alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b758ef0bdb255fe4bb02c/jokowi-kerek-cukai-harga-rokok-naik-35-persen-tahun-depan
Lapor Hansip
13-09-2019 17:55
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
Past Hot Thread

Quote:
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 16:18 WIB

Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan


Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat untuk menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen tahun depan. Kenaikan tarif cukai membuat rata-rata harga jual eceran rokok diperkirakan meningkat 35 persen dari harga jual saat ini.



Hal ini diungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai rapat terbatas bersama Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta para menteri Kabinet Kerja lain. Rapat terbatas dilangsungkan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (13/9).

"Kami memutuskan bahwa kenaikan ditetapkan sebesar 23 persen untuk tarif cukainya dan 35 persen untuk harga jualnya. Ini akan disampaikan di PMK untuk average-nya 23 persen tarif cukai dan 35 persen untuk harga jual," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan keputusan kenaikan tarif cukai dan harga rata-rata rokok eceran sudah final dan akan dituangkan dalam peraturan menteri keuangan (PMK). Kendati begitu, pelaku industri bisa mulai memesan pita cukai kepada pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan dalam waktu dekat, tepatnya pada masa transisi pemberlakuan aturan baru.

"PMK akan kami berlakukan sesuai dengan keputusan Bapak Presiden mulai 1 Januari 2020. Pemesanan pita cukai bisa dilakukan di masa transisi," ungkapnya.

Bendahara Negara mengatakan keputusan tarif final cukai dan harga jual eceran sudah mempertimbangkan banyak hal. Pertama, dari sisi peningkatan jumlah perokok di Indonesia.

Data Kementerian Keuangan mencatat jumlah perokok meningkat di kalangan perempuan dari 2,5 persen menjadi 4,8 persen pada akhir tahun lalu. Begitu pula dengan perokok kalangan anak, naik dari 7 persen menjadi 9 persen.

"Kami perlu perhatikan penggunaan cukai untuk mengurangi tren kenaikan konsumsi rokok," katanya.

Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan


Kedua, dari sisi keberadaan industri rokok ilegal. Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan kenaikan tarif cukai yang terlalu tinggi bisa memicu kesuburan industri rokok ilegal.

Sebab, rokok berpita cukai yang cenderung meningkat harganya akan membuat perokok mencari rokok yang lebih murah. Salah satunya rokok ilegal yang tidak berpita cukai alias tidak menyetor pungutan kepada negara.

"DJBC sudah menurunkan rokok ilegal menjadi hanya 3 persen. Tapi kalau (cukai dan harga rokok) naik tinggi, ini akan membuat insentif bagi para pelaku rokok ilegal untuk meningkatkan produksinya," jelasnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani mengklaim keputusan pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai implikasi di sektor-sektor lain, misalnya perkebunan tembakau, industri, kesehatan, ketenagakerjaan, dan lainnya.

"Penetapan ini kami perhatikan tiga hal, yaitu bisa mengurangi konsumsi rokok, mengatur industri, dan tetap menjaga penerimaan negara," pungkasnya.





Quote:Lumayan nambah pemasukan buat menambal defisit BPJS..
Marlboro 25rb berarti naik jadi 32rb-35rb


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 17
Lapor Hansip
14-09-2019 08:59
Balasan post gentongb
Quote:Original Posted By gentongb


Ttp aja gan, hidup butuh patokan.
Ane sebagai perokok mematok harga tidak lebih dari 18k untuk perbungkus yang hisa di gunakan 1 atau 2 hari, lebih dari itu ya cari yang lebih murah.

_______

Banyak di post sini menyalahkan merokok, ga ada salahnya kok asal tidak menggangu orang lain, toh gw juga ga bilang salah sama ibu2 yg suka koleksi taperware tp cuma di pajang di rak emoticon-Ngakak.

Namanya juga hobi dan kebiasaan ada yang buruk ada yang baik, toh kebutuhan pasar harus terpenuhi sama halnya kaya alkohol dan wanita, semua ada karena kebutuhan pasar.

Mau pabrik rokok di tutup, kalau tembakaunya masih ada ya masih dicari.


Kalau rokok mungkin bukan hobi kali gan..candu mungkin iya, soalnya kalau hobi menhasilkan sesuatu, kalau rokok menghabiskan sesuatu, walaupun menghasilkan kepuasan bagi penggunanya

0
14-09-2019 09:00
Yang terbaik utk Indonesia.
Supaya kita semua paham
0
14-09-2019 09:02
nah ini baru bener
0
14-09-2019 09:03
sukun dong. range harga 6000-15k
wkwkwk...
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
14-09-2019 09:06
bodo amat, udah berhenti ngrokok
0
14-09-2019 09:07
ane gak ngerokok, tpi sering dirokok😆
0
14-09-2019 09:09
Harga ketengan 1 batangnya sekarang pasaran 1500, kalo naek cuma 35% ketengan jadi 2000, tetep kebeli sama perokok.. -_-
profile-picture
profile-picture
diandraps dan wen12691 memberi reputasi
2
14-09-2019 09:13
Taun depan bisa jadi berhenti ngerokok
profile-picture
lupineprince memberi reputasi
1
14-09-2019 09:15
Quote:Original Posted By unibebi
Rokok BM dan merk palsu makin marak emoticon-Ngakak


Gpp bagus
Sukur sukur banyak yg mati ngerokok pake rokok palsu
Mayan ngurangin populasi orang ndablek emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
agih. memberi reputasi
1
14-09-2019 09:22
Mau naik 100% juga ga apa! emoticon-Cool
ane ga ngerokok emoticon-Ngakak
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
1
14-09-2019 09:23
Ane nahhh...

