alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7bdf54c8208413d06f62d6/bj-habibie-lari-dari-jabatan-malah-dikejar-jabatan
Lapor Hansip
14-09-2019 01:26

B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan


B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan
Kompas.com

B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan
Quote:
Negara tercinta ini pernah dipimpin oleh Militer, Politisi, Kyai, Ilmuan dan Birokrat. Masing-masing punya kelebihan dan andil tersendiri dalam memajukan bangsa ini.


Ya, negara kita ini pernah dipimpin oleh seorang ilmuan, dan siapa lagi kalau bukan B.J. Habibie, yang menjabat sebagai Presiden RI ke-3, meski dalam masa yang relatif cukup singkat, 17 bulan, tepatnya mulai 21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999.

Quote:
Tentang jabatan, jangan kau tanyakan berapa lama dia berkuasa, tapi sebanyak apa kebaikan yang telah diberikannya untuk negara.


Dan soal apa yang telah diberikan B.J. Habibie buat negara, rasanya tak cukup halaman kertas untuk menuliskannya. Bahkan boleh dikatakan, seluruh nafasnya adalah untuk nadi kehidupan negeri ini. Kalau pun ada kekurangannya, maka satu-satunya ‘aib’ beliau, ini pun kalau memang pantas disebut sebagai ‘aib’, hanyalah lepasnya Timor Timur dari pelukan Ibu Pertiwi.
***
Karena itu, banyak hal yang saya kagumi dari seorang Habibie, dan salah satunya adalah kesederhanaan dan jauhnya beliau dari ambisi untuk meraih jabatan dan kekuasaan.

Mari kita lihat.

Setelah lulus kuliah di Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung di tahun 1954, Habibie melanjutkan studinya sampai tingkat Doktoral di Jerman.

Beliau mengambil studi Teknik Penerbangan, Spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang, di RWTH Aachenelar sampai tahun 1965.

Sambil kuliah, beliau sudah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg.

B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan
Sumber

Pada tahun 1962, beliau pulang ke Indonesia hanya untuk menikahi Ibu Ainun. Setelah itu, beliau memboyong sang istri dan kembali lagi ke sana.

B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan
Foto pernikahan Habibie Ainun

Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya di tahun 1973, Presiden Soeharto meminta Habibie untuk pulang ke Indonesia.

Namun permintaan itu tidak serta merta dituruti oleh Habibie, meski beliau yakin bahwa jika yang meminta itu adalah seorang Presiden, pastilah akan diberikan imbalan jabatan dan kekuasaan dalam pemerintahan.

Setahun kemudian, di tahun 1974, Habibie diundang oleh Presiden Filipina, Ferdinand Marcos, di ruang tamu Istana Malacanang. Lalu sang Presiden memberikan tawaran yang sangat menggoda, yaitu mengembangkan industri dirgantara di Manila.

Seluruh fasilitas kenyamanan dan kemewahan hidup dijanjikan oleh Presiden, andai Habibie bersedia menerima tawaran tersebut. Namun tawaran ini justru ditolak oleh Habibie dengan tegas.

Mendengar tawaran Filipina tersebut, kuping Soeharto menjadi ‘panas’. Maka langsung saja beliau mengutus Ibnu Sutowo yang saat itu menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, untuk menjemput Habibie agar pulang ke tanah air.

Sebelumnya antara Habibie Ibnu Sutowo tidak saling kenal. Maka begitu bertemu Habibie, langsung saja Ibnu Sutowo menyemprot Habibie dengan kata-kata yang pedas.

B.J. Habibie, Lari dari Jabatan, Malah Dikejar Jabatan
Ibnu Sutowo

“Saudara Rudy (panggilan Habibie), Anda harus malu kepada diri sendiri sebagai orang Indonesia. Kenapa Anda membangun negara lain?”

Kata-kata itu menyadarkan Habibie akan sumbangsih dan kecintaannya terhadap tanah air. Maka beliau segera menyelesaikan urusannya dengan perusahaan tempatnya bekerja, dan memohon izin untuk pulang ke tanah air.

Beliau tidak lagi berpikir tentang jabatan atau gaji yang akan diperoleh jika bekerja di Indonesia. Tapi hati beliau sudah bulat untuk mendermakan ilmu dan tenaganya untuk kemajuan Indonesia.

Bulan Maret 1974, Habibie dan kjelurga sudah menetap di tanah air, dan beliau langsung diberikan jabatan sebagai Penasihat Direktur Utama Pertamina.

Dan setelah itu, sederet dan setumpuk jabatan, yang tak perlu saya sebutkan lagi satu persatu, baik bersamaan maupun mengantre untuk beliau emban. Dan puncaknya adalah sebagai Presiden RI yang ke-3.
*****
Nah, yang saya kagumi dari semua itu adalah Habibie sedikit pun tidak pernah berambisi untuk mencari jabatan dan kekuasaan. Tapi justru jabatan dan kekuasaan itu yang berbalik mengejar beliau.

Beliau ikhas memberikan ilmu dan pikirannya untuk bangsa dan negara, sehingga negara pun memberikan kompensasi yang setimpal, meski beliau hanya mengambil itu seperlunya saja.(*)
Quote:
Begitulah, emas tak pernah memasang nilai tinggi untuk dirinya, tapi orang lain yang rela membayar harga mahal untuk memilikinya.

{No.450}
****
Baca juga:
Catatan Seorang Odapus: Pasrah

Ketika Burung Jatuh Cinta

******
Ref 1, Ref 2.
Diubah oleh Aboeyy
profile-picture
profile-picture
dhinie08 dan mainida memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
14-09-2019 01:28
Reserved
0 0
0
14-09-2019 05:33
Dan soal apa yang telah diberikan B.J. Habibie buat negara, rasanya tak cukup halaman kertas untuk menuliskannya. Bahkan boleh dikatakan, seluruh nafasnya adalah untuk nadi kehidupan negeri in usa today protonmail . Kalau pun ada kekurangannya, maka satu-satunya ‘aib’ beliau, ini pun kalau memang pantas disebut sebagai ‘aib’, hanyalah lepasnya Timor Timur dari pelukan Ibu Pertiwi.
Diubah oleh BACILIYATSIA
profile-picture
Aboeyy memberi reputasi
1 0
1
14-09-2019 08:30
Sisi negatif negeri ini, ada anak bangsa nya yang berbakat lalu di lirik negara lain, para penguasa langsung kayak kebakaran jenggot dan bilang ke si anak bangsa tersebut, kalo dia tidak nasionalis jika menerima tawaran bangsa lain.
Padahal, apa yg bisa di tawarkan negara ini?
Mereka hanya bisa iri/dengki dengan kemajuan seseorang. Tapi tidak bisa memanfaatkan nya utk kemajuan negeri ini.
Ane selalu berfikir, coba aja keinginan alm pak habibie terwujud, mungkin indonesia ini ga perlu beli pesawat ke boeing atau airbus dll.
Yah nasi sudah menjadi bubur, skrg tinggal menjalani saja negara ini yang keadaan nya tetap "gini2 aja"
Mungkin lebih banyak yang suka indonesia ini seperti ini saja.


(ngomong apa sih ane) emoticon-Hammer2
profile-picture
Aboeyy memberi reputasi
1 0
1
14-09-2019 13:24
Quote:Original Posted By BACILIYATSIA
Dan soal apa yang telah diberikan B.J. Habibie buat negara, rasanya tak cukup halaman kertas untuk menuliskannya. Bahkan boleh dikatakan, seluruh nafasnya adalah untuk nadi kehidupan negeri ini. Kalau pun ada kekurangannya, maka satu-satunya ‘aib’ beliau, ini pun kalau memang pantas disebut sebagai ‘aib’, hanyalah lepasnya Timor Timur dari pelukan Ibu Pertiwi.


Tentang lepasnya TT, perlu diskusi panjang untuk menjelaskan latar belakang pemikiran Habibie yg memberikan opsi Referendum.
0 0
0
14-09-2019 16:40
siapa yg ngejar dunia, maka dunia akan lari.
0 0
0
14-09-2019 17:10
komentar ane cuma singkat
itu age of elegance
jaman di mana kode etik dan kehormatan masih di junjung tinggi
jaman di mana musuh bisa menjadi kamerad tanpa dendam pribadi
jaman dimana wanita dan anak didahulukan ke sekoci kala kapal mulai tenggelam
jaman dimana orang bersedia bayar dgn nyawa nya demi idealisme (aidit dan soekarno contohnya)
habibie hidup dan dibesarkan di jaman itu (age of elegance)
soeharto juga

di jaman sekarang tidak akan ada orang2 seperti habibie lagi, karena jaman sekarang orang di nilai dari uang, bukan dari idealisme
karena di nilai dari uang, makanya korupsi merajalela
makanya pencipta mobil listrik terusir dari Indonesia negeri tercintanya sendiri
bagi ane, habibie itu the last man standing, kayak film logan, dimana wolverine menjadi mutant terakhir dari era jaman dulu yg gugur, digantikan generasi mutant2 yg muda

satu lagi orang satu generasi dgn habibie yg juga sama sama dari era age of elegance yang masih hidup dan ane kenal saat ini
dialah prof dr arief rachman, M.PD, teman seangkatan habibie juga
kalo ente rajin ikuti seminar dan ceramahnya, pak arief rachman ini punya idealisme yg gak kalah sama habibie loh
beliau bersedia tidak di bayar demi memajukan pendidikan indonesia
makanya jangan heran semua sekolah elit di indonesia berlomba lomba merekruit beliau utk memajukan skolah dan yayasannya
jaman skarang mana ada orang kayak gitu???
profile-picture
profile-picture
adestiey dan Aboeyy memberi reputasi
2 0
2
14-09-2019 21:45
tanpa ambisi kekuasaan, maka beliau memimpin tanpa beban moral
0 0
0
24-09-2019 23:19
jaman di mana orang berjuang ikhlas bukan karena uang
0 0
0
01-10-2019 19:32
sosok langka yg andai ada 100 org saja spti beliau di negeri ini.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.