News
Batal
KATEGORI
link has been copied
332
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b758ef0bdb255fe4bb02c/jokowi-kerek-cukai-harga-rokok-naik-35-persen-tahun-depan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat untuk menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen tahun depan. Kenaikan tarif cukai membuat rata-rata harga jual eceran rokok diperkirakan meningkat 35 persen dari harga jual saat ini.
Lapor Hansip
13-09-2019 17:55

Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan

Past Hot Thread

Quote:
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 16:18 WIB

Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan


Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat untuk menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen tahun depan. Kenaikan tarif cukai membuat rata-rata harga jual eceran rokok diperkirakan meningkat 35 persen dari harga jual saat ini.



Hal ini diungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai rapat terbatas bersama Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta para menteri Kabinet Kerja lain. Rapat terbatas dilangsungkan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (13/9).

"Kami memutuskan bahwa kenaikan ditetapkan sebesar 23 persen untuk tarif cukainya dan 35 persen untuk harga jualnya. Ini akan disampaikan di PMK untuk average-nya 23 persen tarif cukai dan 35 persen untuk harga jual," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan keputusan kenaikan tarif cukai dan harga rata-rata rokok eceran sudah final dan akan dituangkan dalam peraturan menteri keuangan (PMK). Kendati begitu, pelaku industri bisa mulai memesan pita cukai kepada pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan dalam waktu dekat, tepatnya pada masa transisi pemberlakuan aturan baru.

"PMK akan kami berlakukan sesuai dengan keputusan Bapak Presiden mulai 1 Januari 2020. Pemesanan pita cukai bisa dilakukan di masa transisi," ungkapnya.

Bendahara Negara mengatakan keputusan tarif final cukai dan harga jual eceran sudah mempertimbangkan banyak hal. Pertama, dari sisi peningkatan jumlah perokok di Indonesia.

Data Kementerian Keuangan mencatat jumlah perokok meningkat di kalangan perempuan dari 2,5 persen menjadi 4,8 persen pada akhir tahun lalu. Begitu pula dengan perokok kalangan anak, naik dari 7 persen menjadi 9 persen.

"Kami perlu perhatikan penggunaan cukai untuk mengurangi tren kenaikan konsumsi rokok," katanya.

Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan


Kedua, dari sisi keberadaan industri rokok ilegal. Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan kenaikan tarif cukai yang terlalu tinggi bisa memicu kesuburan industri rokok ilegal.

Sebab, rokok berpita cukai yang cenderung meningkat harganya akan membuat perokok mencari rokok yang lebih murah. Salah satunya rokok ilegal yang tidak berpita cukai alias tidak menyetor pungutan kepada negara.

"DJBC sudah menurunkan rokok ilegal menjadi hanya 3 persen. Tapi kalau (cukai dan harga rokok) naik tinggi, ini akan membuat insentif bagi para pelaku rokok ilegal untuk meningkatkan produksinya," jelasnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani mengklaim keputusan pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai implikasi di sektor-sektor lain, misalnya perkebunan tembakau, industri, kesehatan, ketenagakerjaan, dan lainnya.

"Penetapan ini kami perhatikan tiga hal, yaitu bisa mengurangi konsumsi rokok, mengatur industri, dan tetap menjaga penerimaan negara," pungkasnya.





Quote:Lumayan nambah pemasukan buat menambal defisit BPJS..
Marlboro 25rb berarti naik jadi 32rb-35rb


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 15
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:10
Quote:Original Posted By ichad14
Rokok itu mempunyai dua sisi, jangan dianggap buruknya saja, emangnya rokok nggak menyumbang pendapatan buat negara...

