News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7d14fbfacb9552873e73c4/khofifah-sebut-radikalisme-di-kampus-uin-jakarta-mengerikan
Gubernur Jawa Timmur, Khofifah Indar Parawansa, menyebut penyebaran radikalisme di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta mengerikan. Hal tersebut disampaikan bekas menteri sosial merujuk pada hasil sebuah survei. “Sebuah survei menyatakan kampus UIN Syarief Hidayatullah Jakarta menjadi objek penyebaran radikalisme yang cukup mengerikan. Tidak sedikit anak yang disurvei sepa
Lapor Hansip
14-09-2019 23:27

Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan

Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan

Gubernur Jawa Timmur, Khofifah Indar Parawansa, menyebut penyebaran radikalisme di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta mengerikan. Hal tersebut disampaikan bekas menteri sosial merujuk pada hasil sebuah survei.

“Sebuah survei menyatakan kampus UIN Syarief Hidayatullah Jakarta menjadi objek penyebaran radikalisme yang cukup mengerikan. Tidak sedikit anak yang disurvei sepakat bahwa orang murtad boleh dibunuh,” kata Khofifah saat menghadiri acara Halaqoh Kyai Santri tentang Pencegahan Terorisme di Hotel Grand Syahid Salatiga, Jawa Tengah, pada Sabtu (14/9).

Masih merujuk pada hasil survei, kata Khofifah, tak hanya kalangan mahasiswa, sejumlah dosen juga menjadi objek penyebaran radikalisme. Bahkan juga menyasar lingkungan sekolah dengan objek sasarannya yakni siswa dan guru.

“Survei tersebut menunjukkan tingginya intoleransi di Indonesia,” kata Khofifah.

Karena itu, Khofifah mengajak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk sering bertemu dan duduk bersama menyelesaikan persoalan-persoalan intoleransi.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengungkapkan di Provinsi Jawa Tengah ada tujuh kepala sekolah yang berasal dari SMA, SMK, dan SLB negeri terindikasi telah terpapar radikalisme, sehingga perlu dilakukan pembinaan.

“Sekarang masih kami bina untuk kembali ke jalan yang benar. Kalau tidak mau, ya diambil tindakan tegas,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, sekolah menjadi salah satu tempat yang harus segera dibenahi terkait dengan ideologi bangsa dan negara. Politikus PDI Perjuangan itu mengaku sudah mendapat laporan dari banyak tokoh agama dan masyarakat mengenai penanaman paham radikal yang dilakukan sangat masif di sekolah-sekolah.

Beberapa laporan yang masuk, lanjut Ganjar, radikalisme disebarkan melalui mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. "Sekolah memang yang akan kami bereskan secepatnya dan setelah sekolah adalah pemerintahan. Dua hal ini yang menjadi fokus saya, maka saya mengajak semua organisasi keagamaan untuk bareng-bareng meluruskan ideologi bangsa ini," ujarnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu juga meminta masyarakat untuk aktif berpartisipasi memantau radikalisme.J ika ada hal yang mencurigakan atau terindikasi ada penyebaran paham radikal, segera melapor ke pihak berwenang agar segera ditindaklanjuti.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mrokeoceh dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:07
w yang pernah belajar di kampus UIN baca statemennya lucu aja sih

yang kubu garis keras juga ada, yang kubu liberal juga ada. malah guru-guru besarnya yg bersemayam di kampus pasca-sarjana itu mayoritas anti- sikap radikal. bahkan klo ada seminar soal nasionalisme d kenegaraan, member2 HTI sering di lepeh pertanyaanya sama narasumber emoticon-Ngakak
member ada tapi gak masif, yang pemikiran moderat d liberal malah menurut w yg mayoritas...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sitoy.51704 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
Lapor Hansip
15-09-2019 01:07
Balasan post codimo
Quote:Original Posted By codimo
ancur anak org dididik radikal, kalo udah kena susah disembuhkan.. krn sudah rusak parah otaknya


Ga ada yg mutlak kok, sabar sama konsisten aja kita-nya sebagai orang tua. Kalau udah kelamaan kena infeksi-nya berarti ada yang salah dalam mendidik anakmu. Obatnya ya kasih contoh toleransi pada kelakuanmu sehari2.

Ga usah dikampung2, coba aja naek taksi/gojek, iseng tanya agamu masuk surga ya? ya pasti, yang agama sono? ya masuk neraka... hihi Statistik dari Q & A sederhana ini saja sudah tinggi...jadi memang intoleran itu sudah banyak.

