alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7d1823018e0d62517a85e7/siapa-bilang-ibu-kota-pindah-itu-buruk-ini-dampak-positifnya
Lapor Hansip
14-09-2019 23:41

Siapa Bilang Ibu Kota Pindah Itu Buruk! Ini Dampak Positifnya

Siapa Bilang Ibu Kota Pindah Itu Buruk! Ini Dampak Positifnya


Siapa Bilang Ibu Kota Pindah Itu Buruk! Ini Dampak Positifnya


Telah kita ketahui negara Republik Indonesia telah melakukan perpindahan berkali-kali dari Jakarta, Yogyakarta, Bukit Tinggi dalam masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), berulang di Yogyakarta lalu kembali ke Jakarta hingga  sekarang dan pada tanggal 26 Agustus 2019 diumumkan oleh Presiden RI Jokowi bahwa ibu kota negara Republik Indonesia akan dipindahkan ke provinsi Kalimantan Timur di dua Kabupaten yaitu sebagian Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara yang perencanaan wacana perpindahan tersebut akan dieksekusi  pada tahun 2024 mendatang. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di sini.

Pro kontra tentang wacana perpindahan ibu kota negara RI merupakan salah satu polemik negara kita beberapa waktu yang lalu. Namun, penolakan apa pun ternyata tidak menghentikan rencana tersebut.

Sebab telah terlihat program pembangunan mulai dijalankan dengan adanya pembangunan tol di Balik Papan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer yang membentang melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara juga jalan tol ini sebagai akses langsung ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan dan direncanakan akan beroperasi secara fungsional pada akhir Oktober 2019.

Besar harapan rakyat demi kebaikan dan kemajuan negeri ini serta dengan adanya perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam Pasar Utara dan Kutai Kertanegara tentunya berdampak positif demi perkembangan pada umumnya bagi negara Indonesia dan khususnya bagi ibu kota baru nanti. Dari sudut pandang saya. Perpindahan ibu kota RI akan menjadikan Indonesia lebih baik di berbagai bidang.

Berikut beberapa harapan masyarakat dan dampak positif dengan perpindahan ibu kota tersebut :

Harapan-harapan dari masyarakat

~ Dengan adanya perpindahan ini diharapkan hutan-hutan di provinsi Kalimantan tetap menjadi satu prioritas agar tetap terjaga ekosistem alamnya serta pengolahan lahan yang terstruktur. Sebagaimana kita ketahui hutan Kalimantan telah menjadi paru-paru dunia.

~ Diharapkan pemerintah tetap menjamin hak-hak warga asli komunitas Dayak agar tidak punah, tetap terjaga dan tak tersingkirkan tatanan adatnya, situs budaya yang ada, hutan dan lahan tempat mereka mencari nafkah, serta mengenai ritual-ritual sakral yang biasa mereka lakukan di hutan sebagaimana ketakutan-ketakutan mereka atau biasa disebut culture shock (geger budaya).

Di mana mereka secara turun temurun telah mendiami daerah Kalimantan khususnya daerah Penajam Pasar Utara dan Kutai Kertanegara, merupakan daerah yang ditetapkan sebagai ibu kota baru.

~ Adanya peningkatan pendidikan terhadap sumber daya manusia yang masih minim.


Dampak positif dari perpindahan ibu kota :

~ Perpindahan akan berdampak bagi sektor perekonomian.


Sebagai daerah ibu kota baik itu daerah di sekelilingnya yang sebelumnya telah berkembang di antaranya Samarinda dan Balik Papan akan membawa keuntungan dan menambah penghasilan bagi masyarakat baik di daerah maupun di Ibu kota nantinya dengan adanya lalu lintas perdagangan.

~ Dampak di sektor kebudayaan dan pariwisata

Akan menambah devisa dari sektor kebudayaan dan pariwisata dengan adanya lintas budaya, kebiasaan dan adat yang beragam di antara pendatang  dan masyarakat lokal.

Selain itu kebudayaan lokal akan lebih dikenal oleh masyarakat dunia. Pembauran itu tidak menutup kemungkinan akan tercipta akulturasi kebudayaan.

~ Dari sektor pembangunan

Akan menambah penghasilan masyarakat yang bekerja dalam bidang ini dengan adanya pembangunan infrastruktur untuk kepentingan negara sebagai daerah administratif pemerintahan di antaranya markas TNI, gedung MPR, gedung DPR dan lain-lain.

~ Dalam sektor pendidikan

Adanya pembangunan gedung-gedung sekolah akan membantu permasalahan pendidikan baik di kota maupun di daerah pelosok dengan ketersediaan pengajar dan fasilitas lainnya.

Dan berikut denah ibu kota Indonesia yang baru :



Dan apa kabar Jakarta nantinya sebagai ibu kota lama. Menurutku Jakarta tetaplah Jakarta dan segala kesibukannya. Yang berkurang hanyalah aktifitas pemerintahannya. Perpindahan ini juga memperlihatkan kita adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Tentunya dengan perpindahan ibu kota akan mengurangi populasi penduduk di Jawa---khususnya Jakarta dan segala permasalahan salah satunya kemacetan.

Siapa Bilang Ibu Kota Pindah Itu Buruk! Ini Dampak Positifnya


Sebagai warga saya berharap dengan perpindahan ibu kota akan menjadikan Indonesia semakin maju dan besar ke depannya.
Diubah oleh rykenpb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indahmami dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
14-09-2019 23:41
reservd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrianaryna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
14-09-2019 23:41
this post for me
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ajang.dee memberi reputasi
2 0
2
14-09-2019 23:42
again ah untuk yg suka jebolin
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ajang.dee memberi reputasi
2 0
2
14-09-2019 23:42
Kampret: am i joke to you
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
14-09-2019 23:55
Quote:Original Posted By mimicat
Kampret: am i joke to you


Wah waktunya kampret nih kliling haha
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ajang.dee memberi reputasi
2 0
2
14-09-2019 23:59
Wahahahaha mantul
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
15-09-2019 00:01
aamiin. terus maju Indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:02
Quote:Original Posted By rykenpb
reservd


Optimis untuk Indonesia ya Kak
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:05
indonesia maju
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:08
Quote:Original Posted By ajang.dee
Wahahahaha mantul


Mantul mlulu jang


Quote:Original Posted By nofivinovie
aamiin. terus maju Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Aamiin. gak rusuh2 lagi hehe


Quote:Original Posted By VitaArkana
Optimis untuk Indonesia ya Kak


Iya donk


Quote:Original Posted By rofiielbanany
indonesia maju


Oke
0 0
0
15-09-2019 00:20
moga yg terbaik aj
pengen liat indo jadi negara maju
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Lapor Hansip
15-09-2019 00:22
Balasan post mimicat
Quote:Original Posted By mimicat
Kampret: am i joke to you


tenang
kampret g punya duit buat demo luar pulau emoticon-Ngakak

lum pernah ktm mandaunya dayak kan emoticon-Ngakak
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:23
Semoga ke depannya ibukota lebih baik dari sebelumnya
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:27
intinya smua utk kebaikan indonesia kedepan
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:38
Pindah ya silahkan

Tapi ane ga sreg sama desainnya, meskipun baru gagasan awal, yg cuma pake animasi lumion ama gambar ppt ala2 pemerintah (font standar, banyak kata2 berbelit, minim grafis, template warna gradasi)... untuk skala nasional, ane ga terima kalo bentukannya gitu doang.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 00:53
Apapun yang di lakukan Presiden JOKOWI kita dukung saja gan untuk kemajuan Indonesia
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 01:25
semoga indonesia semakin maju👌.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 01:29
pan kite ini kagak ada beda ama pedagang pasar tanah abang. untuk mindahin perlu pentungan / pelor karet, gigitan anjing polisi, mandi water cannon ama gas airmata. tapi pas udah pindah disuruh balik ke tempat lama ya kagak mau.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
15-09-2019 01:42
Quote:Original Posted By tuaknantulang
moga yg terbaik aj
pengen liat indo jadi negara maju


Aamiin. Slm knl gan


Quote:Original Posted By sukakuda
tenang
kampret g punya duit buat demo luar pulau emoticon-Ngakak

Ngutang haha


lum pernah ktm mandaunya dayak kan emoticon-Ngakak


Yg terbang sndiri tuh
0 0
0
15-09-2019 01:44
Quote:Original Posted By delia.adel
Semoga ke depannya ibukota lebih baik dari sebelumnya


Iy beb amiin

Quote:Original Posted By rofiielbanany
intinya smua utk kebaikan indonesia kedepan


Amiin aamiin dah

Quote:Original Posted By Baringbing
Apapun yang di lakukan Presiden JOKOWI kita dukung saja gan untuk kemajuan Indonesia


Slma itu baik gan


Quote:Original Posted By 8nurjanah8
semoga indonesia semakin maju👌.


Aamiin aamiin


Quote:Original Posted By kingoftki
pan kite ini kagak ada beda ama pedagang pasar tanah abang. untuk mindahin perlu pentungan / pelor karet, gigitan anjing polisi, mandi water cannon ama gas airmata. tapi pas udah pindah disuruh balik ke tempat lama ya kagak mau.



buknnya suka tmpt lma haha
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan delia.adel memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.