0
14-09-2019 09:29
bagus naikin lagi lah bu biar pada mikir 2x
0
14-09-2019 09:36
Quote:Original Posted By gesit.79
Kalau rokok mungkin bukan hobi kali gan..candu mungkin iya, soalnya kalau hobi menhasilkan sesuatu, kalau rokok menghabiskan sesuatu, walaupun menghasilkan kepuasan bagi penggunanya


Ya begitulah gan
0
14-09-2019 09:39
kenapa bukan bpjs yg naik 23% cukai rokok yg naik 100%. nanya aja sih lebih manfaat mana.emoticon-Bingung
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
14-09-2019 09:40
Wihh ganti rokok linteng dewe ae lah
0
14-09-2019 09:40
Quote:Original Posted By beyoungcarerock
Wah bisa2 balik ke ardath neh


ARDATH...legen itu mah...
Aku
Rela
Ditidurin
Asal
Tidak
Hamil

Viva rokok Suket teki, Grendel, Apache, Djagung, Gudang Baru...bakal naik omset penjualannya
0
14-09-2019 09:40
mantul auto stop merokok
Diubah oleh cilaleksingo
0
14-09-2019 09:48
ada yg bilang sebagian orang mengaku rokok itu obat stress, kalo naik apa ga tambah stress
0
Lapor Hansip
14-09-2019 09:50
Balasan post senrichd
Quote:Original Posted By senrichd
@lupineprince
Krn anda taunya dari artikel2 dan blm pernah terjun kelapangan. Dibidang pertanian.

Petani tembakau jual murah dibawah harga pasar krn dibeli tenglulak?
Petani tembakau jual sebelum masa panen, krn BU. Mereka jual 2bln sblm masa panen. Tentu harga beda. Sudah umun dibidang pertanian jual sebelum masa panen. Dibilang gak untung, salah juga. Mereka tetep untung tapi tingkat keuntungannya sedikit.
Hal ini berlaku juga untuk palawija, padi dll.

Didunia pertanian sudah umum jual sebelum masa panen.
Dinamakan sistem tebas (jual sebelum masa panen) krn tidak beresiko gagal panen dan pengeluaran upah tani harian. Jgn dipikir 1 kotak sawah, dia lakukan sendirian.

Tidak semua lahan bisa ditanami padi. Penyuluhan untuk pengantian tanam dri tembakau ke yg lain aja blm ada.

Petani kalau gak untung kenapa tetep aja bertani?



Cukai rokok bukan untuk pajak, TAI, penerimaan cukai juga buat penerimaan negara, emang dasar menaikan adalah untuk mengurangi jumlah perokok. Langkah yg diambil emang itu salah satunya.
Untuk pembiayaan pengobatan....? Baru denger gue. Pembiayaan yg mana? Subsidi BPJS? Subsidi bpjs tidak semua dri cukai.

Rokok ilegal urusan BPOM, enak aja ngoceh..... rokok ilegal knp berkembang? Ongkos produksi rokok utk 1 bungkus +-5000-6000an. Bisa kurang. Selisih 10rban lbh. Jika produsen ambil gap 4000an aja masih selisih 6000. Jika cukai naik 35% maka bisa dibayangkan selisih non cukai dgn cukai. Maka akan mendorong byknya rokok ilegal.
Konsumen gak urusan kalau rokok pakai cukai atau ngga yg penting murah. Jika saat ini rokok ilegal ditangkap itu krn emansipasi dri pabrik legal, bea cukai. Tidak menutup kemungkinan bertumbuh makin pesat rokok ilegal.

Masyarakat sekitar pabrik ilegal gak akan urusan, yg penting dia kerja walau kerja di pabrik ilegal. Yg penting gaji.
Itu PR pemerintah, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar insustri rokok. Jadi bukan hanya BPOM. Urusan apa BPOM ama cukai?

Csr rokok utk pembinaan atlet? Csr rokok gak hanya atlet, mereka membangun fasilitas di kota2 industi mereka tumbuh (taman, lapangan, sumbangab pembangunan, jembatan), dan sumbangan2. Jadi salah jika penjaringan atlet kau sebutkan csr nya. Kalau kau sebutkan csr nya, gak akan dihentikan itu penjaringan buat thn depan, krn kewajibannya.