Makanya pencegahan sebelum infeksi ini menjadi wabah itu penting.....emoticon-thumbsup
Diubah oleh Jazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:12
wah gw nongkrong malah kebanyakan orang Liberal ini di UIN baik yang belajar atau bukan..
wkwkwkw BU kop dapat info dari mana ya ?
yang radikal sih ada tapi cuma 1-2 orang ya 0.00001% tapi di semester 3-4 biasanya sadar pada di tepu kaya MLM dicari duitnya doank..
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan rajkapoor memberi reputasi
2 0
2
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:25
dikit dikit bunuh org
0 0
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:26
yg bikin islam radikan ya kita-kita juga, yg mbolehin mereka berkembang di kampus ya kita-kita juga, yg panik ya kita-kita juga. kita-kita ini adalah bagian yg mengerikan itu. ampe sekarangpun kita-kita ini masih permisif kalau islam dijalankan secara radikal. menjalankan islam secara radikal itu amat bahaya seperti konsumsi obat secara berlebihan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lyndonbaines dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
Lapor Hansip
15-09-2019 01:26
Balasan post lastcar
Quote:Original Posted By lastcar


Kalau boleh tahu, ada ga uin yang ga terpapar radikalisme ya mustard abu monyet al-kaskusi? emoticon-Salaman


Masih ada ta akhi, UINTAET = Universitas Islam Negeri Ntah Dimana Letak-nya ya aki, ane salah satu lulusannya lulus dengan predikat Summa Cum Laude, dengan gelar ustd. dr. Kh. Abu Monyet al Kaskusi, MMA, Llc ya akhi emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh monyet2012
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:39
pas skripsi nanti bisa2 judul skripsinya "pengaruh bom bunuh diri terhadap brand equity, brand image, perceived quality pada surga" emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anemon36 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 01:42
Uin setau gue pada mabok deh bocah nya emoticon-Bingung (S)
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
0 1
-1
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 02:07
Radikal radikul hanya cap dari orang yg tidak suka dan tak sepaham,,yg melanggar hukum positif adalah aksi yg sudah terjadi baru ditindak sesuai ketentuan hukum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 02:13
Kalau tidak bisa dibina, dibinasakan saja.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
qavir dan rajkapoor memberi reputasi
1 1
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 02:55
ITB apalagi...
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 02:58
Coba survei di petamburan.
0 0
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
Lapor Hansip
15-09-2019 03:29
Balasan post kenpachiku
Quote:Original Posted By kenpachiku


Ane mantan UIN, saat ini dah murtad, harus diakui UIN syahid Jakarta itu macam2, golongan yg radikal ada dan jumlahnya banyak tapi golongan liberal juga ada banyak, bagusnya dulu ane lebih sering diajarin sama dosen yg liberal condong ke JIL

Tapi emang virus radikalisme masih ada banyak di mantan kampus ane emoticon-Big Grin

Btw ada temen dari UI justru yg radikal itu ada banyak juga di UI terutama di bagian kemahasiswaan nya disana seperti BEM n rohis nya emoticon-Big Grin

Tauk sendiri Depok gimana emoticon-Leh Uga


ngeri ane bacanya, efek pengajian cuma mengajarkan "tujuan akhir" dengan jalan salah yg dianggap "pasti benar"...

hanya contoh, "seseorang wajib beramal, agar dia mendapatkan pahala kemudian masuk surga", tapi pernahkah diajarkan, untuk seseorang bisa memiliki kemampuan untuk beramal, seseorang terlebih dahulu harus tahu cara yg benar untuk mencari modal yg nantinya akan mereka gunakan dalam beramal... tapi jika "oknum ulama" tersebut mengajarkan mereka untuk mengelola keuangan mereka dengan baik, mereka mungkin takut jatah "shodakoh" akan berkurang kepada "mereka"

contoh lain, "seseorang harus mampu menahan nafsu", tapi pernahkan dijelaskan bagaimana cara menahan nafsu yg benar, akhirnya alih2 mengendalikan diri sendiri, faktor external yg disalahkan, karena baju anda, saya jadi tidak tahan dan berdosa, anda biadap dan tercela, karena anda jual makanan, saya jadi batal puasa, WHAT THE HELL? cara pikir bagaimana ini?

sebenarnya saya bicara ini juga ngeri2 sedap, tapi mau bagaimana lagi, terlalu banyak "oknum" sampai2 sudah tidak pantas disebut "oknum", dan ironisnya, yg benar2 ikhlas dan tulus justru sungkan dengan oknum, akhirnya si oknum sendiri posisi selalu lebih strategis dari pada yg benar2 baik, yg baik takut mengajarkan sesuatu karena berpikir dirinya masih kurang baik, yg buruk mengajarkan banyak hal yg salah karena sudah berpikir dirinya sangat baik, yg pintar terlalu takut bicara salah, yg bodoh berani bicara tanpa perlu berpikir resiko di belakang, mungkin seperti ane juga, yg tadinya kasih cendol hanya karena teringat nama kenpachi zaraki yg di nerf sama om tite kubo, akhirnya malah ikut komen, sungguh alasan komen yg bodoh...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 03:40
pertanyaan saya
kenapa mereka bisa terpapar radikalisme?
kenapa mereka percaya boleh membunuh yang murtad?
itu universitas loh

berarti pasti ada sumber tertulis yang tidak bisa dibantah oleh mahasiswa mereka bukan?

sudah saatnya revisi demi masa depan indonesia bahkan dunia yg lebih baik

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucid dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 03:42
Quote:Original Posted By tukangbolos
Gubernur Jatim ngomentari UIN Jakarta yang ada di Banten emoticon-Big Grin

Yang ane lihat kondisi di UIN Jakarta termasuk paling kondusif dibanding UIN lainnya. Disana kekuatan nya berimbang antar berbagai ormawa bekingan parpol-parpol.. dan meskin ormawa itu bekingan parpol oposisi sekalipun masih kondusif nggak seliar yang diomongin Bu gubernur..

