Semua urusan yg nanganin polkis..


salah ente gan....emoticon-Ngakak

Yang berkuasa dan super power itu politikus di senayan...

Polkis dsb dalam pengawasan mereka bahkan seorang presiden harus mikir dua kali melawan mereka...contohnya alm gus dur...emoticon-Hansip
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
baniwahyudi memberi reputasi
1
14-09-2019 22:28
Quote:Original Posted By silitneonhuuek
Ini sih agenda partaik banteng moncong pektay. Pak plongo tinggal mangap aja..

Presiden rasa taek emoticon-Busa

Kalo presiden rasa taek, apalagi ente dan ibu bapak ente yg cuma masyarakat biasa + kismin rasanya kaya taeknya taek mencret emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
14-09-2019 22:49
Balasan post yxgk
Quote:Original Posted By yxgk

Kalo presiden rasa taek, apalagi ente dan ibu bapak ente yg cuma masyarakat biasa + kismin rasanya kaya taeknya taek mencret emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
0
14-09-2019 22:51
Quote:Original Posted By unicorn.phenex
Revisi UU KPK Disahkan, Novel: Koruptor Utang Budi ke Jokowi

Yang Utang Budi Ke Elo si Anies Yah Pel? emoticon-Leh Uga


si pel lupa jg utang budi ke pak owi pas dibela krn bunuh pencuri sarang burung walet emoticon-Leh Uga
0
15-09-2019 08:10
Quote:Original Posted By mudah dihafal
ane kasih kisi2 singkat ni polemik kok rame.....

bagi yg "pro" kpk
>pimpinan kpk yg baru terpilih dianggap beberapa pihak ada masalah, dan ada kecenderungan utk "memihak" kubu politik tertentu.
belum lagi mengenai laporan harta kekayaan, dan polemik2 lainnya.
>revisi uu kpk dianggap melemahkan kpk krn harusnya kpk tetep independen dan tidak boleh dijadikan alat kekuasaan.
>penyadapan klo harus ijin dulu, bisa2 malah bocor klo mau mengungkap suatu kasus.


bagi yg "kontra" kpk
>di lain pihak kpk sekarang dianggap punya kewenagan yg luar biasa dan karena tidak di bawah siapapun maka dikhawatirkan ada penyalahgunaan kewenangan.
bahkan klo dari rumor2 yg beredar wadah pegawai kpk ato apalah namanya punya "kekuatan" sendiri yg bahkan mampu "mendesak" pimpinan2 kpk utk melakukan/menyuarakan2 kepentingan2 mereka (para pegawai2 tsb).
belum lagi ada kubu2 an di internal kpk (yg kuat punya pengaruh di internal itulah yg bisa "menguasai" kpk)
>revisi uu kpk justru bisa menguatkan kpk.
krn diharapkan kpk tetep sesuai jalur tanpa ada abuse of power krn ada yg mengawasi.
>penyadapan tanpa ada ijin dianggap bisa disalahgunakan pihak2 tertentu (termasuk hal2 yg di luar kasus2 korupsi)


itu ada tanda kutip di pro dan kontra....
karena situasi justru bisa berbalik tergantung cara pandang masing2.....

ya itu sekedar kisi2.....

klo mo lengkap ya harus diperdalam lagi.....
silahkan klo mo menambahkan

cmiiw....

emoticon-Malu




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Yg diributinkan masalah dewan pengawas, pegawai jadi asn satunya lupa gue...klo jadi asn gue gak setuju tau sendirilah citra buruk asn...dewas ya wajib ada...nggak ada dewas ntar bisa bisa KPK malah bisa mainkan politik buat yg order
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
15-09-2019 08:59
Balasan post adhiantowahyu
Quote:Original Posted By adhiantowahyu


Yg diributinkan masalah dewan pengawas, pegawai jadi asn satunya lupa gue...klo jadi asn gue gak setuju tau sendirilah citra buruk asn...dewas ya wajib ada...nggak ada dewas ntar bisa bisa KPK malah bisa mainkan politik buat yg order


masing2 poin ada plus minusnya....

misal utk polemik asn ini.
secara singkat....mengenai asn

MINUS:
>"produk" asn Indonesia masih dianggap kurang baik.

PLUS:
>klo pegawai kpk jadi asn maka ada rotasi rutin, dan selalu ada "peremajaan" kualitas/performa.
jika ada pegawai yg nongkrong puluhan tahun di instasi ini maka bukan tidak mungkin bisa mempunyai pengaruh besar bahkan terhadap pimpinan2 kpk (yah minimal bisa punya pengaruh thd pegawai2 lain).


cmiiw




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
15-09-2019 09:05
Quote:Original Posted By mudah dihafal
masing2 poin ada plus minusnya....

misal utk polemik asn ini.
secara singkat....mengenai asn

MINUS:
>"produk" asn Indonesia masih dianggap kurang baik.

PLUS:
>klo pegawai kpk jadi asn maka ada rotasi rutin, dan selalu ada "peremajaan" kualitas/performa.
jika ada pegawai yg nongkrong puluhan tahun di instasi ini maka bukan tidak mungkin bisa mempunyai pengaruh besar bahkan terhadap pimpinan2 kpk (yah minimal bisa punya pengaruh thd pegawai2 lain).


cmiiw




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Betul sih bro asn banyakan nongkrong disuatu posisi jabatan seolah olah die yg punya tempat itu...tapi biasanya yg di rotasi bos bosnya...kroco kroco jarang di rotasi...justru kroco kroconya ini yg sok
0
15-09-2019 10:55
se clan dengan wan abud..
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.