TIDAK SEMUA HAL BISA KAU TELITI DARI BACA DARI INTERNET, DAN
KONDISI REAL DAN TEORI BEDA.
KONDISI KOTA NON INDUSTRI ROKOK DAN KOTA INDUSTRI ROKOK BEDA
KONDISI PEDESAAN PENFHASIL PERTANIAN BAHAN POKOK DAN PERTANIAN PENGHASIL INDUSTRI BEDA.



OK, I'm game.

https://www.tandfonline.com/doi/abs/...nalCode=rtap20
Cukup melansir dari link pdf yang ane cantumkan sebelumnya, kalau petani tembakau memutuskan untuk tetap bertani tembakau terus untung, anak2 nggak perlu dilibatkan, yang bertentangan sama penemuan mbak Amigo ini yg sudah terjun ke lapangan dan menemukan anak2 harus ikut kerja produktif (nvm child worker violation).
footnote from her


https://jatim.bps.go.id/publication/...awa-timur-2016
on tobacco price


Sekarang ane nanya, CSR mereka sudah meng-address langsung soal kerusakan yang diakibatkan rokok? Kecuali CSR mereka memasukkan penyuluhan bahaya rokok dan langsung address kerusakan akibat rokok dalam berbagai bidang seperti kesehatan dan lingkungan, ane anggap CSR mereka cuma taktik pr buat bikin gede nama mereka seperti tertulis di link post ane yang ente balas. Termasuk medali emas badminton, itu cuma panem et circenses. Dan ente kemakan trik pr mereka yang nutupin kalau jualan mereka itu racun.
Contoh: Mereka bikin program lingkungan tanam mangrove. Emang mangrove ditebangin buat keringin daun tembakau?
Menurut Pil (2011), penggunaan kayu sebagai bahan bakaran keringin daun tembakau menjadi penyebab deforestasi parah, termasuk di Lombok.
http://forestclimatecenter.org/redd/...n%20Lombok.pdf (dulu terakses 23 Aug 2013 oleh makalah aquila.usm.edu lagi)
CSR mereka masih nggak sebanding kalau mau mengadu dengan kerusakan yang sudah mereka buat, cuma taktik pr pepesan kosong. To say nothing about cigar butt and marine pollution.
Ente boleh bantah, kalau mereka sudah menghutankan lagi balik ratusan ribu hektar tanah (melansir BPS, di Jatim 2016 saja ambil 120000 ha, belum di tempat lain) yang direnggut petani.

Soal buruh rokok, cukup satu data statistik:
Jokowi Kerek Cukai, Harga Rokok Naik 35 Persen Tahun Depan
source: https://aquila.usm.edu/cgi/viewconte...9&context=ojhe melansir BPS

Quote:Rokok ilegal urusan BPOM, enak aja ngoceh..... rokok ilegal knp berkembang? Ongkos produksi rokok utk 1 bungkus +-5000-6000an. Bisa kurang. Selisih 10rban lbh. Jika produsen ambil gap 4000an aja masih selisih 6000. Jika cukai naik 35% maka bisa dibayangkan selisih non cukai dgn cukai. Maka akan mendorong byknya rokok ilegal.
Konsumen gak urusan kalau rokok pakai cukai atau ngga yg penting murah. Jika saat ini rokok ilegal ditangkap itu krn emansipasi dri pabrik legal, bea cukai. Tidak menutup kemungkinan bertumbuh makin pesat rokok ilegal.

Masyarakat sekitar pabrik ilegal gak akan urusan, yg penting dia kerja walau kerja di pabrik ilegal. Yg penting gaji.
Itu PR pemerintah, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar insustri rokok. Jadi bukan hanya BPOM. Urusan apa BPOM ama cukai?

Situ bantah kalau rokok ilegal itu urusan negara untuk bredel mereka, dan bersamaan, bilang juga PR pemerintah untuk urus lapangan kerja buruh? What kind of hypochlorite argument is this, you invalidate your own argument's credibility in 2 paragraphs. emoticon-Bingung

Kalau situ nuduh ane nggak terjun ke lapangan, yang cuma ad hominem, ente punya data yang bisa dukung argumen ente?
Paragraf terakhir cuma name-calling untuk mengabaikan data. Trik murahan. Kalau ente nggak punya data, ane anggap "k0nD1SI r3Al" itu pepesan kosong. Next emoticon-Traveller
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
botolchivas memberi reputasi
1
14-09-2019 10:02
Quote:Original Posted By darmawati040
kurang tinggi, lebih tinggi lagilah. siapa tahu jadi banyak yg mikir dua kali tiga kali empat kali, sampe akhirnya gk jadi beli. uangnya mending buat makan anak istri


itu sdh saya lakukan sejak berkeluarga mbak... emoticon-Malu


Quote:Original Posted By beyoungcarerock
Wah bisa2 balik ke ardath neh




ARDATH msh adakah,,, emoticon-Bingung
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1
Halaman 12 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.