alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e92a8c8393a1b9705aecc/rasisme-berarti-menyakiti-bagian-tubuh-sendiri-benar
Lapor Hansip
22-08-2019 20:03
Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?
Tentang Rasisme

Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?

Assalamu'alaikum....

Menurut wikipedia rasisme adalah kepercayaan atau doktrin yang menyatakan suatu ras lebih unggul, sehingga bisa mengatur dan menguasai kelompok lainnya. Dengan kata lain, membedakan seseorang dilihat dari warna kulit, bahasa daerah dan tempat tinggal. Yang tidak sama dianggap musuh atau boneka yang bisa diatur-atur.

Kasus rasisme akhir-akhir ini menjadi masalah yang sedang menimpa Negeri. Yang terbaru adalah kasus rasisme di Surabaya. Menurut kronologi yang TS baca dari Tribun News kejadian ini berawal dari kesalahpahaman.

Di mana pemicunya adalah sebuah pesan di wa yang menyebarkan info yang belum jelas kebenarannya. Akhirnya berujung pada penggerebekan asrama mahasiswa di Surabaya. Selengkapnya baca di sini!

Sebenarnya kalau ditelusuri, penyebab kasus ini adanya provokasi dari pihak ketiga. Ya, kumpulan penjajah yang menginginkan kehancuran bangsa kita. Mereka musuh yang berbahaya, karena memakai topeng orang baik yang siap meluluh lantahkan Indonesia kita.

Teknik adu domba yang mereka pakai berhasil membuat keos bangsa ini. Berbagai kerusuhan pun terjadi sebagai bentuk solidaritas. Mereka yang merasa kaumnya terdzolimi tak tinggal diam. Seperti anggota tubuh, jika ada satu saja yang sakit semua ikut merasakannya.

Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?

Referensi gambar

Ngomongin tentang perbedaan, TS pernah punya pengalaman. Beberapa tahun lalu, tinggal satu kost dengan anak dari Papua. Berbeda, jelas! Dari yang paling kecil, bahasa sehari-hari. TS nggak ngerti bahasa mereka, pun mereka tidak paham apa yang TS katakan. Tapi itu bukan berarti kita tidak bisa bersama. Bukankah kita punya bahasa persatuan, bahasa Indonesia? Diantara bahasa Jawa dan Papua ada bahasa nasional Indonesia. Bukan hanya dari bahasa, dari nada berbicara pun kita tidak sama. Jawa terkenal dengan lemah lembutnya, sedangkan Papua khas dengan ketegasannya.

Awal-awal pasti kaget, itu ngomong atau marah? Tapi alah bisa karena biasa. Kalau mau ngomongin berapa banyak perbedaan TS dan teman satu ini tidak akan ada habisnya. Jangankan dengan orang yang beda daerah, saudara sedarah pun pasti ada perbedaanya.

Daripada menghitung seberapa banyak perbedaan, apa tidak lebih baik menyatukannya demi mencipta keindahan? Indonesia kaya akan keberagaman ras, suku, budaya, bahasa, dan berbagai macam adat istiadat. Dengan perbedaan itulah bangsa kita dikenal dunia.

Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?

Gambar dari sini

Rasisme menjadi pekerjaan rumah kita semua. Menghargai perbedaan orang lain sangat penting untuk mengusir virus rasisme ini. Apa sih yang perlu kita sombongkan? Sama-sama ciptaan Tuhan yang tidak sempurna. Beda warna kulit, beda bahasa, beda adat tapi tetap berpijak di bumi pertiwi yang sama. Kita itu satu tubuh, jika ada satu yang tidak sehat semua merasakan sakitnya. Papua bagian dari Indonesia!

Kita bersama Papua!
Tagar itu mulai ramai di media sosial. Itu bukti dukungan moral kepada saudara satu tumpah darah. Sebagai saudara, tentu kita tidak ingin ada saudara yang terdiskriminasi di rumah sendiri. Jika kalian menangis, kita juga ikut tersakiti. Jangan biarkan para pengadu domba bersorak kegirangan! Mari kita rapatkan barisan, agar tidak ada pihak ketiga yang mengusik kedamaian Negeri! Pepatah mengatakan Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh! Bhineka tunggal ika semboyan bangsa Indonesia.

Masih berpikir rasisme itu cerminan masyarakat kita? Papua adalah kita. Menyakitinya berarti menyakiti diri kita sendiri. Setuju?

lagu Satu Indonesiaku


IAf, 22 Agustus 2019

Refensi: opini pribadi TS dan berbagai sumber yang TS sisipkan di atas

Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?
Diubah oleh idaalfaqieh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 5
09-09-2019 11:30
mana saya tau

mungkin bawah bsa menjelaskan :tepuktangan
0
10-09-2019 05:46
Walau berbeda-beda tetap satu jua. 😍
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
10-09-2019 16:05
kita semua sama, bersaudara. tak perlu menyatakan siapa yang lebih unggul.
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
14-09-2019 18:52
Quote:Original Posted By berbagi274
aku dipanggil Sist....


I'm sorry Maang. Lagi kurang a**a ituemoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Wah? Sama syapa om?
emoticon-Ngakak


Ane tuh, di atasemoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By elvici
papua saudara kita. saya berkunjung ke sana. mereka bersahabat


Yes, semua bersaudaraemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By lina.wh
Cinta damai...


Alhamdulillah. Damai is the bestemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By Surobledhek746
sakit gigi sakitnya di kaki


Ko' bisa Yah?emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By indahmami
Yup, bener banget ntuh.
emoticon-Cool


Yes, setuju yaemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By YenieSue0101
Kamu sakit akupun sakit emoticon-Belum Tidur


Kita sama2 sakitemoticon-Mewek
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1
14-09-2019 18:55
Quote:Original Posted By istijabah
I love Indonesia
I love Papua
Kita semua saudara


Kita satu tumpah darahemoticon-DP

Quote:Original Posted By mbak.far
provokator = biang kerok = musnahkan emoticon-Blue Guy Bata (L)


Tenggelamkan! Sabda ibu Susiemoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Iya, gigi sakit ikut meriang, seperti itulah kita, klo benda mati aja bisa membuat darah kita berkobar, sesama manusia seharusnya lebih lebih lagiemoticon-Ngacir


Kl sakit gigi aja yang nangis mata yakemoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By 7vhia
mana saya tau

mungkin bawah bsa menjelaskan emoticon-Tepuk Tangan


Coba kita tanya sama2emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By haz0204
Walau berbeda-beda tetap satu jua. 😍


Bhineka tunggal ikaemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By meanynovendi
kita semua sama, bersaudara. tak perlu menyatakan siapa yang lebih unggul.


Sama2 berpijak di bumi satuemoticon-2 Jempol
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.