Kecuali kl ngomongin gerakan underground. Nah ini beda lagi emoticon-Shutup


Wkwk ... lucu kan ya gan ane sepaham ama ente, doi ga tau sehari2 sikon di sana sok ngomentarin. Survey nya salah ngambil orang kali doi ya. Ambilnya yg underground.

Ane yg lulusan sana ajah ngakak sumvah bacanya. Intoleransi gmn coba? Kampus ane pas jaman ane kuliah ajah banyak bule-bule yang notabene non-muslim kuliah juga, meski bukan di fakultas ane. Ga ada tuh yg rusuh, bahkan temen2 ane kadang suka deket2in becandain tuh bule.

Trus dulu ada temen ane yang ketarik aliran underground, kita bela2in balikin dia dengan cara persuasif, ga maen asal tempeleng ajah karena udah keluar jalur.

Ane dari dulu emang kurang respect sama orang satu itu, capabilitasnya agak meragukan.
Diubah oleh tsuway.c001
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
2 0
2
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 03:59
heleh radikal di kampus mah wajar
0 0
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 04:01
Quote:Original Posted By balonkempes
Makanya di perusahaan gw lulusan dari kampus kampus radikal di black list. Boro boro dilanjut ke proses interview. CVnya aja diliat juga kagak wlwkwkkwkwkwkwk...... kita ga terima penyakit emoticon-Ngakak


Wahh sayang ya, tapi beruntung sih bisa besar di tempat lain mereka ...

Quote:Original Posted By nowbitool
w yang pernah belajar di kampus UIN baca statemennya lucu aja sih

yang kubu garis keras juga ada, yang kubu liberal juga ada. malah guru-guru besarnya yg bersemayam di kampus pasca-sarjana itu mayoritas anti- sikap radikal. bahkan klo ada seminar soal nasionalisme d kenegaraan, member2 HTI sering di lepeh pertanyaanya sama narasumber emoticon-Ngakak
member ada tapi gak masif, yang pemikiran moderat d liberal malah menurut w yg mayoritas...


Toss lah gan ... sesama alumni UIN, bicara tanpa data ya sama ajah hoax ... kalo orang mau sidang skripsi ajah nara sumbernya harus jelas, ini ngomongin UIN Jakarta tapi yg mau dibenahi sekolah/pendidikan di jatim ... relevansinya dimana, Bambaaaaang!!

Quote:Original Posted By anarchy0001
wah gw nongkrong malah kebanyakan orang Liberal ini di UIN baik yang belajar atau bukan..
wkwkwkw BU kop dapat info dari mana ya ?
yang radikal sih ada tapi cuma 1-2 orang ya 0.00001% tapi di semester 3-4 biasanya sadar pada di tepu kaya MLM dicari duitnya doank..


Bener nih, malah yg underground2 itu ga ada satu persennya kali, temen ane pernah ngalamin ditipu puluhan juta cuma buat yg katanya penebusan dosa ...

Entah ibu satu ini ngambil data ga valid dari mana emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 04:06
sudah tepat buat pindah ibukota
0 0
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
15-09-2019 04:37
waduh bahaya nih, kok masih ada aja radikalisme kek gini, padahal kalau di lihat apa untungnya untuk mereka
0 0
0
Khofifah sebut radikalisme di kampus UIN Jakarta mengerikan
Lapor Hansip
15-09-2019 04:37
Balasan post tsuway.c001
Quote:Original Posted By tsuway.c001


Wahh sayang ya, tapi beruntung sih bisa besar di tempat lain mereka ...



Toss lah gan ... sesama alumni UIN, bicara tanpa data ya sama ajah hoax ... kalo orang mau sidang skripsi ajah nara sumbernya harus jelas, ini ngomongin UIN Jakarta tapi yg mau dibenahi sekolah/pendidikan di jatim ... relevansinya dimana, Bambaaaaang!!



Bener nih, malah yg underground2 itu ga ada satu persennya kali, temen ane pernah ngalamin ditipu puluhan juta cuma buat yg katanya penebusan dosa ...

Entah ibu satu ini ngambil data ga valid dari mana emoticon-Cool


Si ibu coba suruh main ke UI disana yg aktif di BEM dan rohisnya itu lebih radikal lagi, ya wajar sih, disana PKS nya kentel bgt, kayak kemarin aja yg kasih kartu kuning kowi dari BEM sana dan itu terindikasi radikal fekaes emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia