Innominate
TS
Innominate
Fakta dan Langkah Mencenangkan Mengenai Sampah di Indonesia Saat Ini
"Indonesia akan menghasilkan sampah sekitar 66 - 67 juta ton pada tahun 2019."
- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan -



Tumpukan Sampah

Pada kesempatan ini, ane mau membahas masalah substansial yang udah melanda negara tercinta Indonesia sejak lama dan kian meningkat tiap tahunnya. Sampah atau waste. Kalo ane liat di gugel, definisi sampah atau waste adalah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya proses. Oke, sekarang kita jalan-jalan sedikit mengenai perkembangan sampah di Indonesia. Menurut Informasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya mengatakan, bahwa perolehan sampah per tahunnya di 2019 ini memiliki jumlah tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang sekitar 64 juta ton sampah per tahun. Selain itu, sampah-sampah di tahun 2019 ini akan didominasi oleh 60% organik dan 15% plastik.


Cukup mencenangkan ya gan emoticon-coffee

Ada informasi lainnya yang cukup mencenangkan juga terkait sampah ini. Menurut penelitian Mbak Jenna tahun 2010 dari University of Georgia mengatakan, bahwa 275 juta ton sampah yang dihasilkan di dunia. Kurang lebih 5% dari total yaitu 4,8 - 12,7 juta ton sampah di buang ke laut. Untuk Indonesia sendiri, menghasilkan 3,2 juta ton sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik. Kalo di compare sama perolehan sampah plastik di Indonesia tahun 2019 sekitar 15% dari total yaitu 10 juta. Dalam rentang 9 tahun meningkat 3x lipat dari perolehan sampah plastik di tahun 2010. Hal ini juga didukung oleh perolehan peringkat ke-2 penyumbang sampah plastik ke laut yang dengan 1,29 juta ton sampah / tahun pada 2010. Sampah plastik apa yang mendominasi dilautan Indonesia? sedotan, bungkus makanan dan bungkus belanjaan. 


Pengelompokan Sampah


Lalu apa yang dilakukan pemerintah? Oke biar fair, ane juga bakal ngasitau kalo pemerintah gak tinggal diam dan mengambil concern penuh terhadap permasalahan sampah ini. Caranya, ketika hari peduli sampah di tahun 2015 hanya ada 61 kolaborator yang turut serta dan peduli aktif dalam pengolahan sampah. Tahun 2017 mengalami pelonjakan sangat drastis menjadi 9.550 kolaborator. Selain itu, banyak juga daerah-daerah yang mulai menggalakan bank sampah, untuk peningkatan ekonomi daerah dan juga peningkatan daya kreatifitas masyarakat setempat. Tentu hal harus kita kawal, jaga dan tingkatkan lagi agar partisipasi serta pengolahan sampah dapat berdampak secara signifikan. 

Selain itu, menurut saran pribadi ane. Pemerintah dapat merubah pengelolaan sampah yang digunakan saat ini, (seperti : penampungan ke TPA, pembakaran atau insenirator dan juga recycle. Tapi proses recycle di TPA masih sangat minim pengelola dan peminatnya) dikembangkan dengan mengadopsi pengelolaan sampah di negara Swedia, yang merupakan negara pengimpor sampah terbanyak di dunia, sekitar 800 juta ton per tahun untuk dikelola dan dimanfaatkan. Ternyata, negara Swedia telah sadar akan pentingnya pengelolaan sampah dan mendalami hal ini dari tahun 1992. Hal ini dapat diliat pada, penerapan konsep Waste to Energy terbarukan yang diperoleh dari pengelolaan sampah menjadi energi panas untuk memasok energi listrik dan pemanas, 99% sampah di recycle, menggalakan gerakan Miljonar Vanlig pada tahun 2016 dan pengurangan TPS.

Tentu hal ini merupakan tugas dan PR bersama bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk dapat mewujudkan dan meningkatkan SDM serta SDA dari bangsa Indonesia tercinta ini. Mulai dari diri kita, tularkan kepada yang lain dan sebarkan kepada orang lebih banyak tentang perilaku positif-positif dalam berbangsa. Sekian tulisan ane ini, mari kita bertukar pendapat di kolom komen, kalo perlu diketahui untuk orang lain monggo di share dan ane gak menolak rate 5 serta ijo-ijonya. Terimakasih. emoticon-Shakehand2


emoticon-Angkat Beer SAMPAI JUMPA emoticon-Angkat Beer

emoticon-2 JempolTerimakasih gansis, mimin dan momod yang udah memberikan kesempatan ke - 2 Hot Thread untuk ane emoticon-2 Jempol


Sumber :  BB1
                 BB2
                  BB3
                  BB4
                  BB5 






Diubah oleh Innominate 14-09-2019 16:34
ziontdoobeyayosholat
ayosholat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.1K
64
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.