jepanghebatAvatar border
TS
jepanghebat
Didominasi dari Amerika, 10 Universitas di Dunia Paling Banyak Hasilkan Miliuner
Jakarta - Reputasi sebuah universitas melejit karena berbagai pencapaian yang telah diraih oleh para mahasiswanya, mulai dari mengikuti perlombaan tingkat nasional hingga inovasi mutakhir di berbagai bidang. Tetapi, bagaimana jika universitas-unviersitas tersebut terkenal karena banyaknya alumni yang menjadi miliuner?

Sebuah organisasi dunia yang begerak di bidang kekayaan, Wealth-X, mengungkapkan hasil riset tentang universitas yang menghasilkan paling banyak miliuner di dunia. Riset tersebut mendata semua individu yang memiliki nilai kekayaan minimal Rp418 miliar yang disebut sebagai Ultra High Net Worth Individual (UHNW) atau individu dengan kekayaan bersih ultratinggi.

Dilansir dari Wealth-X, mengumpulkan berbagai universitas yang memiliki paling banyak menelurkan alumni miliuner.


1. Universitas Harvard

Universitas pencetak miliuner terbanyak ada di Amerika Serikat (AS) yaitu Universitas Harvard. Kampus ini menelurkan nama-nama seperti CEO Microsoft Steve Ballmer, co-founder Airbnb Nathan Blexharczyk, hingga Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Secara keseluruhan, dari Harvard ada sekitar 13.650 miliuner dengan total kekayaan mencapai USD 4.769 triliun (Rp66,5 kuadriliun) jika semuanya dikumpulkan.

2. Unviersitas Stanford

Univesitas kedua di AS yang mencetak 5.580 miliuner adalah Universitas Stanford. Nama-nama seperti Bobby Murphy dan Evan Spiegel pendiri Snapchat, Larry Page pendiri Google dan CEO Alphabet, Brian Acton co-founder WhatssApp, adalah alumni yang jika kekayaannya ditotal mencapai USD 2,899 triliun (Rp40,4 kuadriliun).

3. Universitas Pennsylvania

Elon Musk pendiri Tesla dan SpaceX, Warren Buffett CEO Berkshire Hathaway, hingga hampir seluruh keluarga Donald Trump adalah alumni dari Unviersitas Pennsylvania. Selain itu, ada pula Steve Wynn yang merupakan seorang pebisnis sejati di dunia kasino. Jika keseluruhan 5.575 biliuner yang merupakan alumni Universitas Pennsylvania tersebut dikumpulkan, maka kekayaannya mencapai USD 1,780 triliun (Rp24,8 kuadriliun).

4. Universitas Columbia

Masih dalam deretan Ivy League, Universitas Columbia menduduki peringkat empat penghasil miliuner dunia dengan jumlah mencapai 3.925 orang. Robert Kraft pemilik New England, Jerry Speyer pemilik The Chrhysler Bulding dan Rockfeller Center, hingga Warren Buffett yang mengambil master di universitas ini adalah nama-nama alumni yang kekayaan keseluruhannya mencapai USD 1,501 triliun (Rp20,9 kuadriliun).

5. Universitas New York

Hasilkan 3.380 miliuner dari almamaternya, Universitas New York memiliki alumni miliuner dengan total kekayaan mencapai USD 712 triliun (Rp9,9 kuadriliun). Mulai dari Ursula Burns CEO Xerox, Leslie Alexander pemilik NBA Rockets, hingga Jack Dorsey pencetus Twitter, Universitas New York berada di peringkat lima dari universitas penghasil miliuner terbanyak di dunia.

6. Institut Teknologi Massachsussets (MIT)

Salah satu unviversitas berbasis teknologi yang begitu populer di dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) atau Institut Teknologi Massachussets juga tidak mau ketinggalan untuk menghasilkan miliuner di bidang teknologi. Nama-nama seperti dua bersaudara Koch yang mendirikan Koch Industri hingga Irqin Jacobs yang ikut mendirikan Qualcomm serta Bulent Eczacibasi sebagai pendiri Eczacibasi Holding adalah beberapa contoh alumni MIT. Total kekayaan dari 2.785 alumni yang berhasil menjadi miliuner adalah USD 990 triliun (Rp13,8 kuadriliun).

7. Universitas Cambridge

Menjadi satu-satunya universitas yang berada di luar Amerika Serikat, Universitas Cambridge memiliki 2.760 alumni yang memiliki total kekayaan mencapai 390 triliun (Rp5,44 kuadriliun). Baron Thomson yang menjadi penguasan kerajaan media Reuters, Sir Martin Sorrel yang bergerak di WPP Advertising, hingga Lord Bilimoria yang mendirikan Cobra Beer adalah miliuner di antara 2.760 alumni Cambridge.

8. Universitas Northwestern

Menempati peringkat ke-8, Universitas Northwestern memiliki jumlah alumni miliuner mencapai 2.725 orang. Total keseluruhan kekayaannya mencapai USD 389 triliun (Rp5,42 kuadriliun). Patrick Ryan sebagai pencetus AON Corporation, Alfred Nu Steele sebagai CEO Pepsi-Cola dan juga ikon Playboy dunia, Hugh Hefner adalah para alumni universitas ini.

9. Universitas California Selatan

Pembuat salah satu film seri science-fiction paling laris dan menguntungkan di dunia, Star Wars adalah ciptaan salah satu alumni dari University of Southern California. Selain itu ada juga Marc Benioff yang mendirikan Salesforce. Jumlah alumni yang berhasil menjadi miliuner alumni kampus ini mencapai 2.645 orang dengan jumlah kekayaan mencapai USD 548 triliun (Rp7,6 kuadriliun).

10. Universitas Chicago

Meski berada di peringkat 10 dari deretan alumni terbanyak yang menjadi miliuner, Universitas Chicago memiliki jumlah total kekayaan dari 2.405 alumni mencapai USD 707 triliun (Rp9,8 kuadriliun). Bahkan, CEO Microsoft dan co-Founder Oracle adalah alumni dari universitas ini, yaitu Satya Nadella dan Larry Ellison.

Didominasi Amerika Serikat, universitas di atas memang masuk sebagai Ivy League, yaitu universitas paling bonafit di Amerika Serikat. Apakah kamu berminat menjadi salah satunya mahasiswanya?

[url]https://m.akuraS E N S O Rid-762500-read-didominasi-dari-amerika-serikat-10-universitas-di-dunia-paling-banyak-hasilkan-miliuner[/url]

Gila, 10 universitas, amerika kuasai 9 univ, satunya inggris!!

Mana singapura?
mana china?
mana Indonesia?
mana jepang?
mana korsel?
mana malaysia?


tidak ada satupun dari Asia..

suka ga suka, Amerika Serikat memang negara terbaik di kolong langit ini!!!!!
esaka.kedua
steven.thereds
ffffffffffffffu
ffffffffffffffu dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.6K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.