BTW klo rokok tahun depan bakalan naik, klo nimbun rokok dari sekarang trus jualnya tahun depan kn lumayan tuh ...emoticon-Ngakak


Ide bagus emoticon-Ngakak
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:16
Mending harga dinaikin jd 100rb... Terserah deh lu yg pada ngrokok bisa beli apa kagak... Suruh aja ngisep sampah yg dibakar kalau kaga bisa beli... kan sama aja asep2 juga yang diisep!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:24
cih cuma 35% dikit amet, naik 100% juga masih sanggup beli kok ...
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:30
Hmmm!

emoticon-Cape d...
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:32
Usaha bako berarti Ahahahaha
Diubah oleh vertuil
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:43
cuma 35% mah enteng....emoticon-Cool
Bikin 1.000 % donk....emoticon-Cool
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:43
Ah elo mau pajaknya aja, di naikin pulak
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:48
Quote:Original Posted By gesit.79
Kalau rokok mungkin bukan hobi kali gan..candu mungkin iya, soalnya kalau hobi menhasilkan sesuatu, kalau rokok menghabiskan sesuatu, walaupun menghasilkan kepuasan bagi penggunanya


No no no Pablo
Rokok menghasilkan sesuatu
Yaitu asap
emoticon-Cool



Mau naik jadi sejuta sebungkus kek masih ane beli kalau masih mampu emoticon-Cool
Ane nyerah merokok kalau tidak ada lagi yang namanya pabrik rokok dan petani tembakau sama gak ada duit emoticon-Ngakak



Rokok+kopi buat gue kerja depan komputer makin konsen
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:56
Quote:Original Posted By barangku
Mending harga dinaikin jd 100rb... Terserah deh lu yg pada ngrokok bisa beli apa kagak... Suruh aja ngisep sampah yg dibakar kalau kaga bisa beli... kan sama aja asep2 juga yang diisep!!


Sama sama sampah juga yang dihisep emoticon-Leh Uga
Kalo mau ngilangin stress ngeganja aja sekalian biar cespleng emoticon-Leh Uga
Diubah oleh wen12691
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:57
mahal pun bisa di patahkan bagi 2 pak.bisa buat bontot buat besok harinya.
emoticon-Ngakakemoticon-Cool
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 10:58
untung ane udah pensiun dari rokok
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:00
Brp pun nilai kenaikan nya tetap daya beli masih tinggi emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:06
alhamdulillah... taon depan salaman dari orang orang yang mau terima kasih dengan bilang..

"uang rokok saja" makin naek..

sebelumnya 15-30rb... mudah"an naek jadi gocap...


aminin aja deh..

HIDUP CALO!!! emoticon-Cendol Gan
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:11
roko naik bagus lah,biar gw bisa berenti ngeroko emoticon-Frown
profile-picture
lupineprince memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:13
Quote:Original Posted By khakhapu
ARDATH...legen itu mah...
Aku
Rela
Ditidurin
Asal
Tidak
Hamil

Viva rokok Suket teki, Grendel, Apache, Djagung, Gudang Baru...bakal naik omset penjualannya


emoticon-Cool ts anggota club ardath sobek jgn jgn .. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:17
Tetap aja banyak yg beli
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:17
mending dirokok saja gan lebih nikmat
profile-picture
bogemdw memberi reputasi
0 1
-1
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:19


Quote:Original Posted By jamie76
Aku
Rela
Ditiduri
Asal
Tidak
Hamil

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Ada Rokok DAtang Teman Habis
0 0
0
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:20
Industri rokok ilegal digerebek aja. Sita assetnya. Termasuk asset pemilik2nya, ditambah denda yang sangat besar, ikut sertakan kpk untuk proses ini.. Kita lihat apakah masih berani bikin industri rokok ilegal ??
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
14-09-2019 11:29
Ngapain naikin pajak rokok. Lebih baik tutup aja pabrik rokok.
pemerintah lagaknya doang mo menghentikan rokok. Tapi pajaknya dari rokok pengen. Kebijakan yang inkonsisten.
Kalau pemerintah bikin kebijakan yang ga bijak seperti ini. Gesekan di masyarakat kecil akan semakin parah.
Istilah lama-lama bisul yang timbul akan pecah dengan sendirinya. Klau ga di ademin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 12 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia